ACCESSTRADE Indonesia

10 Cara Memulai Shopee Affiliate Program, Strategi Paling Cuan

Admin
affiliate marketing Dec 12, 2022

Baca Juga: Contoh Affiliate Marketing yang Bagus Serta Tips Menjalankannya di Youtube

Daftar Isi

Berapa minimal Shopee affiliate program cair?

Seperti berbagai program affiliate lainnya, Shopee affiliate program juga memiliki batasan minimal untuk pencairan komisi. Bila Anda belum mencapai batasan minimal tersebut, tentu Anda tidak dapat menarik komisi yang sudah Anda dapatkan dan harus berjuang untuk mencapai target tertentu. Batasan minimal untuk pencairan komisi di Shopee affiliate program adalah minimal Rp10.000. Proses pencarian akan memakan waktu hingga paling lama satu minggu untuk masuk ke rekening Anda.

10 Cara cuan shopee affiliate program

shopee affiliate

Sudah tertarik untuk bergabung ke affiliate Shopee? Tentu program affiliate shopee ini memiliki beberapa trik dan cara yang bisa kita lakukan agar bisa mendapatkan keuntungan yang lebih. Jadi, pastikan Anda setidaknya melakukan beberapa cara yang akan kami tulis di bawah ini:

Pilih produk terlaris per kategori

Cara tercepat untuk mendapatkan komisi dari affiliate Shopee adalah dengan memasarkan produk yang terkenal dan laris di pasaran. Pilihlah dua atau tiga produk terlaris dari setiap kategori yang Ada di Shopee untuk Anda pasarkan melalui media sosial Anda. Produk yang sudah laris tentu akan memiliki peluang yang lebih besar untuk cepat laku karena pasti kebanyakan orang sudah mengetahuinya.

Ambil video dari shopee untuk disebarkan

Selanjutnya adalah menggunakan video yang sudah dibuat oleh Shopee untuk memasarkan produk yang Anda pilih. Bila Anda tidak terlalu ahli dalam membuat video promosi, tentu memakai video milik Shopee adalah pililhan yang tepat. Terlebih kualitas video yang Shopee berikan juga cukup baik sehingga cocok untuk digunakan kembali.

Merencanakan konten

Bila Anda merupakan seorang yang senang membuat konten-konte baru, tentu cara ini merupakan hal wajib yang harus Anda lakukan. Merencanakan konten yang akan dibuat dengan matang tentu akan meningkatkan peluang terjadinya transaksi melalui link affiliate Anda. Buatlah konten yang menarik dan unik agar penonton merasa tertarik dengan produk yang Anda tawarkan.

Pilih channel marketing

Belajarlah dengan melihat berbagai channel marketing yang ada di internet. Anda bisa meniru bagaimana cara terbaik untuk memasarkan produk dan bagaimana cara membuat konten promosi yang tepat. Memilih channel yang bagus adalah salah satu kunci untuk mendapatkan ilmu marketing yang baik.

Mulai belajar Content Creator

Salah satu cara yang wajib untuk dilakukan adalah belajar tentang content creator. Dengan membuat konten yang menarik, tentu produk affiliate Anda akan lebih mudah dipasarkan karena banyak penonton konten yang mengetahuinya.

Mulai belajar SEO

Selain belajar tentang konten, belajar SEO juga cukup penting. SEO sendiri dapat mempengaruhi banyaknya transaksi dari link affiliate Anda karena situs dengan SEO yang baik akan selalu berada di depan pencarian Google.

Branding melalui website atau social media

Anda bisa melakukan branding untuk produk yang akan Anda pasarkan melalui media sosial dan juga website. Dengan melakukan branding, produk tersebut akan lebih dikenal oleh masyarakat sehingga peluang terjualnya produk tersebut akan meningkat.

Tahu kapan waktu yg tepat untuk sebar link

Tahukah Anda kalau ada waktu terbaik untuk menyebarkan link affiliate Anda? Salah satunya adalah mengupload konten di jam istirahat dan bukan saat jam kerja. Orang-orang yang sibuk bekerja tentu tidak akan melihat konten yang Anda buat. Jadi mengupload saat jam istirahat seperti saat istirahat makan siang atau malam hari adalah pilihan waktu yang tepat.

Sebar link ke teman terdekat, jangan spam

Selain melalui konten media sosial, Anda juga dapat menyebarkan link affiliate Anda ke orang-orang terdekat. Anda cukup menyebarkannya melalui chat media sosial atau mungkin menunjukkannya saat sedang mengobrol dengan mereka.

Tiru affiliate marketer lain

Cara terakhir adalah dengan meniru apa yang dilakukan oleh affiliate marketer lain. Memang terdengar tidak pantas, tapi kenyataannya ada banyak sekali affiliate yang meniru affiliate marketer terkenal. Anda bisa mencoba untuk meniru isi konten, atau bahkan gaya penyampaiannya.

