ACCESSTRADE Indonesia

Cari Tahu 6 Cara Kerja Affiliate Marketing Tokopedia Yang Sukses Dengan Social Media

Admin
affiliate marketing Nov 25, 2022

Baca Juga: Solusi Cuan Tambahan Daftar Affiliate Marketing Tokopedia, Komisi jutaan modal sharelink

Dimasa serba online ini tak asing lagi bagi seseorang untuk melakukan transaksi atau pembelian barang melalui marketplace. Tokopedia merupakan salah satu raksasa toko online yang ada di Indonesia. Jutaan produk tersedia pada platform jual beli online buatan anak bangsa ini.

Tokopedia memiliki berbagai layanan dan fitur mutakhir untuk memudahkan penggunanya dalam melakukan aktivitas pada aplikasi atau website nya. Namun tahukah kalian, bahwa Tokopedia memiliki program bisnis affiliasi yang sudah terjamin dan terpercaya oleh penggunanya.

Tokopedia Affiliate program merupakan nama dari bisnis afiliasi pada e-commerce berwarna hijau satu ini, kalian bisa mendapatkan komisi dari setiap transaksi yang terjadi melalui tautan afiliasi tanpa harus mengeluarkan modal.

Sebelum memulai lebih dalam pengetahuan cara kerja affiliate marketing tokopedia. Berikut pengertian dan cara kerja Affiliate Marketing Tokopedia.

Daftar Isi

Bisnis Affiliate Marketing Tokopedia

Ilustrasi Affiliate Marketing

Program pemasaran afiliasi Tokopedia adalah salah satu pilihan bisnis afiliasi terbaik di Indonesia. Afiliator yang mempromosikan produk Tokopedia melalui link afiliasi bisa menghasilkan komisi setiap bulannya. Persyaratan yang diperlukan juga cukup sederhana, cukup mendaftarkan diri melalui halaman resmi Tokopedia Affiliate kalian sudah bisa mengikuti program afiliasi Tokopedia.

Tokopedia menyediakan fitur yang memudahkan afiliator dalam melakukan berbagai kegiatannya, termasuk dalam membagikan link afiliasi. Kalian bisa membuat konten semenarik mungkin agar link produk afiliasi tersebar luas dan pasti akan mendorong orang untuk membeli produk melalui tautan tersebut.

Sebagai toko online ternama, tentunya Tokopedia memiliki berbagai aturan ketat yang mengatur berbagai urusan bisnis afiliasi pada perusahaan mereka. Maka dari itu, pastikan kalian memperhatikan dengan baik cara kerja Affiliate Marketing Tokopedia.

Cara mendaftar Tokopedia Affiliate

Kalian bisa mengikuti cara-cara berikut untuk mendaftarkan diri ke program afiliasi Tokopedia, memang cara ini sedikit rumit karena harus melakukan berbagai tahapan yang tidak praktis. Di akhir artikel ini, akan dipaparkan juga cara mendaftar program afiliasi Tokopedia dengan cara yang gampang. Namun ini dia, salah satu cara mendaftarkan diri ke program afiliasi Tokopedia.

  1. Buka aplikasi Tokopedia, lalu ketuk Semua Kategori.
  2. Buka halaman Tokopedia Affiliate
  3. Kemudian klik Daftar sekarang.
  4. Isi data pribadi dengan benar dan jika ingin menambahkan media sosial lainnya, pilih tombol Tambah Media Sosial.
  5. Isi tautan profile kalian pada sosial media yang kalian miliki. Lalu klik tombol Berikutnya. 
  6. Kalian akan ditampilkan halaman Terms of Service. Baca terlebih dahulu syarat dan ketentuan program afiliasi Tokopedia.
  7. Jika kalian setuju, kalian dapat langsung mencentang kotak yang menunjukkan bahwa kalian telah menerima persyaratan ini dan klik Daftar.

Setelah mengikuti cara pendaftaran afiliasi Tokopedia ini, selanjutnya kalian akan diarahkan ke panel profil afiliasi Tokopedia. Di panel kontrol kalian dapat melihat berbagai informasi tentang barang yang dijual, waktu transaksi, konversi, klik, hingga pendapatan yang didapat.

Skema komisi Tokopedia Affiliate

Pengguna ditawarkan kemudahan dalam mencairkan komisi yang didapat, tidak seperti toko online lain yang menawarkan penarikan minimum yang tinggi. Tokopedia memperbolehkan penarikan dana sebesar Rp10.000.

