ACCESSTRADE Indonesia

9 Langkah Hasilkan Jutaan Dollar Dengan Bisnis Afiliasi Amazon

Admin
how to Dec 11, 2022

Baca Juga: 20 Tips Belajar Bisnis Affiliate Paling Mudah dan Terbukti Menghasilkan Komisi Pertama Anda

Menjadi marketplace terbesar di dunia, Amazon seringkali menjadi pilihan bagi para pengusaha untuk menjajakan produknya. Mulai dari pakaian, buku, hingga peralatan elektronik, semua bisa Anda temukan. Hingga kemudian bisnis afiliasi Amazon pun rilis ke dunia. Hasilnya, banyak orang mulai memanfaatkan peluang tersebut dan berhasil mendapatkan penghasilan ekstra. Karena itulah di sini Accesstrade akan memberikan informasi seputar afiliasi di Amazon dan langkah-langkahnya.

Daftar Isi

Bagaimana Cara Kerja Affiliate Amazon?

Cara kerja bisnis afiliasi Amazon kurang lebihnya sama seperti program sejenis. Singkatnya, program ini bertujuan agar sebuah perusahaan mendapat lebih banyak trafik dan penjualan dari promosi oleh publisher / afiliator. Nantinya, pihak pemilik produk atau brand akan memberikan komisi dengan jumlah variatif kepada setiap orang yang berhasil mempromosikan produknya.

Nanti Anda sebagai publisher akan mendapat link khusus. Link inilah yang harus Anda sebarkan ke berbagai media sosial, seperti Instagram, Tiktok, Facebook, atau sejenisnya. Ketika seseorang melakukan transaksi menggunakan link yang Anda bagikan barulah komisi bisa ditarik. Komisi yang bisa Anda peroleh tergantung dari harga produk terjual, berkisar antara 4% - 10%.

Hal yang menjadikan Amazon unik adalah Anda tetap bisa mendapat penghasilan meskipun pengunjung tidak melakukan transaksi. Ketika pengunjung memasukkan produk ke dalam wishlist atau keranjang, Anda sudah bisa mendapat penghasilan. Hanya saja, nilainya lebih kecil daripada pengunjung yang membeli produk. Semua kejadian ini harus terjadi paling lambat 24 jam setelah pengunjung mengakses produk melalui link afiliasi.

Syarat dan Cara Daftar Bisnis Afiliasi Amazon

Sebelum memulai bisnis afiliasi Amazon, Anda harus memahami terlebih dahulu perihal prosedurnya. Amazon memiliki syarat dan ketentuan sebelum Anda bisa mendaftarkan diri sebagai publisher bagi mereka. Di bawah ini adalah informasi lebih lanjut mengenai syarat dan cara mendaftarkan diri sebagai publisher di marketplace Amazon.

Syarat Daftar Afiliasi Amazon

Berikut adalah beberapa syarat yang harus Anda penuhi sebelum memasuki program afiliasi Amazon. 

  • Harus memiliki website atau blog untuk mempromosikan link afiliasi dari Amazon nanti. Apabila Anda belum memiliki blog atau website, cobalah untuk membuatnya terlebih dahulu melalui CMS seperti Blogger, Medium, dan sejenisnya
  • Akun media sosial aktif. Akun medsos seperti Instagram, Facebook, atau bahkan WhatsApp / Telegram group yang aktif bisa jadi alternatif. Jika memiliki YouTube channel juga tidak masalah selama memiliki follower / subscriber yang cukup banyak agar afiliasi lebih efektif

Cara Daftar Bisnis Afiliasi di Amazon

Agar bisa mendapat penghasilan dari bisnis afiliasi di Amazon, Anda perlu memiliki link khusus. Untuk mengakses link tersebut, pastikan Anda mendaftarkan diri sebagai publisher resmi. Membagikan link produk sebelum mendaftar akan berbuah sia-sia karena saldo hasil transaksi pengunjung menjadi invalid. Di bawah ini adalah beberapa langkah dalam cara mendaftarkan diri dalam program afiliasi di Amazon.

