Ini Panduan Cara Promosi di Twitter untuk Pemula

Admin
how to Oct 05, 2020
1688348541_ini-panduan-cara-promosi-di-twitter-untuk-pemula.jpg

Twitter menjadi salah satu media sosial yang terbilang cukup populer, hal ini didukung oleh tingginya jumlah pengguna aktif Twitter di Indonesia. Berbeda dengan Instagram yang memang dikhususkan untuk mengunggah foto dan video, Twitter cenderung digunakan untuk mengunggah konten berupa text. Meski begitu, Anda masih bisa tetap mengunggah konten berupa foto atau video di media sosial yang satu ini.

Daftar Isi

Cara Terbaik Promosi Produk di Twitter

Tingginya jumlah pengguna aktif Twitter membuatnya berpotensi untuk dijadikan sebagai media promosi. Di mana Anda sebagai pemilik usaha bisa mulai mempromosikan produk atau jasa yang dijual di Twitter. Namun, promosi di Twitter tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Agar tidak salah langkah, simak panduan cara promosi di Twitter untuk pemula berikut.

1. Lengkapi Profil Twitter

Agar pengguna Twitter bisa lebih mudah mengenali perusahaan Anda, pastikan Anda tidak lupa untuk melengkapi profil Twitter. Beri gambaran singkat mengenai apa yang Anda jual pada bio profil Twitter. Jangan lupa untuk juga cantumkan lokasi dan kontak yang bisa dihubungi oleh para calon konsumen. Twitter juga menyediakan sebuah ruang untuk Anda bisa membangunkan url website. Pencantuman url website tersebut akan memudahkan calon konsumen mengetahui daftar produk yang Anda jual. Semakin lengkap informasi yang dicantumkan pada profil, akan membuat konsumen semakin mengenal perusahaan Anda.

2. Jangan Lupa Ikuti Orang Lain

Untuk membuat akun Twitter Anda diketahui oleh banyak orang, jangan lupa untuk juga ikuti pengguna Twitter lainnya. Sebuah akun dengan jumlah followers yang sedikit tentu tidak akan membuat konsumen tertarik dengan akun Anda. Untuk mendatangkan jumlah followers yang cukup banyak, langkah awal yang perlu Anda lakukan yakni mengikuti orang lain. Ikuti akun orang-orang dengan konten yang relevan dengan bisnis Anda. Tak ada salahnya jika Anda juga mengikuti para influencer atau selebtweet.

3. Atur Konten

Agar akun Twitter Anda bisa mendatangkan jumlah follower yang cukup banyak, pastikan Anda mengunggah konten yang menarik. Hal lain yang tidak kalah penting untuk diperhatikan yakni batasan karakter yang ditetapkan oleh pihak Twitter. Di mana Anda tidak bisa membuat tweet dengan yang memiliki lebih dari 280 karakter. Jika memang informasi yang Anda sampaikan cukup banyak, atur konten Anda dalam sebuah tweet bersambung atau yang disebut dengan thread.

Sesuai pengguna Twitter pada umumnya yang cenderung menggunakan bahasa sehari-hari yang santai, Anda sebaiknya juga tidak menggunakan bahasa yang baku setiap kali mengunggah sebuah tweet. Semakin luwes bahasa yang Anda gunakan akan membuat unggahan tweet semakin relevan dan menarik perhatian.

4. Cari Tahu Trending

Kata yang paling sering dibahas oleh para pengguna Twitter akan otomatis muncul dalam menu Trending. Akan lebih baik jika Anda secara rutin mengecek topik apa yang sedang trending. Jika memungkinkan, sangkut pautkan topik yang trending dengan konten yang akan Anda unggah. Dengan begitu, tweet Anda akan memiliki jangkauan yang lebih luas. Bahkan, pengguna Twitter yang bukan merupakan followers Anda pun bisa melihat tweet tersebut dalam menu Trending.

5. Gabung dalam Obrolan Netizen

Saat Anda menjumpai thread yang sedang populer, tidak ada salahnya jika Anda ikut bergabung dalam obrolan tersebut. Beri respon yang menarik dan masih relevan dengan topik yang diangkat. Semakin menarik respon yang anda berikan, akan membuat banyak orang semakin menyadari keberadaan akun Anda. Perlu diingat bahwa Twitter tidak menyediakan opsi edit untuk tweet yang sudah diunggah. Dengan begitu, Anda perlu lebih berhati-hati setiap kali mengunggah sebuah tweet. 

6 Adakan Giveaway

Untuk meningkatkan jumlah followers, Anda bisa mengadakan sebuah giveaway atau kuis berhadiah. Mereka yang akan berpartisipasi dalam giveaway haruslah sudah menjadi bagian dari followers akun Anda. Cantumkan juga sebuah hashtag khusus agar giveaway yang Anda adakan bisa masuk dalam daftar trending. Semakin besar hadiah giveaway yang Anda persiapkan, akan meningkatkan daya tarik pengguna Twitter dalam berpartisipasi dalam giveaway. 