Pahami cara kerja Shopee affiliate

shopee affiliate

Untuk mendapatkan keuntungan yang besar dari shopee affiliate program, tentu Anda harus lebih mengenal dan paham tentang Shopee affiliate program. Ada beberapa hal yang perlu Anda pahami dari program ini, seperti sistem cara kerjanya, berasa besar komisi yang didapatkan, dan juga jenis-jenis affiliate yang ada di Shopee affiliate program.

Cara kerja Shopee affiliate

Cara kerja Shopee affiliate sebenarnya cukup sederhana, Anda hanya perlu membuat akun Shopee, sebuah gadget (bisa berupa handphone maupun laptop), dan jaringan internet. Setelah membuat akun, Anda tinggal memutuskan produk mana yang akan Anda pasarkan menggunakan link affiliate Anda. Bagikan link yang mengarah ke produk tersebut ke berbagai media sosial yang Anda gunakan. Nikmati pendapatan tambahan berupa komisi apabila ada yang melakukan transaksi pembelian produk melalui link yang Anda bagikan.

Komisi Shopee affiliate

Komisi yang bisa Anda dapatkan dari Shopee affiliate program akan berkisar sebanyak 1% hingga 10% untuk setiap transaksi. Kisaran angka tersebut akan bergantung dari jenis Shopee affiliate mana yang Anda ikuti. Selain itu, komisi juga terbagi menjadi dua jenis yaitu komisi dari segi pengguna dan juga komisi dari jenis toko. Besar komisi yang bisa Anda bisa dapatkan dari segi pengguna adalah 2,5% hingga 10%, sedangkan dari segi toko adalah 1% hingga 10%.

Jenis affiliate di Shopee

Anda mungkin sudah familiar dengan Shopee affiliate program. Tapi, tahukah Anda kalau ada program Shopee lain yang bisa Anda ikuti selain affiliate, seperti Shopee Influencer dan Shopee Partners? Ketiga program ini sangat cocok untuk Anda yang ingin membuat konten sambil mencari pemasukan tambahan.

Program Shopee affiliate, influencer dan partners memiliki satu kesamaan, yaitu mempromosikan produk Shopee di media sosial. Dengan membantu memasarkan produk mereka, Anda akan bisa mendapatkan komisi untuk setiap produk yang terjual berkat pemasaran yang Anda lakukan. Tentu meskipun memiliki kesamaan, masing-masing program Shopee ini memiliki syarat dan kelebihan yang berbeda-beda. Berikut ini adalah jenis affiliate yang ada di Shopee.

Shopee affiliate

Jenis yang pertama mungkin sudah bukan hal asing bagi Anda para affiliate, yaitu Shopee affiliate. Pendapatan dari Shopee affiliate dihitung dari seberapa banyak produk yang terjual melalui link yang Anda bagikan. Anda akan mendapatkan komisi sebesar 2,5 persen jika berhasil mendapatkan pengguna lama dan 10 persen jika berhasil mendapatkan pengguna baru.

Selain kategori pembeli, Shopee affiliate juga menerapkan sistem perhitungannya komisi berdasarkan jenis toko. Anda bisa mendapatkan komisi sebesar 5% untuk toko yang sedang dipromosikan, dan komisi sebesar 1% untuk toko yang tidak dipromosikan. Pada Shopee affiliate, Anda hanya bisa mendapatkan komisi maksimum sebesar Rp.10.000 untuk setiap transaksi.

Pendaftaran akun Shopee affiliate sangat mudah dilakukan oleh siapapun karena berbeda dengan jenis lainnya, Shopee affiliate tidak ada syarat khusus seperti jumlah minimum followers. Bila Anda baru saja ingin terjun ke dunia affiliate, maka Shopee affiliate merupakan salah satu pilihan yang sangat tepat untuk memulai.

Shopee influencer

Berbeda dengan Shopee affiliate yang bisa diikuti oleh semua orang, Shopee influencer hanya bisa diikuti oleh mereka yang memenuhi syarat tertentu. Adapun syarat yang paling menonjol adalah Anda harus mempunyai setidaknya pengikut atau subscriber sebanyak 2.000 orang di akun media sosial Anda. Selain itu, akun media sosial Anda juga harus cukup aktif dengan konten-konten original. Hal ini perlu dilakukan karena pihak Shopee akan memeriksa akun Anda terlebih dahulu sebelum mereka menerima Anda sebagai influencer mereka.

Dari segi komisi, Shopee influencer juga memiliki kemiripan dengan Shopee affiliate. Komisi yang didapatkan yaitu 2,5 persen untuk setiap transaksi oleh pengguna lama dan 10 persen untuk transaksi oleh pengguna baru.  Selain kategori pembeli, Shopee influencer juga memiliki rasio komisi yang sama dengan Shopee affiliate untuk kategori toko. Anda bisa mendapatkan komisi sebesar 5% bila toko tersebut sedang dipromosikan, atau komisi sebesar 1% bila toko tersebut tidak dipromosikan.

