ACCESSTRADE Indonesia

Yuk Kenali Syarat Shopee Affiliate dan Syarat Tokopedia Affiliate, Mana yang Paling Mudah di Ikuti

Admin
how to Jan 04, 2023

Baca Juga: Autocuan, Ini Cara Daftar Afiliasi Niagahoster & Dapatkan Komisi Hingga 70%!

Daftar Isi

Syarat mendaftar Shopee affiliate?

Setiap program affiliate pasti memiliki persyaratan pendaftaran yang berbeda dengan yang lainnya, seperti halnya Shopee affiliate. Meskipun setiap platform memiliki persyaratan yang berbeda, persyaratan yang mereka tawarkan sebenarnya cukup mirip. Beberapa hal yang mirip tersebut adalah Anda diharuskan untuk memiliki alamat email, whatsapp dan akun media sosial yang masih aktif. Lalu apa saja syarat mendaftar Shopee affiliate? Syarat mendaftar untuk Shopee affiliate bisa Anda lihat di bawah ini:

  • Anda diharuskan memiliki akun Shopee yang aktif.
  • Bila perlu, mendaftarlah ke ShopeePay Plus.
  • Pastikan Anda memiliki rekening atas nama pribadi untuk menarik komisi.
  • Memiliki sebuah email utama yang aktif.
  • Memiliki nomor Whatsapp yang aktif hingga saat ini.
  • Akun media sosial setidaknya memiliki beberapa follower baik itu di YouTube, Instagram, TikTok, Twitter, maupun Facebook bila ingin menjadi Shopee affiliate.
  • Pastikan akun media sosial memiliki 2.000 pengikut atau lebih bila ingin upgrade ke jenis affiliate yang lebih tinggi seperti Shopee partner atau influencer.
  • Akun media sosial harus cukup aktif dan rajin membuat konten original serta tidak dikunci untuk umum.
  • Akun media sosial harus akun pribadi dan bukan akun atas nama toko atau penjual produk.
  • Akun media sosial harus bebas dari unsur SARA (Suku, Agama, dan Ras), pornografi, serta tidak bertentangan dengan peraturan perundangan yang berlaku di Indonesia.
  • Anda hanya dapat mempromosikan produk Shopee Mall, Shopee Supermarket, Star, dan juga Star plus.
  • Anda dilarang mempromosikan produk-produk yang dilarang oleh Shopee seperti rokok atau minuman keras.

Nah, itulah syarat untuk mendaftar Shopee affiliate, persyaratannya cukup mudah bukan? Memang bila kita perhatikan, ada banyak sekali persyaratan yang diberikan oleh Shopee. Tetapi hal itu memang dilakukan demi kenyamanan kedua pihak baik dari seller Shopee maupun para affiliate.

Syarat mendaftar Tokopedia affiliate

tokopedia affiliate

Anda sudah membaca syarat Shopee affiliate, lalu apa saja syarat mendaftar Tokopedia affiliate? Meskipun Tokopedia dan Shopee memiliki kesamaan jenis platform yaitu marketplace, ternyata terdapat sedikit perbedaan di persyaratan pendaftaran program affiliatenya. Beberapa hal yang berbeda tersebut adalah pihak Tokopedia membatasi jumlah transaksi komisi perhari serta skema pemberian link affiliate. Lalu selain perbedaan tersebut, apa saja syarat mendaftar Tokopedia affiliate? Syarat mendaftar untuk Tokopedia affiliate bisa Anda lihat di bawah ini:

  • Harus memiliki akun Tokopedia yang masih aktif.
  • Data diri pada Akun tokopedia harus benar-benar lengkap.
  • Link affiliate yang dipromosikan akan diberikan oleh toko yang bersangkutan.
  • Produk yang dipromosikan harus berasal dari seller Power Merchant, Power Merchant Pro, Official Store.
  • Anda diharuskan memiliki akun media sosial yang masih aktif.
  • Tidak ada batasan minimal untuk jumlah pengikut akun media sosial yang akan Anda gunakan.
  • Jumlah maksimal untuk transaksi yang terjadi melalui link affiliate Anda adalah lima kali sehari.
  • Komisi akan dianggap valid saat pembeli melakukan pembelian link Anda dalam jangka waktu dua minggu atau 14 hari.

Bisa kita lihat bahwa persyaratan untuk mendaftar Tokopedia affiliate sedikit lebih mudah dilakukan daripada Shopee affiliate. Perlu Anda perhatikan bahwa persyaratan yang lebih sedikit belum tentu membuat affiliate Tokopedia menjadi lebih unggul daripada Shopee affiliate. Bila Anda merupakan seseorang yang tidak ingin melakukan hal dengan susah payah, maka mendaftar Tokopedia affiliate adalah pilihan yang tepat.

