Memasang Tombol Call To Action di WordPress

Memasang Tombol Call To Action di WordPress

Admin
others Apr 26, 2017
SHARE ON
1688708536_memasang-tombol-call-to-action-di-wordpress.jpg

Bagi anda yang sudah memiliki hosting sendiri di blog WordPress anda, bisa memanfaatkan fitur tombol call to action dengan menggunakan plugins "WordPress Call To Actions". Tombol ini berguna untuk meningkatkan konversi dengan bentuk pop up atau banner yang bisa didesain sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Kabar baiknya, plugin ini juga bisa didapatkan dengan gratis, hanya saja seperti disebut sebelumnya, plugin ini sementara hanya untuk anda yang sudah memakai hosting sendiri.

Install Plugin

Tombol ini bisa anda temui dengan klik Plugins pada dashboard WordPress anda lalu untuk mempercepat, anda bisa gunakan fitur search, lalu klik "install now".

 

Setelah proses instalasi selesai, anda bisa menemukan tombol Call To Action pada tombol sebelah kiri dashboard

 

Membuat Tombol CTA

Klik add new pada tombol Call To Action (CTA) lalu anda akan diberi beberapa pilihan model sesuai dengan kebutuhan atau keinginan anda. Disini kami akan contohkan dengan memilih model Call Out Box.

 

Selanjutnya anda tentukan nama CTA anda lalu klik create dibagian bawah

 

Lalu anda bisa melakukan edit pada tombol ini seperti ukuran yang diinginkan, warna font, letak font (alignment), warna untuk background, warna tombol, ukuran tombol, isi konten dan lainnya. Anda juga bisa menaruh gambar pada kotak konten untuk menambah daya tarik.

 

Klik tombol preview untuk cek pekerjaan anda

 

Anda juga bisa menggunakan fitur custom CSS untuk anda yang mengerti sistem codingnya. Salah satu kegunaan sistem ini adalahapabila anda ingin CTA anda berbentuk teks saja

 

Setelah semuanya selesai, klik tombol "Publish" berwarna biru disebelah kanan atas halaman. Anda bisa membuat beberapa tombol dengan model berbeda-beda. Keuntungannya, selain menjadikan tombol CTA anda bervariasi, anda juga bisa menjalankan A/B test untuk mengetahui tombol dengan model mana yang paling banyak di klik.

Install Tombol CTA

Untuk menginstall tombol CTA, anda perlu buka template yang anda pakai lalu add widget Call To Action. Pilih tombol yang anda inginkan dengan mencentang pada nama tombolnya. Apabila anda membuat beberapa model tombol, anda bisa memilih lebih dari satu model. WordPress akan otomatis menampilkannya secara acak.

 

Apabila sudah selesai, silahkan klik "save". Pastikan log aktivasi menunjukan logo "pause", ini menandakan CTA anda sudah aktif.

 

A/B Test

Apabila anda membuat beberapa model tombol dan memakai semua tombol tersebut, setelah beberapa waktu muncul angka statistik masing-masing jumlah tombol tersebut dilihat dan di klik (konversi). Dengan demikian anda bisa memodifikasi tombol yang kurang bagus dan mengambil ide dari model tombol yang tingkat konversinya tinggi seperti : tulisan "Register disini" lebih bagus performanya dibanding " Daftar disini" atau warna hijau pada tombol lebih disukai dibanding warna lain.

 

Apabila anda sering menulis tentang marketing, menjalankan email magazine atau menjalankan bisnis afiliasi dengan blog anda, fitur ini sangat bermanfaat agar anda bisa bekerja secara cerdas. Silahkan install plugin nya dan dapatkan manfaat dari fitur ini untuk bisnis anda.

Rizki Setyo
Content Author
Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.
Artikel Terkait