ACCESSTRADE Indonesia

15 Cara Memasarkan Produk Afiliasi Yang Bisa Kamu Contoh, Pakai fitur inpages Accesstrade Biar Makin Cuan

Admin
affiliate marketing Nov 30, 2022

Baca Juga: Cuma 60 Detik Daftar Affiliate Marketing Shopee Bisa Bikin Cuan Sambil Rebahan

Jika kamu baru mengenal dunia afiliasi, ada banyak istilah teknis dan asing yang dapat membingungkan kamu. Tapi jangan biarkan hal itu menghentikan kamu untuk berbalik dan meninggalkan cara termudah untuk menghasilkan uang.

Setelah kamu mengenal dunia afiliasi, sangat mudah bagi kamu untuk teralihkan dan mencoba semua cara untuk menghasilkan cuan. Maka dari itu, pahami cara pemasaran produk afiliasi yang terdapat pada artikel ini. Bisa bikin kamu semakin cuan setiap harinya, apalagi dengan tips yang diberikan di akhir.

Sebagai pemasar digital, kamu tentu terdorong untuk memperluas wawasan dengan berbagai keterampilan pemasaran digital. Dimulai dengan copywriting, social media marketing, search engine optimization, automation dan conversion optimization. Apalagi jika kamu serius ingin mendapatkan cuan yang besar dari afiliasi.

Daftar Isi

15 Cara Ampuh memasarkan produk Afiliasi Yang Mudah 

Ilustrasi

Sebagai affiliate yang baik, tentunya kamu harus memiliki strategi pemasaran yang baik juga. Kamu tidak bisa bersikap apatis dan tidak adaptif di masa modern ini, berbagai hal bisa terjadi begitu cepat. Begitu juga dengan dunia afiliasi, maka dari itu pastikan kamu sudah memiliki berbagai opsi cara pemasaran produk afiliasi.

Jika belum memiliki opsi mengenai cara memasarkan produk afiliasi, berikut adalah 15 cara memasarkan produk afiliasi yang bisa kamu contoh.

Menggunakan Social Media

Cara memasarkan produk afiliasi yang pertama adalah dengan menggunakan social media kamu bisa meningkatkan performa afiliasi dengan baik, karena social media merupakan salah satu sarana terbaik untuk menyebarkan tautan afiliasi yang kamu miliki.

Namun kamu juga harus cermat dalam memilih social media utama kamu, pastikan konten yang diproduksi memang diperuntukan untuk social media yang dipilih dan pastikan juga bahwa kamu sudah mengetahui istilah-istilah yang ada dalam dunia affiliate.

Membuat video review

Dengan membuat video review dari produk atau jasa yang kalian pasarkan di platform video seperti youtube, tiktok dan reels merupakan salah satu langkah yang bisa kalian coba sebagai caara memasarkan produk afiliasi. Namun harus dipastikan juga, bahwa video review tidak bisa dibuat sembarangan.

kamu harus memperhatikan berbagai aspek yang ada dari produk yang akan diulas, seperti berbagai detail produk, fungsionalitas produk, dan pastinya kesesuaian produk dengan gambar atau deskripsinya.

BACA JUGA : Untung Jutaan dari Shopee Affiliate Program, Ini Strateginya yang Kamu Harus Lakukan

Video Rekomendasikan Produk

kamu bisa membuat video rekomendasi dari produk yang akan dipasarkan, tak hanya merekomendasikan satu produk saja. Kalian juga bisa menghimpun berbagai produk yang masih dalam satu kategori, dan direkomendasikan dari berbagai range harga yang tersedia. Cara memasarkan produk afiliasi yang satu ini cukup menarik dan memiliki tingkat interaksi yang tinggi.