  • Akses situs resmi Amazon dan cari menu di paling bawah bertuliskan "Become an Affiliate"
  • Klik tombol "sign up" untuk mulai pendaftaran
  • Ikuti setiap arahan dalam proses pendaftaran
  • Masukkan data pribadi seperti nama, alamat, dan nomor hp yang masih aktif
  • Masukkan URL / link / alamat website atau blog yang Anda jadikan tempat mempromosikan link afiliasi Amazon
  • Membuat ID toko dengan mengisi seluruh data seperti nama toko dan lain sebagainya
  • Masukkan keterangan yang diperlukan mengenai website atau blog Anda
  • Pilih kategori produk yang ingin Anda promosikan dalam link afiliasi
  • Tentukan bagaimana trafik masuk ke website atau blog milik Anda
  • Masukkan juga keterangan bagaimana Anda bisa memperoleh penghasilan dari website atau blog tersebut
  • Masukkan keterangan trafik (pengunjung) unik yang datang ke web setiap bulan serta bagaimana Anda membangun link tersebut
  • Lakukan verifikasi dengan klik "Call Me Now"
  • Angkat telepon yang masuk dan catat 4 nomor yang menjadi pin dari pihak Amazon
  • Isi data untuk keterangan pajak (bisa Anda isi nanti)
  • Selesai

Setelah proses pendaftaran tersebut, barulah Anda bisa mengakses dashboard publisher via Amazon Associate. Ambil satu atau beberapa link afiliasi untuk dipasang di website blog Anda dan promosikan.

9 Langkah Hasilkan Jutaan Dollar dari Bisnis Afiliasi Amazon

Bisnis afiliasi Amazon memiliki skala global dimana para pengunjung biasanya berasal dari berbagai negara. Karena itulah Anda juga akan mendapat komisi berupa mata uang dolar, bukan rupiah atau mata uang lain. Meskipun begitu, bukan tidak mungkin untuk menggaet banyak trafik lokal dari Indonesia selama teknik promosi yang Anda gunakan benar. Ada beberapa trik yang bisa Anda gunakan untuk mempromosikan link afiliasi melalui website.

Trik tersebut berasal dari pengaturan web dan konten. Konten memegang nilai penuh pada pemasaran afiliasi. Ketika artikel dari suatu blog memenuhi keinginan calon pengunjung yang melakukan pencarian maka postingan tersebut akan mendapat banyak audiens. Pengaturan konten yang bagus juga akan membuat website Anda memiliki pengunjung tetap dan peluang transaksi via link afiliasi bisa terjaga. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa diterapkan dalam pengaplikasian link afiliasi.

Membuat Website

Salah satu syarat utama untuk bergabung dalam bisnis afiliasi Amazon adalah memiliki website. Dalam hal ini, Anda sebagai publisher bisa membuat web terlebih dahulu melalui platform gratis seperti medium, blogger, atau wordpress versi gratis. Akan tetapi, jika Anda ingin terlihat lebih profesional dan berkualitas lagi maka tidak ada salahnya untuk mengubah alamat web ke Top Level Domain (TLD). Namun, hal ini tidak wajib karena dengan versi gratis saja Anda sudah bisa mendaftarkan diri.

Pelajari SEO Agar Tulisan Anda Terindex Google

SEO (Search Engine Optimisation) merupakan sebuah istilah untuk teknik yang banyak pengembang web gunakan agar situsnya berada di halaman teratas mesin pencari. Selain itu, SEO juga mempermudah konten dalam website Anda untuk terindex di mesin pencari seperti Google. Ada dua tipe di dalam teknik ini, yaitu off page dan on page. Semakin bagus kualitasnya maka akan semakin mudah pula untuk terindex dan mendapatkan trafik. Peluang sukses afiliasi pun semakin besar.

Anda bisa coba untuk mengatur kata kunci, penggunaan gambar, hyperlink, dan format lain dalam konten artikel. Cobalah membuat artikel runtut menggunakan format heading. Mulai dari heading 1 untuk judul utama dan heading 2 untuk subjudul. Jika perlu, pastikanlah website blog Anda ringan untuk diakses oleh pengguna dan responsive.

Riset Produk di Amazon

Karena ini merupakan bisnis afiliasi Amazon, jelas wajib hukumnya untuk melakukan riset produk melalui marketplace tujuan langsung. Riset ini berfungsi untuk mengetahui kira-kira produk mana yang bisa menarik perhatian banyak orang. Anda bisa riset dari frekuensi penjualan dan produk terbaik di Amazon. Jika perlu, lihatlah bagian review / ulasan. Produk dengan ulasan baik akan lebih memikat pengunjung untuk melakukan pembelian via link afiliasi Anda.

Cari Audience yang Sesuai dengan Produk

Dengan menerapkan trik SEO, pengunjung Anda sudah pasti sesuai. Akan tetapi, agar lebih efisien lagi cobalah untuk mencari audience yang sesuai via media sosial. Contohnya seperti Facebook Group, Instagram, Fanpage, Tiktok, Telegram Group / Channel, dan masih banyak lagi. Agar lebih menarik, Anda bisa membuat konten pendukung di setiap media sosial. Dengan begitu, orang yang melihat postingan Anda memiliki rasa penasaran yang lebih kuat dan tertarik dengan produk afiliasi.

