ACCESSTRADE Indonesia

Perbandingan Komisi Affiliate Program Shopee VS Affiliate Program Tokopedia, Mana Yang Paling Cuan

Admin
affiliate marketing Dec 21, 2022

Baca Juga: 10 Contoh Bisnis Afiliasi Paling Mudah Dengan Komisi Terbaik

Istilah affiliate mungkin sudah tidak asing lagi di telinga khalayak umum akhir-akhir ini, mengingat banyak sekali perusahaan-perusahaan e-commerce dan sosial media yang sudah menambahkan program affiliate pada fitur yang mereka miliki. Beberapa diantaranya adalah affiliate program shopee dan tokopedia affiliate.

Kedua program affiliate tersebut banyak diminati oleh para pengguna Indonesia. Meskipun kedua affiliate menawarkan keuntungan sukses dalam bisnis affiliate, keduanya tentu mempunyai perbedaan baik dari segi komisi hingga syarat pendaftarannya. Apabila Anda penasaran dengan hal ini, maka langsung saja simak penjelasan pada artikel berikut.

Daftar Isi

Apa Itu Affiliate Program Shopee ?

Affiliate program shopee merupakan sebuah program  yang digunakan untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjadi seorang content creator. Adapun tugasnya, yaitu mempromosikan segala produk pilihan yag ada di shopee melalui media sosial. Oleh karena itu, untuk bergabung ke program ini alangkah baiknya jika Anda mempunyai followers dengan jumlah yang lumayan banyak.

Sebagai peserta shopee affiliate, Anda mendapatkan kebebasan untuk membuat konten sesuai dengan kreativitas yang dimiliki. Akan tetapi, Anda harus tetap memenuhi semua ketentuan dari pihak shopee affiliate, salah satunya adalah akun yang Anda gunakan bukanlah akun sebuah toko ataupun milik penjual.

Adapun imbalan yang akan Anda dapatkan jika berhasil masuk sebagai peserta program shopee affiliate, yaitu mendapatkan komisi dengan jumlah 2,5 persen ingga 10 persen jika berhasil mempromosikan ke penonton konten Anda.

Komisi tersebut merupakan bentuk bayaran yang Anda terima, karena telah berhasil membantu pelanggan shopee untuk menemukan produk yang dipromosikan melalui tautan affiliate shopee yang Anda salin dan sebarkan di konten. Komisi ini akan dihitung dari harga produk yang terjual melalui custom link peserta. Jadi, semakin banyak pembeli atau pengguna yang melakukan pembelian produk melalui link tersebut maka semakin besar pula komisi yang akan Anda dapatkan.

Adapun contoh perhitungan komisi shopee affiliate ini, misalnya Anda berhasil mengajak 15 orang pengguna lama untuk membeli produk dengan harga 80.000, maka Anda akan mendapatkan komisi sebesar 30.000. Sedangkan untuk pembayaran komisi ini, akan dibayarkan setiap minggu pertama dan ketiga di setiap bulannya. Akan tetapi jika jumlah komisi Anda masih di bawah 10.000, maka akan dikomisikan pada bulan berikutnya.

Dari penjelasan di atas, kesimpulannya bahwa affiliate program shopee adalah program yang dirancang khusus untuk membantu Anda dalam menghasilkan uang tambahan. Melalui program ini, Anda akan mendapatkan komisi uang yang berasal dari produk yang Anda promosikan di media sosial. Terkait bagaimana tata cara pendaftarannya, tidak perlu khawatir karena memang sangat mudah untuk dilakukan. Bagaimana, apakah Anda mulai tertarik untuk bergabung dengan program affiliate satu ini?

Perbedaan Komisi Affiliate Program Shopee Dengan Affiliate Program Tokopedia

Di awal artikel ini sudah dijelaskan bahwa selain shopee affiliate, ada juga tokopedia affiliate yang keduanya sama-sama memberikan pelayanan affiliate. Meskipun memiliki kemiripan, namun kedua program ini mempunyai banyak perbedaan, mulai dari segi komisi, media sosial, hingga keunggulan sistem. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah penjelasannya:

Jumlah Komisi yang Dibayarkan

Dalam hal ini, pihak shopee affiliate memberikan komisi kepada para anggotanya mulai dari 2,5 hingga 10 persen di setiap produk yang dipromosikan dan berasal dari shopee mall, star seller, dan supermarket. Akan tetapi, tak jarang juga terdapat pengguna yang mendapatkan komisi hingga 15 persen karena berhasil melampaui target dari hari biasanya.

