ACCESSTRADE Indonesia

10 Strategi Bisnis Affiliate Marketing Bagi Pemula Yang Paling Direkomendasikan

Admin
affiliate marketing Dec 03, 2022

Baca Juga: Gampang! Cara Daftar Afiliasi Zalora Nggak Pakai Ribet

Kalian tak perlu khawatir, apabila masih asing dengan bisnis Affiliate Marketing. Affiliate Marketing merupakan jenis bisnis yang mempromosikan suatu produk untuk mendapat pembagian komisi dari penjualan atau transaksi yang terjadi melalui promosi yang disebar.

Umumnya, kedua belah pihak mendapat manfaat dari program ini ketika produk perusahaan dipasarkan atau dipromosikan, sedangkan orang yang melakukan promosi akan menerima komisi ketika calon pembeli melakukan transaksi. Sebagian besar peggiat bisnis Affiliate Marketing memiliki blog atau situs web tempat mereka menyebar tautan Affiliate, namun kini banyak dari mereka yang menggunakan social media sebagai tempat utama untuk menyebar tautan Affiliate.

Menekuni binis Affiliate Marketing tidak begitu sulit untuk dilakukan, apalagi bagi mereka yang masih pemula. Namun jika Anda melakukannya dengan serius dan terampil, bukan tak mungkin bisnis ini akan menjadi sumber pendapatan utama Anda. 

Daftar Isi

Apakah Affiliate Marketing menguntungkan?

Affiliate Ilustration

Affiliate Marketing adalah tentang kesabaran. Jika ada yang mengatakan itu mudah, bunuh pikiran itu. Seperti bisnis apapun, Affiliate Marketing membutuhkan usaha, tetapi hasilnya sepadan. Saat mempromosikan produk, Affiliate mengambil peran pihak ketiga dan karena itu tidak memiliki kendali atas produk tersebut.

Kelebihan dari bisnis ini adalah pekerjaan di sini bukan tentang membangun produk, hanya memasarkannya, audiens ada di sana untuk mengkonsumsinya, Anda hanya perlu mengetuk saluran yang tepat untuk menyampaikan pesan.

Keuntungan bagi affiliate marketer

Keuntungan terbesar dari Affiliate marketing  adalah mudah dan tidak merepotkan untuk memulai. Jika Anda ingin menulis, Anda dapat menulis di situs blog gratis atau meluncurkan situs web Anda sendiri dengan biaya minimal. Pekerjaan ini seringkali fleksibel dan memungkinkan Anda bekerja sesuai tenggat waktu Anda sendiri.

Keuntungan bagi Perusahaan

Dari sudut pandang perusahaan yang menjalankan program Affiliate, Affiliate Marketing  hemat biaya secara ekonomis. Pengembalian investasi yang tinggi menjadikannya pilihan yang layak untuk investasi.

10 Strategi Bisnis Affiliate Marketing

Ilustrasi

Dalam memulai bisnis Affiliate marketing, tentunya Anda tetap harus mengetahui dan menyiapkan Strategi Bisnis Affiliate Marketing yang sudah terbukti menghasilkan. Anda dapat meniru beberapa cara ini sebagai acuan menjalankanny.

Selain memerlukan strategi dalam menjalankan bisnis affiliate marketing, Anda juga harus konsisten menjalankan bisnis ini. Karena dengan seperti itu, performa affiliate Anda akan terus meningkat sehingga komisi yang didapat juga ikut meningkat.

Berikut 10 rekomendasi strategi bisnis affiliate marketing untuk pemula.

Memilih produk Affiliate Yang Sesuai

Dengan memilih produk affiliate yang sesuai, adalah langkah awal yang baik dalam strategi bisnis affiliate marketing.  tentunya, jika Anda memahami produk maka pastinya anda bisa memaksimalkan penjualan produk tersebut. Mengapa demikian, karena dengan pengetahuan produk yang baik serta di barengi dengan trend yang beredar di social media.

Anda bisa meraup komisi dari penjualan jauh lebih banyak, apabila sudah mengetahui selera pasar dan bisa menentukan produk apa saja yang berpotensi menghasilkan penjualan yang tinggi. 

Untuk mengetahui hal ini, Anda bisa memperhatikan produk-produk baru yang memiliki kegunaan menarik. Pastikan juga harga dari produk tersebut, jangan sampai harga produk yang ada tidak sesuai dengan kegunaan yang ditawarkan.

Memilih Platform Affiliate

Anda juga harus cermat dalam memilih platform Affiliate, tentukan mana platform terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan lupa untuk baca syarat dan ketentuan dari platform Affiliate yang akan kalian ikuti, karena biasanya terdapat berbagai informasi penting yang direkomendasikan untuk affiliator pemula ketahui.

Mengidentifikasi Audiens 

Anda dapat menggunakan alat seperti Google Analytics dan Google Trends untuk memulai mengidentifikasi audiens yang Anda miliki. Dari sana, Anda bisa mengetahui siapa audiens Anda dan apa yang mereka sukai. Selain itu, Anda juga bisa menyimpulkan produk mana yang cocok untuk kelompok sasaran ini. 

