ACCESSTRADE Indonesia

Cara Menjadi Afiliator Sukses, Content Creator Wajib Tahu!

Admin
affiliate marketing Sep 25, 2022

Baca Juga: Program Afiliasi Accesstrade Indonesia, Bisnis Afiliasi Terbaru Yang Paling Mudah dan Menguntungkan

Jika kamu anak konten banget alias content creator, tentunya bisa menjajal bisnis afiliasi marketing nih. Selain sangat aktif bikin konten, tapi juga bisa dapetin cuan tambahan. Dengan melakukan promosi atau pemasaran afiliasi, sambil seru-seruan berpromosi. Tapi seperti apa pemasaran afiliasi dan bagaimana cara menjadi afiliator sukses? Kita intip selengkapnya di bawah ini ya.

Daftar Isi

Apa itu Afiliasi Marketing?

Affiliate marketing, merupakan salah satu kegiatan pemasaran. Dimana pemilik usaha atau perusahaan, menggunakan jasa para affiliate marketer atau afiliator untuk membantu memasarkan produk atau jasa mereka. Nantinya, kamu sebagai affiliate marketer atau afiliator. Tentunya akan mendapatkan keuntungan berupa komisi, apabila berhasil mencapai goals dengan menuntun customer melakukan transaksi.

Contohnya, seperti perusahaan travel atau perusahaan produk teknologi. Menggunakan jasa content creator, untuk membantu memasarkan produk ataupun jasa dari perusahaan tersebut. Hanya tinggal perlu melakukan pendaftaran program afiliasi terlebih dulu, dengan perusahaan terkait sebagai cara menjadi afiliator.  Lantas, seperti apa tugas afiliator?

  • Tugas afiliator

Ketika kamu adalah seorang content creator, dan bergabung dengan program afiliasi dari salah satu perusahaan. Tentunya, memiliki beberapa tugas penting. Tugasnya ini perlu dijalani konsisten, berani mencoba hal yang baru, terus kreatif dan berinovasi. Dalam melakukan pemasaran, sebagai cara menjadi afiliator yang sukses.

Berikut tugas dari afiliator atau affiliate marketer seperti:

  • Mempromosikan produk atau jasa dari campaign yang sudah dipilih. Dalam platform affiliate marketing melalui website, blog, atau media sosial yang dipunya.
  • Memahami dan mematuhi aturan yang berlaku pada campaign yang dipilih.

Persiapan Content Creator Menjadi Afiliator

 cara menjadi afiliator content creator

Sebelum terjun menekuni bisnis afiliasi, inilah yang perlu dipersiapkan :

  • Siapkan Media Promosi

Saat ini, telah banyak media promosi yang bisa dipilih untuk memasarkan produk atau jasa afiliasi yang ditargetkan. Jika lebih nyaman menggunakan metode penulisan di blog, maka bisa membuat promosi melalui website. Atau, jika lebih suka tampil di depan kamera dan membuat konten dari sana. sebaiknya bisa mencoba di TikTok, Instagram, ataupun Facebook.

  • Kenali Produk atau Jasa yang dipromosikan

Untuk memasarkan produk atau jasa yang akan dipromosikan, maka perlu mengetahui dan mau belajar dari apa yang dipromosikan. Karena jika tidak tau product knowledge, dari produk atau jasa maka penyampaian pesan kepada calon pembeli kurang dimengerti.

Sehingga penting untuk mengetahui produk atau layanan, agar bisa menyampaikan dan berhasil mendapatkan pembeli. Jika berhasil maka otomatis Kamu akan mendapatkan komisi.

  • Tentukan target pasar atau audiens

Untuk mendatangkan pembeli, tentunya selain menyiapkan media sosial. Perlu diketahui untuk memasarkan atau mempromosikannya. Untuk siapa, yaitu untuk target audiensmu.

Target audiens ini sangat penting, karena akan menentukan bagaimana nantinya kamu akan melakukan promosi. Jika menjual produk makanan bayi tentunya, bukan menarget bayi sebagai audiens. Tetapi, Target sebenarnya adalah para orang tua dan sebagainya.

  • Mampu berjualan dan menghasilkan

Cara menjadi afiliator, walau cuma sebagai konten creator. Tidak ada salahnya belajar dan mendalami strategi pemasaran, atau bagaimana proses penjualan hingga terjadi transaksi pembelian. Promosi atau jualan memang gampang-gampang susah. Namun, jika tetap terus mengasah, berinovasi, kreatif dan tidak takut gagal maka proses tidak akan mengkhianati hasil.

Baca Juga: Shopee Affiliate Login, Gerbang Awal Raup Komisi Lewat Online

Tips dan Cara Menjadi Afiliator yang Sukses

cara menjadi afiliator sukses

Setelah mengetahui beberapa persiapan afiliator seperti di atas. Cara menjadi afiliator selanjutnya ini, perlu untuk dikembangkan agar bisa menjadi afiliator yang sukses.

  • Riset Produk 

Salah satu elemen penting cara menjadi afiliator yang sukses, adalah dengan memilih produk yang tepat untuk dipromosikan. Hal ini bisa berupa produk informasi digital, keanggotaan, produk fisik, layanan online, atau jasa dan sebagainya. 

Kamu bisa juga melakukan sedikit riset pasar dengan cara di bawah ini :

  1. Melihat tren jenis produk yang ada di sosial media seperti di TikTok, Instagram dan YouTube.
  2. Produk yang laris di e-commerce ternama
  3. Produk atau jasa apa yang sedang banyak orang bicarakan di forum-forum online

Tapi pastikan produk atau program afiliasi yang telah dipilih sesuai kemampuan atau passion, ya.

