Kategori Produk Tokopedia Paling Laris Terjual dan Cara Promosinya yang Efektif

Admin
affiliate marketing Nov 27, 2022
1688999349_rekomendasi-produk-untuk-bisnis-afiliasi-tokopedia-1.jpg

Tokopedia adalah salah satu marketplace terbesar di Indonesia yang didirikan pada 2009, dan sampai saat ini sudah menjelma menjadi perusahaan Unicorn yang mempunyai pengaruh terhadap perekonomian tak hanya di Indonesia, namun hingga ke Asia Tenggara.

Tokopedia juga mewadahi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) atau perorangan agar usaha yang dimilikinya turut maju dan berkembang. Lalu produk-produk apa sajakah yang terlaris di marketplace tokopedia? Berikut detail lengkapnya!

Daftar Isi

Kategori , Sub Kategori dan Produk Tokopedia Paling Laris Terjual di Tahun 2023

Berdasarkan informasi dari Antonia Adega (Corporate Affairs Lead Tokopedia) dan Ekhel Chandra Wijaya (Head of External Communications Tokopedia) berikut adalah kategori dan produk tokopedia yang terlaris di 2023:

1. Kategori Fashion

Berikut adalah beberapa produk terlaris dari kategori fashion di tokopedia:

Fashion Wanita: Sandal, tas selempang dan blouse
Fashion Pria: kaos, kemeja dan kaos kaki, sepatu
Fashion Muslim: Baju muslim anak, pakaian muslim pria, outerwear muslim wanita, kerudung

2. Kecantikan dan Perawatan Diri

Berikut adalah beberapa produk terlaris dari kategori beauty and care di tokopedia:

Perawatan Wajah: krim dan pembersih wajah, serum wajah
Perawatan Tubuh: Parfum, Cologne, & Fragrance

3. Makanan dan Minuman

Berikut adalah beberapa produk terlaris dari kategori Makanan dan Minuman di tokopedia:

Makanan Ringan: keripik
Minuman: kopi
Buah: buah beku dan aneka jenis buah-buahan
Beras: beras putih, beras merah
Mie & Pasta: mie instan
Bumbu & Bahan Masakan: daun bawang, bumbu masak instan
Daging: sosis

4. Ibu dan Anak

Berikut adalah beberapa produk terlaris dari kategori Ibu dan Anak di tokopedia:

Perawatan Bayi: shampoo dan sabun bayi, cream dan lotion bayi
Popok: popok sekali pakai

5. Rumah Tangga

Berikut adalah beberapa produk terlaris dari kategori Rumah Tangga di tokopedia:

Taman: pupuk, benih bibit tanaman
Kamar Tidur: sprei dan bed cover
Peralatan Makan dan Minum: sendok dan garpu
Pertukangan: pengukur kualitas udara
Tape & Sealant Perekat: lem
Hand tools: gunting pipa

6. Elektronik

Berikut adalah beberapa produk terlaris dari kategori Elektronik di tokopedia:

Gadget: TWS, smartphone dan tablet

7. Kesehatan

Berikut adalah beberapa produk terlaris dari kategori Kesehatan di tokopedia:

Masker medis & pelindung wajah
Vitamin & Multivitamin

8. Olahraga dan Hobi

Berikut adalah beberapa produk terlaris dari kategori Olahraga dan Hobi di tokopedia:

Board game: family dan kids games, party games, roleplay games, strategy games
Tiket, Travel, Voucher: sim card international
Gaming: device virtual reality, mainan lato-lato

9. Otomotif

Berikut adalah beberapa produk terlaris dari kategori Otomotif di tokopedia:

Oli & Penghemat BBM: oli motor, oli mobil
Aksesoris Pengendara Motor: jas hujan

10. Perlengkapan Pesta dan Craft

Berikut adalah beberapa produk terlaris dari kategori Perlengkapan Pesta dan Craft di tokopedia:

Kebutuhan Pesta: party popper atau konfeti
Peralatan Jahit: perlengkapan jahit
Bungkus Kemasan: goodie bag
Hadiah: hampers dan gantungan kunci

Baca juga: Cara Kerja Affiliate Marketing Tokopedia Terupdate!

Trik Promosi Produk Tokopedia agar Penjualan Laris dengan Affiliate Marketing

Jumlah pengguna aktif Tokopedia Affiliate pada Januari 2023 naik hampir 6 kali lipat dibandingkan dengan akhir bulan pertama Tokopedia Affiliate diluncurkan. Hal ini dikarenakan Affiliate dirasa efektif bagi para seller dalam membantu mempromosikan produk mereka, dan menjadi sumber penghasilan untuk blogger maupun influencer yang mampu merekomendasikan produk melalui konten di blog maupun sosial media yang sesuai dengan niche audiensnya.

