ACCESSTRADE Indonesia

11 Rekomendasi Cara Bisnis Afiliasi Paling Menguntungkan Tahun 2023

Admin
affiliate marketing Jan 04, 2023

Baca Juga: Mau Cuan Jutaan? Simak 10 Cara Affiliate Marketing Shopee Paling Mutakhir

Daftar Isi

Bagaimana cara menjadi afiliasi?

Untuk menjadi seorang afiliasi, ada beberapa tahapan yang perlu anda lakukan. Tahapan-tahapan ini perlu anda pahami dan anda jalankan sebelum anda mengenal lebih dalam cara bisnis afiliasi. Langkah awal yang tentu perlu anda lakukan adalah mendaftarkan diri anda sebagai seorang afiliasi pada sebuah program afiliasi pemasaran. Berikut adalah tahapan bagaimana cara menjadi afiliasi yang perlu anda lakukan.

1. Cari dan pilih program afiliasi yang paling sesuai

Sebagai seorang pemula, untuk memudahkan perjalanan anda sebagai afiliasi anda perlu memilih program afiliasi pemasaran yang paling mudah dan sesuai dengan minat anda. Hal ini perlu dilakukan guna memudahkan cara bisnis afiliasi yang anda jalankan. Saat ini, anda dapat dengan mudah menemukan beragam program afiliasi pemasaran, cukup ketik “afiliasi pemasaran” pada mesin pencarian anda, dan anda akan menemukan segudang program afiliasi yang dapat anda ikuti.

Saat ingin menentukan program yang ingin anda jalankan, sebaiknya anda melakukan observasi dan memahami program afiliasi tersebut agar anda dapat dengan mudah menentukan cara bisnis afiliasi yang menguntungkan untuk anda serta menyesuaikan metode promosi yang mungkin anda jalankan. Dari sekian banyak program afiliasi yang tersedia, pilihlah program afiliasi dengan proses dan syarat mendaftar yang mudah serta skema komisi yang mudah anda pahami. 

2. Daftarkan diri anda pada program afiliasi

Setelah menemukan program afiliasi yang cocok, langkah selanjutnya tentu mendaftarkan diri anda pada sebuah program afiliasi pemasaran. Sebagai contoh, anda dapat memilih program afiliasi Accesstrade Indonesia, sebuah jaringan afiliasi pemasaran dengan kemudahan dalam 1 website yang telah bekerjasama dengan banyak brand seperti shopee, blibli, lazada dan masih banyak jenis lainnya sehingga dapat membantu anda sebagai pemula dalam menentukan program afiliasi pertama Anda.

Untuk mendaftar, anda bisa langsung mengunjungi website Accesstrade Indonesia di sini. Setelah itu, anda bisa mengklik “Gabung Jadi Publisher” dan anda akan tiba pada halaman registrasi di mana anda diminta untuk mengisi beberapa informasi mengenai diri anda, seperti nama lengkap, tanggal lahir, email, hingga nomor handphone. Isi kebutuhan informasi tersebut dengan jawaban yang benar dan sesuai guna memudahkan proses verifikasi. 

3. Pilih produk dan mulai jalankan promosi

Setelah terdaftar pada sebuah program afiliasi pemasaran, tentu langkah selanjutnya adalah memilih produk afiliasi untuk dipasarkan. Sebelum malakukan promosi, sebaiknya anda menentukan cara bisnis afiliasi yang paling sesuai dengan diri anda, seperti memilih media promosi serta konten apa yang akan anda buat. Media promosi yang paling sering digunakan di antaranya adalah Youtube, blog, dan media sosial. Setelah menentukan produk hingga metode promosi maka anda sudah siap menjalankan misi anda sebagai seorang afiliasi.

4. Nikmati komisi anda

Setelah anda bersusah payah melakukan promosi terhadap produk afiliasi anda dan membiarkan orang bertransaksi melalui link afiliasi anda, maka langkah terakhir adalah anda bisa menikmati komisi anda sebagai seorang afiliasi. Komisi yang akan anda dapatkan bergantung pada banyaknya jumlah transaksi yang terjadi. Selain itu, perlu dipahami bahwa jumlah komisi dan metode pencarian setiap program afiliasi dapat berbeda-beda.

11 Cara bisnis afiliasi yang menguntungkan

Dalam menjalankan bisnis afiliasi tentu anda akan menemukan banyak rintangan yang dapat membuat anda mengalami kerugian. Oleh karena itu anda harus bisa memilah cara bisnis afiliasi yang paling baik untuk dilakukan. Berikut adalah 11 cara bisnis afiliasi agar kegiatan pemasaran anda membuahkan hasil yang sangat menguntungkan.