Bekerjasama dengan influencer

Anda juga bisa bekerjasama dengan influencer untuk meningkatkan performa Affiliate, nantinya influencer akan mempromosikan tautan Affiliate ataupun akun social media yang Anda miliki. Dari situ, Anda bisa mendapatkan berbagai calon pembeli baru yang sangat tepat untuk memperluas jangkauan yang dimiliki.

Memilih social media yang tepat

Ketahui dimana kemampuan dan kelebihan Anda dalam membuat konten social media, dengan itu Anda bisa menentukan social media mana yang tepat untuk digunakan dalam menyebarkan berbagai konten Affiliate yang dimiliki.

Menggunakan Iklan Berbayar di social media atau google

Selain beriklan di media sosial, salah satu cara terbaik untuk beriklan adalah beriklan atau beriklan dengan Google Ads. Hal ini dapat meningkatkan kinerja pengaksesan website dan blog.

Saat konten didistribusikan, semakin banyak audiens yang belum pernah melihat konten tersebut. Dari sana, Anda dapat memaksimalkan kembali kinerja Affiliate Anda dengan membuat konten yang disempurnakan yang tentunya harus berkualitas tinggi.

Membuat konten yang memiliki Value

Membuat video ulasan produk dan layanan yang Anda jual di platform video seperti YouTube, TikTok, dan Reels adalah langkah yang dapat Anda lakukan untuk mencoba menjual produk Affiliate . Namun, penting juga untuk memastikan bahwa ulasan video tersebut memiliki value.

Perlu diperhatikan berbagai aspek produk yang dievaluasi, seperti detail produk, fitur produk dan tentunya kesesuaian produk dengan gambar atau deskripsi.

Membuat video review atau rekomendasi

Anda bisa membuat video review atau rekomendasi tentang produk yang Anda pasarkan, tidak hanya merekomendasikan satu produk saja. Anda juga bisa mengoleksi berbagai produk yang masih dalam kategori yang sama dan direkomendasikan dari beberapa harga yang tersedia. Cara memasarkan produk affiliasi ini sangat menarik dan memiliki tingkat interaksi yang tinggi.

Menulis di blog atau forum online

Anda perlu mengoptimasi blog atau forum online yang Anda Miliki, jangan lupa untuk membuat tampilan halaman yang menarik dan informasi produk atau layanan yang jelas agar calon pelanggan senang saat mengunjungi website Anda.

Skill menulis dan konten yang dibuat memainkan peran penting dalam Affiliate Marketing karena ketika calon pelanggan mengunjungi situs web Anda dan menemukan bahwa pesan yang Anda tawarkan tidak meyakinkan mereka untuk membeli, semua upaya yang Anda lakukan untuk menerapkan strategi Affiliate Anda sia-sia.

Pilih produk affiliate yang komisinya besar

Anda tidak perlu khawatir untuk memilih produk affiliate yang memiliki komisi besar, karena Anda tentu saja dapat memilih salah satu yang paling cocok untuk Anda dari sekian banyak produk yang tersedia. Namun Anda juga bisa mencoba produk dari jasa keuangan, jasa travel dan promosi e-commerce, karena mereka memiliki komisi yang cukup besar untuk setiap persentase penjualannya.

Pahami Jenis Komisi Affiliate

Ilustrasi Komisi

Setelah memahami 10 strategi bisnis affiliate marketing untuk pemula diatas. Saatnya Anda memahami berbagai macam jenis komisi pada affiliate marketing dan mengetahui bagaimana Anda di bayar, terdapat jenis komisi di bisnis affiliate marketing, berikut beberapa jenis komisi affiliate yang paling direkomendasikan untuk pemula.

Cost per Lead (CPL)

Cost per Lead (CPL) Ini adalah strategi Affiliate dimana publisher menerima komisi dari pengiklan untuk setiap lead yang memenuhi syarat. Prospek yang dihasilkan tidak harus penjualan, mereka bisa menjadi lalu lintas atau traffic yang dilakukan.

Cost per Install (CPI)

Cost Per Install adalah konsep Affiliate objek berupa aplikasi. Anda akan menerima komisi untuk pengguna yang mengunduh aplikasi mereka.

Cost per Click (CPC)

Cost Per Click, pada tipe komisi ini anda akan dibayar jika ada yang mengklik tautan link yang anda pasang. Komisi ini mudah sekali didapatkan walaupun komisinya kecil namun jika anda memiliki traffic yang besar tentunya CPC adalah pilihan utama.

Cost per Sale (CPS)

Cost per Sale merupakan model Affiliate di mana penayang mendapatkan komisi atas konversi penjualan yang sebenarnya. Oleh karena itu, pengiklan hanya membayar jika mereka dapat mengubah lalu lintas masuk menjadi pembelian.

