ACCESSTRADE Indonesia

Untung Jutaan dari Shopee Affiliate Program, Ini Strateginya yang Kamu Harus Lakukan

Admin
affiliate marketing Dec 04, 2022

Baca Juga: Rangkuman Lengkap Memulai Bisnis Affiliate untuk Kaum Rebahan Terlengkap

Berbelanja online sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat Indonesia. Salah satu toko online yang banyak dipakai adalah Shopee.

Perusahaan ini berada di bawah naungan Sea Limited yang berpusat di Singapura. Shopee didirikan pada 2015 silam dan memperluas ke penjuru Asia seperti Malaysia, Thailand, Taiwan, Vietnam, Filipina, dan Indonesia. Selain Asia, raksasa toko online ini juga menginjakkan kaki di bagian Amerika Selatan, yaitu di negara Brazil.

Kamu bisa menemukan kebutuhan sehari-hari mulai dari barang elektronik, pakaian, makanan, hingga berbagai macam tiket, token, dan pembayaran tagihan di satu aplikasi. Tak hanya itu, Shopee juga mempunyai beberapa jenis Shopee Affiliate Program.

Yang pertama, situs cashback atau kupon. Jika kamu memiliki situs website yang memberikan cashback atau kupon, kamu bisa memilih tipe ini sebagai Affiliate Marketer. Tipe ini cocok bagi kamu yang memiliki target Audiens pencinta diskon atau potongan harga.

Kedua, perbandingan harga. Jika kamu memiliki situs seperti blog untuk membandingkan harga, kamu bisa pilih tipe ini. Misalnya, kamu akan mengulas dan membandingkan 2 harga skincare, 2 tipe smartphone, 2 tipe laptop, atau yang lainnya.

Ketiga, tipe Network atau jaringan. Jika kamu memiliki komunitas sendiri, kamu bisa memilih tipe ini karena sistem Network lebih berfokus dan terarah kepada komunitas.

Keempat, blogger atau media sosial. Tipe ini biasanya lebih banyak dipilih karena hanya memerlukan link situs web atau media sosial seperti Youtube, Instagram, TikTok, Facebook, Twitter, dan lainnya. Nantinya kamu sebagai Affiliate Marketer hanya perlu mempromosikan produk dan membagikan linknya ke berbagai media sosialmu. Semakin rajin kamu untuk melakukan promosi, maka peluang kamu mendapatkan komisi besar juga semakin dekat.

Terakhir, tipe Brand atau Seller. Sebagai penjual di Shopee, kamu juga bisa mengikuti Shopee Affiliate Program dengan memilih tipe ini. Tipe ini biasanya disebut dengan Shopee Affiliate Seller. Kamu bisa mempromosikan produk dari toko milikmu atau dari orang lain. Seperti kata pepatah, “Sambil menyelam minum air”, selain kamu mendapatkan keuntungan dari produk yang terjual, kamu juga mendapatkan komisi dari Shopee sebagai Affiliate Marketer.

Daftar Isi

affiliate marketing

Apa itu Shopee Affiliate dan Syarat Daftarnya?

Kata Affiliate Marketing atau biasa disebut dengan Affiliate sudah sering terdengar di teling. Apalagi jika kamu mempunyai usaha atau bisnis online.

Affiliate Marketing merupakan salah satu strategi jitu yang dijalankan oleh perusahaan (biasa disebut Merchant) untuk mempromosikan produk melalui orang atau perusahaan yang biasa disebut dengan Affiliate Marketer. Target pasar kamu atau audiensmu biasa disebut juga dengan pelanggan atau calon pembeli.

Shopee Affiliate merupakan program yang dibuat oleh toko online Shopee agar para content creator mendapatkan uang tambahan atau biasa disebut dengan komisi. Tugas dari content creator yang menjadi Affiliate Marketer adalah mempromosikan produk-produk yang dijual di Shopee dengan ketentuan khusus.

Untuk bergabung menjadi Shopee Affiliate Program, kamu perlu mengetahui bagaimana cara kerjanya dan apa saja syaratnya,.

Cara kerja

Sama seperti Affiliate Marketing lainnya, Shopee Affiliate Program memiliki cara kerja yang sederhana dan cenderung mudah untuk dilakukan.

a. Mendaftarkan diri

Kamu akan diminta untuk mengisi beberapa hal di dalam formulir pendaftaran, pastikan kamu mengisi datanya dengan benar dan jujur. Setelah mendaftar, pihak Shopee akan melakukan pengecekkan terhadap akunmu. Proses ini dilakukan 3 hari kerja. Jika pendaftaranmu disetujui, kamu akan mendapatkan email pemberitahuan.

b. Memilih produk

Setelah pendaftaranmu diterima, kamu sudah bisa untuk mempromosikan produk. Namun, pilihlah produk terlebih dahulu dan lakukan analisis pasar agar produk yang kamu pilih sesuai dengan target pasarmu. Perlu dicatat, kamu hanya bisa memilih produk yang dijual oleh Shopee Mall, Shopee Supermarket, Star+, dan Star Seller.

c. Membagikan link

Ini adalah tugas utama kamu sebagai Affiliate Marketer. Produk yang sudah kamu pilih kemudian dibagikan melalui link affiliate milikmu, jangan lupa untuk share link ke semua media sosialmu agar kamu lebih menjangkau banyak orang.

