Daftar Tracking Tools Untuk Audit dan Mengetahui Engagement Influencer

Admin
insights Jul 06, 2023
1688716988_unnamed.jpg

Influencer marketing telah menjadi salah satu strategi pemasaran yang cukup efektif dalam memperkenalkan produk, meningkatkan minat beli, dan mencapai target konsumen yang relevan. Namun, dalam rangka mengoptimalkan kampanye influencer, penting bagi perusahaan untuk melakukan tracking dan analisis terhadap aktivitas dan kinerja influencer secara efektif. Untungnya, saat ini sudah ada banyak sekali alat yang tersedia untuk membantu dalam proses ini, baik yang gratis maupun berbayar.

Daftar Isi

Apa itu Influencer Tracking?

Influencer tracking adalah proses memantau dan menganalisis aktivitas serta dampak yang dihasilkan oleh konten yang diposting oleh seorang influencer. Proses ini akan membantu perusahaan untuk memahami sejauh mana kampanye influencer berhasil, mengidentifikasi perilaku calon konsumen, dan mengevaluasi efektivitas strategi pemasaran influencer.

Bagaimana Cara Track Influencer Activity?

Ada beberapa cara untuk melakukan Track Influencer Activity, salah satunya adalah dengan menggunakan third-party tools atau  platform analitik media sosial untuk memantau kinerja influencer. Beberapa hal yang dipantau di antaranya adalah:

1. Jumlah pengikut

2. Tingkat keterlibatan atau interaksi pengguna lain terhadap postingan

3. Pertumbuhan pengikut

Selain itu, pantau juga postingan influencer, termasuk interaksi, komentar, jumlah like atau view, dan jangkauan yang diperoleh.

Bagaimana Cara Track Postingan Influencer?

Cara paling mudah untuk melihat postingan terbaru mereka adalah dengan menggunakan fitur pemberitahuan atau notifikasi pada platform media sosial untuk memberitahu Anda saat influencer membuat postingan baru. Anda juga dapat membuat daftar atau spreadsheet untuk mencatat dan melacak postingan influencer secara manual. Selain itu, ada juga alat pelacakan media sosial atau platform manajemen influencer yang menyediakan fitur pelacakan postingan influencer secara otomatis.

Bagaimana Cara Memonitor Performance dan Efektifitas Influencer?

Selain melakukan tracking, Anda sebaiknya juga memonitor performance dan efektivitas influencer dengan cara sebagai berikut:

1. Tetapkan tujuan kampanye influencer yang jelas dan spesifik, seperti memperluas nama produk atau perusahaan, meningkatkan keterlibatan pengguna, atau meningkatkan penjualan.

2. Gunakan metrik yang relevan untuk mengukur kinerja influencer, seperti jumlah pengikut baru, tingkat keterlibatan, pertumbuhan lalu lintas atau view, konversi, atau penjualan yang terkait dengan postingan influencer.

Ada berbagai alat analitik media sosial atau platform manajemen influencer yang dapat menyediakan laporan dan analisis kinerja influencer secara rinci yang selanjutnya akan kita bahas.

Influencer Tracking Tools

influencer tracking tools

Setelah membahas beberapa hal dasar, selanjutnya kita akan membahas beberapa influencer tracking tools. Detail dari beberapa aplikasi tersebut bisa Anda baca di bawah ini:

1. Accesstrade

Dengan Accesstrade, pengguna dapat melakukan pelacakan jangkauan konten dari influencer, memantau keberhasilan kampanye pemasaran, dan membuat keputusan berdasarkan data untuk mengoptimalkan strategi pemasaran influencer mereka. Platform ini juga mampu melacak atau tracking hingga sampai ke tahap sales atau penjualan, dimana fitur seperti ini cukup jarang ditemukan di aplikasi sejenis.

Anda bisa membaca rekomendasi disini untuk menjalankan influencer marketing dengan komisi affiliate yang cukup besar : Daftar Program Affiliate Marketing Indonesia dengan Komisi Besar

2. Storyclash

Storyclash adalah aplikasi influencer tracking tools yang dirancang khusus untuk platform media sosial. Aplikasi ini memungkinkan perusahaan untuk memantau dan menganalisis kinerja dari para influencer di berbagai jaringan media sosial, termasuk Instagram, Facebook, Twitter, dan YouTube. Dengan Storyclash, pengguna dapat melacak metrik umum seperti tingkat keterlibatan, pertumbuhan pengikut, dan jangkauan konten. Alat ini juga menyediakan notifikasi real time dan analisis kompetitif, sehingga sangat membantu bisnis Anda tetap terkini tentang tren terbaru.