Ketentuan terssebut jika dilihat secara umum, hampir sama dengan tokopedia affiliate yang memberikan komisi sebesar 10 persen atau setara dengan 50.000 kepada para penggunananya apabila berhasil mempromosikan produk yang berasal dari merchant, power merchant pro, dan official store.

Sedangkan untuk perbedaannya terletak pada kategori barang yang dipromosikan. Pada program affiliate tokopedia, mengelompokkkan nominal komisi yang didasarkan pada kategori produk. Setiap affiliatornya bisa mempromosikan produk sesuai dengan kategori dan pendapatan di bawah ini:

  • 1 persen untuk produk dengan kategori gadget, otomotif, dan elektronik
  • 2 persen untuk produk dengan kategori lainnya
  • 3 persen untuk produk dengan kategori hobi dan olahraga
  • 5 persen untuk produk dengan kategori perlengkapan bayi, ibu menyusui, serta kebutuhan kesehatan
  • 8 persen dari produk kecantikan, fashion, dan rumah tangga
  • 10 persen untuk produk makanan dan minuman

Tak hanya itu saja, tokopedia juga akan memberikan komisi kepada setiap affiliatornya sebesar Rp50 untuk setiap klik yang didapatkan oleh affiliator. Tentunya, jikaa klik tersebut sudah terverifikasi (tukar klik sesama affiliator, bukan hasil spam, dan lain-lain). Intinya, jika bergabung tokopedia maka akan mendapatkan penghasilan dari dua sumber, yaitu link produk yang dibeli orang lain dan jumlah perklik kunjungan konten.

Sedangkan shopee affiliate, besarnya komisi tidak dirinci berdasarkan kategori kebutuhan, melainkan toko online yang sudah terdaftar.

Transparasi dan Layanan Informasi

Selain berbeda dari segi komisi yang akan diberikan kepada affiliatornya, kedua program ini juga mempunyai perbedaan dari segi transparasi dan layanan informasi, sebagai marketplace yang pernah menerima peringkat satu di antara banyaknya e-commerce, shopee mampu mengumpulkan puluhan ribu affiliator. Jumlah tersebut juga hampir seimbang dengan jumlah affiliator di tokopedia. Akan tetapi, sayangnya masih banyak yang mengeluhkan transparasi di shopee affiliate.

Hal tersebut mengenai banyak affiliator yang masih memerlukan sejumlah referensi tentang affiliate program shopee. Bahkan, banyak yang mengatakan bahwa jawaban yang diterima oleh tiap customer service shopee affiliate tidak sinkron satu sama lain. Artinya, jawaban yang diberikan oleh setiap CS tidak kompak dan terkesan membingungkan para affiliator.

Sedangkan tokopedia, sejak awal sudah menyuguhkan informasi terkait program affiliatenya secara gamblang dan terkesan lebih kompak, alhasil banyak affiliator yang merasa puas dan tidak bingung.

Kebijakan Pembatasan Komisi

Selain dari segi jumlah komisi yang dibayarkan kepada affiliatornya, kedua program ini juga berbeda dari segi kebijakan pembatasan komisi yang dimiliki. Belakangan ini, para affiliator tokopedia mengeluhkan pembatasan komisi hasil kunjungan, sehingga banyak yang tidak semangat untuk menyebarkan link produk. Hal ini dkarenakan adanya oknum atau affiliator nakal yang melakukan spam demi mendapatkan kunjungan dengan jumlah banyak secara instan.

Berbeda dengan shopee affiliate, sejak awal tidak memberikan komisi dari jumlah per klik atau kunjungan organik karena memang fokusnya pada hasil belanja online yang dilakukan oleh pembeli. Dalam artian, shopee affiliate mempunyai peraturan yang lebih longgar dan bisa berubah. Sedangkan tokopedia, kebijakan bisa berubah lebih ketat apabila terjadi peristiwa merugikan marketplace, e-commerce,online shop, dan pihak yang terkait.

