ACCESSTRADE Indonesia

Mau Cuan Jutaan? Simak 10 Cara Affiliate Marketing Shopee Paling Mutakhir

Admin
how to Nov 30, 2022

Baca Juga: Tips dan Trik Cara Menggunakan Affiliate Marketing Accesstrade Untuk Menambah Penghasilan

Affiliate marketing merupakan sebuah program pemasaran yang paling sering dijalankan oleh banyak perusahaan, pasalnya mereka tak lagi perlu menyebarkan produknya ke berbagai platform. Lewat affiliate marketing perusahaan akan dibantu oleh affiliator untuk menyebarluaskan produknya, dan tentu affiliator juga akan mendapat komisi setiap berhasil mempromosikan suatu produknya. Jadi, jika anda ingin mendapatkan cuan tambahan, menjadi affiliator adalah salah satu cara paling mudah.

Seiring berkembangnya dunia afiliasi, berbagai program afiliasi dari berbagai perusahaan mulai menjamur di internet, terutama perusahaan marketplace. Marketplace sebagai sebuah wadah untuk menjual barang tentu membutuhkan program afiliasi untuk membantu menyebarluaskan produknya. Beberapa marketplace di Indonesia yang telah membuka program afiliasi di antaranya adalah Shopee, Tokopedia, Blibli, Lazada, dan beberapa marketplace lainnya.

Dari sekian banyak program affiliate marketing dari perusahaan marketplace, program affiliate marketing Shopee merupakan salah satu yang paling banyak diminati. Namun, masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara affiliate marketing Shopee bekerja, dan mungkin anda adalah salah satunya. Artikel kali ini akan membantu anda memahami bagaimana cara mendaftar Shopee Affiliate di Accesstrade hingga cara affiliate marketing Shopee bekerja.

Daftar Isi

Syarat dan ketentuan Shopee Affiliate

Sebelum mendaftarkan diri anda ke dalam program Shopee Affiliate, pastikan anda telah memahami syarat dan ketentuan yang dibutuhkan. Syarat dan ketentuan tersebut perlu disiapkan terlebih dahulu, guna memudahkan proses pendaftaran anda, sebab saat mendaftar data diri anda akan diverifikasi terlebih dahulu.

Perlu dipahami bahwa syarat dan ketentuan yang diberlakukan Shopee sangat berkaitan erat dengan media sosial anda. Jadi, anda perlu mempersiapkan platform media sosial yang akan anda gunakan sebagai media promosi, seperti konten yang original.

Berikut adalah syarat dan ketentuan dari program Shopee Affiliate agar anda memahami cara affiliate marketing Shopee bekerja:

  1. Memiliki minimal 1 (satu) Subscribers/Followers/Teman di YouTube, Instagram, TikTok, Twitter, atau Facebook untuk menjadi Shopee Affiliates.
  2. Memiliki minimal 2.000 Subscribers/Followers/Teman di YouTube, Instagram, TikTok, Twitter, atau Facebook untuk menjadi Shopee Influencers.
  3. Akun media sosial aktif, memiliki konten yang orisinal, dan terbuka untuk umum.
  4. Akun media sosial merupakan akun pribadi, bukan akun toko ataupun Penjual.
  5. Akun media sosial tidak boleh mengandung unsur SARA (Suku, Agama, dan Ras), unsur pornografi, serta tidak bertentangan dengan peraturan perundangan yang berlaku di Indonesia.
  6. Produk yang bisa dipromosikan hanya produk Shopee Mall, Shopee Supermarket, Star+, dan Star.
  7. Produk yang dilarang untuk dipromosikan adalah produk rokok, rokok elektrik, ganja, obat-obatan terlarang, produk dewasa, dan produk tidak original atau palsu.
  8. Komisi akan dibayarkan paling cepat setiap 2 (dua) minggu sekali.
  9. Shopee berhak untuk mengunggah ulang konten di sosial media dan aplikasi Shopee.

Anda juga dapat melihat syarat dan ketentuan lebih lengkap melalui laman resmi Shopee.

10 cara affiliate marketing Shopee paling cuan

Agar kegiatan promosi produk Shopee yang anda jalankan menjadi lebih optimal, anda perlu menerapkan strategi agar calon konsumen tertarik untuk membeli produk yang anda pasarkan. Terdapat berbagai cara agar kegiatan promosi anda dapat berjalan dengan baik. Namun, berikut adalah 10 cara affiliate marketing Shopee paling rekomendasi agar anda dapat meraup cuan hingga jutaan rupiah.

