ACCESSTRADE Indonesia

Rekomendasi Produk untuk Bisnis Afiliasi Tokopedia, 5 Kategori Produk Paling Diminati

Admin
affiliate marketing Nov 27, 2022

Baca Juga: 20 Daftar Lengkap Contoh Afiliasi Pemasaran di Indonesia

Kamu mau menjadi bagian dari Afiliasi Pemasaran (Affiliate Marketing) yang sukses dan mempunyai komisi besar? Mungkin kamu bisa mencoba bisnis Afiliasi Tokopedia.

Tokopedia adalah perusahaan yang berkecimpung di dunia perdagangan dengan sistem daring atau biasa dikenal dengan toko online. Perusahaan ini didirikan pada 2009, dan sampai saat ini sudah menjelma menjadi perusahaan Unicorn yang mempunyai pengaruh terhadap perekonomian tak hanya di Indonesia, namun hingga ke Asia Tenggara.

Tokopedia juga mewadahi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) atau perorangan agar usaha yang dimilikinya turut maju dan berkembang. Tak hanya menjadi salah satu aplikasi toko online terbesar di Indonesia, Tokopedia juga terus berusaha membentangkan sayapnya dengan membuka program Afiliasi bagi seluruh penggunanya.

tokped

Daftar Isi

Pengertian Afiliasi Tokopedia

Afiliasi Pemasaran merupakan salah satu strategi promosi untuk memasarkan produk melalui orang lain yang mempunyai power atau banyak pengikut di media sosial.

Affiliasi Tokopedia artinya mempromosikan produk dari Merchant Tokopedia ke khalayak melalui Afiliator. Untuk mencoba bisnis Afiliasi Tokopedia, kamu perlu memerhatikan syarat dan ketentuannya.

1. Verifikasi

Kamu harus melakukan verifikasi. Hal ini diperlukan agar kamu bisa menarik komisi atau saldo selama kamu menjadi Affiliator.

2. Tidak SARA

Konten yang kamu buat harus bersih dan tidak mengandung unsur SARA (Suku, Agama, Ras, Antargolongan). Selain itu, konten promosi kamu juga tidak boleh mengandung pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

Menurut laman resmi Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, terdapat dua jenis HKI, yaitu hak cipta dan hak kekayaan industri.

Hak cipta adalah hak yang diperuntukkan bagi pencipta atau penerima hak yang memegang penuh atas kendali seperti memperbanyak ciptaannya, memberikan izin atas ciptaannya, dan lain-lain mengikuti perundang-undangan yang berlaku.

Sedangkan hak kekayaan industri meliputi hak  paten, merek, desain industri, desain tata letak sirkuit terpadu, rahasia dagang, dan varietas tanaman.

3. Ketentuan Produk Tertentu

Kamu tidak disarankan untuk  mempromosikan produk dengan kategori tertentu seperti rokok, minuman beralkohol, dan barang-barang lainnya yang termasuk produk terlarang.jangan

4. Tidak Curang

Sebagai Affiliator, kamu pasti menginginkan komisi yang besar. Namun, perlu kamu garis bawahi bahwa pihak Tokopedia melarang keras manipulasi mengenai jumlah kunjungan dan pembelian produk dari link milikmu.

5. Dilarang Memakai Bot

Selain itu, kamu juga dilarang untuk menggunakan bot atau robot klik karena tindakan tersebut merupakan tindak kecurangan.

Sebagai Merchant yang mempunyai kuasa atas produk, Tokopedia berhak untuk melakukan tindakan seperti memberikan saldo, menarik saldo yang sudah ada, atau memberikan sanksi jika terjadi tindak kecurangan dan/atau adanya pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan Tokopedia.cara kerja tokopedia

Cara Kerja Afiliasi Tokopedia

Untuk menjadi bagian dari bisnis Afiliasi Tokopedia, kamu bisa memulainya dengan cara mendaftarkan diri sebagai Afiliator. Ikuti langkah-langkah di bawah ini agar kamu bisa menjadi Afiliator yang mempunyai komisi besar.

1. Mendaftarkan Diri

Ketika kamu memutuskan diri untuk terjun ke dunia bisnsi Afiliasi Tokopedia, kamu perlu mendaftar terlebih dahulu. Caranya, buka aplikasi Tokopedia kemudian klik bagian Semua Kategori.

Setelah itu, akan muncul beberapa pilihan fitur, klik Tokopedia Affiliate dan Daftar Sekarang. Kamu akan diarahkan ke halaman daftar dan terdapat formulir mengenai pengisian link media sosialmu seperti Instagram, TikTok, dan Youtube.

Baca kembali Syarat dan Ketentuan, jika sudah kamu bisa melanjutkan dengan klik Daftar. Selamat! Kamu sudah berhasil menjadi Afiliator Tokopedia.

2. Share Link Afiliasi

Setelah mendaftarkan diri, langkah selanjutnya yang merupakan tugas utama untuk memulai bisnis Afiliasi Tokopedia adalah mempromosikan produk.

