Berbagai Jenis Komisi Tokopedia Affiliate Program Beserta Ketentuannya

Admin
affiliate marketing Nov 24, 2022
1694423660_jenis-jenis-komisi-tokopedia-affiliate-program.jpg

Tokopedia sebagai salah satu marketplace terbesar di Indonesia pun menawarkan berbagai jenis komisi yang bisa Kamu dapatkan dari kegiatan affiliate atau promosi produk tokopedia yang kamu lakukan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan dapat memprediksikan berapa komisi yang dapat kamu hasilkan, yuk simak penjelasan mengenai berbagai komisi tokopedia affiliate dan ketentuannya.

Daftar Isi

Jenis-jenis Komisi Tokopedia Affiliate

Berikut adalah berbagai jenis komisi yang bisa kamu dapatkan ketika menjalankan tokopedia affiliate program:

1. Komisi Affiliate Tokopedia Berdasarkan Kategori Per Penjualan

Nilai komisi maksimal Rp20.000 untuk setiap kategori per penjualan. Tokopedia dapat mengubah persentase & nominal komisi sewaktu-waktu. Berikut adalah persentase komisi tokopedia affiliate berdasarkan kategori produk yang berhasil terjual:

A. Komisi 10%

Kategori produk dengan 10% komisi tokopedia affiliate diantaranya adalah untuk kategori produk Kecantikan dan Fashion.

B. Komisi 7%

Kategori produk dengan 7% komisi tokopedia affiliate diantaranya adalah untuk kategori produk Makanan & Minuman.

C. Komisi 5%

Kategori produk dengan 5% komisi tokopedia affiliate diantaranya adalah untuk kategori produk Aksesoris HP & Gadget, Kesehatan Ibu & Bayi.

D. Komisi 4%

Kategori produk dengan 4% komisi tokopedia affiliate diantaranya adalah untuk kategori produk Rumah Tangga dan Buku.

E. Komisi 2%

Kategori produk dengan 2% komisi tokopedia affiliate diantaranya adalah untuk kategori produk Audio, Otomotif, Olahraga, Hobi.

F. Komisi 1%

Kategori produk dengan 1% komisi tokopedia affiliate diantaranya adalah untuk kategori produk Elektronik, Handphone & Gadget.

Lalu produk manakah yang paling banyak penjualannya? Simak informasi lainnya mengenai Kategori Produk Tokopedia Paling Laris Terjual di 2023.

2. Komisi Ekstra

Seller akan memberikan Komisi Ekstra sebesar 1-20% (di luar komisi yang diberikan Tokopedia) tanpa maksimum komisi per penjualan. Affiliates berpotensi untuk mendapatkan Komisi Tokopedia beserta Komisi Ekstra dari seller sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Bagaimana cara menemukan produk/toko dengan Komisi Ekstra?

Terdapat 2 cara untuk menemukan produk/toko yang menyediakan Komisi Ekstra.

  • Kamu dapat mengecek di halaman Discovery Page Affiliate untuk pilihan produk/toko yang memiliki Komisi Ekstra
  • Kamu dapat langsung mengecek melalui icon Share pada halaman produk manapun, apabila produk/toko yang dipromosikan memiliki Komisi Ekstra

Bagaimana cara untuk mengecek performa Komisi Ekstra?

Kamu dapat mengecek performa Komisi Tokopedia dan Komisi Ekstra untuk setiap produk/toko yang dipromosikan pada halaman Affiliate. Selanjutnya, kamu dapat melakukan hal berikut:

  • Klik "Total Komisi" untuk melihat jumlah pendapatan dari komisi Tokopedia dan Komisi Ekstra
  • Lihat bagian "Link dengan performa" untuk melihat pendapatan dari setiap produk dengan label Komisi Ekstra
  • Masuk ke halaman “Pendapatan” untuk mengecek rincian pemasukan dan pengeluaran Komisi Ekstra

Kapan Komisi Ekstra akan dibayarkan ke konten kreator?

