Cara Memasang Iklan Affiliate di Blog yang Menghasilkan Uang dengan Tepat

Admin
how to Aug 09, 2023
1691551458_cara-memasang-iklan-affiliate-di-blog-yang-menghasilkan-uang-1.jpg

Menghasilkan uang dari blog kini bukanlah hal yang sulit. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan memasang iklan affiliate di blog Anda. Dengan memasang iklan affiliate, Anda bisa mendapatkan komisi setiap kali ada pembaca blog yang melakukan transaksi melalui link yang Anda pasang. Berikut ini adalah cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk memasang iklan affiliate di blog Anda.

Daftar Isi

Bagaimana Cara Memasang Iklan Link Affiliate di Blog?

Memasang iklan link affiliate di blog Anda sebenarnya cukup mudah. Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah berikut ini. Namun, sebelum itu, pastikan bahwa Anda sudah mendaftar sebagai publisher dan mendapatkan persetujuan dari advertiser.

1. Pilih Program Afiliasi yang Tepat

Sebelum Anda mulai memasang link, pastikan Anda telah bergabung dengan program affiliate yang sesuai dengan niche dan audiens blog Anda. Pilihlah program yang menawarkan produk atau layanan yang relevan dengan konten Anda.

2. Dapatkan link Affiliate

Setelah Anda mendaftar dan diterima dalam program afiliasi, Anda akan diberikan akses ke dasbor afiliasi. Di sini, Anda dapat mengambil link afiliasi khusus yang akan Anda pasang di blog Anda. Ada beberapa jenis type atau bentuk dari affiliate, yang umumnya yaitu berupa link atau banner. Berikut cara Anda mendapatkan link Affiliate:

A. Cara mendapatkan link affiliate dalam bentuk text link

Jenis iklan affiliate dalam bentuk text link adalah salah satu yang paling mudah untuk diterapkan. Secara konsep, teknik cara pemasangan iklan text link affiliate sama saja seperti melakukan internal linking atau external link. Untuk dapat mengaplikasikan iklan text link affiliate di blog, Anda dapat mengikuti beberapa langkah seperti berikut ini:

B. Cara mendapatkan link affiliate dalam bentuk banner

Untuk memasang iklan banner di blog, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Masuk ke dashboard affiliate network.
  • Scroll ke bawah dan temukan bagian Campaign, klik ‘Detail’ pada campaign yang ingin Anda ambil bannernya.
  • Klik ‘Banners’ untuk menampilkan banner campaign.

  • Anda akan menemukan banners yang disediakan oleh advertiser. Geser ke kiri untuk melihat ukuran lainnya (ketersediaan jenis dan ukuran banner tergantung pada advertiser). Klik ‘Get Link’ untuk mendapatkan link affiliate banner dan kode link banner.
  • Link affiliate banner dan kode link banner akan terlihat seperti berikut. Klik ‘Copy' untuk menyalin.
  • Tekan lama pada banner (smartphone) atau klik kanan (desktop) untuk mengunduh banner.

3. Tentukan Posisi link affiliate

Pertimbangkan di mana Anda ingin menempatkan link afiliasi di blog Anda. Beberapa bagian blog paling umum untuk ditempatkan link affiliate meliputi:

  • Di dalam artikel blog
  • Di sidebar
  • Sebagai banner di bagian atas atau bawah halaman

4. Pasang Link Affilite di Blog Anda

Text link

Sisipkan link afiliasi di dalam teks artikel Anda. Gunakan anchor text yang relevan dan jangan lupa untuk memberitahu pembaca bahwa ini adalah link afiliasi.
Sidebar: Anda bisa menggunakan widget khusus untuk menampilkan link atau banner afiliasi di sidebar blog Anda.

Banner

Beberapa program afiliasi menyediakan banner yang bisa Anda gunakan. Pasang kode HTML yang diberikan di bagian yang Anda inginkan di blog Anda.

5. Test link affiliate

Setelah memasang link, pastikan untuk mengklik dan menguji link tersebut untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik dan mengarah ke halaman yang benar.

6. Pantau Performa affiliate

Gunakan alat pelacakan yang disediakan oleh program afiliasi Anda untuk memantau klik dan konversi dari link Anda. Ini akan membantu Anda memahami apa yang paling diminati oleh audiens Anda dan di mana Anda bisa melakukan penyesuaian.

7. Selalu Perbarui link Anda

Pastikan untuk selalu memeriksa dan memperbarui link afiliasi Anda. Program afiliasi mungkin mengubah URL atau promosi mereka, jadi selalu pastikan link Anda tetap relevan dan up-to-date.

Kesimpulan

Memasang iklan affiliate di blog adalah salah satu cara yang efektif untuk menghasilkan uang dari blog. Dengan memahami cara memasang iklan text link, banner, dan widget di blog, Anda bisa memaksimalkan potensi penghasilan dari blog Anda. Tertarik untuk menjadi blogger yang bisa menghasilkan banyak uang? Segera daftarkan diri Anda di Affiliate Marketing Platform untuk Blogger Terbaik di Indonesia.

Rizki Setyo

Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.

Artikel Terkait
Spesifikasi video tiktok yaitu memiliki dimensi dan resolusi 1080 x 1920, ukuran max file 287-an mb (ios) dan 72 mb (android), format video .mp4 dan .mov
Kesalahan yang perlu dihindari saat menjadi influencer affiliate yaitu fokus pada jumlah followers, tidak ada content plan dan simak ulasan lengkapnya disini!
Panduan mengenai berapa ukuran rasio dan resolusi untuk feed, reels, IGTV, dan stories pada instagram serta tipsnya. Simak ulasan lengkapnya disini!
search engine optimization
Berikut ulasan mengenai pentingnya memperhatikan tone saat menulis artikel affiliate beserta tips dan jenis tone penulisan. Simak ulasan lengkapnya disini!
search engine optimization
Cara meningkatkan konversi pada artikel atau blog yaitu dengan pahami funnel conversion, tingkatkan loading speed, contoh konten dengan konversi tinggi
search engine optimization
Kalau kamu ingin menjadi influencer dan masih belum mengetahui niche apa yang kamu ingin bangun, kamu bisa memulainya dengan mengeksplore minat dan interest. Simak lebih lengkapnya di artikel ini.