Jika kamu mempromosikan produk di situs website, jangan lupa untuk menyisipkan link produk agar jika ada orang tertarik membeli, diarahkan langsung ke halaman produk di Shopee.

d. Mendapatkan komisi

Setelah kamu membagikan link dan mempromosikan produk ke media sosialmu, maka kamu tinggal menunggu komisi masuk ke kantongmu. Perlu diketahui, pencairan komisi dari Shopee Affiliate Program dilakukan setiap minggunya di hari Kamis ke rekening bank atau ShopeePay milikmu.

2. Syarat Daftar Shopee

Shopee Affiliate Program memang terbuka untuk umum. Namun, kamu juga perlu mengetahui persyaratan yang tidak boleh dilanggar ketika bergabung.

a. Pastikan kamu mendaftar menggunakan akun media sosial yang aktif, tidak dikunci atau terbuka untuk umum, dan tidak ada plagiarisme konten.

b. Akun Shopee yang kamu daftarkan harus akun pribadi, bukan milik toko atau penjual Shopee.

c. Pihak Shopee berhak untuk mengunggah kembali konten yang dibuat baik di media sosial maupun di aplikasi Shopee.

d. Tdak diperkenankan untuk mempromosikan produk terlarang seperti narkoba, senjata, pornografi, tembakau, dan lain-lain.

e. Dilarang untuk melakukan penipuan, tindak terorisme, tindak kriminal, kekerasan, ujaran kebencian, memfitnah atau mencemarkan nama baik, dan diskriminatif.strategi affiliate marketing

Strategi Cuan Mejalankan Shopee Affiliate Program

Ketika kamu bergabung menjadi Shopee Affiliate Program, kamu harus mempunyai strategi agar bisnis yang kamu lakukan menghasilkan uang. Simak beberapa trik atau strategi yang bisa kamu terapkan sebagai Affiliate Marketer.

1. Mengenali Target Pasar

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan untuk menjalankan bisnis Shopee Affiliate Program adalah mengetahui target pasar atau audiensmu. Kamu bisa mengecek di setiap media sosialmu sendiri.

Produk yang kamu pilih untuk dipromosikan pastikan harus sesuai dengan target pasar agar mereka tertarik membelinya.

2. Mencari Tahu tentang Produk

Kedua, pastikan kamu mencari tahu mengenai produk yang kamu promosikan terlebih dahulu. Mulai dari kandungannya, manfaatnya, keunggulannya dibandingkan produk lain, dan lain-lain.

Hal ini diperlukan agar orang atau audiensmu yakin untuk membeli karena sudah mengetahui info detail tentang produk tersebut.

3. Mencoba produk

Alangkah baiknya untuk mendalami peran promosi kamu harus mencoba produk. Hal ini diperlukan untuk memperkuat bukti mengenai manfaat dan keunggulan produk. Ditambah, jika sudah ada testimoni, orang semakin yakin untuk membeli.

4. Optimalisasi SEO

Terakhir, kamu bisa memaksimalkan promosi produk dengan mengoptimalisasi SEO (Search Engine Optimize). Hal ini diperlukan untuk mengoptimalkan promosi agar menjangkau lebih banyak audiens dan masuk ke ranking pencarian Google.

Keempat strategi di atas bisa kamu terapkan, kamu berpeluang untuk mendapatkan komisi hingga jutaan rupiah!

5. Membuat Video Review

Untuk meyakinkan calon pembeli agar tertarik membeli produk yang kamu promosikan, membuat video promosi adalah ide brilian. Kamu hanya perlu membeli produk dan membuat reviewnya.

Mulai ketika unboxing barang, bentuk barang, dan ketika barang dicoba. Calon pembeli akan merasa mendapatkan bukti kuat bahwa produk yang kamu promosikan memang bagus dan bermanfaat.

6. Menulis Artikel Produk

Kamu juga bisa mengulas produk di website sebagai artikel. Sebagai contoh, kamu mereview Handphone keluaran terbaru di website. Saat mengulas artikel mengenai handphone tersebut, kamu menyisipkan link agar jika ada calon pembeli tertarik, mereka mengklik link referral milikmu dan komisi masuk untukmu.

7. Membuat Grup untuk Menyebar Link di Facebook

Strategi ketujuh, buatlah grup di Facebook. Seperti yang diketahui, media massa yang banyak digunakan adalah Facebook. Buat grup untuk jual beli misal, jual beli Sepeda, Jual Beli kebutuhan rumah, Jual Beli makanan beku, atau grup apapun, kemudian invite orang sebanyak-banyaknya agar grup tersebut ramai.

