Begini Cara Menghitung Komisi dengan Atribusi Terbaru di Program Shopee Affiliate

Begini Cara Menghitung Komisi dengan Atribusi Terbaru di Program Shopee Affiliate

Admin
affiliate marketing May 15, 2023
SHARE ON
1686312456_begini-cara-menghitung-komisi-dengan-atribusi-terbaru-di-program-shopee-affiliate.jpg

Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan uang secara mudah di jaman sekarang hanya dengan bermain handphone ataupun laptop saja. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan yaitu dengan mengikuti program yang disediakan oleh aplikasi shopee yang bernama shopee affiliate program. 

Program ini diberikan kepada Anda pengguna shopee yang ingin menambah uang hanya dengan membagikan link produk dari seller tertentu di Shopee Seperti Shopee Mall, Shopee Supermarket, Star+, dan Star Seller ke media sosial Anda. Hal yang perlu Anda ketahui untuk akun yang digunakan dalam menjalankan Program Shopee Affiliate yaitu akun shopee dan akun media sosial. untuk akun media sosial harus bersifat akun pribadi, aktif, tidak di-private dan memiliki konten yang orisinal, dan untuk akun shopee harus akun pribadi, bukan akun toko atau penjual Shopee.

Walaupun cara penggunaan Program Shopee Affiliate cukup mudah dipahami, terdapat beberapa pengguna juga yang merasa kesulitan dalam menjalankan program ini yaitu mengeluhkan tentang komisi affiliate yang hilang. Komisi affiliate didapatkan pengguna Ketika berhasil menjual produk di shopee melalui link yang dibagikan melalui media sosial seperti TikTok, Instagram, YouTube, Twitter dan Facebook. Salah satu cara yang bisa dilakukan agar dapat menarik banyak pembeli produk di shopee melalui link yang Anda bagikan yaitu dengan membuat konten yang menarik di media sosial.

Bagaimana perhitungan Komisi Shopee Affiliate ?

Setelah mengetahui bagaimana cara kerja Program Shopee Affiliate dan beberapa Syarat yang harus dipahami, selanjutnya Anda juga harus paham mengenai bagaimana cara perhitungan Program Shopee Affiliate.

Perhitungan Komisi dari Program Shopee Affiliate Secara Langsung

Komisi yang bisa Anda dapatkan dari Shopee affiliate program akan berkisar sebanyak 1% hingga 10% untuk setiap transaksi. Kisaran angka tersebut akan bergantung dari jenis Shopee affiliate mana yang Anda ikuti. Besar komisi Shopee Affiliate yang bisa Anda bisa dapatkan sebesar 5% untuk komisi tetap, Xtra Komisi tambahan, dan bonus 15% dengan mengajak orang bergabung.

Misalnya dalam satu transaksi valid Anda mampu menarik pembeli melalui link yang Anda bagikan melalui media sosial sebanyak 3 produk (baju Hitam, Celana dan Baju Merah) dalam 2 toko yang berbeda. Maka perhitungannya akan seperti ini, produk baju hitam dan celana yang dibeli di toko A akan mendapatkan komisi affiliate sebesar 5 persen (Karena toko A merupakan toko yang dipromosikan pihak shopee). Sedangkan untuk produk Baju merah yang dibeli toko B mendapatkan komisi affiliate sebesar 1 persen (karena toko B merupakan toko yang tidak dipromosikan pihak shopee).

  • Baju Hitam Toko A (5 Persen) X Harga Produk (Rp80.000) = Rp4.000
  • Celana toko A (5 Persen) X Harga Produk (Rp.100.000) = Rp5.000
  • Baju Merah Toko B (1 Persen) X Harga Produk (Rp.100.000) = Rp1.000

Jadi total komisi yang didapat yaitu Rp10.000

Perhitungan Atribusi Komisi Affiliate Menggunakan Link Extra komisi Bagi Anda yang Ikut di Accesstrade 

Dimulai pertanggal 15 Mei 2023, Shopee mengeluarkan update perhitungan komisi baru untuk para affiliate marketer yang menggunakan link affiliate komisi extra. Jika pada ketentuan atribusi sebelumnya adalah hanya affiliate marketer terakhir yang linknya di klik oleh user yang mendapat komisi, saat ini semua affiliate marketer bisa mendapatkan komisi. Berikut penjelasan seperti contoh di gambar : 

