8 Platform Sosial Media Terbaik Agar Bisnis Affiiate Marketing Semakin Maju

8 Platform Sosial Media Terbaik Agar Bisnis Affiiate Marketing Semakin Maju

Admin
affiliate marketing Feb 15, 2023
SHARE ON
1686815406_8-platform-sosial-media-terbaik-agar-bisnis-affiiate-marketing-semakin-maju-1.jpg

Ketika zaman telah berubah, maka para pemilik bisnis juga wajib berbenah untuk mengadopsi apa yang sedang menjadi tren pada suatu waktu. Di era teknologi digital sekarang sudah memasuki zaman sosial media sebagai tempat orang berkumpul. Apakah bisa dimanfaatkan untuk berbisnis? Sangat bisa, khususnya afiliasi. 

Platform sosial media yang tepat akan sangat membantu perkembangan bisnis afiliasi Anda. Lewat platform seperti ini, Anda bisa mengetahui produk apa saja yang dibutuhkan oleh banyak orang dan bisa melakukan klasifikasi tersendiri. Dengan begitu, pemilihan produk akan sangat terbantu sekaligus menjadikan peluang sukses dari campaign meningkat.

Platform Media Sosial Terbaik Kategori Jaringan Online

Platform media sosial terbaik yang bisa jadi pertimbanga utama dalam bisnis afiliasi adalah kategori jaringan online atau online network. Kategori ini menghubungkan pengguna satu sama lain baik secara individu maupun kelompok organisasi / komunitas. Karena besarnya massa yang ada di kategori ini, bisnis afiliasi sangat tepat untuk diaplikasikan. Di bawah ini adalah beberapa jenis platform social media yang jadi rekomendasi kategori jaringan online.

  • Facebook

Sampai saat ini, Facebook masih berdiri dan mampu menghubungkan banyak orang dari berbagai belahan dunia. Statusnya sebagai platform sosial media dengan jumlah terbanyak dapat menjadi ladang utama penghasil cuan lewat bisnis afiliasi. Caranya bisa Anda praktekkan lewat akun pribadi maupun fanspage agar terhubung dengan seluruh pengguna di dunia.

Dari banyaknya pengguna di seluruh dunia itu, maka akan sangat tepat bagi para pebisnis untuk menjadikannya sebagai sarana pemasaran yang efektif. Facebook, juga dapat menjaring banyak pelanggan potensial tertentu guna mengoptimalkan promosi campaign sesuai dengan pasarnya.

Dengan menggunakan Facebook, maka Anda sebagai pemilik bisnis afiliasi dapat secara langsung berinteraksi dengan para konsumen. Interaksi seperti ini dapat menumbuhkan tingkat engagement antara produsen dan konsumen sehingga berpengaruh terhadap peningkatan komisi afiliasi Anda.

  • Twitter

 

Walaupun sedikit berbeda konsep dengan Facebook, nyatanya Twitter tetap menjadi salah satu platform yang tepat untuk dipakai sebagai media pemasaran. Banyak perusahaan, pebisnis sampai dengan selebritis atau juga media online memakai platform berlogo burung biru ini. Beberapa contoh penggunaannya adalah seperti untuk berbagi cerita, menyebarkan informasi, mengunggah video pendek dan lain sebagainya. 

Dikatakan berbeda konsep dengan Facebook karena di Twitter scopenya akan benar-benar terjaga dan tidak akan meluas seperti yang kerap dialami Facebook. Hal tersebut bisa membuat Anda menjadi lebih fokus terhadap pasar sendiri sehingga peluang terjadinya konversi semakin kuat.

Platform Sosial Media Kategori Berbagi Konten (Sharing Network)

Sharing Network merupakan kategori sosial media dimana Anda dapat membagikan konten kepada khalayak umum. Biasanya koten tersebut dapat berupa foto, video, atau sejenisnya yang membutuhkan tampilan visual. Memang, dalam sosial media konten dengan visual menarik akan memancing lebih banyak insight. Di sinilah monetisasi dari bisnis afiliasi bisa terwujud. Karena berbasis konten, Anda bisa segera membuat konten berkaitan dengan produk campaign agar lebih serasi dan memikat audience. Di bawah ini adalah beberapa rekomendasi platform sosial media terbaik kategori berbagi konten. 

  • Instagram

Instagram merupakan platform sosial media terbaik sebagai sarana pemasaran untuk saat ini. Jejaring sosial yang ada di bawah bendera Facebook ini sampai sekarang sudah memiliki jutaan pengguna di seluruh dunia dan terus bertambah setiap harinya.

Memang, Instagram merupakan media sosial untuk berbagi foto atau video singkat saja. Akan tetapi Anda dapat memanfaatkannya sebagai tempat mendisplay produk atau juga menggunakan fitur “Stories” yang dimilikinya sebagai media informasi langsung secara visual kepada para konsumen. Promosi produk afiliasi menggunakan konten akan sangat berguna di sini.

Kelebihan lain dari Instagram adalah sudah dilengkapi dengan fitur bernama “Checkout.” Fitur ini memiliki kemiripan fungsinya dengan fitur yang ada di kebanyakan toko online pada umumnya. Hasilnya, selain dapat membangun engagement dengan pelanggan, Anda juga bisa berjualan secara langsung melalui Instagram.

