20 Program Bisnis Affiliate Marketing dengan Komisi Terbaik di Indonesia

Admin
affiliate marketing Jan 18, 2023
1686640751_20-program-bisnis-affiliate-marketing-dengan-komisi-terbaik-di-indonesia-1.jpg

Di tengah gencarnya perkembangan teknologi digital, banyak masyarakat di Indonesia yang mulai memanfaatkan setiap fiturnya sebagai sumber penghasilan. Salah satunya adalah dengan memiliki web atau akun social media. Website dan akun ini bisa Anda jadikan sumber penghasilan dengan cara menjadi affiliate marketer lewat program afiliasi. Untuk itu, mari pahami terlebih dahulu terkait afiliasi beserta perusahaan terpercaya yang memiliki programnya

Daftar Isi

Apa Itu Program Afiliasi

Program afiliasi adalah sebuah sistem / program dimana kamu sebagai publisher / affiliate marketer mempromosikan produk dari suatu brand agar bisa mendapat banyak konsumen. Salah satu alasan mengapa program ini banyak diminati oleh pengguna social media adalah karena komisinya yang terbilang cukup besar. Meski begitu, Anda juga harus bisa memilah mana sekiranya program yang terbukti membayar dan tidak. Karena itu, berikut 20 program berkomisi besar yang terbukti membayar dengan komisi tinggi.

Siapa Saja Affiliate di Indonesia ?

Sistem affiliate marketing / afiliasi pemasaran bisa datang dari brand mana saja. Mulai dari skala kecil, menengah, hingga perusahaan besar pun saat ini menjalankan programnya masing-masing. Anda bisa memilih sendiri terkait mana saja campaign afiliasi yang ingin diikutsertakan. Contohnya seperti afiliasi di kategori produk layanan jasa, e-commerce, web hosting, dan masih banyak lagi. Di bawah ini adalah beberapa contoh program yang terbukti membayar penggunanya.

1. Shopee

Pertama kali muncul di tahun 2015, Shopee berhasil menjadi raksasa e-commerce di Asia Tenggara dengan jutaan penggunanya. Bisnis shopee affiliate cukup populer di kalangan masyarakat yang aktif di social media. Dengan program ini, setiap pelaku bisnis afiliasi dapat meraup banyak keuntungan. Tugasnya sangat simpel, cukup dengan mempromosikan link produk yang sudah terafiliasi ke berbagai social media dan website. 

Satu hal yang membuat shopee affiliate cukup digemari adalah komisinya. Komisi yang ditawarkan program afiliasi ini bervariatif dengan nilai maksimal 10% dari harga produk. Nilai tersebut masih belum termasuk bonus dari pihak shopee dan komisi ekstra dari penjual. Anda bisa memanfaatkan semua kesempatan yang ada untuk mendapat penghasilan maksimal. Bagian inilah yang jadi daya tarik untuk memulai bisnis afiliasi.

2. Tokopedia

Program berikutnya ada dari Tokopedia yang merupakan e-commerce lokal terpopuler. Sistem afiliasi yang ada di Tokopedia memungkinkan Anda untuk mendapatkan banyak link produk menarik. Ketika berhasil mengundang orang lain untuk bertransaksi, Anda bisa mendapat komisi hingga 10% per transaksi. 

Tidak hanya itu saja, afiliasi Tokopedia juga membuat sebuah sistem dimana Anda berkesempatan mendapat komisi untuk setiap pengunjung yang datang. Sampai saat ini sudah ada jutaan rupiah yang berhasil dibayarkan untuk partner afiliasi. Jadi, program ini sudah pasti dapat dipercaya sebagai cara memonetisasi web atau social media Anda.

3. Blibli

Afiliasi milik Blibli mengharuskan Anda melakukan promosi terkait produk di platform melalui link khusus. Komisi yang Anda dapatkan akan diakumulasi dengan nilai hingga 4% per transaksi. Semakin banyak produk yang terjual, semakin besar pula komisinya. Sampai saat ini, afiliasi Blibli masih membuka pendaftaran partner secara bebas untuk siapa pun selama memenuhi kriteria yang telah ditentukan.

4. JD.ID

JD.ID afiliasi memberikan kesempatan baru untuk pengguna aktif social media untuk mendapat penghasilan tambahan melalui programnya. Sama seperti yang lain, komisi JD.ID juga bergantung pada kategori produk terjual. Pengguna lama dan baru yang mengakses link afiliasi milik Anda memiliki komisinya tersendiri dengan nilai maksimum sebesar 5%. 

5. Bukalapak

Selanjutnya ada Bukalapak afiliasi yang memiliki dua skema komisi. Skema yang pertama sama seperti program lain yang memberikan Anda komisi untuk setiap valid transaksi. Skema kedua adalah komisi yang bisa Anda dapatkan untuk pengguna baru via link afiliasi. Total komisi yang bisa Anda raih berkisar antara 1 juta hingga puluhan juta rupiah. Besaran total komisi ini tergantung dari jumlah pengguna yang berhasil diundang.

