ACCESSTRADE Indonesia

Langkah Ciptakan Content Plan untuk Social Media Marketing

Admin
others Sep 21, 2022
1676383809_text2photo-f961f374ef90fee2b5663eb01aba8008.jpeg

Baca Juga: Apa Itu Afiliasi Marketing? Pemasaran Online yang Bisa Bikin Cuan!

Saat ini, sosial media bukan hanya menjadi platform untuk berinteraksi dan bertukar kabar dengan teman-teman dari seluruh dunia. Platform ini juga bisa Anda manfaatkan untuk membesarkan usaha yang sedang dibangun. Salah satu teknik untuk memasarkan produk dan jasa yang Anda jual adalah dengan menggunakan social media marketing. Menguasai strategi pemasaran online dapat membantu Anda menjangkau target pasar yang lebih luas. Tentunya, keuntungan yang Anda peroleh pun akan menjadi lebih banyak. 

Untuk membuat strategi social media marketing, Anda membutuhkan suatu content plan, atau perencanaan konten. Rencana konten yang tepat pastinya akan mampu menjangkau target audience yang tepat juga. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan dalam membuat suatu content plan untuk pemasaran sosial media.

Daftar Isi

Pahami Psikologi Konsumen Ideal Anda untuk Meningkatkan Nilai Conversion

psikologi marketing konten

Dalam dunia social media marketing, menentukan target pasar Anda adalah bagian yang sangat penting. Sederhananya, Anda dapat membayangkan sosok konsumen ideal tersebut dengan memasukkan usia, jenis kelamin, kondisi demografis, dan lain sebagainya. Namun, selain itu Anda juga harus menambahkan kegiatan hobi yang mereka suka dan tempat target konsumen Anda tinggal. 

Selain itu, Anda juga perlu membayangkan diri sebagai calon konsumen tersebut. Tujuannya adalah untuk mendalami sikap mereka saat mencari tahu tentang produk yang diinginkan. Dari situ, Anda bisa membayangkan langkah-langkah apa dan pertanyaan yang mereka bayangkan sebelum melakukan pembelian. Dengan memahami sudut pandang dari calon konsumen, Anda pun dapat menetapkan pendekatan marketing yang sesuai. Konten yang Anda tawarkan pun akan sesuai seperti yang mereka cari. Dengan cara itu, Anda pun akan mendapatkan kepercayaan dari mereka. 

Pilih Platform Media Sosial yang Tepat

platform media sosial konten

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh pelaku usaha adalah melakukan promosi di berbagai platform media sosial tanpa benar-benar memperhitungkan demografi dari pengguna platform tersebut. Akibatnya, hasil yang didapatkan pun menjadi kurang maksimal. Oleh karena itu, ada baiknya untuk melakukan riset lebih mendalam untuk mengetahui demografi network serta hasil timbal balik yang ditawarkan oleh masing-masing platform media sosial. 

Mencari Tahu tentang Topik Konten yang Sesuai

Setelah Anda menemukan platform media sosial yang sesuai, saatnya merencanakan konten untuk pemasaran. Dalam menentukan konten, Anda harus menyajikan sesuatu yang segar, unik, namun tetap relevan. Jangan hanya berbicara tentang “Anda” dan “bisnis Anda”, karena hal tersebut akan terasa sangat membosankan. Pemberian konten yang beragam dapat membantu meningkatkan tingkat engagement dari pembaca. Semakin relatable konten yang diberikan, pembaca pun akan semakin bersedia untuk mengikuti konten-konten yang Anda buat. Bahkan, hal tersebut juga dapat membuat calon konsumen memutuskan untuk membeli produk yang dijual. Di situlah Anda akan mendapatkan peningkatan nilai conversion.

Menentukan topik konten yang sesuai juga tidak hanya akan menarik minat para followers atau subscriber Anda, tetapi juga para pengguna media sosial lain yang kebetulan melihat konten yang Anda buat. Mereka yang hanya kebetulan membaca sekilas akan memutuskan untuk membaca sampai akhir apabila Anda benar-benar menentukan topik konten yang sesuai dengan pangsa pasar. Bila beruntung, mereka pasti juga akan membeli atau mencoba untuk menggunakan jasa yang Anda tawarkan melalui marketing di sosial media tersebut.