3. Mightyscout

Aplikasi influencer tracking tools selanjutnya adalah Mightyscout yang berfokus pada analitik influencer YouTube. Alat ini mampu memberikan informasi mendalam tentang saluran YouTube, termasuk pertumbuhan pelanggan, jumlah tayangan video, metrik keterlibatan, bahkan demografi audiens. Dengan Mightyscout, perusahaan dapat mengidentifikasi influencer YouTube mana yang paling sukses, melacak kinerja konten mereka, dan menemukan peluang kolaborasi baru. Platform ini menawarkan filter pencarian yang canggih serta analisis kata kunci, sehingga memudahkan pengguna untuk menemukan influencer yang sesuai dengan target audiens dan produk mereka.

4. Refersion

Refersion adalah alat lain yang mengkhususkan diri dalam program pemasaran afiliasi. Refersion memberikan kemudahan dalam melacak dan mengelola program influencer mereka, serta mengaitkan penjualan dan komisi dengan influencer tertentu. Refersion menyediakan fitur pelacakan dan konversi untuk memantau kinerja promosi para influencer. Selain itu, alat ini juga menawarkan fitur manajemen komisi untuk menghitung dan mendistribusikan pembayaran kepada influencer berdasarkan kinerja mereka.

5. Awario

Awario adalah sebuah aplikasi lain yang dapat digunakan untuk pelacakan influencer. Meskipun mungkin tidak secara khusus dirancang untuk pelacakan influencer, Awario memungkinkan penggunanya untuk memantau sebutan merek, produk, atau industri mereka di berbagai platform media sosial. Alat ini juga dapat digunakan untuk mengidentifikasi influencer potensial yang aktif terlibat dalam percakapan terkait bisnis atau industri tersebut. Dengan menganalisis sentimen dan jangkauan dari sebuah kata kunci, pengguna dapat mengidentifikasi individu yang berpengaruh dan menghubungi mereka untuk bekerja sama.

6. Tagger

Aplikasi influencer tracking tools berikutnya adalah Tagger, sebuah platform pemasaran influencer yang lengkap dan menawarkan fitur pelacakan influencer yang komprehensif. Alat Ini menyediakan fitur-fitur untuk melacak influencer, mengelola kampanye, dan menganalisis kinerja. Dengan Tagger, pengguna dapat mencari influencer berdasarkan kriteria tertentu seperti demografi, tingkat keterlibatan, dan tema konten. Platform ini juga menyediakan alat pelacakan untuk memantau perkembangan dan keberhasilan kampanye yang dilakukan oleh influencer. Dasbor analitik Tagger memberikan wawasan dan laporan yang terperinci, memungkinkan bisnis untuk mengukur dampak dan ROI dari upaya pemasaran influencer mereka.

7. Traackr

Aplikasi terakhir yang akan kita bahas adalah Traackr yang merupakan platform pelacakan dan manajemen influencer. Platform ini dapat membantu perusahaan untuk mengidentifikasi, melacak, dan mengelola hubungan kerja dengan influencer yang relevan di berbagai platform media sosial. Traackr menawarkan alat pencarian dan penemuan yang kuat untuk menemukan influencer berdasarkan audiens, konten, dan metrik keterlibatan. Selain itu, Traackr juga menawarkan fitur manajemen hubungan, memungkinkan bisnis untuk membina dan bekerja sama dengan influencer secara efektif.

Kesimpulan

Setelah mengetahui beberapa aplikasi influencer tracking tools dan tertarik dengan  fitur unggulan yang dapat  tracking hingga sampai tahap sales / penjualan serta fitur perlindungan fraud agar terhindar dari fake conversation. Tertarik untuk menjadi blogger yang bisa menghasilkan banyak uang? Segera daftarkan diri Anda di Affiliate Marketing terbaik untuk Bloggers.

Rizki Setyo

Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.

Artikel Terkait
Spesifikasi video tiktok yaitu memiliki dimensi dan resolusi 1080 x 1920, ukuran max file 287-an mb (ios) dan 72 mb (android), format video .mp4 dan .mov
Kesalahan yang perlu dihindari saat menjadi influencer affiliate yaitu fokus pada jumlah followers, tidak ada content plan dan simak ulasan lengkapnya disini!
Panduan mengenai berapa ukuran rasio dan resolusi untuk feed, reels, IGTV, dan stories pada instagram serta tipsnya. Simak ulasan lengkapnya disini!
search engine optimization
Berikut ulasan mengenai pentingnya memperhatikan tone saat menulis artikel affiliate beserta tips dan jenis tone penulisan. Simak ulasan lengkapnya disini!
search engine optimization
Cara meningkatkan konversi pada artikel atau blog yaitu dengan pahami funnel conversion, tingkatkan loading speed, contoh konten dengan konversi tinggi
search engine optimization
Kalau kamu ingin menjadi influencer dan masih belum mengetahui niche apa yang kamu ingin bangun, kamu bisa memulainya dengan mengeksplore minat dan interest. Simak lebih lengkapnya di artikel ini.