5 Cara Pilih Campaign Affiliate Marketing agar Banjir Komisi
Dalam dunia affiliate marketing, memilih campaign yang bagus bisa menentukan seberapa sukses kamu dalam mendapatkan komisi dan meningkatkan konversi. Tanpa strategi yang tepat, usaha kamu bisa terbuang percuma.
Memilih campaign yang akan dijalankan merupakan tahap yang krusial karena sangat berpengaruh pada hasil campaign nantinya. Dengan usaha yang dilakukan dan performance dari konten yang sama hasil yang diperoleh dari setiap campaign bisa sangat berbeda.
Mengapa memilih campaign yang tepat merupakan kunci sukses affiliate marketing?
Memilih campaign affiliate marketing yang tepat akan berpengaruh pada besaran komisi yang bisa kamu dapatkan, mudah atau sulitnya konversi yang terjadi dari campaign tersebut dan lainnya. Maka dari sangat penting untuk mengetahui atau selalu update dari setiap campaign agar kamu bisa mendapatkan komisi yang maksimal dari campaign yang kamu jalankan.
Bagaimana cara menentukan campaign affiliate yang tepat?
Berdasarkan analisa publisher yang berhasil mendapatkan komisi besar dari affiliate marketing, berikut merupakan hal yang mereka pertimbangkan saat akan memilih campaign untuk dipromosikan:
1. Exposure Brand
Campaign yang bagus biasanya terkait dengan brand yang sudah dikenal luas. Brand yang sudah memiliki exposure tinggi akan memudahkan kamu untuk mempromosikannya, karena konsumen sudah punya kepercayaan lebih terhadap brand tersebut.
Karena konversi terjadi ketika kamu mempromosikan sebuah produk atau toko dan berhasil membuat user melakukan pembelian melalui link yang kamu sebarkan. Seperti contohnya mungkin kamu akan lebih mudah jika mendapatkan konversi dari campaign Shopee dibandingkan bukalapak, karena shopee saat ini masih banyak orang yang menggunakannya dan banyak terjadi transaksi disana.
Faktor-faktor yang dapat kamu pertimbangkan ketika menilai sebuah campaign memiliki exposure yang baik:
- Jumlah produk yang berhasil terjual
- Rating maupun review yang diberikan oleh user aktifnya
- Daftar produk yang disediakan cukup lengkap
- Sudah terbangun loyalitas dari user untuk menggunakan produk tersebut
2. Komisi yang kompetitif
Beberapa campaign memberikan jumlah komisi berdasarkan hal yang berbeda-beda, misalkan Blibli dan Lazada affiliate besaran komisinya berdasarkan kategori produk sedangkan Shopee affiliate besaran komisinya berdasarkan jenis konversi yang terjadi apakah Direct Conversion atau Indirect Conversion.
Jika kamu menjalankan Blibli, Lazada dan Shopee affiliate di ACCESSTRADE, kamu bisa mendapatkan kesempatan peningkatan komisi dari program khusus yang diadakan ACCESSTRADE seperti:
A. Program Up Size Commission BliBli
ACCESSTRADE mengadakan program khusus untuk meningkatkan komisi blibli affiliate program selama September sampai Desember. Namun khusus untuk periode Mega 11.11 kamu dapat kesempatan komisi yang lebih tinggi dengan skema perhitungan:
Category |
Normal Commission |
Existing User |
New Customer |
|
Road To & Mega (1-14 Nov) (Upsized 2x) |
Road To (1-10 Nov) (upsized 3x) |
Mega (11-14 Nov) (upsized 4x) |
||
BlibliMart |
1% |
2% |
3% |
4% |
Muslim Fashion |
4% |
8% |
12% |
16% |
Men's Fashion |
4% |
8% |
12% |
16% |
Women's Fashion |
4% |
8% |
12% |
16% |
Handphones & Tablets |
1% |
2% |
3% |
4% |
Home & Living |
3% |
6% |
9% |
12% |
Mom & Kids |
2% |
4% |
6% |
8% |
Watches |
1% |
2% |
3% |
4% |
Cameras |
1% |
2% |
3% |
4% |
Health & Beauty |
3% |
6% |
9% |
12% |
Computers & Gaming |
1% |
2% |
3% |
4% |
Toys, Books & Stationery |
2% |
4% |
6% |
8% |
Sports & Outdoor Activities |
4% |
8% |
12% |
16% |
Automotive (Exclude Cars) |
1% |
2% |
3% |
4% |
Electronic Equipment |
1% |
2% |
3% |
4% |
Tickets & Vouchers |
1% |
2% |
3% |
4% |
Travel & Events |
1% |
2% |
3% |
4% |
*1-14 Nov: Komisi upsize 2x untuk existing user
*1-10 Nov: Komisi upsize 3x utk new user
*11-14 Nov: Komisi upsize 4x utk new user
B. Program Up Size Commission Lazada
ACCESSTRADE sedang mengadakan program khusus untuk meningkatkan komisi Lazada up to 3.4% (yang kenaikannya akan dilakukan secara bertahap sampai akhir tahun 2024). Tersedia juga berbagai tambahan bonus jika kamu mengikuti Challange Lazada Affiliate yang dapat di halaman AT Challange.