1. Pilih platform afiliasi terpercaya

 

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, bahwa saat ini sudah terdapat banyak sekali program afiliasi dari berbagai perusahaan yang dapat anda ikuti. Namun, tak sedikit program afiliasi yang tidak jelas baik mengenai produk hingga komisi yang dapat anda terima. Oleh karena itu, anda perlu memilih program afiliasi pemasaran dari perusahaan yang memiliki reputasi baik, seperti Shopee, Blibli, Lazada, dan Accesstrade Indonesia.

2. Pahami skema komisi afiliasi

Berbicara mengenai komisi, anda perlu memahami bahwa setiap program afiliasi pemasaran memberikan jumlah komisi dan skema komisi yang berbeda-beda. Yang dimaksud skema adalah bagaimana satu transaksi terhitung sebagai komisi serta bagaimana cara anda dapat mencairkan komisi yang telah anda dapatkan. Hal ini sangat penting untuk dipahami agar anda mengetahui jumlah komisi yang didapat dan bagaimana cara mencairkannya ke rekening anda.

3. Kapan komisi akan dibayar

 

Selain skema komisi, tentu anda juga perlu mengetahui waktu pencairan atau kapan komisi anda dibayarkan. Hal ini pasti berkaitan dengan bagaimana anda mengatur pengeluaran dan pemasukan anda, jadi, pastikan anda memilih program afiliasi dengan waktu pembayaran komisi yang sesuai. Ketepatan pembayaran juga bisa dilihat dari perusahaan pelaksana program, perusahaan dengan reputasi baik pasti memberikan komisi tepat waktu.

4. Pilih produk dengan komisi kecil namun mudah dilakukan

 

Dalam setiap program afiliasi pemasaran yang anda daftarkan, terdapat banyak produk afiliasi yang dapat anda pilih. Setiap produk afiliasi juga memiliki besaran komisi dan syarat yang berbeda. Biasanya produk dengan komisi yang besar memiliki syarat yang cukup sulit untuk dilakukan. Oleh karena itu, anda bisa memulai dengan memilih produk yang mudah untuk dijalankan meski komisinya kecil, sebab meskipun komisinya kecil tetapi transaksi yang terjadi banyak, maka komisi yang akan anda dapat akan semakin besar. Strategi ini merupakan cara bisnis afiliasi yang paling mudah untuk anda jalankan.

5. Hindari memilih produk dengan komisi besar jika belum memiliki skill

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, bahwa produk afiliasi dengan komisi yang besar akan memiliki syarat-syarat yang cukup sulit untuk diraih. Jadi, jika anda adalah seorang afiliasi pemula dan belum memiliki skill yang mumpuni, sebaiknya anda menghindari produk-produk afiliasi dengan komisi yang besar. Hal ini perlu diperhatikan agar anda tidak terjebak dalam produk dengan komisi besar, tetapi sebenarnya tidak menghasilkan.

6. Pelajari trend produk laris di marketplace

 

Sebagai seorang afiliasi, anda juga harus memiliki kemampuan untuk mengamati sebuah tren. Hal ini sangat berhubungan dengan cara bisnis afiliasi yang nantinya akan anda jalankan. Ketika anda dapat mempelajari sebuah produk yang sedang menjadi tren, anda bisa ikut memasarkan produk tersebut agar anda meraup keuntungan yang besar karena banyak orang yang mencari dan ingin membeli produk tersebut. Anda bisa melihat produk yang sedang tren melalui marketplace, dengan melihat produk yang paling sering dicari dan dibeli pengguna.

7. Pilih audiens yang tidak terlalu sulit 

Saat memutuskan mejadi seorang afiliasi, maka anda akan memiliki audiens atau target konsumen anda sendiri. Sebagai seorang afiliasi pemula, penting untuk anda memulai dengan memilih audiens yang mudah. Audiens biasanya dikategorikan berdasarkan umur, jenis kelamin, hingga peminatan. Anda dapat memilih audiens yang mudah seperti, anak muda dengan minat fashion, maka anda bisa mulai mempromosikan produk fashion yang sedang menjadi tren di anak muda.

8. Buat konten tutorial produk

 

Saat mempromosikan sebuah produk afiliasi, anda perlu membuat sebuah konten untuk menarik perhatian audiens. Dari sekian banyak bentuk konten, konten tutorial menjadi yang paling sering diminati. Hal ini disebabkan orang akan mencari tahu terlebih dahulu bagaimana menggunakan produk tersebut, terlebih jika produk yang dipromosikan memiliki banyak kelebihan atau fitur-fitur baru.

9. Manfaatkan video dari Youtube atau marketplace

Jika anda tidak memiliki banyak waktu untuk membuat video sendiri, anda bisa memanfaatkan Youtube dan fitur video pada marketplace untuk melengkapi konten yang anda buat. Anda bisa menambahkan video-video produk atau video review tentang produk yang anda promosikan. Video akan membantu cara bisnis afiliasi anda menjadi lebih efektif dan menguntungkan.