Buat video review produk dari Shopee

Tentu untuk menarik hati calon konsumen anda terhadap produk Shopee yang anda promosikan, anda perlu membuat sebuah konten yang menjelaskan produk tersebut. Konten yang paling menarik ialah video, sebab berbentuk audio visual. Anda bisa menjelaskan produk tersebut mulai dari deskripsi produk, seperti ukuran, warna, dan bentuk hingga penilaian berisi  kekurangan dan kelebihan produk tersebut.

Konten ini akan membuat calon konsumen tertarik untuk membeli, atau setidaknya mengklik link afiliasi anda terlebih dahulu untuk mengecek produk. Namun, perlu diperhatikan bahwa video yang dibuat harus berkualitas baik, mulai dari kualitas suara maupun video yang disajikan. Semakin besar niat anda dalam produksi konten, semakin besar pula kemungkinan calon konsumen membeli produk anda.

Share video produk Shopee

Selain membuat video ulasan anda sendiri, sekarang Shopee memiliki fitur Shopee Video di mana para brand dapat mengunggah video produk mereka. Hal ini dapat anda manfaatkan, selain membuat video ulasan, anda juga bisa membagikan video produk afiliasi anda yang sudah terdapat di Shopee ke berbagai platform media sosial anda. Jadi, anda tidak perlu repot-repot mengambil video produk anda, sebab memproduksi video produk pasti lebih sulit bukan. 

Buat grup online untuk membahas produk, lalu share video di sana

Meski telah memberikan banyak fitur mutakhir seperti Shopee Live dan Shopee Video, hingga kini Shopee belum membuka forum diskusi terbuka untuk para penggunanya membahas sebuah produk. Untuk itu, sebagai affiliator Shopee, anda dapat membuat grup diskusi sendiri, nantinya grup tersebut dapat anda gunakan untuk membahas produk-produk afiliasi anda, sehingga jika calon konsumen memiliki pertanyaan terhadap produk, anda bisa langsung menjawabnya. 

Selain itu, anda juga bisa menjadikan grup tersebut sebagai media untuk menyebarkan video mengenai produk afiliasi anda, baik itu video ulasan yang anda buat maupun video produk afiliasi yang telah dibuat oleh para brand. Grup ini akan sangat membantu anda untuk mempromosikan produk, jadi pastikan anda membuat sebuah grup terbuka untuk calon konsumen.

Share link produk Shopee melalui Whatsapp, Telegram, dan platform pesan lainnya

Di tengah kemajuan globalisasi, untuk berkirim pesan pasti anda tidak lagi menggunakan SMS, melainkan layanan berkirim pesan yang berbasis internet sebab tidak lagi membutuhkan pulsa. Saat ini, platform berkirim pesan yang paling banyak digunakan ialah Whatsapp, Telegram, dan Line. Ternyata platform tersebut juga dapat anda jadikan sebagai media promosi, loh.

Hal tersebut terjadi karena dalam platform berkirim pesan anda pasti memiliki teman dan grup diskusi, sehingga anda bisa mengirimkan link afiliasi produk anda ke mereka, sehingga target konsumen anda lebih luas lagi. Terlebih mereka adalah orang yang anda kenal, pasti mereka akan lebih tertarik untuk melihat atau membeli sebuah produk yang anda rekomendasikan sebab mereka mengenal orang yang mempromosikan produk tersebut.

Buat reels dan story tentang testimoni produk

Sebagai salah satu media sosial dengan jumlah pengguna terbanyak, dapat dipastikan hampir semua orang yang bermedia sosial memiliki akun Instagram. Oleh karena itu, Instagram tentu bisa dijadikan sebagai media promosi yang paling efektif, terlebih jika anda adalah orang yang aktif dan memiliki banyak followers di Instagram.

Melalui fitur reels dan story anda dapat membagikan testimoni yang diberikan konsumen kepada produk afiliasi anda untuk menarik hati followers agar mau membeli produk tersebut. Anda dapat membagikan testimoni yang tersedia pada kolom ulasan produk afiliasi anda di Shopee dan membagikannya di Instagram anda. Pilihlah beberapa testimoni dengan penilaian yang baik.