Buat Tulisan Rekomendasi Produk di Amazon

Bingung ingin membuat konten artikel seperti apa? Anda bisa membuatmu artikel seputar 'rekomendasi produk di Amazon'. Dengan membuat konten tersebut, Anda akan memiliki trafik dari orang-orang yang memang ingin mencari produk di marketplace Amazon. Variasikan isi konten seperti 'rekomendasi barang elektronik rumah tangga' atau sejenisnya. Anda juga bisa menyesuaikannya dengan niche utama website / blog. Cantumkan link dari bisnis afiliasi Amazon di setiap rekomendasi produk yang Anda buat.

Fokus Pada Produk-Produk Terlaris di Amazon

Agar lebih cepat menghasilkan uang dalam bisnis afiliasi Amazon, Anda bisa memilih produk terlaris di Amazon. Produk yang sudah dibeli oleh banyak orang biasanya lebih memikat perhatian. Dengan begitu, trafik yang berasal dari link afiliasi Anda juga bisa ikut tertarik. Ketika mereka melakukan transaksi pembelian, Anda bisa segera mendapatkan komisi sesuai dengan ketentuan Amazon.

Ditambah lagi tentang fakta bahwa Amazon saat ini menjadi salah satu marketplace terbesar di dunia. Karena itulah tidak ada salahnya untuk membuat link afiliasi produk terlaris dan menyebarkannya ke berbagai social media. Dengan frekuensi transaksi yang lebih kuat, peluang Anda akan semakin besar dalam meraih pendapatan. Jika kondisi terus berlanjut, bukan tidak mungkin Anda bisa mendapat ratusan juta dolar dari afiliasi.

Sebar Link di Social Media

Selain untuk mencari trafik ke website blog, social media juga bisa Anda gunakan untuk melakukan promosi secara langsung. Buatlah konten pendukung sebagai pengantar dan keterangan dari produk yang Anda afiliasikan. Anda bisa membuat konten review, membandingkan dua produk berbeda atau sekedar menjelaskan hal umum terkait produk tersebut. Buat semenarik mungkin agar audience di konten social media Anda tertarik untuk membeli produk.

Bangun Sebuah Grup Online Fokus Pada Produk Anda

Selanjutnya adalah dengan membuat grup online seperti via WhatsApp, Facebook, Messenger, atau Telegram. Buatlah grup dengan topik yang berfokus pada produk yang akan Anda promosikan. Hal ini bertujuan untuk menyaring audience agar sesuai dengan produk yang Anda afiliasikan di Amazon. Dari sini, peluang untuk terjadinya transaksi lebih besar karena audience di dalam grup memiliki fokus yang sama.

Evaluasi Kinerja Konten Anda

Setelah mempublikasikan konten, lakukan evaluasi untuk menilai hasil insight yang didapatkan. Engagement dalam social media penting agar bisa memahami sisi mana yang harus Anda perbaiki ke depannya. Dengan begitu, nilai dan efektivitas dari konten bisa terus meningkat. Meraih trafik untuk transaksi via link afiliasi juga akan lebih mudah tercapai. Di sinilah pendapatanmu berpotensi cepat dalam menghasilkan jutaan rupiah.

Kesimpulan

Sebagai marketplace terbesar di dunia, bisnis afiliasi di Amazon memang cukup besar kesempatannya untuk sukses. Akan tetapi, teknik dalam penyampaian promosi juga perlu Anda perhatikan agar bisa memberikan efek penasaran terhadap audience. Nantinya, setiap penghasilan Anda di Amazon akan diakumulasikan selama 60 hari sebelum proses penarikan.

Baca Juga: Panduan Lengkap Affiliate Marketing 2023 Dengan Social Media, Belajar Sampai Mahir Hanya Di Sini!

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
affiliate marketing
Marketplace dan e-commerce meramaikan ekosistem afiliasi di Indonesia dengan berbagai penawaran komisi dan program yang masing-masing menguntungkan.
Feb 08, 2023
affiliate marketing
Program afiliasi lazada adalah program afiliasi yang menguntungkan dengan komisi yang bervariasi mulai dari 1% sampai 7% untuk setiap pembeliannya.
Feb 08, 2023
affiliate marketing
Ikuti 3 tips ngonten ini biar shopee afiliasi program-mu makin cuan, gampang ditiru dan dipraktekan, buktikan sendiri!
Feb 08, 2023
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Program affliasi adalah metode marketing yang di dasarkan pada performance, atau dibayar pada setiap action atau penjualan yang terjadi
Jan 18, 2023