Selain itu, kalian memiliki kebebasan untuk melakukan penarikan komisi di aplikasi kapanpun kalian mau. Dari sebuah produk yang ditautkan dengan afiliasi kalian bisa mendapatkan keuntungan 2-15% dari harga produk yang terjual. Dalam aturan komisi, Tokopedia memberi batasan maksimal 5 transaksi dari lima pengguna berbeda. Jika terdapat 6 transaksi, 1 transaksi tersebut tidak dihitung sebagai komisi penjualan.

Selain itu, Tokopedia mengirimkan notifikasi ketika suatu produk terjual dari tautan afiliasi yang dibagikan, komisi tersebut akan diterima dalam kurun waktu 2x24 jam. 

Pengguna juga dapat menerima komisi alternatif lainnya melalui komisi bonus kunjungan. Setiap terdapat calon pembeli yang mengunjungi halaman produk melalui tautan afiliasi, afiliator akan mendapatkan komisi untuk setiap kunjungan terverifikasi tersebut. Komisi untuk setiap kunjungan yang terverifikasi adalah Rp 50. Komisi ini diberikan maksimal 2x24 jam setelah proses verifikasi oleh pihak Tokopedia. 

Cara Kerja Affiliate Marketing Tokopedia

Tokped

Tokopedia menyediakan fitur yang memudahkan pengguna untuk membagikan link afiliasi. kalian bisa membuat konten semenarik mungkin agar link produk affiliasi tersebar luas dan pasti akan mendorong orang untuk membeli produk. 

Lalu bagaimana cara kerja affiliate marketing tokopedia, jawabannya cukup simpel. Kalian hanya perlu membagikan produk afiliasi ke media sosial, web, ataupun platform lainnya, dari setiap transaksi yang terjadi melalui tautan afiliasi kalian maka akan mendapatkan komisi yang pastinya sangat menarik.

Cara Membagikan Produk Afiliasi Tokopedia

Bagikan tautan afiliasi kalian melalui platform yang disediakan. Setiap kali produk yang kalian referensikan terjual dalam status transaksi selesai, kalian akan menerima komisi penjualan yang secara otomatis ditambahkan ke saldo penghasilan akun kalian. Berikut langkah-langkah untuk membagikan produk afiliasi Tokopedia.

  1. Buka halaman produk yang ingin kalian promosikan.
  2. Klik ikon bagikan.
  3. Klik ikon media sosial tempat kalian mempromosikan produk kalian.
  4. Tempel tautan ke media sosial pilihan kalian.

Panel Kontrol Tokopedia

Program Affiliate Marketing Tokopedia memiliki fitur yang memungkinkan kalian meninjau ringkasan kinerja afiliasi dan kinerja setiap produk yang dirilis. Informasi yang ditampilkan benar-benar akurat, kalian dapat memilih durasi informasi yang ditampilkan. Misalnya dalam tujuh hari terakhir, hari ini atau bahkan dalam sebulan terakhir.

Dari panel ini kalian dapat memeriksa komisi atau pendapatan yang telah kalian terima, tergantung pada periode pilihan kalian. Kalian juga dapat melihat jumlah total klik pada link afiliasi yang kalian bagikan, jumlah total produk yang terjual, jumlah total produk yang kalian bagikan, riwayat produk yang terdapat aktivitas atau traffic, dan jumlah produk. 

Optimalkan 6 Cara Kerja Affiliate Marketing Tokopedia dengan social media

Social media menjadi salah satu traffic terbesar jika kamu mengetahui dan memanfaatkannya, begitupun dengan traffic lainnya. Lalu bagaimana memaksimalkan cara kerja affiliate marketing tokopedia kamu dengan social media yang kamu miliki saat ini?

Social media

Branding social media

Untuk menjadi penggiat afiliasi yang sukses, tentunya kalian harus menyiapkan branding pada sosial media yang kalian miliki. Hal ini sangat direkomendasikan, karena calon penjual pasti akan mengecek profil dari sosial media kalian saat produk afiliasi dibagikan melalui akun kalian.

Dari situ akan terlihat, apakah produk-produk yang dibagikan ini memang benar adanya dan memiliki fungsi serta kelebihan yang sesuai. Apabila kalian menyukai otomotif tidak ada salahnya untuk terus menyiapkan konten-konten otomotif, dalam beberapa konten tersebut kalian bisa menyisipkan produk afiliasi kalian beserta review yang diberikan secara jelas.

Membuat konten rekomendasi

Membuat konten rekomendasi merupakan salah satu cara meningkatkan penjualan afiliasi yang paling efektif. Mengapa begitu, karena calon pembeli dapat mengetahui secara lengkap mengenai produk yang sedang ulas.

Konten rekomendasi tidak harus berisi satu produk di setiap postingan yang kalian buat, kalian bisa merekomendasikan beberapa produk sesuai dengan kategori yang ada. Tak hanya itu, jika kalian bisa melakukan research terlebih dahulu, kalian bisa merekomendasikan produk sesuai dengan gaya ataupun hal yang sedang trend di kalangan masyarakat.