Kamu akan menerima Komisi Ekstra bersamaan dengan Komisi Tokopedia maksimal 2x24 jam setelah pesanan terselesaikan. Komisi akan masuk secara otomatis ke Saldo Penghasilan affiliate dan dapat kamu tarik ke rekening pribadi dengan mentransfer dana melalui halaman Affiliate.

Affiliate tokopedia dan Shopee affiliate sama-sama memiliki komisi extra pada programnya. Namun program manakah yang paling baik diantaranya keduanya? Simak ulasannya di 7 Faktor Perbandingan Antara Affiliate Tokopedia Vs Shopee.

3. Komisi berdasarkan Kunjungan

Tokopedia akan memberikan komisi sebesar Rp50 untuk setiap kunjungan terverifikasi, dan akan masuk ke Saldo Affiliate kamu 1 hari setelah kunjungan dihitung.

Syarat dan Ketentuan Komisi Tokopedia Affiliate

Sebelum kamu menjalankan campaign, ada baiknya untuk perhatikan hal-hal berikut terlebih syarat dan ketentuan tokopedia affiliate dahulu agar tidak salah langkah dalam penerapannya:

1. Komisi yang sah

A. Komisi dari link yang disebar di:

  • Sosial media umum (Instagram, YouTube, Facebook, Twitter, & TikTok)
  • Sosial media pribadi (grup chat arisan, RT/RW, komunitas lokal, dll)
  • Blog dan website

B. Untuk komisi berdasarkan kunjungan, komisi yang sah apabila kunjungan dari pengguna yang sudah login akun Tokopedia.

2. Komisi yang tidak sah

Transaksi tidak sah yang dilakukan berkali-kali menyebabkan penahanan saldo dan penghapusan akun Tokopedia Affiliate. Berikut adalah aturannya:

  • Komisi dari transaksi yang dimanipulasi
  • Saling tukar link dengan rekan demi komisi
  • Transaksi dengan pola dan nominal yang tidak wajar
  • Transaksi B2B (dropship, transaksi dalam jumlah besar, reseller, dan berbagai jenis transaksi antar bisnis lainnya)
  • Kunjungan dari pengguna yang belum login, bot, atau kunjungan lain yang melanggar syarat dan ketentuan.

3. Kapan komisi akan diterima?

Komisi akan diterima setelah produk yang kamu rekomendasikan statusnya berhasil terjual dan status transaksinya telah selesai. Umumnya dibutuhkan maksimal dua hari setelah produk terkirim atau setelah pembeli menekan tombol “produk diterima”.

4. Bagaimana cara mendaftar menjadi affiliate tokopedia?

Untuk mendaftar, kamu bisa pelajari langkah-langkah lengkapnya di Cara Menjadi Influencer Tokopedia Tanpa Modal.

Rizki Setyo

Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.

Artikel Terkait
affiliate marketing
Detail campaign Mayra Fashion Affiliate Program mengenai berapa persen komisi, syarat ketentuan hingga target audiens Mayra Moslem Wear. Berikut detailnya:
affiliate marketing
Konsep mengutamakan kualitas saat memilih produk untuk affiliate marketing merupakan sesuatu hal yang krusial dan bersifat fundamental. Cari tahu alasannya serta tips strateginya di artikel ini!
affiliate marketing
Detail campaign AXA Mandiri Financial Program mengenai berapa persen komisi, syarat ketentuan hingga target audiens AXA Mandiri. Berikut detailnya:
search engine optimization
Meta Description merupakan salah satu bagian dari Search Engine Optimisation, benarkah element ini merupakan salah satu hal yang berpengaruh di ranking google? simak Study case dari ahref yang ada di artikel ini
search engine optimization
Internal link merupakan salah satu cara agar konten yang kita buat memiliki alur informasi yang jelas. Penerapan internal link ini sangat berdampak pada relevansi konten kita.
affiliate marketing
Temukan arti cookies dan bagaimana mereka berperan penting dalam affiliate marketing. Pelajari bagaimana cookies membantu dalam tracking konversi.