7. Manfaatkan Twitter Ads

Tahukah Anda bahwa Twitter juga dilengkapi dengan layanan iklan yang disebut dengan Twitter Ads. Layanan satu ini memang diperuntukkan bagi perusahaan yang ingin mempromosikan produk atau barang yang dijual. Dengan memanfaatkan Twitter Ads, akun Twitter Anda bisa menjangkau masyarakat dengan jumlah yang sangat banyak. Sehingga akan lebih baik jika Anda sesekali memanfaatkan layanan yang satu ini.

Cara Manfaatkan Fitur-Fitur Twitter Untuk Promosi Produk

Berikut beberapa cara lain untuk mempromosikan produk Anda di Twitter dengan memanfaatkan fitur-fitur unik yang ada di platform ini:

1. Twitter Fleets

Twitter Fleets adalah versi Twitter dari "Stories", seperti yang ada di Instagram dan Facebook, tetapi hanya bisa dilihat dalam 24 jam. Anda bisa menggunakan Fleets untuk memposting pembaruan harian tentang produk Anda atau untuk menunjukkan di balik layar operasi bisnis Anda.

2. Twitter Spaces

Twitter Spaces adalah fitur percakapan suara langsung di Twitter yang memungkinkan Anda berbicara dengan pengikut Anda secara real time. Anda bisa membuat Space untuk diskusi tentang produk Anda, membahas topik yang relevan dengan industri Anda, atau sebagai cara untuk berinteraksi lebih lanjut dengan pengikut Anda.

3. Twitter Polls

Twitter Polls memungkinkan Anda membuat jajak pendapat yang bisa diisi oleh pengikut Anda. Anda bisa menggunakan fitur ini untuk mendapatkan umpan balik tentang produk baru, mengetahui apa yang diinginkan pengguna, atau bahkan hanya untuk menghibur pengikut Anda.

4. Twitter Threads

Twitter Threads memungkinkan Anda membuat rantai tweet yang terhubung, yang bisa digunakan untuk berbagi informasi atau cerita lebih detail. Ini bisa menjadi cara yang bagus untuk membagikan informasi tentang produk Anda, memberikan tutorial, atau berbagi testimoni pelanggan.

5. Twitter Moments

Twitter Moments adalah kumpulan tweet yang bisa dibuat dan disunting oleh pengguna. Anda bisa membuat Moments tentang peluncuran produk baru, acara khusus, atau konten yang berkaitan dengan merek Anda yang telah disebutkan atau dibagikan oleh pengguna lain.

6. Twitter Advanced Search

Fitur pencarian canggih Twitter memungkinkan Anda mencari kata kunci, hashtag, atau frase tertentu. Ini adalah alat yang berguna untuk melakukan riset pasar, mengikuti tren, atau memantau apa yang dikatakan orang tentang produk atau merek Anda.

Dengan memperhatikan hal-hal yang telah disebutkan di atas, bisa dipastikan nantinya Anda  bisa lebih maksimal dalam menggunakan Twitter sebagai sarana promosi. Agar promosi lebih maksimal, jangan lupa untuk juga sesekali bekerja sama dengan para influencer atau selebtweet dalam mengkampanyekan sebuah program. Saat memilih selebgram, pilih yang memiliki reputasi baik dan masih satu visi misi dengan perusahaan Anda, ya!

Rizki Setyo

Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.

Artikel Terkait
Sulit mendapatkan uang dari Adsense Youtube? Ada cara lain untuk mendapatkan uang dari Youtube. Berikut 6cara dapat uang dari youtube selain adsense
search engine optimization
Cara Kerja Search Engine yaitu dengan melewati beberapa tahapan proses seperti Crawling, Indexing dan Ranking. Simak ulasan lengkapnya disini!
Spesifikasi video tiktok yaitu memiliki dimensi dan resolusi 1080 x 1920, ukuran max file 287-an mb (ios) dan 72 mb (android), format video .mp4 dan .mov
Kesalahan yang perlu dihindari saat menjadi influencer affiliate yaitu fokus pada jumlah followers, tidak ada content plan dan simak ulasan lengkapnya disini!
Panduan mengenai berapa ukuran rasio dan resolusi untuk feed, reels, IGTV, dan stories pada instagram serta tipsnya. Simak ulasan lengkapnya disini!
search engine optimization
Berikut ulasan mengenai pentingnya memperhatikan tone saat menulis artikel affiliate beserta tips dan jenis tone penulisan. Simak ulasan lengkapnya disini!