Cara untuk mempromosikan produk Tokopedia adalah mencari barang yang kamu inginkan. Pastikan bahwa produk tersebut merupakan dari seller Official Store, Power Merchants, dan Power Merchants Pro.

Setelah memilih produk, kamu bisa klik tombol bagikan untuk menyalin link. Nantinya akan muncul keterangan berapa perkiraan komisi yang bisa kamu dapat.

Lalu, klik Link Affiliate untuk kamu bagikan dan promosikan di media sosialmu.

3. Dapat Komisi

Setelah melakukan tugasmu untuk bisnis Afiliasi Tokopedia, jangan lupa untuk cek komisi yang kamu dapat per bulannya.

Cara untuk mengecek komisimu di Tokopedia mudah. Pertama, buka dashboard Affiliate milikmu, kemudian klik Pendapatan. Kemudian akan muncul berapa total komisi yang kamu peroleh.

Jika ingin menarik saldomu, tinggal klik Tarik Saldo. Tulis nominal yang akan kamu tarik, dan pilih rekening tujuan. Verifiksai melalui PIN Tokopedia, SMS, atau WhatsApp. Selamat! Saldo kamu akan cair maksimal 1x24 jam di hari kerja.

4. Cek Performa Kamu

Perhatikan berapa komisi yang kamu dapat per bulannya, apakah menaik atau menurun. Pastikan kamu mempunyai target agar bisnis Afiliasi Tokopedia-mu terus berkembang dan mempunyai banyak audiens/followers.rumah

Kategori Produk dan Rincian Komisinya

Bisnis Afiliasi Tokopedia menawarkan komisi yang sangat menggiurkan bagi Afiliator. Besaran komisinya memang tergantung kepada kategori produk, namun komisi terbesarnya adalah sekitar 10%. Perlu dicatat bahwa komisi maksimal adalah Rp50.000 per produk terjual.

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai komisi dari bisnis Afiliasi Tokopedia, kamu bisa cek rincian berikut:

  1. Komisi 10% untuk kategori Makanan dan Minuman.
  2. Komisi 8% untuk kategori Kecantikan, Mode, dan Rumah Tangga.
  3. Komisi 5% untuk kategori Kesehatan, Ibu dan Bayi.
  4. Komisi 3% untuk kategori Olahraga dan Hobi.
  5. Komisi 1% untuk kategori Handphone, Tablet, Otomotif, dan Elektronik.
  6. Komisi 2 % untuk produk yang tidak termasuk kategori di atas.

Selain dari komisi yang sudah disebutkan, Tokopedia juga memiliki jenis komisi kunjungan. Artinya, Tokopedia memberikan nominal tertentu untuk periode tertentu untuk setiap kunjungan yang terverifikasi.

Nominal dari komisi untuk 1x kunjungan yang terverifikasi adalah Rp50 dengan batas maksimal sebesar Rp25.000 per harinya. Komisi akan diberikan oleh Tokopedia maksimal 2x24 jam.Ibu Rumah Tangga

Rekomendasi Produk Afiliasi yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga

Bagi para Ibu Rumah Tangga (IRT) yang jenuh di rumah dan tidak ada kegiatan lain bisa mencoba bisnis Afiliasi Tokopedia.

Agar mendapatkan penghasilan tambahan, kamu bisa mencoba bisnis tanpa modal ini. Simak kategori di Tokopedia yang bisa mendatangkan cuan dan cocok untuk Ibu Rumah Tangga yuk!

1. Kategori Kesehatan, Ibu dan Bayi

Sebagai Ibu Rumah Tangga, kamu bisa memilih produk dari kategori Kesehatan, Ibu dan Bayi. Kamu bisa mempromosikan produknya dengan target pasar yang lebih spesifik, yaitu Wanita yang sudah menjadi Ibu.

Selain itu, kamu juga mempunyai privilege karena sudah mempunyai pengalaman dalam menjadi Ibu Rumah Tangga. Misalkan, kamu bisa mempromosikan dengan gaya Ibu-Ibu jika sedang ngerumpi atau promosi secara hard selling kepada Ibu-Ibu lainnya.

Komisi yang akan kamu dapat dari kategori ini adalah sekitar 5% dari produk yang terjual.

2. Kategori Kecantikan, Mode, dan Rumah Tangga

Kategori kedua yang bisa mendatangkan cuan untukmu adalah Kecantikan dan Rumah Tangga. Zaman sekarang, siapa yang tidak tahu skincare? Orang-orang berlomba untuk menjadi glowing dengan memakai skincare termasuk para Ibu Rumah Tangga. Skincare berada di kategori kecantikan

Selain itu, sudah bukan rahasia lagi jika Ibu Rumah Tangga sangat suka berbelanja seperti pakaian atau produk-produk yang berada di kategori Mode, apalagi jika ada diskon di depan mata. Kamu bisa mempromosikan berbagai macam barang di kategori Mode. Mulai dari atasan, bawahan, sepatu, hingga aksesoris lainnya seperti tas, kacamata, dan lain-lain.