10. Buat inventory link afiliasi anda

Sebagai seorang afiliasi, anda akan bergelut dengan banyak link produk afiliasi anda, tak jarang link ini justru menghambat kegiatan promosi anda. Oleh karena itu, anda dapat mengumpulkan link tersebut ke dalam satu halaman untuk memudahkan anda mengumpulkan produk afiliasi juga memudahkan calon konsumen yang ingin melihat produk yang anda promosikan. Beberapa layananan untuk mengumpulkan link di antaranya adalah linktree, heylink, campsite, dan Inpages khusus pengguna Accesstrade Indonesia.

11. Jangan berjualan, tapi ceritakan produk anda

 

Perlu diingat anda adalah seorang afiliasi bukan sales, maka jangan berjualan tetapi ceritakan produk anda berdasarkan pengalaman anda dan gaya penyampaian anda sendiri. Semakin jujur cerita anda akan semakin menarik perhatian audiens, jadi jangan dilebih-lebihkan sebab anda akan terlihat seperti berbohong dan membuat audiens ragu untuk membeli produk anda. Ceritakan pengalaman anda dan deskripsi produk dengan lengkap dan jelas untuk membantu audiens memahami produk yang anda promosikan.

Cara bisnis afiliasi agar tidak mengalami kerugian

Tentu selain menguntungkan, bisnis afiliasi juga memungkinkan anda mengalami kerugian atau apa yang anda lakukan tidak membuahkan hasil. Berikut adalah beberapa cara bisnis afiliasi agar anda terhindar dari kerugian.

1. Jangan salah pilih program afiliasi

Saat memilih program afiliasi, pastikan anda telah memilih program afiliasi yang paling mudah dan sesuai dengan minat anda sehingga kegiatan promosi yang anda lakukan berjalan dengan optimal dan dapat menguntungkan. Selain menyesuaikan dengan minat dan kemampuan anda, anda juga bisa menyesuaikan produk afiliasi yang akan anda promosikan dengan audiens atau calon konsumen yang sudah anda miliki.

2. Jangan pelit konten

Setelah menjadi seorang afiliasi, hal yang harus terus anda lakukan adalah mempromosikan produk. Dalam mempromosikan produk, agar menarik audiens anda perlu menyisipkan konten yang berkaitan dengan produk afiliasi anda. Anda harus rajin membuat konten untuk meningkatkan engagement anda sehingga lebih luas lagi audiens yang dapat dicapai. Semakin rajin anda membuat konten maka orang akan percaya pada anda dan bertransaksi pada produk yang anda promosikan.

3. Hanya berfokus pada komisi

Ketika anda memfokuskan kegiatan afiliasi anda hanya untuk uang, besar kemungkinan apa yang anda lakukan akan sia-sia. Hal ini disebabkan anda hanya akan terus menerus menunggu orang bertransaksi melalui link afiliasi anda tanpa melakukan pengembangan pada kegiatan promosi yang anda jalankan. Jadi, pastikan anda juga berfokus pada pengembangan cara bisnis afiliasi yang anda terapkan, seperti pengembangan konten dan media promosi yang anda gunakan.

Kesimpulan

Setelah mengetahui bagaimana cara menjadi seorang afiliasi beserta bagaimana cara bisnis afiliasi yang menguntungkan, anda semakin tertarik dengan dunia afiliasi bukan. Secara umum menjadi seorang afiliasi berarti anda membantu mempromosikan produk suatu perusahaan dengan cara dan media yang anda inginkan, sekaligus memberikan anda penghasilan tambahan. Jadi, pelajari dan tentukan cara bisnis afiliasi anda sendiri agar kegiatan promosi anda menghasilkan keuntungan yang besar. Anda juga bisa melakukan 11 rekomendasi cara bisnis afiliasi yang telah diberikan.

Baca Juga: Hanya di Accesstrade, Cara Daftar shopee Affiliate program Tanpa Syarat

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program di mana Anda mempromosikan produk atau layanan perusahaan atau merek dan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian. Jumlah komisi yang Anda terima bervariasi berdasarkan persentase produk dan harga jual.
Jan 07, 2023
how to
Setelah Anda bergabung sebagai Affiliate Marketer di Tokopedia, Anda harus mempunyai strategi dalam mempromosikan produk yang Anda jual pada platform media sosial pribadimu. Hal ini menjadikan keuntungan untuk Anda jika hal ini berhasil,
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Saat ini, TikTok telah berkembang menjadi platform ecommerce. Bahkan TikTok telah membuka kemungkinan kepada pengguna untuk mendapat penghasilan tambahan lewat TikTok Affiliate. Berikut cara membuat affiliate marketing TikTok meraup untung jutaan rupiah.
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program atau perusahaan yang membayar komisi untuk menawarkan dan menjual produk, layanan, atau situs web. Contoh umum dari bisnis Affiliate adalah menggunakan tautan rujukan. Affiliate marketer menempatkan tautan di blog.
Jan 06, 2023