  • Dapat Dipercaya

Pastikan sebagai afiliator dan content creator, wajib harus bisa dipercaya. Jangan sampai, salah dalam mempromosikan produk atau layanan jasa. Sebab itu, diawal perlu menyiapkan product knowledge untuk bisa meyakinkan penonton, pembaca atau audiens. Agar tertarik dan percaya dengan apa yang dijual.

Caranya, kamu bisa me-review atau mengulasan produk atau jasa dari produk yang telah dipilih. Tetapi, usahakan ulasannya harus bersifat jujur dan pernah menggunakannya agar bisa menyakinkan pembaca atau penonton. Jangan lupa, dituntut juga perlu cerdas ketika memilih program afiliasi, apakah bisa dipertanggung jawabkan, apakah memiliki audiens dan sebagainya.

Nah, jika masih bingung afiliasi mana yang bisa bisa menghasilkan uang tambahan yang lumayan. Kamu bisa memilih Accesstrade sebagai pilihan. Tidak usah khawatir, karena segala kebutuhan promosi akan bisa berjalan dengan baik. Karena di Accesstrade banyak sekali menawarkan program affiliasi dari berbagai brand ecommerce dan marketplace yang pasti memberikan keuntungan komisi yang menarik. Tunggu apa lagi daftar sekarang

  • Konten Bermanfaat 

Mempromosikan, bukan hanya bisa sebagai hiburan. Tetapi juga bisa menjadi informatif dan bermanfaat, untuk kebutuhan bagi siapapun yang melihatnya.

Pikirkan iklan afiliasi Kamu sebagai sumber honor tambahan, yang bisa melengkapi konten website. Bukan hanya dipasang saja, tetapi tentukan bahwa produk itu bisa bermanfaat untuk orang banyak dan bukan abal-abal.

  • Buatlah Konten Timeless

Sebagai content creator, selain membuat konten yang sedang viral. Juga bisa dicoba membuat konten yang timeless. Atau tidak pernah surut alias abadi, bisa dipakai kapan pun. Maksudnya adalah Kamu bisa menggunakan konten itu dan diperbarui kembali karena informasinya masih bernilai dan relevan di waktu sebelumnya hingga waktu sekarang ini.

  • Relevan & Up To Date

Selanjutnya, Kamu harus bisa membuat konten yang relevan dengan program afiliasi. Cukup dengan selalu up-to-date dengan program pemasaran yang dibuat. Seperti meningkatkan keunggulan, atau membuat iklan menjadi lebih menarik secara visual. Perubahan kecil ini, tentunya bisa membantu dalam memotivasi tindakan oleh pembaca, penonton, atau calon pembeli, lho. 

Misalnya, jika saat ini sudah memasuki libur lebaran, Kamu bisa membuat konten promo libur lebaran. Seperti rekomendasi baju lebaran ataupun destinasi libur lebaran.

  • Sabar

Untuk menjadi content creator afiliator yang sukses, tentunya diperlukan kesabaran dengan proses yang akan dilalui. Sabarlah dengan menekuni bisnis afiliasi marketing ini. Ketika memutuskan mengikuti program afiliasi, mungkin akan merasa kesal karena sering gagal atau susah mendapatkan keuntungan yang banyak.

Apalagi kita nggak bisa berharap banyak dengan pengunjung atau penonton video konten. Tidak setiap penonton, akan mengklik iklan atau kode link ataupun langsung membeli produk yang telah ditawarkan.

  • Konsisten

Hal yang paling susah dilakukan sebenarnya adalah menjadi content creator yang konsisten. Saat kita mengalami satu kegagalan, maka kita akan kecewa bahkan kita enggan untuk mencobanya lagi. Tapi ingatlah, bila kegagalan bisa membuat kamu sukses.

Asalkan, jangan biarkan kegagalan menghalangi niat, untuk terus mencoba dan raih kesuksesan. Walau lelah atau jenuh, Kamu harus bangun lagi dan coba mencari tahu mana cara atau strategi yang salah dan memperbaiki hal itu segera.

Yup, itulah beberapa tips dan cara menjadi afiliator yang sukses bagi content creator. Teruslah kreatif, inovatif dan konsisten hingga mencapai goals yang diinginkan.

Baca Juga: Banyak Opsi, Ragam Contoh Bisnis Afiliasi Penghasil Pundi Rupiah

Baca Juga: Solusi Cuan Tambahan Daftar Affiliate Marketing Tokopedia, Komisi jutaan modal sharelink

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program di mana Anda mempromosikan produk atau layanan perusahaan atau merek dan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian. Jumlah komisi yang Anda terima bervariasi berdasarkan persentase produk dan harga jual.
Jan 07, 2023
how to
Setelah Anda bergabung sebagai Affiliate Marketer di Tokopedia, Anda harus mempunyai strategi dalam mempromosikan produk yang Anda jual pada platform media sosial pribadimu. Hal ini menjadikan keuntungan untuk Anda jika hal ini berhasil,
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Saat ini, TikTok telah berkembang menjadi platform ecommerce. Bahkan TikTok telah membuka kemungkinan kepada pengguna untuk mendapat penghasilan tambahan lewat TikTok Affiliate. Berikut cara membuat affiliate marketing TikTok meraup untung jutaan rupiah.
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program atau perusahaan yang membayar komisi untuk menawarkan dan menjual produk, layanan, atau situs web. Contoh umum dari bisnis Affiliate adalah menggunakan tautan rujukan. Affiliate marketer menempatkan tautan di blog.
Jan 06, 2023