Buat Kuesioner

Salah satu cara untuk membuat pembaca menjadi lebih engaged adalah dengan mengadakan polling atau kuesioner. Anda dapat membuat kuesioner dengan pertanyaan-pertanyaan seperti, konten apa yang pembaca butuhkan? Saat membuat kuesioner, tentunya Anda juga harus mempertimbangkan pertanyaan tersebut baik-baik. Pastikan bahwa pertanyaan yang diajukan dapat membantu Anda memperoleh hasil yang diinginkan. Untuk semakin menarik minat, Anda juga bisa memberikan penawaran rewards untuk mereka yang sudah melengkapi kuesioner yang tersedia. Bisa saja Anda memanfaatkan kesempatan tersebut dengan memberikan sample dari produk yang dijual. Untuk membuat kuesioner dan memajangnya di situs Anda, Anda dapat menggunakan tool seperti Google Forms. 

Cara lain adalah dengan membuka percakapan dengan anggota keluarga dan teman-teman. Dengan mengobrol santai, Anda bisa saja mendapatkan ide yang tidak terduga. Akan lebih baik lagi jika teman-teman atau keluarga Anda menjadi model dari konsumen ideal produk Anda. Dengan demikian, Anda pun akan mendapatkan saran-saran yang pastinya sangat berguna untuk memperkaya konten. 

Selain itu, Anda juga bisa melihat akun dari kompetitor bisnis. Dari situ pun, Anda bisa mendapatkan inspirasi. Siapa tahu cara yang mereka terapkan juga bisa Anda praktekkan. Tentu saja, Anda tidak boleh mencontek konten maupun ide mereka. Karena hal tersebut tentunya akan menjadi bumerang bagi bisnis Anda sendiri. Namun, Anda bisa menjadikannya sebagai inspirasi dan menggabungkannya dengan ide original Anda untuk membuat konten yang tepat. 

Buat Konten Secara Konsisten untuk Meningkatkan Trust

konten konsisten wm

Trust atau kepercayaan konsumen terhadap produk-produk Anda tentunya tidak datang dari sekali mencoba. Anda perlu membuat konten dan publish konten tersebut secara lebih rutin untuk membantu calon konsumen merasa aman. Anda perlu membangun konten yang memungkinkan percakapan dua arah, layaknya percakapan offline. Semakin banyak informasi yang didapat tentang Anda dan bisnis yang Anda lakukan, semakin mantap pula calon konsumen untuk menggunakan jasa yang ditawarkan. Sebuah akun media sosial yang konsisten menghasilkan konten akan membuat banyak orang tertarik untuk mengikuti akun media sosial tersebut. Terlebih konten yang dibuat cukup menarik dan sesuai dengan minat mereka, bukan tidak mungkin bahwa akun Anda akan kebanjiran para pengikut baru.

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
affiliate marketing
Dapatkan komisi dari Sephora makeup affiliate marketing program melalui accesstrade. Rubah traffic website anda menjadi cuan dengan produk kosmetik papan atas.
May 27, 2023
affiliate marketing
Perhitungan Terbaru Atribusi Komisi Shopee Affiliate yaitu semua afiliate marketer bisa mendapatkan komisi dan insentif yang lebih adil dan seimbang
May 16, 2023
affiliate marketing
Finance affiliate marketing programs untuk para influencer di IG Reels, TikTok dan YouTube short dengan total hadiah IDR 3 Juta untuk 6 orang pemenang.
May 15, 2023
affiliate marketing
Komisi shopee affiliate program berkisar 1% hingga 10% bergantung dari jenisnya, cara perhitungannya yaitu besar persenan komisi dikali harga produk
May 15, 2023
affiliate marketing
Affiliate marketing financial services untuk para konten kreator dengan fokus pembahasan mengenai keunangan. Dapatkan keuntungan dari promosikan produk keuangan
May 13, 2023
insights
Cara menambah link di bio tiktok dengan aplikasi diantaranya dpat dengan menggunakan inpages, Swipop, Heylink.me, Linkin.bio, Lynk.id, Linktree, Milkshake.app
May 10, 2023