ACCESSTRADE Indonesia

Ini Panduan Cara Promosi di Twitter untuk Pemula

Admin
how to Oct 05, 2020

Baca Juga: Apa Itu Afiliasi Marketing? Pemasaran Online yang Bisa Bikin Cuan!

Twitter menjadi salah satu media sosial yang terbilang cukup populer, hal ini didukung oleh tingginya jumlah pengguna aktif Twitter di Indonesia. Berbeda dengan Instagram yang memang dikhususkan untuk mengunggah foto dan video, Twitter cenderung digunakan untuk mengunggah konten berupa text. Meski begitu, Anda masih bisa tetap mengunggah konten berupa foto atau video di media sosial yang satu ini. 

Tingginya jumlah pengguna aktif Twitter membuatnya berpotensi untuk dijadikan sebagai media promosi. Di mana Anda sebagai pemilik usaha bisa mulai mempromosikan produk atau jasa yang dijual di Twitter. Namun, promosi di Twitter tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Agar tidak salah langkah, simak panduan cara promosi di Twitter untuk pemula berikut.

Daftar Isi

Lengkapi Profil Twitter

Agar pengguna Twitter bisa lebih mudah mengenali perusahaan Anda, pastikan Anda tidak lupa untuk melengkapi profil Twitter. Beri gambaran singkat mengenai apa yang Anda jual pada bio profil Twitter. Jangan lupa untuk juga cantumkan lokasi dan kontak yang bisa dihubungi oleh para calon konsumen. Twitter juga menyediakan sebuah ruang untuk Anda bisa membangunkan url website. Pencantuman url website tersebut akan memudahkan calon konsumen mengetahui daftar produk yang Anda jual. Semakin lengkap informasi yang dicantumkan pada profil, akan membuat konsumen semakin mengenal perusahaan Anda.

Jangan Lupa Ikuti Orang Lain

Untuk membuat akun Twitter Anda diketahui oleh banyak orang, jangan lupa untuk juga ikuti pengguna Twitter lainnya. Sebuah akun dengan jumlah followers yang sedikit tentu tidak akan membuat konsumen tertarik dengan akun Anda. Untuk mendatangkan jumlah followers yang cukup banyak, langkah awal yang perlu Anda lakukan yakni mengikuti orang lain. Ikuti akun orang-orang dengan konten yang relevan dengan bisnis Anda. Tak ada salahnya jika Anda juga mengikuti para influencer atau selebtweet.

Atur Konten

Agar akun Twitter Anda bisa mendatangkan jumlah follower yang cukup banyak, pastikan Anda mengunggah konten yang menarik. Hal lain yang tidak kalah penting untuk diperhatikan yakni batasan karakter yang ditetapkan oleh pihak Twitter. Di mana Anda tidak bisa membuat tweet dengan yang memiliki lebih dari 280 karakter. Jika memang informasi yang Anda sampaikan cukup banyak, atur konten Anda dalam sebuah tweet bersambung atau yang disebut dengan thread.

Sesuai pengguna Twitter pada umumnya yang cenderung menggunakan bahasa sehari-hari yang santai, Anda sebaiknya juga tidak menggunakan bahasa yang baku setiap kali mengunggah sebuah tweet. Semakin luwes bahasa yang Anda gunakan akan membuat unggahan tweet semakin relevan dan menarik perhatian.

Cari Tahu Trending

Kata yang paling sering dibahas oleh para pengguna Twitter akan otomatis muncul dalam menu Trending. Akan lebih baik jika Anda secara rutin mengecek topik apa yang sedang trending. Jika memungkinkan, sangkut pautkan topik yang trending dengan konten yang akan Anda unggah. Dengan begitu, tweet Anda akan memiliki jangkauan yang lebih luas. Bahkan, pengguna Twitter yang bukan merupakan followers Anda pun bisa melihat tweet tersebut dalam menu Trending.

Gabung dalam Obrolan Netizen

Saat Anda menjumpai thread yang sedang populer, tidak ada salahnya jika Anda ikut bergabung dalam obrolan tersebut. Beri respon yang menarik dan masih relevan dengan topik yang diangkat. Semakin menarik respon yang anda berikan, akan membuat banyak orang semakin menyadari keberadaan akun Anda. Perlu diingat bahwa Twitter tidak menyediakan opsi edit untuk tweet yang sudah diunggah. Dengan begitu, Anda perlu lebih berhati-hati setiap kali mengunggah sebuah tweet. 

Adakan Giveaway

Untuk meningkatkan jumlah followers, Anda bisa mengadakan sebuah giveaway atau kuis berhadiah. Mereka yang akan berpartisipasi dalam giveaway haruslah sudah menjadi bagian dari followers akun Anda. Cantumkan juga sebuah hashtag khusus agar giveaway yang Anda adakan bisa masuk dalam daftar trending. Semakin besar hadiah giveaway yang Anda persiapkan, akan meningkatkan daya tarik pengguna Twitter dalam berpartisipasi dalam giveaway. 

Manfaatkan Twitter Ads

Tahukah Anda bahwa Twitter juga dilengkapi dengan layanan iklan yang disebut dengan Twitter Ads. Layanan satu ini memang diperuntukkan bagi perusahaan yang ingin mempromosikan produk atau barang yang dijual. Dengan memanfaatkan Twitter Ads, akun Twitter Anda bisa menjangkau masyarakat dengan jumlah yang sangat banyak. Sehingga akan lebih baik jika Anda sesekali memanfaatkan layanan yang satu ini.

Dengan memperhatikan hal-hal yang telah disebutkan di atas, bisa dipastikan nantinya Anda  bisa lebih maksimal dalam menggunakan Twitter sebagai sarana promosi. Agar promosi lebih maksimal, jangan lupa untuk juga sesekali bekerja sama dengan para influencer atau selebtweet dalam mengkampanyekan sebuah program. Saat memilih selebgram, pilih yang memiliki reputasi baik dan masih satu visi misi dengan perusahaan Anda, ya!

Artikel Terkait
how to
Accesstrade menawarkan berbagai kemudahan yang bisa kalian nikmati, termasuk pembagian komisi yang menggiurkan serta memiliki berbagai fitur yang bisa memudahkan kalian.
Nov 30, 2022
how to
Ingin meraup cuan hingga jutaan rupiah melalui affiliate marketing Shopee di Accesstrade? Terapkan 10 strategi bisnis affiliate marketing paling rekomendasi saat ini yang dapat anda pakai di semua chanel online Anda.
Nov 30, 2022
affiliate marketing
Peluang affiliate marketing tiktok paling banyak di sukai masyarakat indonesia saat ini
Nov 29, 2022
affiliate marketing
Rekomendasi produk untuk bisnis Afiiasi Tokopedia, bisnis afiliasi yang memiliki komisi cukup besar
Nov 27, 2022
how to
Accesstrade Indonesia sebagai jaringan affiliate marketing di Indonesia, memberikan kemudahan kepada affiliator untuk menjadi affiliate marketing di semua marketplace dan financial hanya di satu dashboard.
Nov 26, 2022