Memilih platform affiliate yang tepat

Accesstrade Ecommerce

Sebagai pemula, mungkin Anda akan kebingungan dalam memilih platform affiliate yang tepat untuk ditekuni. Yang paling penting, platform affiliate yang akan kalian ikuti harus terverifikasi dan terpercaya serta mampu merealisasikan.di Accesstrade, platform Affiliate terlengkap dan termudah. Accesstrade memiliki sistem atau jenis komisi yang adil untuk setiap penggunanya. Selain itu, Accesstrade memiliki tim sendiri. Tim Accesstrade yang berdedikasi dan profesional siap membantu dengan sepenuh hati mulai dari tahap pendaftaran, memasang banner Affiliate hingga membaca laporan kinerja.

Maka dari itu, berikut beberapa keunggulan Accesstrade lainnya yang paling direkomendasikan untuk pemula.

Satu Dashboard Untuk Semua Affiliate 

Di Accesstrade, program Affiliate tersedia dalam beberapa varian, komisi dibuat secara otomatis di akhir bulan, tidak seperti platform pembayaran lain yang memerlukan persyaratan Accesstrade yang rumit. Hingga saat ini, ratusan pengiklan toko online, jasa keuangan, jasa perjalanan, dan aplikasi online lainnya telah mendaftar di Accesstrade. Selain itu, Accesstrade memiliki lebih dari 30.000 publisher yang siap mempromosikan produk pengiklan.

Anda dapat menarik komisi dengan mudah langsung ke rekening pribadi yang terdaftar, Accesstrade juga menyediakan berbagai program affiliate marketing yang paling direkomendasikan untuk pemula ikuti. Jadi yang harus Anda lakukan hanyalah mendaftar di Accesstrade untuk mengelola atau mengikuti berbagai program affiliate marketing. 

Komisi Bervariasi

Selain berbagai kampanye Affiliate , Accesstrade juga menawarkan program rujukan yang dapat memberi Anda hadiah tambahan setiap hari. Anda hanya perlu mengundang teman untuk bergabung dengan penerbit Accesstrade Indonesia.

Untuk setiap anggota baru yang Anda undang, lalu mereka menyelesaikan kampanye di Accesstrade, Anda juga bisa mendapatkan bonus tambahan hingga Rp500.000. 

Jadi Anda tidak perlu khawatir untuk memilih platform Affiliate karena hampir semua merek besar telah bergabung dengan Accesstrade, yang memudahkan penerapan Affiliate Marketing. Klik di sini untuk mendaftar dengan Accesstrade.

Persyaratan Mudah

Selain pendaftaran gratis, ada berbagai layanan yang membantu Anda untuk melakukan bisnis Affiliate di Accesstrade. Karen terdapat berbagai materi kreatif dan komisi menarik, serta setiap kampanye menawarkan hadiah sesuai dengan kesulitan kampanye. 

Accesstrade memastikan bahwa komisi yang diterima sesuai dengan kampanye yang dilakukan.Tanpa modal dan dengan syarat yang mudah, Anda bisa langsung bergabung dengan Accesstrade dan siap untuk mulai mendapatkan komisi. 

Fitur custom link dan landing pages (Inpages)

Inpages adalah layanan halaman khusus yang dirancang untuk akses mudah oleh Affiliate Accesstrade. Anda dapat menggunakan fitur ini untuk mengumpulkan berbagai link Affiliate yang Anda miliki. Ini berarti Anda dapat menggabungkan tautan Affiliate Anda menjadi satu tautan pusat. Karena itu, Anda harus menjadi Affiliate Accesstrade untuk menggunakannya.

Setelah mengetahui berbagai strategi yang paling direkomendasikan untuk pemula lakukan, tentunya hal tersebut bisa menjadi panduan awal Anda untuk memulai bisnis affiliate marketing. Pahami setiap detail dari strategi tersebut dan pastikan Anda memilih platform affiliate terbaik, seperti di Accesstrade Indonesia.

Baca Juga: Gabut Sendirian, Cobain Lazada Affiliate Program yang Menguntungkan!

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program di mana Anda mempromosikan produk atau layanan perusahaan atau merek dan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian. Jumlah komisi yang Anda terima bervariasi berdasarkan persentase produk dan harga jual.
Jan 07, 2023
how to
Setelah Anda bergabung sebagai Affiliate Marketer di Tokopedia, Anda harus mempunyai strategi dalam mempromosikan produk yang Anda jual pada platform media sosial pribadimu. Hal ini menjadikan keuntungan untuk Anda jika hal ini berhasil,
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Saat ini, TikTok telah berkembang menjadi platform ecommerce. Bahkan TikTok telah membuka kemungkinan kepada pengguna untuk mendapat penghasilan tambahan lewat TikTok Affiliate. Berikut cara membuat affiliate marketing TikTok meraup untung jutaan rupiah.
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program atau perusahaan yang membayar komisi untuk menawarkan dan menjual produk, layanan, atau situs web. Contoh umum dari bisnis Affiliate adalah menggunakan tautan rujukan. Affiliate marketer menempatkan tautan di blog.
Jan 06, 2023