Kondisi : 

  • Affiliate 1 ( Menggunakan link extra komisi )
  • Affiliate 2 ( Menggunakan link affiliate biasa )

Buyers Journey:

  • Hari 1 : Buyer melakukan klik link affiliate dari affiliate 1 yang menggunakan link extra komisi
  • Hari 2 : Buyer melakukan klik link affiliate dari affiliate 2 yang menggunakan link affiliate biasa
  • Hari 4 : Terjadi pembelian 4 barang dengan kondisi 3 produk yang ada extra komisi dan 1 produk  dengan komisi biasa

Ketentuan: 

  • Maka dengan kondisi dan journey contoh di atas, affiliate 1 akan mendapatkan komisi dari 3 produk extra komisi
  • Affiliate 2 akan mendapatkan komisi dari produk biasa

Anda bisa baca disini untuk lebih detail membaca tentang perhitungan shopee affiliate di Accesstrade : Perhitungan Atribusi Komisi Affiliate Menggunakan Link Extra komisi di Accesstrade

Secara umum dengan atribusi data maka perhitungan terbaru seperti inimenggunakan link extra komisi memiliki kesempatan mendapatkan komisi lebih baik di banding link affiliate shopee yang biasa. Segera update link affiliate Anda menjadi lnik extra komisi sekarang juga.

Komisi Shopee affiliate kapan cair?

Pihak shopee akan memberikan komisi saldo kepada affiliate marketer setiap hari Kamis per minggu, dengan Syarat saldo yang diberikan harus minimal Rp10.000. jika saldo yang dimiliki affiliate marketer masih dibawah Rp10.000 maka pihak shopee berhak menahan saldo dan akan diberikan ke periode selanjutnya sampai saldo affiliate marketer memenuhi Syarat pembayaran minimal Rp10.000.

Jika anda mengikuti program shopee dari palform affiliate accesstrade,  pembayaran komisi anda akan di bayarkan per tanggal 20 dengan minimum payout sebesat 100.000. Baca disini untuk mengetahui Sistem Pembayaran Komisi Affiliate Marketing di Accesstrade.

Apakah Komisi Shopee affiliate bisa hangus?

Jika Anda mengalami masalah komisi affiliate tiba-tiba hangus atau saldo menjadi 0 yang Anda lakukan yaitu tidak perlu panik, karena hal ini sering dirasakan oleh banyak affiliate marketer. Kejadian seperti ini biasa terjadi pada pergantian bulan yaitu dari akhir bulan menuju ke awal bulan. Hal itu dilakukan oleh pihak shopee untuk mereset laporan komisi tiap awal bulan, setelah 5 hari kerja komisi Anda bulan kemarin akan dikembalikan oleh pihak shopee ke dalam saldo Anda.

Jika Anda masih ragu mengenai saldo komisi affiliate, Anda bisa melakukan pengecekan melalui fitur notifikasi baru dari Program Shopee Affiliate. Anda bisa melihat total komisi, pesanan selesai serta total dana yang akan dicairkan. Cara lain yang bisa Anda lakukan yaitu langsung melalui menu Program Shopee Affiliate, Anda bisa melakukan klik pada bagian Komisi. Anda bisa melihat mengenai laporan komisi kemarin, 7 hari terakhir dan bulan ini. Anda juga bisa melihat laporan berupa grafik pesanan affiliate dan memeriksa laporan semua pesanan affiliate yang Anda lakukan.

Ada beberapa hal yang membuat komisi affiliate menjadi hilang, yang paling utama yaitu karena pihak shopee mereset laporan komisi setiap awal bulan seperti yang sudah dijelaskan di atas. Beberapa hal lain yang membuat komisi affiliate hilang yaitu yang pertama masalah internet (Koneksi internet yang buruk) hal ini membuat gagal dalam refresh saldo Anda, yang kedua yaitu komisi tidak masuk/gagal karena tidak lolos validasi/ tidak valid, yang terakhir yaitu pencairan komisi secara otomatis karena dianggap oleh system sudah memenuhi persyaratan pencairan komisi. 