C. Program Triplee Commission Shopee
Komisi Indirect Shopee sebenarnya tidaklah terlalu tinggi, namun ada beberapa cara untuk mendapatkan komisi besar, salah satunya jika kamu mengikuti program Triplee Commision yang saat ini sedang berlangsung. Kamu dapat berkesempatan untuk mendapatkan 3 jenis komisi sekaligus dalam 1 konversi. Caranya cukup mudah, kamu hanya tinggal mengikuti langkah-langkah berikut ini:
- masuk ke dashboard publisher
- pilih menu AT Challange
- pilih Triplee Commission
- selanjutnya kamu hanya tinggal mengikuti pentunjuk program Triplee Commission yang tersedia pada setiap misi dan task
3. Campaign dengan produk yang digunakan banyak orang
Berdasarkan data performance yang menjalankan affiliate marketing di ACCESSTRADE, jenis campaign yang paling banyak menghasilkan komisi adalah E-Commerce dan kemudian Finance. Dari Januari hingga Juni 2024, dari jenis campaign E-Commerce berhasil meraih komisi sebesar 3,7 Miliar Rupiah. Jenis campaign E-Commerce terdiri dari Blibli, Lazada serta Shopee Affiliate Program.
Lalu produk apa saja yang paling potensial untuk dipromosikan jika menjalankan campaign E-Commerce? Berdasarkan data performance dari Campaign Shopee Affiliate (Januari hingga Juni 2024), kategori produk yang paling banyak menghasilkan adalah Perlengkapan Rumah serta Beauty:
Dalam kategori Perlengkapan Rumah, produk yang umumnya dipromosikan seperti blender, juicer, kulkas, rice cooker, AC, TV, kulkas, tempat makan, dan perlengkapan rumah lainnya. Total komisi yang dihasilkan dari kategori perlengkapan rumah selama Januari - Juni 2024 sebanyak 1,5 Miliar Rupiah yang berasal dari 1 Juta produk berhasil terjual melalui link affiliate.
Untuk kategori Beauty, contoh produk yang biasa dipromosikan biasanya adalah skin care, shampoo, peralatan serta perlengkapan makeup dan lainnya. Total komisi yang dihasilkan dari kategori Beauty selama Januari - Juni 2024 sebanyak 1,4 Miliar Rupiah yang berasal dari 1 Juta produk berhasil terjual melalui link affiliate.
4. Campaign sesuai dengan niche audience
Jika kamu memiliki konten yang niche seperti membahas keuangan ataupun gaming, kamu juga dapat mempromosikan beberapa campaign finance dan digital produk yang ada ACCESSTRADE seperti:
- AXA Mandiri Affiliate Program: Komisi sebesar 10% dengan cookies 30 hari, konversi terhitung sampai user membeli premi
- Gopay Affiliate Program: Komisi sebesar Rp.3500 dengan cookies 7 hari, konversi terhitung sampai user baru melakukan transaksi menggunakan gopay
- Honest Credit Affiliate Program: Komisi sebesar Rp.150.000 dengan cookies 7 hari, konversi terhitung sampai pendaftaran user disetujui oleh pihak Honest
- Eneba Affiliate Program: Komisi sebesar 3% dengan cookies 7 hari, konversi terhitung sampai user melakukan transaksi di Eneba
- Coda Shop Affiliate Program: Komisi sebesar 0.7% dengan cookies 30 hari, konversi terhitung sampai user melakukan transaksi di Coda Shop
- Unipin Affiliate Program: Komisi sebesar 0.6% dengan cookies 7 hari, konversi terhitung sampai user melakukan transaksi di Unipin
5. Brand yang Memberikan Banyak Promo
Campaign dari brand yang sering memberikan promo seperti diskon atau voucher menarik akan jauh lebih mudah dipasarkan. Audiens cenderung tertarik pada penawaran spesial yang dapat menghemat uang mereka, yang pada akhirnya meningkatkan potensi konversi.
Voucher adalah senjata ampuh dalam affiliate marketing. Saat brand memberikan voucher, itu bisa menjadi daya tarik besar untuk meningkatkan penjualan. Kamu bisa memanfaatkan angle ini untuk menarik audiens agar segera melakukan pembelian, karena mereka merasa mendapatkan nilai lebih.
ACCESSTRADE juga menyediakan berbagai voucher dari campaign yang tersedia untuk kamu bagikan. Kamu dapat mengaksesnya melalui dashboard publisher, kemudian pilih menu voucher. Kamu dapat membagikan kode vouchernya ataupun download banner dan masukan ke dalam konten kamu.
Memilih campaign yang tepat bukan hanya soal memilih produk populer, tapi juga memastikan campaign tersebut memberikan keuntungan optimal untuk audiens dan dirimu sebagai affiliate marketer. Dengan strategi yang tepat, kamu bisa meraih sukses besar di dunia affiliate marketing!