  • YouTube

Youtube lebih berfokus pada penggunaan konten video. Ketika menggunakan Youtube, Anda dapat membuat channel video terkait dengan perusahaan atau jenis bisnis yang sedang dikelola termasuk produknya. Untuk mempromosikan produk afiliasi? Tentu saja bisa. Buatlah konten dengan kategori serupa dengan produk agar relate bagi audience.

Kelebihan dari platform ini adalah Anda bisa memonetisasi video yang diunggah. Hasil monetisasi ini bisa jadi sumber tambahan lainnya di samping bisnis afiliasi pemasaran.

  • TikTok

Seperti halnya YouTube, TikTok adalah platform berbagi video dengan durasi yang pendek. Konsep TikTok sendiri seperti halnya Stories di Instagram hanya saja berdiri sendiri tanpa ada platform induknya. 

Alasan kenapa TikTok dirasa cocok digunakan sebagai media pemasaran yang tepat karena para pebisnis dapat lebih mudah menyasar para millenials dan juga generasi Z sampai atasnya yang mana lebih banyak memakai aplikasi mobile satu ini dibandingkan dengan para generasi X ataupun baby boomer.

  • Pinterest

Konsep Pinterest ini sedikit mirip dengan Instagram yaitu berbagi foto atau gambar secara mudah. Nah, dengan menggunakan platform satu ini, Anda dapat menjadikannya sebagai wadah display untuk produk yang dipasarkan. Bahkan, Anda pun dapat lebih unggul dari kompetitor karena jarang ada yang melirik platform ini sebagai media pemasarannya.

Platform Sosial Media Kategori Forum Diskusi

Berdiskusi tentang suatu hal bisa memancing banyak orang dari berbagai kalangan. Dalam sebuah diskusi, ada baiknya tentukan topik yang ingin jadi pembahasan. Dalam konteks bisnis afiliasi, buatlah topik yang berkaitan dengan produk campaign. Tidak lupa untuk menyisipkan link terafiliasi sebagai medianya. Untuk platform, Anda bisa menggunakan social media forum diskusi di bawah ini.

  • Quora

Ya, memang dibandingkan beberapa media sosial di atas, Quora jauh lebih tidak terkenal di kawasan Indonesia. Namun bukan berarti platform ini tidak terkenal sama sekali. Masih ada yang mengetahui atau bahkan menggunakannya sebagai media interaksi. Dikarenakan hal itu, Quora juga dapat dipakai sebagai media pemasaran yang tepat untuk saat ini.

  • Reddit


Reddit bisa tergolong sebagai sosial media hiburan yang di dalamnya terdapat banyak topik dari berbagai kategori pembahasan. Umumnya, tidak pernah lepas dari berita terupdate maupun sebatas topik random sehari-hari. Anda bisa menggunakan platform ini untuk menyampaikan bahasan sebagai wadah diskusi dan menarik audience di sana agar tertarik dengan produk campaign. Platform Reddit lebih cocok apabila Anda memiliki pasar luar negeri (terutama belahan bumi bagian barat).

Platform Social Media Kategori Blog

Rekomendasi yang terakhir adalah sosial media dalam bentuk blog / website. Blog atau website memiliki kelebihan dari segi pengaturan konten. Bisa berupa artikel, diskusi opini, hingga video. Sudah banyak orang yang menggunakan blog dan website pribadi sebagai wadah bisnis afiliasi. Hanya saja, Anda perlu melakukan beberapa persiapan sebelum website tampil di halaman pencarian Google. Sebagai platform, Anda bisa mencoba Blogger dan Wordpress.

Selain sebagai wadah untuk melakukan bisnis afiliasi, Blog juga bisa Anda pasangkan jaringan iklan seperti Adsense. Sama seperti Youtube, iklan bisa tampil dalam blog jika Anda sudah melakukan request ke Google Adsense atau jaringan sejenis. Uniknya lagi adalah blog ini punya pengaruh terhadap web lain dengan cara saling memberi tautan. Anda bisa memanfaatkan situasi ini dengan membuka jasa content placement atau hal sejenisnya.

Content placement sendiri adalah perilaku meletakkan konten artikel di blog Anda untuk selanjutnya diarahkan ke web tujuan. Banyak orang mencari layanan seperti ini di jaringan blog dengan trafik yang bagus. Nah, karena bisnis afiliasi bisa mengundang trafik dengan merekomendasikan / mengulas produk maka Anda bisa mengkolaborasikan semua cara monetisasi ini agar penghasilan lebih kencang. Ditambah lagi karena bisnis afiliasi sendiri sebenarnya memang termasuk dalam content placement sebelum kemudian diarahkan ke web produk campaign.

Kesimpulan

Platform sosial media mana pun sebenarnya sah-sah saja untuk dicoba dalam mengaplikasikan link terafiliasi. Satu-satunya hal yang perlu Anda perhatikan adalah tentang bagaimana insight bisa diraih sekaligus penerapan konten terbaiknya. Semakin bagus konten, semakin besar pula kesempatan untuk meraih pengunjung. Sisanya, Anda tinggal claim campaign di penyedia program afiliasi atau daftar di Accesstrade agar lebih mudah dalam menjangkau seluruh perusahaan terafiliasi di Indonesia.

Rizki Setyo
Content Author
Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.
Artikel Terkait