Jadi komisi yang sudah Anda kumpulkan dan tiba-tiba hilang itu tidak permanen, melainkan hanya bersifat sementara yang nantinya dari pihak shopee akan mengembalikan dan secara otomatis akan masuk ke saldo Anda.

Baca juga: 20 Program Bisnis Affiliate Marketing dengan Komisi Terbaik

Apakah Shopee Affiliate Harus Punya Rekening Bank?

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari situs Shopee, pembayaran komisi dari Program Afiliasi Shopee dapat dilakukan melalui dua metode:

1. ShopeePay

Ini adalah dompet digital Shopee yang memungkinkan Anda untuk menerima pembayaran secara langsung ke akun Shopee Anda.

2. Transfer Bank

Shopee juga dapat mentransfer komisi Anda langsung ke rekening bank yang Anda daftarkan.

Jadi, meskipun memiliki rekening bank bisa menjadi cara yang nyaman untuk menerima pembayaran, tampaknya Anda juga dapat menerima pembayaran melalui ShopeePay jika Anda tidak memiliki rekening bank atau lebih memilih untuk tidak menggunakan satu.

Jenis-jenis Komisi di Shopee Affiliate

karena Anda sudah tidak asing lagi dengan shopee affiliate yang sudah dijelaskan di atas, ternyata masih ada 3 Program Shopee Affiliate lain yang harus Anda pahami juga. walaupun program-Program Shopee Affiliates ini memiliki tujuan yang sama yakni mempromosikan produk yang ada di shopee melalui media sosial Anda dengan bayaran berupa komisi dari setiap pembelian produk. Program Shopee Affiliate antara lain Shopee affiliates, Shopee Influencers dan Shopee Partners. Setiap program affiliate shopee memiliki syarat, ketentuan, dan keuntungan masing-masing, untuk lebih jelasnya akan dijelaskan di bawah ini.

Shopee Affiliate

Jenis yang pertama mungkin sudah bukan hal asing bagi Anda para affiliate, yaitu Shopee affiliate. Pendapatan dari Shopee affiliate dihitung dari seberapa banyak produk yang terjual melalui link yang Anda bagikan. Anda akan mendapatkan komisi tetap sebesar 5% dan 15 % jika berhasil mendapatkan pengguna baru, selain itu juga ada komisi Xtra tambahan dari shopee jika berhasil menjual produk dari shopee mall

Selain kategori pembeli, Shopee affiliate juga menerapkan sistem perhitungannya komisi berdasarkan jenis toko. Anda bisa mendapatkan komisi sebesar 5% untuk toko yang sedang dipromosikan, dan komisi sebesar 1% untuk toko yang tidak dipromosikan. Pada Shopee affiliate, Anda hanya bisa mendapatkan komisi maksimum sebesar Rp.10.000 untuk setiap transaksi.

Cara daftar Shopee affiliate sangat mudah dilakukan oleh siapapun karena berbeda dengan jenis lainnya, Shopee affiliate tidak ada syarat khusus seperti jumlah minimum followers. Bila Anda baru saja ingin terjun ke dunia affiliate, maka Shopee affiliate merupakan salah satu pilihan yang sangat tepat untuk memulai.

Shopee Influencers

Berbeda dengan Shopee affiliate yang bisa diikuti oleh semua orang, Shopee influencer hanya bisa diikuti oleh mereka yang memenuhi syarat tertentu. Adapun syarat yang paling menonjol adalah harus mempunyai minimal followers atau subscriber sebanyak 2.000 orang di akun media sosial. Selain itu, akun media sosial Anda juga harus cukup aktif dengan konten-konten original. Hal ini perlu dilakukan karena pihak Shopee akan memeriksa akun Anda terlebih dahulu sebelum mereka menerima Anda sebagai influencer mereka.

Dari segi komisi, Shopee influencer juga memiliki kemiripan dengan Shopee affiliate. Komisi yang didapatkan yaitu 2,5 persen untuk setiap transaksi oleh pengguna lama dan 10 persen untuk transaksi oleh pengguna baru. Selain kategori pembeli, Shopee influencer juga memiliki rasio komisi yang sama dengan Shopee affiliate untuk kategori toko. Anda bisa mendapatkan komisi sebesar 5% bila toko tersebut sedang dipromosikan, atau komisi sebesar 1% bila toko tersebut tidak dipromosikan.