Kemudian kamu juga bisa mempromosikan produk-produk rumah tangga. Contohnya, alat masak, alat bersih-bersih, sampai tetek bengek lainnya. Kamu bisa mencoba promosi dengan cara me-review barang. Jadi, orang akan tertarik karena kamu me-review dengan jujur berdasarkan pengalamanmu menggunakan produk tersebut.

Dari kategori Kecantikan, Mode, dan Rumah Tangga kamu akan mendapatkan komisi hingga 8% dari tiap produk yang terjual.

3. Kategori Makan dan Minuman

Kategori ketiga yang bisa kamu coba untuk menjalankan bisnis Afiliasi ini adalah Makanan dan Minuman. Kategori ini terbilang mempunyai target pasar yang luas karena makanan dan minuman adalah kebutuhan primer.

Kamu bisa memilih berbagai produk dari kategori ini dengan menggolongkan sesuai dengan target pasarmu.

Agar lebih rapi, kamu bisa membuat sub kategori sendiri. Misalnya, makanan siap saji, makanan matang, makanan beku (frozen food), bahan makanan, dan lain-lainnya. Atau kamu juga bisa membuat list dari segi rasa, misalnya asin, pedas, manis, gurih, dan sebagainya.

Komisi dari kategori Makanan dan Minuman adalah yang tertinggi dibandingakn yang lainnya, yaitu 10% dari produk yang terjual.

4. Kategori Olahraga dan Hobi

Selanjutnya, kamu bisa mempromosikan produk dari kategori Olahraga atau Hobi, atau bisa juga keduanya. Cari produk-produk yang dekat dengan kehidupan rumah tangga. Misalkan, sepeda, karpet Yoga, barbel, dan lain-lain.

Produk-produk tersebut bisa kamu kemas promosinya dengan semenarik mungkin. Apalagi, kita masih terbiasa dengan pandemi yang mengharuskan melakukan kegiatan di rumah. Hal tersebut bisa jadi peluang dengan mencari tahu produk apa yang sedang dibutuhkan dengan keadaan tersebut.

Untuk kategori Olahraga dan Hobi, kamu bisa mendapat komisi hingga 3% per produk yang terjual melalui link khususmu.

5. Kategori Elektronik

Sebagai Ibu Rumah Tangga, barang elektronik diperlukan untuk kebutuhan sehari-hari. Misalnya, TV,  Rice Cooker, Mesin Cuci, dan lain sebagainya sudah menjadi teman bagi para Ibu di rumah.

Kamu bisa mencoba peruntungan dengan mempromosikan produk di Tokopedia untuk kategori Elektronik. Ketahui mengenai produk dengan lebih mendetail agar orang tertarik dan percaya bahwa produk yang kamu promosikan adalah produk pilihan. Komisi yang akan kamu dapatkan jika ada orang membeli barang di kategori Elektronik melalui linkmu adalah sebesar 1% dari penjualan. 

Perlu diingat bahwa memulai bisnis Afiliasi membutuhkan konsistensi agar tetap menghasilkan komisi. Jika kamu bermalas-malasan untuk mempromosikan produk atau membuat konten, maka komisi yang akan didapat juga tidak akan banyak.

Mengecek performa setiap bulannya bisa menjadi kunci agar bisnis Afiliasi kamu bisa terus berkembang dan semakin besar.

Setelah mengetahui seluk-beluk bisnis afiliasi Tokopedia hingga kategori produk pilihan yang bisa mendatangkan cuan banyak, apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

Kamu bisa mendaftar program Afiliasi semua marketplace di Indonesia lewat Accestrade karena ada banyak Merchant lainnya yang bisa kamu coba juga. Klik untuk daftar.

Baca Juga: Pemula Perlu Tahu, Ini Pengertian Afiliasi Marketing, Kelebihan dan Kekurangan!

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program di mana Anda mempromosikan produk atau layanan perusahaan atau merek dan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian. Jumlah komisi yang Anda terima bervariasi berdasarkan persentase produk dan harga jual.
Jan 07, 2023
how to
Setelah Anda bergabung sebagai Affiliate Marketer di Tokopedia, Anda harus mempunyai strategi dalam mempromosikan produk yang Anda jual pada platform media sosial pribadimu. Hal ini menjadikan keuntungan untuk Anda jika hal ini berhasil,
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Saat ini, TikTok telah berkembang menjadi platform ecommerce. Bahkan TikTok telah membuka kemungkinan kepada pengguna untuk mendapat penghasilan tambahan lewat TikTok Affiliate. Berikut cara membuat affiliate marketing TikTok meraup untung jutaan rupiah.
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program atau perusahaan yang membayar komisi untuk menawarkan dan menjual produk, layanan, atau situs web. Contoh umum dari bisnis Affiliate adalah menggunakan tautan rujukan. Affiliate marketer menempatkan tautan di blog.
Jan 06, 2023