Menulis artikel Produk

Copywriting dan konten memainkan peran penting dalam pemasaran afiliasi karena jika calon pelanggan mengunjungi situs web kamu dan menemukan bahwa pesan yang kamu tawarkan tidak meyakinkan mereka untuk membeli, semua upaya yang kamu lakukan untuk menerapkan strategi pemasaran kamu sia-sia. Dalam menulis artikel produk kamu juga harus memahami kaidah penulisan SEO yang baik, kamu bisa pelajari tentang SEO langsung dari google , klik disini 

Aktif di forum yang sesuai dengan produk

Di forum atau grup afiliasi biasanya ada diskusi terbuka tentang berbagai masalah atau saran cara memasarkan produk afiliasi, tidak jarang orang sukses membagikan berbagai tips untuk pemula yang memulai bisnis ini, selain itu kamu bisa meningkatkan networking antar afiliator.

Melakukan email marketing

Membuat email marketing, cara memasarkan produk afiliasi yang satu ini sangat efektif dengan tingkat konversi yang tinggi, untuk mendapatkan email orang memang sedikit sulit, namun kamu bisa membangun data base dengan cara yang simple seperti membuat konten eksklusif yang sangat berharga seperti tips dan strategi tentang apapun itu,  Jika orang tertarik membaca kontennya, kamu bisa memnita mereka untuk memberikan email.

Iklan berbayar social media

Tidak perlu khawatir, apabila kamu mengeluarkan sedikit biaya untuk melakukan pengiklanan pada social media. Hal ini bisa menjadi suatu langkah terbaik yang bisa kamu lakukan untuk menyebarluaskan konten affiliate dan tentunya untuk bisa terus meningkatkan cuan.

Dengan tersebar luasnya konten, kamu bisa semakin menjangkau lebih banyak audiens yang sebelumnya tidak pernah melihat konten kamu. Dari situ, kalian bisa memaksimalkan lagi performa afiliasi dengan membuat konten lanjutan yang pastinya harus berkualitas.

Iklan berbayar Google ads

Selain dengan memasang iklan di social media, melakukan atau memasang iklan berbayar dengan Google ads merupakan salah satu opsi terbaik untuk melakukan pengiklanan. Dengan cara ini, kamu bisa meningkatkan performa kunjungan website atau blog yang dimiliki.

Pastikan juga untuk membuat artikel yang menarik pada website tersebut, agar performa dari artikel yang dipasangkan iklan bisa jauh lebih maksimal.

Menjadi influencer

Ketika influencer di Instagram atau video TikTok membagikan tautan toko online, banyak dari mereka membagikan tautan toko online yang menjual produk hasil spill, dan tak jarang tautan yang mereka bagikan adalah tautan affiliate yang mereka ikuti.

Singkatnya, influencer yang mendaftar dengan afiliasi ini dibayar untuk setiap pembelian yang mereka lakukan melalui tautan yang mereka bagikan. Bayangkan berapa banyak orang yang melakukan pembelian dari link yang dibagikan oleh influencer tersebut.

Mengkomparasi produk

Cara efektif untuk melakukannya adalah dengan membandingkan produk berdasarkan harga yang berbeda. kamu bisa membandingkan produk yang memiliki fungsi atau kegunaan yang sama, namun produk tersebut memiliki beberapa harga yang berbeda. Calon pembeli mengetahui pro dan kontra dari setiap produk yang dibandingkan. Sehingga mereka dapat memilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Share Link di Whatsapp

Share link produk affiliate di Whatsapp adalah cara termudah untuk menyebarluaskan tautan afiliasi kamu, tidak ada salahnya memulai afiliasi dari kerabat terdekat. Karena pada dasarnya affiliate marketing bisa dilakukan oleh siapa saja, dan apabila kalian bisa menjelaskan lebih lanjut mengenai bisnis ini kepada kontak yang dibagikan, sepertinya kamu bisa menghasilkan cuan dengan jauh lebih cepat. 

Membuat fanpage Facebook

Fanpage atau halaman penggemar adalah halaman khusus yang mirip dengan blog yang menawarkan informasi berbeda tergantung target pasar pemiliknya. Kamu bisa membuat fanpage untuk mengumpulkan calon pembeli dengan minat yang sama, dari situ kamu bisa menentukan produk apa yang cocok untuk dibagikan dengan kumpulan orang-orang yang memiliki minat serupa tersebut. 

