ACCESSTRADE Indonesia

10 Contoh Bisnis Afiliasi Paling Mudah Dengan Komisi Terbaik

Admin
affiliate marketing Dec 24, 2022

Baca Juga: Simak 6 Cara Pemasaran Menggunakan Afiliasi, Program Yang Efektif dan Menguntungkan di Accesstrade

Program afiliasi marketing memiliki beragam model yang berasal dari banyak perusahaan. Setiap perusahaan biasanya memiliki produk serta sistemnya tersendiri. Anda sebagai publisher / afiliator wajib untuk mempertimbangkan program yang tepat. Selain mudah, besaran komisi juga harus dipilah agar bisa menciptakan pendapatan yang tinggi. Karena itulah kali ini akan kami siapkan contoh bisnis afiliasi termudah tapi tetap memiliki komisi terbaik.

Daftar Isi

Apa Saja Program Afiliasi Paling Populer?

Umumnya, para konten kreator atau masyarakat yang aktif di social media memilih program afiliasi yang paling populer. Selain karena sudah terkenal, produk yang ada juga ramah di lingkungan masyarakat luas. Produk seperti ini lebih sering datang dari perusahaan atau start-up yang ramai orang umum pakai. Berikut adalah contoh program afiliasi paling populer yang bisa jadi rekomendasi pilihan.

Afiliasi Marketplace / E-commerce

Contoh bisnis afiliasi pertama yang paling populer datang dari marketplace atau e-commerce. Semenjak perkembangan dunia digital di dunia meningkat, banyak masyarakat yang menggunakan marketplace sebagai tempat belanja online terbaik. Sifatnya yang terkenal di kalangan masyarakat luas membuat afiliasi toko online ini cocok jadi rekomendasi terbaik. Contohnya adalah Shopee, Tokopedia, Amazon, dan masih banyak lagi.

Afiliasi Web Hosting

Untuk menopang kegiatan digital, website menjadi keperluan wajib bagi para pebisnis. Untuk menopang sebuah website, para pelaku bisnis memerlukan hosting untuk mengaktifkan situsnya. Karena menjadi hal yang dicari oleh banyak orang, Anda sebagai publisher sangat direkomendasikan untuk membuat afiliasi web hosting. Kemudian, promosikan ke kalangan pebisnis atau blogger agar mereka tertarik untuk bertransaksi menggunakan link Anda. Contoh afiliasi web hosting antara lain Niagahoster, Hostinger, dan lain sebagainya.

Afiliasi Tiket dan Travel 

Salah satu program afiliasi yang paling laris di hari besar dan menjelang musim liburan. Jika Anda belum mencoba bisnis afiliasi tiket dan travel cobalah untuk melihat komisinya, komisi afiliasi tiket dan travel ini sangat menguntungkan serta bervariasi. Contoh afiliasi tiket dan travel antara lain tiket.com, Traveloka, Booking.com, Air Bnb dan pegi-pegi

Afiliasi Tiktok

Menjadi social media serta one stop shoping apps dengan jumlah pengguna terbesar, Tiktok bisa jadi tempat untuk menghasilkan uang terbesar. Selain kegunaan dalam proses branding, Tiktok memiliki afiliasinya sendiri yang terhubung dengan toko. Setiap transaksi yang sukses Anda akan mendapat komisi hingga 10% tergantung dari produk yang terjual. Membuat live atau VOD short video bisa jadi trik utama dalam pemasaran di Tiktok.

10 Contoh Bisnis Afiliasi Paling Mudah Dengan Komisi Paling Besar

Jika Anda baru saja ingin memulai aktivitas sebagai publisher afiliasi, cobalah untuk mempromosikan campaign yang paling mudah. Selain karena lebih ramah untuk masyarakat luas, program afiliasi seperti ini juga memiliki kemudahan dalam mempromosikannya. Berikut adalah contoh bisnis afiliasi yang sudah Accesstrade siapkan.

Afiliasi Shopee

Contoh bisnis afiliasi paling mudah datang dari e-commerce terbesar di Asia Tenggara, yaitu Shopee. Dengan jutaan penggunanya, Shopee membuka program afiliasi yang bisa diakses oleh siapa pun. Kelebihan menggunakan program ini ada dari segi marketplace yang sudah terkenal sehingga bisa menarik perhatian banyak pengunjung. Komisi yang bisa Anda dapatkan berkisar antara 2% hingga 10%.

Afiliasi Tokopedia

Start-up asal Indonesia ini sudah membuka program afiliasi bagi siapa saja yang ingin bergabung. Proses pendaftaran juga gratis tanpa biaya tambahan. Sebagai publisher, Anda harus mengambil link dari produk tertentu kemudian mempromosikannya ke social media dan/atau website. Komisi bisa Anda dapatkan ketika terjadi transaksi dari pengunjung yang mengklik link tadi. Kelebihan dari Tokopedia adalah Anda masih bisa mendapat komisi meskipun tidak terjadi transaksi apa pun, hanya melihat saja.