6. Niaga Hoster

Niaga Hoster merupakan salah satu penyedia layanan web hosting paling populer di Indonesia dengan jutaan penggunanya. Program mampu memberikan Anda komisi lebih dengan statistik tersebut. Alhasil, setiap publisher terdaftar memiliki kemudahan karena branding yang sudah cukup populer. Berhasil memberikan total komisi hingga ratusan juta rupiah, Niaga Hoster memberikan upah hingga 70%

7. Hostinger

Selanjutnya ada program dari Hostinger yang memberikan komisi tinggi hingga 60%. Sama seperti Niaga Hoster, afiliasi Hostinger juga bergerak di bidang layanan web hosting. Cocok untuk Anda yang memiliki konten berkaitan dengan tutorial website atau sejenisnya. Mengingat kebutuhan website di era digital semakin meningkat, kesempatan bagi Anda untuk mendapat impresi juga semakin tinggi.

BACA JUGA: 10 Manfaat Afiliasi Pemasaran yang Harus Diketahui

8. Tiktok

Siapa yang tidak kenal dengan Tiktok? Semenjak munculnya program afiliasi Tiktok, namanya semakin naik karena menjadi salah satu alternatif mendapat penghasilan. Melalui fitur shop, Anda bisa mendapat komisi yang berbeda-beda setiap produk dan kategorinya. Umumnya berkisar antara 1% hingga 10% dari nilai produk. Kelebihan dari program ini adalah Anda bisa memilih produk mana yang ingin diafiliasikan dengan bebas. Banyak produk dari berbagai penjual yang siap dipromosikan via konten.

9. Canva

Program berikutnya yang terbukti membayar berasal dari layanan di bidang desain, yaitu Canva. Canva membuat sistem afiliasi yang bisa diakses oleh siapa pun. Tugas Anda sebagai publisher adalah melakukan promosi untuk versi pro dari aplikasi kepada pengguna baru melalui link afiliasi Canva yang telah disediakan. Untuk setiap pembelian yang berhasil dan valid, Anda berhak mendapat komisi hingga $36.

10. Amazon

Kembali ke program yang bergerak di bidang e-commerce, kali ini datang dari Amazon dengan skala lebih besar. Jangkauannya yang bisa mencakup banyak negara membuat afiliasi Amazon cocok untuk Anda gunakan. Tugas Anda adalah mempromosikan produk Amazon ke banyak orang via link afiliasi. Sebagai imbalan, Anda akan dapat komisi sebesar 10% dari nilai produk terjual dalam bentuk dolar. Komisi berbentuk mata uang dolar dapat menjadi peluang utama upah besar karena nilai yang lebih tinggi dibanding rupiah.

11. Shopify

Afiliasi Shopify tersedia untuk semua kalangan yang aktif sebagai konten kreator, influencer, publik figur, atau sejenisnya. Program ini memiliki satu tujuan, yaitu mengundang banyak pelanggan untuk menggunakan layanan dari Shopify. Anda bisa bergabung ke program afiliasi Shopify secara gratis. Cara ini bisa Anda jadikan alternatif dalam memonetisasi audience. Dalam praktik, pastikan Anda memiliki Paypal atau sejenisnya yang mampu menampung mata uang dolar.

12. Accesstrade

Program afiliasi yang bisa jadi pilihan selanjutnya berasal dari Accesstrade. Tidak seperti beberapa program di atas, Accesstrade Indonesia memiliki lebih banyak campaign di dalamnya. Kelebihan ini memberikan Anda banyak peluang afiliasi dari perusahaan dan produk berbeda. Selain fleksibel dari segi produk. Selain itu, pada dashboard akun sudah terdapat fitur untuk mendapatkan link dan bahan secara otomatis sehingga bisa memudahkan kinerja afiliasi.

Dari segi komisi, Accesstrade memiliki banyak jenis mulai dari komisi per penjualan (CPS), komisi per klik / kunjungan (CPC), per aksi (CPA), dan masih banyak lagi. Tipe komisi juga memiliki dua jenis berbeda, yaitu persentase dan fixed rate dengan nilai hingga jutaan rupiah. Mudahnya lagi, Anda hanya perlu mendaftar satu akun saja untuk mendapat seluruh campaign dan fitur yang ada.

13. Ebay

Platform selanjutnya yang memiliki program afiliasi adalah Ebay. Dengan 1.8 miliar produk, afiliasi Ebay bisa jadi peluang yang sangat besar dalam meraih pasar global. Setidaknya ada lebih dari 100 juta pembelian dengan rata-rata produk baru mencapai 80%. Terlebih lagi pasarnya yang bersifat global membuat penghasilan per penjualan semakin tinggi. Komisi akan dibayar menggunakan mata uang dolar dan dikonversi ketika pencairan. Sedangkan nilai minimum untuk proses penarikan adalah $10.

14. Aliexpress

Mampu bersaing dengan platform e-commerce sekelas Amazon membuat nama Aliexpress terkenal di banyak kalangan. Tempat belanja online yang ada di bawah Alibaba ini memiliki jutaan produk menarik yang bisa Anda afiliasikan melalui program afiliasi Aliexpress. Jumlah komisi yang ada di program tersebut bervariatif hingga menembus angka 50% untuk setiap produk terjual dalam mata uang global.