Kelebihan bagi mereka yang telah bergabung ke Shopee influencer adalah mereka bisa mengikuti campaign yang sedang diadakan oleh Shopee. Tidak seperti Shopee affiliate, Shopee influencer akan bisa mendapatkan berbagai promo, kode voucher, dan juga hadiah menarik lainnya melalui campaign ini. Selain itu, member Shopee influencer juga akan bisa mendapatkan kesempatan untuk bergabung ke dalam Shopee partner bila sudah mencapai target tertentu.

Shopee partner

Jenis yang terakhir ini merupakan kasta tertinggi dari program affiliate Shopee.  Sistem pendapatan dari Shopee partner juga tetap dihitung dari seberapa transaksi yang terjadi melalui link yang Anda bagikan. Tetapi tentu Shopee partner memiliki berbagai kelebihan yang sangat menguntungkan bila dibandingkan Shopee affiliate maupun Shopee influencer.

Anda akan mendapatkan komisi sebanyak 5 persen jika berhasil mendapatkan pengguna lama atau sebanyak 10 persen jika transaksi dilakukan oleh pengguna baru. Tentu hal ini cukup menguntungkan dibandingkan dengan Shopee affiliate dan Shopee influencer yang hanya memberikan komisi sebanyak 2,5 persen untuk transaksi pengguna lama.

Selain perbedaan besar komisi berdasarkan kategori pembeli, Shopee partner juga mendapatkan perhitungan komisi berdasarkan jenis toko yang lebih besar. Rasio yang Anda dapatkan menjadi dua kali lipat bila dibandingkan dengan Shopee affiliate dan Shopee influencer. Anda bisa mendapatkan komisi sebesar 10% untuk toko yang sedang dipromosikan, dan komisi sebesar 2% untuk toko yang tidak dipromosikan.

Berbeda dengan Shopee affiliate dan influencer, batas maksimum komisi yang bisa Anda dapatkan setiap transaksi adalah Rp50.000. Dengan kata lain, Anda akan mendapatkan komisi yang besar saat berhasil menarik pelanggan untuk membeli sebuah produk dengan harga yang tinggi.

Kesimpulan

accesstrade

Shopee affiliate program merupakan pilihan tepat khususnya bagi Anda yang ingin mendapatkan pemasukan tambahan. Shopee affiliate sangat mudah dijalankan sehingga sangat cocok untuk mereka yang baru saja mendalami dunia affiliate. Komisi yang didapatkan untuk setiap transaksi yang terjadi juga cukup bagus, tidak terlalu kecil dan juga tidak terlalu besar. Bila Anda memiliki banyak pengikut di media sosial, Anda bisa mendaftar Shopee influencer. Shopee influencer merupakan program affiliate yang sangat cocok untuk Anda yang memiliki pengikut setia di media sosial. Bila Anda tidak memiliki banyak pengikut, Anda bisa memulainya dengan mendaftar ke Shopee affiliate. Lalu, apabila Anda memang benar-benar seorang influencer, maka Anda bisa langsung mencoba untuk bergabung ke Shopee partner. Dengan bergabung ke Shopee partner, Anda akan dapat menikmati berbagai keuntungan yang tidak bisa Anda dapatkan di Shopee affiliate maupun Shopee influencer.

Nah, bila Anda sedang ingin mendapatkan keuntungan lebih dari Shopee affiliate, Anda bisa mencoba untuk mendaftar di Accesstrade. Melalui Accesstrade, Anda bisa mendapatkan berbagai benefit menarik lebih dari yang bisa Anda dapatkan di tempat lain. Cukup dengan membuat akun di Accesstrade, maka Anda akan bisa dengan mudah mendapatkan komisi melalui link Shopee affiliate yang ada di Accesstrade. Tertarik untuk mencobanya? Anda bisa mendaftar melalui alamat berikut ini: DAFTAR DI SINI.

Baca Juga: 8 Program Affiliate Marketing Indonesia dengan Komisi Menggiurkan

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program di mana Anda mempromosikan produk atau layanan perusahaan atau merek dan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian. Jumlah komisi yang Anda terima bervariasi berdasarkan persentase produk dan harga jual.
Jan 07, 2023
how to
Setelah Anda bergabung sebagai Affiliate Marketer di Tokopedia, Anda harus mempunyai strategi dalam mempromosikan produk yang Anda jual pada platform media sosial pribadimu. Hal ini menjadikan keuntungan untuk Anda jika hal ini berhasil,
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Saat ini, TikTok telah berkembang menjadi platform ecommerce. Bahkan TikTok telah membuka kemungkinan kepada pengguna untuk mendapat penghasilan tambahan lewat TikTok Affiliate. Berikut cara membuat affiliate marketing TikTok meraup untung jutaan rupiah.
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program atau perusahaan yang membayar komisi untuk menawarkan dan menjual produk, layanan, atau situs web. Contoh umum dari bisnis Affiliate adalah menggunakan tautan rujukan. Affiliate marketer menempatkan tautan di blog.
Jan 06, 2023