Afiliasi Tiktok

Sama seperti afiliasi yang lain, di Tiktok Anda juga harus melakukan promosi dari produk yang dijual pada fitur Tiktok Shop. Soal frekuensi penjualan, Anda tidak perlu khawatir lagi mengingat posisi Tiktok sebagai social media paling ramai di semua kalangan, baik pemuda hingga orang dewasa. Pasarnya juga bisa sangat luas sehingga memiliki banyak produk untuk diafiliasikan melalui live ataupun VOD.

Afiliasi Niaga Hoster

Kebutuhan website yang terus meningkat seiring berjalannya waktu membuat banyak pebisnis membutuhkan tempat untuk mempublikasikan situsnya. Afiliasi Niaga Hoster bisa jadi pilihan terbaik untuk program afiliasi Anda. Total komisi di platform hosting ini bisa menembus angka 70% dari harga produk. Posisinya sebagai penyedia host terkenal juga membuka peluang yang lebih besar untuk bisa mendapatkan trafik.

Afiliasi Hostinger

Selain Niaga Hoster, layanan penyedia web hosting Hostinger juga memiliki program afiliasi yang menarik. Komisi yang bisa Anda dapatkan di sini bisa mencapai kisaran 60% dari harga produk. Kelebihan dari program afiliasi Hostinger ini adalah memiliki sistem track. Belum lagi perihal bahan pemasaran yang telah disediakan membuat Hostinger menjadi afiliasi hosting yang paling banyak orang cari.

Afiliasi Lazada

Contoh bisnis afiliasi dengan komisi paling besar selanjutnya datang dari platform belanja online, Lazada. Di Lazada, Anda bisa mempromosikan jutaan produk terbaik ke masyarakat luas di social media. Sebagai imbalannya, Anda akan mendapat komisi hingga 10% dari harga produk. Persentase ini bervariasi tergantung dari jenis / kategori produk yang diafiliasikan. Lazada juga memberikan program afiliasi di aplikasinya.

Afiliasi Blibli

Program afiliasi Blibli mengusung konsep CPS, artinya Anda akan mendapat komisi setiap penjualan yang valid. Blibli memberikan ruang kepada siapa pun untuk mempromosikan produknya di platform social media mana pun. Tidak ada biaya pendaftaran tambahan untuk mendaftar sebagai publisher di sini. Komisinya berkisar antara 1% hingga 5% tergantung dari kategori produk yang Anda promosikan.

Afiliasi Accesstrade

Accesstrade membuka kesempatan bagi siapa pun yang ingin menjadi publisher afiliasi. Tidak hanya komisi berdasarkan persentase, Anda juga memiliki peluang untuk mendapatkan komisi dalam bentuk fixed rate. Total komisi yang bisa Anda dapatkan mencapai 70% dari harga produk dan jutaan rupiah untuk jenis fixed rate. Tidak perlu repot, semua campaign afiliasi dari berbagai perusahaan sudah tersedia dalam satu dashboard. Jadi Anda lebih mudah untuk mengelola setiap link afiliasinya.

Afiliasi Tiket.com

Tiket.com banyak orang gunakan ketika hendak berlibur dan mengistirahatkan diri dari suntuknya hari kerja. Anda bisa memanfaatkan program afiliasi dari Tiket dan mulai mempromosikannya. Komisinya sekitar 5 hingga 15 ribu untuk fixed rate dan 40% hingga 60% pada imbalan persentase. Besaran tersebut tergantung dari jenis produk sekaligus harga jualnya (bukan total harga yang dibayar pengguna).

Afiliasi Aliexpress

Menjadi marketplace terbesar membuat nama Aliexpress booming di banyak negara. Kesuksesan e-commerce milik Alibaba ini berhasil menarik minat banyak pengguna untuk bertransaksi. Dari sinilah Anda bisa memanfaatkan program afiliasinya. Aliexpress menawarkan komisi tinggi hingga senilai 50% per transaksinya.

Afiliasi Amazon

Selain Aliexpress, afiliasi Amazon juga jadi peluang dengan komisi terbesar. Banyaknya pengguna dari berbagai belahan dunia membuat marketplace ini menjadi contoh bisnis afiliasi yang paling memikat pebisnis digital. Komisi berkisar antara 4% hingga 8.5% tergantung dari jenis produknya.

Afiliasi Finansial

Banyak orang mulai mencari informasi terkait kebutuhan finansial dalam hidup sehari-hari. Mulai dari menabung, investasi, hingga aktivitas trading. Di sinilah bisnis afiliasi finansial bisa berpeluang tinggi. Contohnya saja pada campaign di Accesstrade dari HSB Investasi dan Maxco Futures yang menembus angka 1 hingga 2 juta sebagai komisi.