Content Placement di website lain

Content Placement adalah tindakan menempatkan atau menerbitkan item di situs web tertentu, atau menyematkan tautan ke item tertentu di situs web berdasarkan pesanan atau permintaan afiliasi. Dalam hal penempatan konten, mitra biasanya menyediakan artikel khusus yang harus dipublikasikan oleh pemilik situs web di situs web mereka.

Sebar link di group Facebook

Siapa sangka dengan menyebarkan link affiliate di group Facebook bisa meningkatan performa afiliasi kamu. Namun kamu harus memastikan group tersebut merupakan forum diskusi dengan topik atau minat apa, setelah mengetahui hal tersebut kamu bisa membagikan produk yang cocok dengan kumpulan orang yang memiliki minat seragam tersebut.

Membuat website

Kamu perlu mengoptimalkan website yang kamu miliki mulai dari kecepatan server, tampilan halaman yang menarik dan informasi yang jelas tentang produk / layanan untuk membuat pelanggan potensial kamu kagum ketika mereka mengunjungi situs web kamu. Oleh karena itu, mempelajari bisnis afiliasi memang terbilang mudah tetapi juga tidak bisa dianggap remeh.

Fitur Inpages, Custom link halaman dan produk

Inpages

Berbagai kemudahan Accesstrade tawarkan guna menunjang cara memasarkan produk afiliasi yang kamu jalankan, salah satu fitur unggulannya merupakan Inpages.

Inpages adalah layanan halaman khusus yang dibuat untuk memberikan kemudahan bagi afiliator Accesstrade. Kamu bisa memanfaatkan fitur ini untuk menghimpun berbagai link afiliasi yang dimiliki, dengan kata lain kamu bisa mengorganisir tautan-tautan afiliasi yang dimiliki dalam satu link yang terpusat. Inilah sebabnya mengapa kamu harus menjadi afiliasi Accestrade untuk menggunakannya.

Kelebihan Fitur Inpages

Saat kamu mulai mempromosikan produk, kamu mendapatkan tautan afiliasi yang mengarah ke produk tersebut. Namun, saat kamu mulai mempromosikan banyak produk, secara otomatis kamu akan memiliki lebih banyak tautan afiliasi. Agar semuanya teratur dan menarik bagi konsumen, kamu harus membuat halaman khusus yang berisi kumpulan tautan produk afiliasi dengan fitur Inpages.

Selain gratis, Inpages memiliki beragam fitur yang sangat mudah untuk digunakan. Kamu bisa mengkostumisasi tampilan halaman tersebut sesuai dengan yang kalian mau, untuk mengubahnya juga tidak begitu sulit. Terdapat beberapa opsi tampilan yang bisa kamu pilih sesuai dengan selera, kamu juga bisa mengubah latar belakang tampilan halaman Inpages dengan foto yang kamu inginkan.

Cara menggunakan fitur Inpages

Untuk membuat halaman khusus dengan Inpages, kamu bisa mengunjungi web resmi Inpages dan masuk dengan akun Accesstrade kamu. Setelah masuk, kamu akan dibawa ke dasbor Inpages. Kamu dapat menyesuaikan tampilan halaman dengan mengklik kolom Sesuaikan. kamu dapat menambahkan tautan produk afiliasi dengan mengklik kolom "Links".

Langkah-langkah awal memulai afiliasi

Ilustrasi

Lalu langkah awal apa yang bisa kamu contoh sebagai cara memasarkan produk afiliasi, tentunya untuk mendapatkan cuan dari bisnis afiliasi kamu harus melakukan berbagai cara pemasaran produk afiliasi diatas. 

Namun sebelum mengarungi lautan bisnis afiliasi yang begitu luas, kamu bisa memulai langkah awal dengan mengikuti hal ini. 