Sebar melalui email jika anda memiliki database

Jika anda orang yang aktif menggunakan email dan memiliki database yang cukup banyak. Anda juga dapat menjadikan email sebagai media promosi produk Shopee anda dengan cara membagikan link afiliasi produk kepada pengguna email yang terdapat dalam database anda. Namun pastikan juga database anda bersih, yakni tidak tercampur dengan alamat email palsu atau email disposable, sehingga langkah promosi anda menjadi lebih efektif.

Buat sebuah blog berisi rekomendasi produk Shopee

Blog merupakan sebuah media menulis yang paling sering dan mudah digunakan, terlebih saat ini terdapat banyak layanan pembuatan blog yang tidak dipungut biaya. Melalui blog, anda dapat memaksimalkan kemampuan menulis anda untuk mendorong minat pembaca terhadap produk afiliasi anda.

Salah satu tulisan yang dapat anda buat ialah rekomendasi produk. Anda hanya perlu mengumpulkan berbagai produk dari brand yang berbeda ke dalam satu kategori yang sama. Setelah itu, anda bisa menulis rekomendasi produk tersebut melalui blog anda dan jangan lupa berikan narasi-narasi yang menjelaskan nilai jual produk anda. Sebagai contoh, anda bisa menulis “Rekomendasi Hoodie Brand Lokal Warna Putih” artikel tersebut pasti dicari oleh orang yang sedang ingin membeli hoodie berwarna putih dari brand lokal Indonesia. 

Sebarkan info diskon dan voucher melalui media sosial anda

Anda pasti mengetahui bahwa Shopee merupakan salah satu marketplace yang sangat sering mengadakan promo, baik itu diskon maupun voucher. Oleh karena itu, anda harus memanfaatkan momen diskon tersebut. Ketika terdapat promo pada produk afiliasi anda, segera sebarkan melalui media sosial agar followers anda mengetahui dan tertarik untuk membeli. 

Hal tersebut dapat menjadi langkah promosi yang efektif sebab orang Indonesia sangat mengutamakan potongan harga saat membeli produk, terutama para ibu yang sering bebelanja online. 

Konsisten membranding media sosial anda

Ketika anda memutuskan menjadikan media sosial sebagai media promosi, anda perlu melakukan branding pada media sosial anda. Anda perlu menentukan ingin menjadi akun yang membahas produk tentang apa, hal ini akan membantu anda membangun karakter di media sosial. Sehingga orang akan lebih mudah ingat dan tertarik membeli produk melalui link afiliasi yang anda sebarkan. Setelah memulai, anda hanya perlu konsisten membangun media sosial anda agar semakin berkembang. 

Fokus pada value produk

Setiap produk afiliasi Shopee yang anda promosikan pasti memiliki value atau kelebihannya masing-masing. Hal tersebut merupakan nilai jual yang akan membantu kegiatan promosi anda. Oleh karena itu, anda harus memahami value produk afiliasi anda dan fokus menjelaskan value produk ke calon konsumen agar mereka tertarik untuk membeli produk tersebut. Jangan sampai anda berfokus pada konten tetapi lupa menjelaskan value produk yang anda promosikan, sebab sebagus apapun konten yang dibuat, jika tidak memiliki value maka produk tersebut tidak akan menarik untuk dibeli.

Daftar Shopee Affiliate di Accesstrade

Accesstrade sebagai sebuah jaringan affiliate marketing, tentu menyediakan pilihan program afiliasi dari berbagai marketplace, Shopee salah satunya. Untuk mendaftarkan diri pada program Shopee Affiliate melalui Accesstrade caranya sangat mudah. Berikut adalah langkah-langkah agar anda mengetahui cara affiliate marketing Shopee:

  1. Sebelum mendaftarkan diri pada program Shopee Affiliate, pastikan anda telah memiliki akun Accesstrade, jika belum anda bisa daftar di sini. Setelah memiliki akun, silahkan menuju halaman “Campaign” pada dashboard profil Accesstrade anda, dan klik “Advanced Search”.
  2. Masukkan keyword “Shopee” pada kolom Advanced Search, lalu klik tombol “Search” dan program Shopee Affiliates akan muncul.
  3. Klik program afiliasi Shopee, anda akan menemukan halaman yang berisi syarat dan ketentuan program Shopee Affiliates melalui Accesstrade. Setelah membaca dan menyetujui syarat dan ketentuan anda dapat mengklik tombol “Apply”.
  4. Proses pendaftaran anda telah selesai, anda akan menerima e-mail konfirmasi dan hanya perlu menunggu hingga proses verifikasi anda selesai selama 1-2 hari kerja. Setelah itu, anda sudah siap memulai perjalanan menjadi affiliator Shopee.