Keuntungan program affiliate Shopee

shopee affiliate

Sebagai salah satu marketplace besar di Indonesia, Shopee memberikan banyak sekali keuntungan bila Anda bergabung ke dalam program affiliate Shopee miliki mereka. Tentu beberapa keuntungan tersebut dapat Anda nikmati apabila mengikuti persyaratan dan kebijakan yang mereka berikan selama Anda bergabung ke dalam Shopee affiliate. Lalu, apa saja sih keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan bergabung ke program affiliate Shopee? Berikut ini sudah kami urai ke dalam beberapa bagian yang bisa Anda baca di bawah ini:

Skema komisi yang menarik

Keuntungan yang pertama dari program affiliate Shopee adalah skema komisinya yang cukup menarik khususnya bagi mereka yang baru memulai bekerja sebagai affiliate. Shopee memberikan komisi sesar 1% hingga 10% tergantung dari kategori pembeli dan juga jenis toko. Anda bisa mendapatkan 1% komisi bila berhasil menjual produk dari toko yang tidak sedang melakukan promosi. Anda juga bisa mendapatkan komisi sebesar 5% bila toko tersebut sedang melakukan promosi. Selain itu, jumlah komisi berdasarkan toko tersebut akan meningkat sebanyak dua kali lipat bila Anda sudah mengupgrade akun affiliate Anda menjadi Shopee influencers atau Shopee partner. Dengan kata lain, Anda bisa mendapatkan komisi sebesar 2% untuk toko yang tidak melakukan promosi, dan 10% untuk toko yang sedang melakukan promosi.

Selain komisi berdasarkan toko, Anda bisa mendapatkan komisi dari penjualan berdasarkan jenis pembeli yang membeli melalui link affiliate Anda. Dapatkan komisi sebesar 2,5% bila Anda berhasil menarik pengguna lama untuk membeli produk Shopee melalui link affiliate Anda. Anda juga bisa mendapatkan komisi sebesar 10% bila Anda berhasil menarik pengguna baru untuk bertransaksi melalui link affiliate Anda. Nah, bagaimana mengenai skema komisi dari Shopee affiliate? Cukup menarik untuk diikuti bukan?

Ada berbagai bonus

Selain skema komisi yang menarik, ada juga berbagai bonus yang tak kalah menarik untuk Anda peroleh. Berbagai bonus tersebut antara lain adalah voucher cashback, voucher diskon, dan bahkan tiket awal untuk mengikuti campaign dari Shopee. Tentu saja yang paling menggiurkan adalah tiket untuk campaign tersebut karena kita bisa menjalankan campaign lebih awal sehingga bisa mendapatkan reward lebih banyak dari pengguna lain. Bila Anda senang dengan berbagai promo dan diskon, maka mengikuti Shopee affiliate bukanlah hal yang buruk bukan?

Penarikan komisi yang mudah

Setelah membahas bonus dan komisi, tentu tidak lengkap rasanya bila kita tidak membahas mengenai sistematika penarikan komisi dari Shopee affiliate. Shopee affiliate sendiri memberikan opsi penarikan yang cukup ramah bagi para affiliate pemula. Jumlah minimum penarikan yang sangat rendah yaitu Rp10.000 serta bisa ditarik baik ke ShopeePay atau rekening kita. Kemudahan ini tentu sangat menguntungkan terutama bagi mereka yang masih belum memiliki rekening karena komisi bisa ditarik ke ShopeePay terlebih dahulu.

Selain itu, Anda juga bisa menarik komisi yang Anda dapatkan kapan saja dan di mana saja asal sudah memenuhi syarat minimum penarikan. Proses penarikan sendiri berlangsung paling lambat selama seminggu, dan paling cepat adalah hanya dalam sehari. Komisi yang tidak melebihi batas minimum penarikan ke rekening akan dikirimkan ke dompet ShopeePay pengguna.

Mudah mendapat komisi karena sudah memiliki pengguna setia

Sama halnya dengan banyak marketplace lain, Shopee tentu memiliki banyak pengguna setia yang siap untuk Anda tawari produk affiliate Anda. Jumlah pengguna Shopee sendiri termasuk ke dalam tiga besar se-Indonesia sehingga cukup mudah untuk mendapatkan komisi bila bergabung ke dalam Shopee affiliate.  Meski kebanyakan pembeli produk yang Anda tawarkan adalah pengguna lama sehingga besar komisi yang Anda dapatkan tidak cukup besar, tentu hal itu masih sangat menguntungkan.