Tips Menjalankan Bisnis Afiliasi di Sosial Media

Contoh bisnis afiliasi di atas bisa berjalan ketika Anda sebagai publisher mampu mempromosikan produk dengan cara yang efektif. Selain itu, pemasaran tertarget juga sangat membantu dalam peningkatan peluang transaksi dari afiliasi. Karena itulah berikut ini Accesstrade siapkan beberapa tips dalam menjalankan bisnis afiliasi di social media.

Menyesuaikan Niche Konten dan Produk Afiliasi

Tips pertama dalam menjalankan bisnis afiliasi di social media adalah menyesuaikan Niche (topik) konten dengan produk afiliasi. Konten foto maupun video merupakan peluang terbaik untuk meraih engagement dari banyak pengguna. Penyesuaian ini berfungsi untuk meraih target pasar yang lebih spesifik. Ketika Anda ingin mengafiliasikan produk elektronik, pastikan konten di social media juga berkaitan dengan elektronik.

Cari Tahu Cara Mempromosikan Produk 

Setelah menentukan Niche konten, mencari cara untuk mempromosikan produk juga harus dipertimbangkan. Hal ini akan sangat berguna dalam memberikan efek influence (mempengaruhi) pada audience. Ketika cara yang Anda lakukan tepat, audience akan mempunyai rasa tertarik terhadap setiap produk afiliasi. Alhasil, penjualan dan komisi bisa meningkat.

Salah satu cara mempromosikan produk terbaik adalah dengan penjualan yang halus atau soft selling. Dalam penerapan soft selling, Anda sebagai publisher harus memberitahu informasi umum terkait produk, kelebihan, cara penggunaan, dan lain sebagainya. Penjelasan seperti inilah yang bisa membuat audience tertarik. Selain itu, sifat soft selling juga lebih tepat untuk program jangka panjang seperti afiliasi ini. Tidak seperti hard selling yang terkesan memburu waktu, seperti event harbolnas atau sejenisnya.

Menentukan Bentuk Konten yang Tepat

Sebetulnya, konten seperti apa pun bisa Anda jadikan wadah untuk menerapkan contoh bisnis afiliasi seperti di atas. Hanya saja, bentuk konten yang tepat bisa memilah audience menjadi lebih spesifik. Contohnya adalah konten membandingkan atau mengulas sebuah produk. Audience / view yang Anda dapatkan tentunya berasal dari pihak yang tertarik dengan produk tersebut. Kesempatan terjual pun jadi lebih besar. Konten rekomendasi juga bisa jadi pilihan untuk meraih audience yang sedikit lebih umum.

Memanfaatkan Banyak Platform Social Media

Pengguna social media di Indonesia tercatat sebagai salah satu yang terbanyak di dunia. Tidak masalah untuk fokus pada satu platform saja. Akan tetapi, peluang sukses afiliasi bisa meningkat ketika Anda mampu untuk memperlebar jangkauan ke berbagai platform lain. Anda bisa memanfaatkan Instagram, Facebook, Tiktok, YouTube, dan lain sebagainya guna melebarkan sayap ke audience yang lebih luas. Dari segi konten, Anda bebas berkreasi baik itu reupload dari sosmed sebelumnya ataupun membuat baru selama tidak melanggar aturan platform.

Mulai Bisnis Afiliasi di Accesstrade Indonesia

Tertarik dengan bisnis afiliasi di atas? Yuk, segera daftarkan diri menjadi publisher di Accesstrade Indonesia. Di sini, Anda bisa mendapatkan beragam campaign dari berbagai perusahaan terpercaya. Hanya dengan satu akun, Anda memiliki kesempatan untuk memiliki banyak produk afiliasi tanpa mendaftar manual ke berbagai platform terlebih dahulu. Buat akun sekarang dengan cara DAFTAR DI SINI.

Baca Juga: Gampang! Cara Daftar Afiliasi Zalora Nggak Pakai Ribet

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
affiliate marketing
Marketplace dan e-commerce meramaikan ekosistem afiliasi di Indonesia dengan berbagai penawaran komisi dan program yang masing-masing menguntungkan.
Feb 08, 2023
affiliate marketing
Program afiliasi lazada adalah program afiliasi yang menguntungkan dengan komisi yang bervariasi mulai dari 1% sampai 7% untuk setiap pembeliannya.
Feb 08, 2023
affiliate marketing
Ikuti 3 tips ngonten ini biar shopee afiliasi program-mu makin cuan, gampang ditiru dan dipraktekan, buktikan sendiri!
Feb 08, 2023
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Program affliasi adalah metode marketing yang di dasarkan pada performance, atau dibayar pada setiap action atau penjualan yang terjadi
Jan 18, 2023