Berikut adalah cara menjalankan affiliate marketing di berbagai social media dan blog:

1. Promosi Produk di Instagram

Banyak fitur-fitur di Instagram yang dapat dimanfaatkan untuk merekomendasikan produk kepada audiens, diantaranya adalah Instagram feed, stories, reels, IG TV, LIve. Contohnya Anda dapat menggunakan fitur link pada stories untuk merekomendasikan produk yang langsung menuju pada halaman produk atau toko tertentu.

Untuk dapat mempromosikan produk dengan Instagram secara efektif kamu dapat mempelajari lebih lanjut mengenai 8 Tips Menghasilkan Cuan dengan Menjadi Influencer Instagram.

2. Promosi Produk di Tiktok

Familiar dengan ucapan para influencer tiktok ketika mereka sering mengucapkan “cek produk ke link di bio”? Itu adalah salah satu cara merekomendasi produk di platform tikok. Untuk Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai link di bio tiktok, silahkan pelajari di Cara Menambahkan Link di Bio TikTok.

3. Promosi Produk di Twitter

Pada umumnya influencer twitter merekomendasikan produk melalui thread yang mereka buat. Agar dapat memberikan rekomendasi kepada audiens dengan menarik dan efektif, sebaiknya Anda pelajari mengenai 6 Cara Memanfaatkan Fitur Twitter Untuk Promosi Produk.

4. Promosi Produk di Youtube

Pada umumnya cara youtuber dalam merekomendasikan produk adalah dengan membuat video review secara detail dari sebuah produk ataupun memberikan rekomendasi beberapa produk dari jenis produk tertentu, misalkan: rekomendasi HP 2 jutaan, rekomendasi Laptop 7 jutaan, atau rekomendasi HP untuk Lebaran. Kemudian youtuber akan memberikan rekomendasi toko tertentu dimana Audiens dapat membeli produk tersebut melalui link pada deskripsi video.

5. Promosi Produk di Artikel Blog

Anda dapat merekomendasikan produk melalui blog dengan cara membuat artikel atau ulasan dengan berbagai angle seperti review produk secara detail, komparasi dari 2 produk yang sejenis, atau memberikan rekomendasi beberapa produk dari suatu jenis atau kategori produk. Untuk mengetahui bagaimana membuat konten yang menghasilkan konversi tinggi pada blog, maka Anda dapat juga mempelajari 3 Contoh Blog Untuk Affiliate Berdasarkan Jenis Konten.

Kesimpulan

Itu dia informasi mengenai kategori produk tokopedia yang paling laris dan cara bagaimana mempromosikannya di berbagai platform media dengan efektif dengan menggunakan affiliate marketing. Semoga informasi tersebut dapat membantu Anda untuk menentukan produk mana saja yang memiliki value jika direkomendasikan ke audiens dan mendapatkan komisi tokopedia affiliate. Tertarik untuk menjadi influencer yang bisa menghasilkan banyak uang? Segera daftarkan diri Anda di Website Bisnis Online Affiliate Marketing di Indonesia

Rizki Setyo

Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.

Artikel Terkait
Spesifikasi video tiktok yaitu memiliki dimensi dan resolusi 1080 x 1920, ukuran max file 287-an mb (ios) dan 72 mb (android), format video .mp4 dan .mov
Kesalahan yang perlu dihindari saat menjadi influencer affiliate yaitu fokus pada jumlah followers, tidak ada content plan dan simak ulasan lengkapnya disini!
Panduan mengenai berapa ukuran rasio dan resolusi untuk feed, reels, IGTV, dan stories pada instagram serta tipsnya. Simak ulasan lengkapnya disini!
search engine optimization
Berikut ulasan mengenai pentingnya memperhatikan tone saat menulis artikel affiliate beserta tips dan jenis tone penulisan. Simak ulasan lengkapnya disini!
search engine optimization
Cara meningkatkan konversi pada artikel atau blog yaitu dengan pahami funnel conversion, tingkatkan loading speed, contoh konten dengan konversi tinggi
search engine optimization
Kalau kamu ingin menjadi influencer dan masih belum mengetahui niche apa yang kamu ingin bangun, kamu bisa memulainya dengan mengeksplore minat dan interest. Simak lebih lengkapnya di artikel ini.