Keuntungan program affiliate Tokopedia

tokopedia affiliate

Sebagai kompetitor Shopee, marketplace Tokopedia juga menawarkan banyak keuntungan jika Anda bergabung di Program affiliate Tokopedia. Tentunya, selama Anda menjadi affiliate Tokopedia, beberapa keuntungan tersebut bisa Anda nikmati jika mengikuti syarat dan ketentuan yang ada. Keuntungan apa yang bisa kita dapatkan dengan mengikuti program affiliate Tokopedia? Berikut ini kami tulis menjadi beberapa bagian yang dapat Anda baca di bawah ini:

Skema komisi yang cukup besar

Sebagai marketplace besar, tentu Tokopedia mampu memberikan komisi yang cukup besar untuk para anggota Tokopedia affiliate. Setiap anggota program ini dapat memperoleh komisi hingga 10% tergantung dari produk apa yang mereka jual. Secara lebih spesifik, berikut adalah rincian komisi program affiliate Tokopedia yang kami ambil dari situs resmi Tokopedia.

  • 10% untuk kategori Makanan dan Minuman.
  • 8% di kategori kecantikan, pakaian, dan rumah tangga.
  • 5% pada kategori Kesehatan, Ibu dan Anak.
  • 3% untuk kategori Olahraga dan Hobi.
  • 1% dalam kategori ponsel, tablet, mobil, dan elektronik.
  • 2% dalam kategori lain yang tidak termasuk dalam kategori di atas.

Perlu diketahui bahwa besar komisi maksimum di Tokopedia affiliate adalah Rp 50.000 per kategori untuk setiap penjualan. Hadiah dianggap sah jika tautan dibagikan di media sosial publik yang umum digunakan seperti Instagram, YouTube, Facebook, Twitter, TikTok. Selain itu, media sosial pribadi seperti grup chat di whatsapp atau menulis tautannya di blog dan website juga masih dihitung sah.

Namun, komisi dapat dianggap batal ketika transaksi yang terjadi merupakan hasil manipulasi. Contohnya seperti bertukar tautan dengan mitra lain, transaksi dengan jumlah dan nominal yang tidak biasa, transaksi B2B seperti dropshipping, dan transaksi bisnis ilegal lainnya.

Selain komisi penjualan, Anda juga bisa mendapatkan komisi kunjungan yang hitungannya juga berbeda dari komisi penjualan. Komisi kunjungan adalah komisi dalam jumlah nominal tertentu yang ditetapkan oleh Tokopedia yang dibayarkan kepada para affiliate untuk setiap kunjungan yang terkonfirmasi.

Bonus kunjungan yang diperoleh Afiliasi untuk satu (satu) kunjungan terkonfirmasi adalah Rp 50 (Lima Puluh Rupiah). Komisi kunjungan tersebut akan diberikan setelah proses review oleh pihak Tokopedia maksimal 2x24 jam. Batas maksimum komisi kunjungan yang bisa didapatkan oleh para mitra Tokopedia affiliate adalah sebesar Rp25.000 (Dua Puluh Lima Ribu Rupiah) per harinya.

Ada berbagai bonus menarik

Selain sistem komisi yang cukup besar, ada juga berbagai bonus yang tak kalah menariknya untuk Anda dapatkan. Bonus ini termasuk berbagai voucher, bonus dari program referral, bahkan akses untuk masuk ke Akademi Kreator Tokopedia. Tentu saja yang paling menarik adalah akses ke Akademi Kreator Tokopedia karena kita dapat mengasah skill kita secara gratis serta memperluas koneksi. Jika Anda menyukai berbagai bonus tersebut, maka cobalah untuk mengikuti affiliate Tokopedia sekarang juga.

Kesimpulan

shopee

Setiap program affiliate dari dua marketplace tersebut sama-sama memiliki kelebihannya masing-masing sehingga Anda perlu memikirkan matang-matang sebelum memilih. Silahkan pilih brand affiliate yang anda suka, sebelum memilih ada baiknya anda juga belajar strategi masing masing affiliate tersebut, klik disini untuk baca rekomendasi strategi shopee, dan klik disini untuk membaca rekomendasi strategi tokopedia

Baca Juga: Cuma 3 Langkah, Cara Daftar Afiliasi Canva Bisa Bikin Kamu Kaya

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program di mana Anda mempromosikan produk atau layanan perusahaan atau merek dan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian. Jumlah komisi yang Anda terima bervariasi berdasarkan persentase produk dan harga jual.
Jan 07, 2023
how to
Setelah Anda bergabung sebagai Affiliate Marketer di Tokopedia, Anda harus mempunyai strategi dalam mempromosikan produk yang Anda jual pada platform media sosial pribadimu. Hal ini menjadikan keuntungan untuk Anda jika hal ini berhasil,
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Saat ini, TikTok telah berkembang menjadi platform ecommerce. Bahkan TikTok telah membuka kemungkinan kepada pengguna untuk mendapat penghasilan tambahan lewat TikTok Affiliate. Berikut cara membuat affiliate marketing TikTok meraup untung jutaan rupiah.
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program atau perusahaan yang membayar komisi untuk menawarkan dan menjual produk, layanan, atau situs web. Contoh umum dari bisnis Affiliate adalah menggunakan tautan rujukan. Affiliate marketer menempatkan tautan di blog.
Jan 06, 2023