Persyaratan Affiliate Program Shopee Dan Affiliate Tokopedia

Kedua program ini tentu mempunyai persyaratan pendaftaran yang berbeda-beda dan harus dipatuhi oleh setiap calon affiliatornya. Berikut adalah penjelasan lebih jelasnya:

Persyaratan Umum dan Khusus Daftar Affiliate Program Shopee

Persyaratan umum shopee ini wajib untuk Anda ketahui sebagai calon affiliator. Mengapa demikian? Jika Anda tidak memenuhinya, maka kemungkinan besar untuk bergabung ke program ini sangat mustahil, dalam artian pendaftaran Anda akan ditolak secara mentah-mentah. Berikut adalah persyaratan-persayaratan umumnya:

  • Anda harus mempunyai akun shopee aktif milik pribadi bukan milik sebuah toko ataupun penjual
  • Anda juga harus mengaktifkan ShopeePay. Hal ini perlu Anda lakukan, karena akan memudahkan untuk pencairan jumlah komisi
  • Anda harus mempunyai akun rekening bank yang juga masih aktif untuk mempermudah pembayaran komisi di atas satu juta rupiah
  • Memasukkan email aktif yang terdaftar pada ponsel Anda untuk memudahkan proses verifikasi akun shopee affiliate
  • Mempunyai normor whatsapp yang masih aktif agar pihak shopee affiliate mudah menghubungi Anda jika terjadi sesuai yang tidak diinginkan

Sedangkan untuk syarat khusus yang harus Anda penuhi agar pendaftaran shopee affiliate diterima adalah sebagai berikut:

  • Calon affiliator shopee wajib mempunyai akun media sosial yang masih aktif, seperti youtube, Instagram, facebook, twitter, Instagram, hingga blog pribadi. Akun-akun tersebut juga harus bersifat pribadi bukan milik toko ataupun penjual
  • Calon affiliator harus memenuhi batas minimum followers atau pengikut sesuai dengan ketentuan affiliate yang dipilih. Contohnya shopee influencer (minimal 2000 pengikut), shopee affiliate (minimal 1 pengikut), shopee partners (minimal lebih dari 2000 pengikut)
  • Wajib membuat konten media sosial yang sifatnya orisinal bukan hasil plagiat dan tidak mengandung unsur SARA, pornografi, dan tidak melanggar peraturan perundangan yang berlaku.

Apabila syarat-syarat umum dan khusus di atas sudah Anda penuhi dan patuhi, maka dijamin pendaftaran yang Anda lakukan tidak akan ditolak.

Persyaratan Daftar Affiliate  Tokopedia

Sebelum Anda memutuskan untuk menjadi affiliator di tokopedia, maka ada baiknya jika Anda memahami terlebih dahulu syarat dan ketentuan pendaftarannya agar Anda menjadi lebih paham bagaimana sistem kerja yang dimiliki program ini. Berikut adalah syarat-syarat pendaftarannya:

  • Pastikan terlebih dahulu bahwa akun affiliate tokopedia Anda sudah terverifikasi. Dengan menggunakan akun yang terverifikasi, maka semakin mudah Anda untuk menarik saldo hasil komisi
  • Jangan pernah mempromosikan barang yang memang dilarang oleh syarat dan ketentuan affiliate tokopedia
  • Anda dilarang untuk menjual produk yang merupakan barang milik toko sendiri
  • Anda tidak pernah terlibat dalam aktivitas penipuan yang ada sangkut pautnya dengan akun-akun di tokopedia
  • Anda harus memastikan bahwa konten yang akan Anda buat tiak akan melanggar aturan dari pihak tokopedia. Contohnya, kontennya tidak orisinil atau meniru ide orang lain, tidak pantas atau mengandung pelanggaran merk dagang
  • Adapun barang atau produk yang dilarang untuk diprosikan pada affiliate tokopedia, antara lain adalah minuman alcohol, rokok, serta produk-produk terlarang
  • Anda tidak boleh menerapkan manipulasi, khususnya dalam hal jumlah pengunjung dan pesanan ke link affiliate dengan menggunakan cara apapun. contohnya, menggunakan aplikasi ataupun robot link.
  • Pihak tokppedia berhak untuk tidak memberikan jumlah saldo komisi kepada Anda jika pihak tokopedia berhasil menemukan kejanggalan atau mendeteksi pelanggaran syarat serta ketentuan yang sudah diberlakukan.