Dalam pendaftaran Aliexpress afiliasi hanya memerlukan beberapa kali klik saja untuk mengisi keperluan akun. Setelah itu Anda bebas memilih produk mana saja yang ingin Anda promosikan ke website dan social media. Soal kepercayaan sudah bukan sebuah masalah mengingat Aliexpress mengeluarkan lebih dari $100 ribu per bulannya dengan penghasilan tertinggi sebesar $20 ribu.

15. Traveloka

Apabila Anda ingin berfokus pada pasar di kawasan Asia Tenggara (SEA), layanan afiliasi Traveloka bisa jadi rekomendasi pertama. Traveloka memiliki program afiliasi yang menampung banyak akomodasi dan penerbangan di wilayah SEA. Ada ribuan hingga jutaan layanan yang khusus untuk Asia Tenggara dan seluruh dunia. Menggunakan sistem komisi kompetitif, Traveloka memberikan teknologi yang mampu menghubungkan Anda dengan merchant berskala global secara langsung.

16. Pegipegi

PegiPegi juga pernah mengumumkan program afiliasi dengan komisi yang cukup besar. Bahkan mereka pernah mengadakan event besar yang berhadiah bonus senilai 10 juta rupiah untuk rekan afiliasi. Nilai tersebut pastinya sudah tidak perlu diragukan lagi karena telah berhasil sukses. Meski begitu, mereka menutup layanan afiliasi PegiPegi via situs resminya. Tenang saja, Anda masih bisa menggunakan layanan afiliasi terhadap platform penyedia akomodasi PegiPegi melalui Accesstrade Indonesia.

17. Tiket.com

Layanan akomodasi yang memiliki program afiliasi lainnya adalah Tiket.com yang memiliki segudang kelebihan. Salah satu keuntungan yang mereka tawarkan untuk Anda adalah variasi dari jenis komisi untuk setiap produk. Baik upah persentase maupun fixed rate bergantung pada nilai besaran produk dan kategorinya. Afiliasi tiket.com masih jadi pilihan banyak orang untuk melakukan afiliasi di kategori layanan akomodasi karena memiliki akses untuk melihat statistik transaksi.

18. Booking.com

Jika Anda memiliki website yang memiliki konten seputar travel, liburan, dan sejenisnya maka afiliasi Booking.com bisa menjadi cara monetisasi ampuh. Program ini menghubungkan website Anda dengan merchant Booking.com yang menyediakan layanan akomodasi terbesar di dunia. Jutaan produk booking siap untuk dipromosikan. Sebagai imbalan, Anda mendapat potensi untuk meraih komisi tinggi sebagai partner afiliasi. Lebih dari 12 ribu jaringan afiliasi telah bergabung di sini.

Kesimpulan

Ada banyak pilihan program afiliasi berkomisi besar dengan ketentuannya masing-masing. Semua pilihan di atas bisa Anda coba sebagai cara memonetisasi website / akun sosial media. Agar tidak pusing dengan pendaftaran yang rumit, segeralah untuk bergabung dengan Accesstrade Indonesia.

Accesstrade Indonesia merupakan penyedia layanan afiliasi yang sukses di kawasan Asia dengan beragam program dan campaign terbaik. Dua puluh program di atas juga bisa Anda temukan di sini dengan komisi besar dan sudah terbukti membayar pastinya.

Semua kebutuhan afiliasi nantinya bisa Accesstrade bantu dengan berbagai tools, seperti pengambilan link dan pendaftaran campaign. Cukup dengan mendaftarkan diri sebagai publisher di Accesstrade, Anda bisa mengakses ke semua program yang ada tanpa terkecuali. Dengan begitu, monetisasi afiliasi pemasaran bisa semakin efisien dan tidak membuang banyak waktu.

Rizki Setyo

Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.

Artikel Terkait
Spesifikasi video tiktok yaitu memiliki dimensi dan resolusi 1080 x 1920, ukuran max file 287-an mb (ios) dan 72 mb (android), format video .mp4 dan .mov
Kesalahan yang perlu dihindari saat menjadi influencer affiliate yaitu fokus pada jumlah followers, tidak ada content plan dan simak ulasan lengkapnya disini!
Panduan mengenai berapa ukuran rasio dan resolusi untuk feed, reels, IGTV, dan stories pada instagram serta tipsnya. Simak ulasan lengkapnya disini!
search engine optimization
Berikut ulasan mengenai pentingnya memperhatikan tone saat menulis artikel affiliate beserta tips dan jenis tone penulisan. Simak ulasan lengkapnya disini!
search engine optimization
Cara meningkatkan konversi pada artikel atau blog yaitu dengan pahami funnel conversion, tingkatkan loading speed, contoh konten dengan konversi tinggi
search engine optimization
Kalau kamu ingin menjadi influencer dan masih belum mengetahui niche apa yang kamu ingin bangun, kamu bisa memulainya dengan mengeksplore minat dan interest. Simak lebih lengkapnya di artikel ini.