Tiru afiliator lain di social media

Tidak ada salahnya kalian meniru cara afiliator lain dalam membuat konten di media sosialnya, apabila afiliator tersebut memiliki cara pemasaran yang lebih efektif kalian bisa segera tiru cara-cara yang afiliator tersebut pakai.

Yang harus diperhatikan jangan lupa untuk melakukan ATM, yaitu Amati, Tiru, dan Modifikasi. Tiga komponen ini sangat penting untuk diterapkan saat meniru cara pemasaran afiliator lain, karena tidak seluruh aspek yang ada dalam cara afiliator tersebut bisa kalian tiru secara mentah di sosial media kalian.

Menentukan audience kamu

Dengan menentukan audiens pada akun sosial, kalian juga bisa menentukan produk apa yang cocok untuk dibagikan pada sosial media tersebut. Relevansi maupun faktor kedekatan akan sangat berguna untuk menarik perhatian calon pembeli melalui konten sosial media yang kalian buat.

Tentukan social media yang cocok

Hal terakhir yang jangan sampai dilupakan oleh kalian, yaitu menentukan sosial media yang cocok dengan produk dan keahlian kalian. Jangan sampai membuat konten untuk sosial media yang salah, seperti membuat konten narasi tertulis dan di share pada sosial media khusus video.

Kalian bisa menentukan sosial media yang cocok dengan melihat keahlian dan kecakapan kalian dalam membuat konten, selain itu pastikan kalian melakukan penelusuran singkat mengenai sosial media apa saja yang sedang happening di kalangan masyarakat.

Ketentuan Produk Affiliate Marketing Tokopedia

Tokopedia

Selain memiliki cara kerja yang mudah, persyaratan yang diperlukan afiliator untuk membagikan produk afiliasi Tokopedia bisa dibilang cukup sederhana, namun kalian juga harus cermat dan teliti dalam membaca regulasi yang sudah ditentukan oleh Tokopedia. 

Maka dari itu, dibawah ini adalah penjelasan lebih lanjut mengenai produk apa saja yang direkomendasikan Tokopedia beserta produk yang dilarangnya.

Kategori Produk Yang Direkomendasikan

Syarat dan Ketentuan tautan Afiliasi Tokopedia adalah kalian hanya bisa membagikan produk dari toko-toko yang sudah diverifikasi oleh Tokopedia, seperti Toko Resmi, Power Merchant Pro, dan Power Merchant Store.

Kategori Produk Yang Dilarang

Terdapat beberapa regulasi yang mengatur kategori  produk apa saja yang diperbolehkan untuk dijadikan tautan afiliasi. Kalian tidak boleh membagikan tautan produk Afiliasi Tokopedia yang termasuk dalam kategori terlarang berikut. Produk dewasa, Minuman beralkohol, Rokok dan tembakau, Logam mulia, produk digital yaitu pulsa, BPJS, dll.

Sangat mudah bukan untuk bisa mengikuti bisnis afiliasi Tokopedia, kalian bisa meraup komisi dalam jumlah yang banyak apabila menekuni bisnis ini dengan serius. Maka dari itu, segera daftarkan diri pada program afiliasi Tokopedia. Selain Tokopedia, jika kalian bermiinat mendaftar di semua affiliate marketplace kalian bisa mendaftar di Accesstrade, platform penyedia afiliasi terpercaya dan termudah di Indonesia.

Baca Juga: Simak 6 Cara Pemasaran Menggunakan Afiliasi, Program Yang Efektif dan Menguntungkan di Accesstrade

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program di mana Anda mempromosikan produk atau layanan perusahaan atau merek dan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian. Jumlah komisi yang Anda terima bervariasi berdasarkan persentase produk dan harga jual.
Jan 07, 2023
how to
Setelah Anda bergabung sebagai Affiliate Marketer di Tokopedia, Anda harus mempunyai strategi dalam mempromosikan produk yang Anda jual pada platform media sosial pribadimu. Hal ini menjadikan keuntungan untuk Anda jika hal ini berhasil,
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Saat ini, TikTok telah berkembang menjadi platform ecommerce. Bahkan TikTok telah membuka kemungkinan kepada pengguna untuk mendapat penghasilan tambahan lewat TikTok Affiliate. Berikut cara membuat affiliate marketing TikTok meraup untung jutaan rupiah.
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program atau perusahaan yang membayar komisi untuk menawarkan dan menjual produk, layanan, atau situs web. Contoh umum dari bisnis Affiliate adalah menggunakan tautan rujukan. Affiliate marketer menempatkan tautan di blog.
Jan 06, 2023