Kelebihan bagi mereka yang telah bergabung ke Shopee influencer adalah mereka bisa mengikuti campaign yang sedang diadakan oleh Shopee. Tidak seperti Shopee affiliate, Shopee influencer akan bisa mendapatkan berbagai promo, kode voucher, dan juga hadiah menarik lainnya melalui campaign ini. Selain itu, member Shopee influencer juga akan bisa mendapatkan kesempatan untuk bergabung ke dalam Shopee partner bila sudah mencapai target tertentu.

Shopee Partners

merupakan program peningkatan dari shopee influencer. Program ini memiliki Syarat untuk bergabung yaitu harus memiliki jumlah Subscribers/Followers/Teman min. 2.000 orang di akun media sosialnya dan harus bisa mencapai 50 pesanan minimal 1 kali dalam 3 bulan terakhir. Program Shopee Partners bersifat persetujuan antara Shopee Team & KOL yang berlaku selama 6 (enam) bulan dan diperbarui secara otomatis,

Selain perbedaan besar komisi berdasarkan kategori pembeli, Shopee partner juga mendapatkan perhitungan komisi berdasarkan jenis toko yang lebih besar. Rasio yang Anda dapatkan menjadi dua kali lipat bila dibandingkan dengan Shopee affiliate dan Shopee influencer. Anda bisa mendapatkan komisi sebesar 10% untuk toko yang sedang dipromosikan, dan komisi sebesar 2% untuk toko yang tidak dipromosikan.

Berbeda dengan Shopee affiliate dan influencer, batas maksimum komisi setiap transaksi adalah Rp50.000. Dengan kata lain, Anda akan mendapatkan komisi yang besar saat berhasil menarik pelanggan untuk membeli sebuah produk dengan harga yang tinggi.

Keuntungan lain yang bisa didapat yaitu mendapatkan produk atau voucher gratis selama 6 bulan pertama. Keuntungan yang diberikan sesuai dengan persyaratannya yang lebih banyak daripada program shopee affiliate marketer lain.

Kesimpulan 

Program Shopee Affiliate merupakan program yang memberikan keuntungan kepada affiliate marketer marketing untuk mendapatkan uang tambahan dengan mudah hanya dengan membagikan link produk ke media sosial sampai ada yang membeli. Keuntungan lain yang diberikan dari Program Shopee Affiliate yaitu bisa mendapat produk atau voucher gratis dan dapat mengikuti campaign Shopee. 

Perhitungan komisi pada Program Shopee Affiliate juga cukup mudah dipahami. jika Anda mendaftar sebagai Shopee affiliate maka Anda akan mendapatkan komisi 1 sampai 5 persen, untuk Shopee Influencers maka Anda akan mendapat 1 sampai 5 persen komisi dan berkesempatan mengikuti campaign Shopee, sedangkan untuk Shopee Partners Anda akan mendapatkan keuntungan prioritas untuk mengikuti campaign Shopee yang berlangsung. Keuntungan lain yang bisa didapat yaitu mendapatkan produk atau voucher gratis selama 6 bulan pertama.

Komisi di Program Shopee Affiliate tidak akan benar-benar hilang secara permanen, karena dalam jangka waktu 5 hari kerja pihak shopee akan mengembalikan ke saldo Anda. Pihak shopee hanya melakukan reset laporan komisi setiap pergantian bulan yaitu akhir bulan menuju awal bulan, jadi jika awal bulan tiba-tiba saldo komisi Anda tiba-tiba 0 maka Anda tidak perlu panik.

Masih takut bila saldo shopee affiliate Anda tiba-tiba hilang? Cobalah untuk mendaftar di sebuah affiliate network seperti Accesstrade yang merupakan salah satu penyedia program affiliate terbaik. Dengan Accesstrade, Anda akan dapat mengatur segala jenis program affilaite dari berbagai pihak hanya dengan satu dashboard utama saja. Accesstrade sendiri tidak hanya menyediakan program affiliate dari Shopee, tetapi juga berbagai program lain seperti Tokopedia, lazada dan blibli affiliate. Tertarik untuk mencoba? Anda bisa daftar Jadi Affiliate Marketing bersama Accesstrade!

Rizki Setyo
Content Author
Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.
Artikel Terkait