Pahami Pembagian Komisinya

Pay per sale

Ini adalah sistem pemasaran afiliasi yang cukup populer di kalangan pebisnis afiliasi. Dalam sistem ini, penyedia layanan afiliasi membayar afiliasi persentase tertentu dari harga produk yang dijual kepada konsumen. Dengan kata lain, penyedia layanan afiliasi harus mencari investor atau distributor yang mau menjual produk ke pasar afiliasi. Dengan demikian, afiliasi dapat menerima komisi untuk penjualan produk tersebut. 

Pay per lead

Sistem ini lebih rumit daripada pembayaran untuk penjualan. Dalam sistem pay-per-lead, komisi dibayarkan kepada afiliasi jika mereka berhasil mengonversi lead. Artinya mitra harus bisa mengajak konsumen untuk mengunjungi website merchant kemudian melakukan tindakan tertentu. Misalnya, berhasil mengajak orang untuk mendaftar pada situs web, mencoba fitur dari suatu produk, berlangganan email subscription, dll. Baru kemudian, ketika konsumen benar-benar melakukan salah satu tindakan ini, kamu akan menerima komisi sesuai dengan pembagiannya.

Pay per klik

Sistem ini akan membayar kamu sesuai dengan peningkatan lalu lintas situs web, cara kerjanya kamu harus mengusahakan orang lain untuk melakukan interaksi dari platform affiliate ke website suatu merchant. Atau singkatnya, kamu harus mengajak konsumen pergi dari website penyedia afiliasi ke website merchant.

Pihak yang Terlibat dalam bisnis Afiliasi

Ada tiga pihak yang terlibat langsung dalam affiliate marketing, berikut pihak-pihak tersebut:

Penjual:

Pedagang, perusahaan, atau organisasi dengan produk untuk dijual. Produk penjualan dapat berupa barang, perangkat lunak atau layanan. Pemasar afiliasi biasanya tidak terlibat langsung dalam proses penjualan, mereka menerima penjualan dan hanya membayar komisi kepada afiliasi bila diperlukan.

Afiliator:

Pengiklan atau afiliator merupakan seseorang yang bertanggung jawab untuk memasarkan produk pedagang.  Pemasar afiliasi biasanya tidak terkait dengan proses penjualan, mereka hanya memasarkan produk penjual dan mendapatkan komisi dari penyedia afiliasi dari setiap produk yang terjual melalui tautan afiliasi.

Konsumen:

Konsumen merupakan orang yang membeli suatu produk dari penjual berdasarkan informasi dan iklan yang dibuat oleh afiliator. Biasanya, pelanggan yang mendaftar layanan atau membeli produk menggunakan kode referral mitra menerima penawaran berupa diskon atau keuntungan lainnya.

Bisnis afiliasi melalui Accesstrade

Accesstrade

Pendaftaran bisnis afiliasi Accesstrade sangat sederhana tanpa biaya apapun, kamu hanya perlu akun sosial media atau situs web yang bisa digunakan untuk mempromosikan produk dan pastinya koneksi internet untuk bisa melakukan bisnis ini.

Pada Accesstrade program afiliasi tersedia dalam banyak variasi, pembayaran komisi dilakukan secara otomatis pada akhir bulan, tidak seperti pembayaran platform lain yang memerlukan persyaratan rumit di Accesstrade kamu bisa menarik komisi dengan mudah. Tak hanya itu, kamu bisa mendapatkan komisi tambahan melalui program referral ketika kamu berhasil mengajak orang lain untuk mendaftar di Accesstrade.

Hingga saat ini, ratusan pengiklan e-niaga, keuangan, perjalanan, dan aplikasi telah mendaftar ke Accesstrade. Selain itu, Accesstrade memiliki lebih dari 30.000 penerbit yang siap mempromosikan produk pengiklan. Jadi yang perlu kamu lakukan hanyalah mendaftar ke Accesstrade untuk mengoperasikan beberapa afiliasi. Jadi kamu tidak usah pusing untuk memilih platform afiliasi karena di Accesstrade hampir semua brand besar sudah bergabung sehingga memudahkan kamu menerapkan cara memasarkan produk afiliasi.