Setelah ramai, kamu bisa untuk membagikan link referral berbagai produk yang kamu promosikan. Tak hanya kamu, anggota lain pun berkesempatan untuk membagikan link referral affiliate juga di grup tersebut. Keuntungan dari membuat grup facebook adalah orang biasanya akan mencari barang di facebook melalui grup, bukan profil per orangan. accesstrade

Cara Daftar Shopee di Accesstrade jika Ditolak

Untuk kamu yang sudah mencoba daftar di Shopee Affiliate Program dan gagal karena masalah persyaratan, kamu bisa mencoba daftar di Accesstrade.

Ikuti cara daftar Shopee Affiliate Program di Accesstrade dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

1. Buka laman website Accesstrade atau klink link di sini.

2. Klik tombol berwarna oren bertuliskan “Gabung Menjadi Publisher”.

satu

3. Lakukan registrasi dengan melengkapi data yang benar. Kamu akan dihadapkan dua pilihan Promotional Method, jika tidak punya website pilih Influencer dan masukkan media sosialmu.

tiga

4. Setelah pendaftaranmu berhasil, kamu akan disuguhkan halaman dashboard utama profil milikmu. Klik tombol dashboard untuk melihat campaign affiliate yang tersedia di Accesstrade.

5. Klik di kolom pencarian dan tulis Shopee atau scroll ke bawah hingga kamu menemukan campaign Shopee. Klik tombol hijau bertuliskan Apply atau Daftar dan tunggu 1x24 jam untuk memverifikasi pendaftaran kamu oleh Tim Accesstrade.

empat

6. Jika pendaftaran berhasil, kamu bisa langsung menjalankan bisnis Shopee Affiliate Program melalui Accesstrade. Mudah kan?cuan

Mengapa Lebih Disarankan Daftar Shopee Affiliate Program di Acesstrade?

Seperti yang diketahui, Accesstrade merupakan perusahaan yang memiliki spesialisasi di bidang Affiliate.

Ada beberapa hal yang kamu wajib ketahui mengapa lebih disarankan daftar Shopee Affiliate Program melalui Accestrade, simak infonya di bawah.

  1. Jika mendaftar di Accesstrade, kamu akan dibantu oleh Tim Support yang akan membantumu hingga mendapatkan komisi pertama.
  2. Selain itu, di Accesstrade ada fitur untuk memudahkanmu dalam melakukan promosi, yaitu inpages. Fitur ini bisa kamu pakai untuk membuat landing page yang berisikan produk dari Shopee Affiliate Program secara gratis.
  3. Kelebihan mendaftar di Accesstrade adalah kamu bisa mendaftar tarnpa syarat dan tidak ada batas maksimal komisi. Jadi, Accesstrade bisa kamu jadikan pilihan utama untuk memulai bisnis Affiliate Marketing.
  4. Kamu bisa mendaftar banyak program Affiliate dari merek atau perusahaan terkenal di Indonesia hanya dalam 1 website Accesstrade saja.

promotion

Setelah kamu mengetahui mengenai pendaftara Shopee Affiliate Program dari website Shopee maupun Accesstrade, kamu bisa memulai untuk menjalankan bisnis Affiliate Marketing.

Affiliate Marketing memang sedang menarik hati masyarakat Indonesia khususnya yang sedang mencari penghasilan tambahan. Hal ini dikarenakan Affiliate Marketing mempunyai keunggulan yang bisa kamu pertimbangkan untuk dicoba, yaitu tidak perlu memiliki modal. Kamu hanya perlu memiliki smartphone dan koneksi internet untuk menjalankannya.

Di Accesstrade kamu bisa menemukan banyak sekali campaign Affiliate Marketing dari berbagai brand. Perusahaan ini memang dijuluki sebagai platform Affiliate Marketing terbaik se-Asia Tenggara. Jika kamu penasaran dengan Accesstrade, langsung coba daftar yuk. Daftar di sini.

Baca Juga: Rekomendasi Program Afiliasi Indonesia Kategori E-commerce dan Marketplace

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
affiliate marketing
Marketplace dan e-commerce meramaikan ekosistem afiliasi di Indonesia dengan berbagai penawaran komisi dan program yang masing-masing menguntungkan.
Feb 08, 2023
affiliate marketing
Program afiliasi lazada adalah program afiliasi yang menguntungkan dengan komisi yang bervariasi mulai dari 1% sampai 7% untuk setiap pembeliannya.
Feb 08, 2023
affiliate marketing
Ikuti 3 tips ngonten ini biar shopee afiliasi program-mu makin cuan, gampang ditiru dan dipraktekan, buktikan sendiri!
Feb 08, 2023
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Program affliasi adalah metode marketing yang di dasarkan pada performance, atau dibayar pada setiap action atau penjualan yang terjadi
Jan 18, 2023