Dari penjelasan syarat daftar tokopedia di atas, jika Anda ingin melakukan promosi produk di affiliate tokopedia, maka alangkah baiknya jika Anda menggunakan produk yang sudah tergabung dalam power merchant dan official store. Dengan memperhatikan hal ini, dijamin pihak tokopedia akan mendapatkan komisi kepada Anda.

Mana Yang Paling Bagus Antara Affiliate Program Shopee Dan Affiliate Tokopedia

Pertanyaan ini memang kerap dipertanyakan oleh calon affiiator yang ingin bergabung di kedua program tersebut. Jawabannya, sebenarnya kedua program ini masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda.

Pertama dari segi jumlah komisi yang dibayarkan, tokopedia lebih unggul daripada shopee affiliate, karena affiliatornya akan mendapatkan komisi yang berasal dari dua sember (link affiliate dan jumlah klik pada setiap konten). Sedangkan shopee affiliate hanya akan memberikan komisi di setiap pembelian produk melalui link affiliate yang disebarkan.

Kedua, dari segi layanan referensi, tokopedia juga lebih unggul karena pihaknya mempunyai jawaban yang kompak ketika memberikan penjelasan pada calon affiliatornya. Sedangkan shopee affiliate, berkesan tidak kompak sehingga terkadang membingungkan calon affiliatornya.

Ketiga, dari segi kebijakan komisinya, shopee lebih unggul dari tokopedia karena sejak dari awal shopee sudah menjelaskan bahwa komisi yang didapatkan hanya berasal dari pembelian melalui link affiliate. Sedangkan dalam hal ini, banyak ditemukan affiliator nakal di tokopedia yang rela melakukan apapun demi mendapatkan jumlah komisi yang banyak.

Meskipun demikian, kedua program affiliate ini sama-sama mempunyai sistem kerja yang sama. Mana program yang lebih baik, dapat Anda lihat sesuai dengan bagaimana Anda memanfaatkannya.

Kesimpulan

 

Affiliate program shopee dan affiliate tokopedia merupakan program yang akan membantu Anda untuk menghasilkan uang tambahan. Kedua program tersebut sangatlah mudah untuk dijalankan sehingga sangat cocok bagi Anda yang baru mulai mendalami dunia affiliate. Untuk komisi dari kedua program ini juga tidak telalu kecil dan tidak terlalu besar. Namun akan sangat menguntungkan jika Anda mempunyai jumlah pengikut di media sosial lumayan banyak.

Apabila Anda ingin mendapatkan keuntungan lebih dari program affiliate shopee dan affiliate tokopedia, maka Anda bisa mencoba daftar melalui accestrade. Melalui accestrade ini, Anda akan mendapatkan banyak keuntungan yang tidak akan Anda temukan di tempat lainnya. Hanya cukup dengan membuat akun di accestrade, maka dengan mudah Anda akan mendapatkan komisi dari link affiliate shopee maupun tokopedia. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya? Maka silahkan coba daftar disini 

Baca Juga: Bisnis Online Affiliate, Pengertian Lengkap serta Tips Jitu Sampai Cuan

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program di mana Anda mempromosikan produk atau layanan perusahaan atau merek dan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian. Jumlah komisi yang Anda terima bervariasi berdasarkan persentase produk dan harga jual.
Jan 07, 2023
how to
Setelah Anda bergabung sebagai Affiliate Marketer di Tokopedia, Anda harus mempunyai strategi dalam mempromosikan produk yang Anda jual pada platform media sosial pribadimu. Hal ini menjadikan keuntungan untuk Anda jika hal ini berhasil,
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Saat ini, TikTok telah berkembang menjadi platform ecommerce. Bahkan TikTok telah membuka kemungkinan kepada pengguna untuk mendapat penghasilan tambahan lewat TikTok Affiliate. Berikut cara membuat affiliate marketing TikTok meraup untung jutaan rupiah.
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program atau perusahaan yang membayar komisi untuk menawarkan dan menjual produk, layanan, atau situs web. Contoh umum dari bisnis Affiliate adalah menggunakan tautan rujukan. Affiliate marketer menempatkan tautan di blog.
Jan 06, 2023