Kelebihan daftar Shopee Affiliate di Accesstrade

Accesstrade juga memberikan kemudahan bagi anda ketika mendaftar pada program afiliasi Shopee. Beberapa kemudahan ini membantu anda lebih memahami cara affiliate marketing Shopee bekerja tanpa harus repot memenuhi persyaratan Shopee untuk mendaftar. Beberapa kemudahan yang diberikan oleh Accesstrade adalah sebagai berikut.

Tanpa syarat minimum followers

Seperti yang sudah diketahui bahwa program afiliasi Shopee sangat berkaitan erat dengan media sosial, Shopee menerapkan beberapa syarat pada media sosial yang ingin anda gunakan sebagai media promosi. Syarat yang bagi beberapa orang, atau mungkin termasuk anda sulit adalah syarat minimum followers. Bagi orang yang tidak terlalu aktif di media sosial, tetapi ingin menjadi affiliator Shopee tentu hal ini menjadi halangan.

Oleh karena itu, Accesstrade memberikan kemudahan, di mana ketika anda mendaftar pada program Shopee Affiliates melalui Accesstrade anda tidak harus memenuhi jumlah minimum followers seperti apa yang diberlakukan oleh Shopee.

Komisi yang sesuai dan bervariasi

Accesstrade juga akan memberikan komisi yang sesuai dengan syarat dan ketentuan yang telah anda sepakati ketika mendaftar, Accesstrade tidak memotong komisi anda sepeser pun. Selain itu, Accesstrade juga memberikan komisi yang bervariasi, sehingga anda dapat memilih produk dengan komisi yang besar agar mendapat keuntungan yang lebih banyak. Begitu juga dengan jenis komisi yang diberika, Accesstrade mempunya beberapa jenis komisi yang diberikan, yakni CPA, CPC, CPS, dan beberapa jenis komisi lain yang dapat anda sesuaikan.

Bisa affiliate marketing pada semua marketplace

Sebagai sebuah jaringan affiliate marketing, Accesstrade memberikan kesempatan pada anda untuk menjalankan berbagai program afiliasi dalam satu waktu. Jadi, saat anda menjalankan program afiliasi Shopee, anda juga bisa menjalankan program afiliasi dari marketplace lain, seperti Lazada dan Blibli pada saat yang bersamaan. Hal ini tentu menjadi peluang bagi anda untuk dapat meraup keuntungan yang sangat besar.

Setelah anda mengetahui cara affiliate marketing Shopee bekerja melalui Accesstrade pasti anda tertarik untuk memulai perjalanan anda sebagai seorang affiliator. Segera daftarkan diri anda, dan jangan lupa untuk menerapkan 10 strategi bisnis untuk Shopee affiliate marketing agar anda dapat meraup keuntungan dengan cepat dan mudah. Maksimalkan media sosial dan kemampuan yang anda miliki agar promosi yang anda lakukan menjadi lebih efektif.

Baca Juga: Hanya di Accesstrade, Cara Daftar shopee Affiliate program Tanpa Syarat

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
affiliate marketing
Marketplace dan e-commerce meramaikan ekosistem afiliasi di Indonesia dengan berbagai penawaran komisi dan program yang masing-masing menguntungkan.
Feb 08, 2023
affiliate marketing
Program afiliasi lazada adalah program afiliasi yang menguntungkan dengan komisi yang bervariasi mulai dari 1% sampai 7% untuk setiap pembeliannya.
Feb 08, 2023
affiliate marketing
Ikuti 3 tips ngonten ini biar shopee afiliasi program-mu makin cuan, gampang ditiru dan dipraktekan, buktikan sendiri!
Feb 08, 2023
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Program affliasi adalah metode marketing yang di dasarkan pada performance, atau dibayar pada setiap action atau penjualan yang terjadi
Jan 18, 2023