Cara Daftar Afiliasi di Accesstrade

Tentu saja, hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk mendaftar di Accesstrade adalah mengunjungi situs resminya atau klik, daftar disini  Kamu akan melihat halaman utama dengan menu Join Publisher. Klik tombol untuk mendaftar.

Setelah mengklik "Bergabung sebagai Penerbit", kamu akan dibawa ke halaman formulir lengkap. kamu memiliki dua opsi di halaman ini, pribadi dan bisnis. Pilih "Pribadi" untuk mendaftar secara terpisah. kamu akan diminta memasukkan nama dan tautan iklan, nama lengkap, alamat email, nomor telepon, dan kata sandi.

Setelah memasukkan informasi pribadi kamu, kamu akan dibawa ke halaman dasbor akun kamu dan akun kamu siap untuk melakukan pemasaran afiliasi. Di halaman ini kamu dapat melihat jumlah total klik dan hasil dari produk afiliasi hingga penghasilan kamu.

Komisi yang Ditawarkan Accesstrade

Di Accesstrade Indonesia, kamu bisa mendapatkan komisi menarik untuk setiap kampanye yang diselesaikan dan kampanye yang tersedia juga sangat beragam. Kamu dapat memilih program aktivitas untuk layanan keuangan, perjalanan dan rekreasi, belanja online, layanan online, dan pendidikan.

Sistem pembagian komisi di Accesstrade cukup beragam, gang pertama adalah kamu bisa mendapatkan komisi dari Cost Per Sale atau CPS (Cost Per Sale), dengan kata lain, kamu bisa menghasilkan komisi untuk setiap transaksi penjualan. Kedua, CPC (Cost Per Click), kamu akan dibayar untuk setiap klik yang mengarah langsung ke produk atau layanan. Selanjutnya, CPL (Cost Per Lead) komisi diperoleh ketika setiap pelanggan mendaftar atau mengunjungi situs web. Dan terakhir, CPI (Cost Per Install), kamu dibayar setiap kali berhasil mengajak orang untuk menginstal aplikasi.

Itulah berbagai cara untuk memasarkan produk afiliasi yang bisa meningkatkan cuan kamu. Informasi menarik khusus buat kamu yang mau dapat komisi tambahan, di Accesstrade selain tersedia berbagai kampanye afiliasi, Accesstrade juga menawarkan program referal yang bisa memberi kamu tambahan komisi hingga Rp.500.000. Kamu hanya perlu mengundang teman untuk bergabung menjadi publisher Accesstrade Indonesia , dan kamu bisa langsung mendapatkan komisi tambahan tersebut.

Baca Juga: Jutaan Rupiah dari Komisi Lazada Affiliate, Pelopor Marketplace Terbesar di Indonesia

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program di mana Anda mempromosikan produk atau layanan perusahaan atau merek dan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian. Jumlah komisi yang Anda terima bervariasi berdasarkan persentase produk dan harga jual.
Jan 07, 2023
how to
Setelah Anda bergabung sebagai Affiliate Marketer di Tokopedia, Anda harus mempunyai strategi dalam mempromosikan produk yang Anda jual pada platform media sosial pribadimu. Hal ini menjadikan keuntungan untuk Anda jika hal ini berhasil,
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Saat ini, TikTok telah berkembang menjadi platform ecommerce. Bahkan TikTok telah membuka kemungkinan kepada pengguna untuk mendapat penghasilan tambahan lewat TikTok Affiliate. Berikut cara membuat affiliate marketing TikTok meraup untung jutaan rupiah.
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program atau perusahaan yang membayar komisi untuk menawarkan dan menjual produk, layanan, atau situs web. Contoh umum dari bisnis Affiliate adalah menggunakan tautan rujukan. Affiliate marketer menempatkan tautan di blog.
Jan 06, 2023