Contoh Konten Bisnis Affiliate di Platform Artikel Website, Instagram dan Tiktok

Admin
affiliate marketing Dec 24, 2022
1686643187_10-contoh-bisnis-afiliasi-paling-mudah-dengan-komisi-terbaik-1.jpg

Affiliate marketing adalah salah satu channel marketing yang dinamis dan menguntungkan yang memungkinkan individu dan bisnis untuk mendapatkan penghasilan dengan mempromosikan produk atau layanan dan menerima komisi untuk setiap penjualan yang dibuat melalui referensi mereka. Dengan kemunculan platform digital seperti artikel blog, Instagram, dan TikTok, kreator semakin banyak pilihan untuk menjangkau audiens dalam mempromosikan produk. Berikut adalah contoh bisnis affiliate dari platform yang saat ini paling banyak digunakan oleh user.

Daftar Isi

A. Contoh Bisnis Affiliate pada Artikel Blog

Blog adalah pondasi bagi pemasar afiliasi, menawarkan ulasan mendalam, tutorial, dan perbandingan produk. Berikut cara pemasaran afiliasi dijalankan pada artikel blog:

1. Review Produk

Affiliate marketer menulis ulasan tentang produk secara detail, menggabungkan informasi yang berasal dari pengalaman pribadi, manfaat, dan potensi kekurangan. Ulasan ini kemudian dihubungkan dengan produk menggunakan link affiliate, mengajak user untuk melakukan pembelian produk.

2. Tutorials and How-to Guides

Dengan membuat panduan langkah demi langkah penggunaan dari sebuah produk kemudian dihubungkan menggunakan link afiliasi, kreator dapat menunjukkan penggunaan praktis dari produk-produk ini, mengajak user untuk membeli melalui link afiliasi mereka.

3. Comparison Product

Membandingkan produk serupa dan menyertakan link afiliasi untuk masing-masing memungkinkan pembaca untuk membuat keputusan yang tepat sambil menyediakan banyak kesempatan untuk konversi.

Baca juga: Contoh Artikel Affiliate Marketing di Blog Berdasarkan Jenis Konten

B. Contoh Bisnis Affiliate pada Instagram

Dengan pendekatan yang berpusat pada visual, Instagram adalah platform yang kuat untuk pemasar afiliasi. Berikut cara mereka berhasil di Instagram:

1. Instagram Stories dengan Sticker Insert Link

Pemasar menggunakan stories yang menarik tentang produk dan menyertakan Sticker Insert Link langsung ke halaman produk afiliasi.

2. Shoppable Posts

Affiliate Marketer dapat membuat konten yang dapat dibeli dengan menggunakan tag produk dalam gambar, memungkinkan user untuk membeli produk langsung dari postingan.

3. Kolaborasi dengan Sesama Influencer

Bekerja sama dengan sesama influencer untuk memperlihatkan produk dapat menghasilkan engagement dan konversi yang tinggi karena trustworthy dan hubungan influencer dengan audiens mereka.

4. Memanfaatkan Bio Profile

Para konten kreator juga dapat memanfaatkan bio profile untuk menempatkan link affiliate. Kamu dapat menggunakan aplikasi link di bio untuk mengaplikasikan cara ini.

C. Contoh Bisnis Affiliate TikTok

Konten video singkat TikTok menawarkan cara unik untuk berinteraksi dengan audiens untuk Affiliate Marketing. Berikut beberapa contoh bisnis affiliate yang digunakan di platform tiktok:

1. Demo Produk

Membuat video yang menyenangkan dan menarik yang menunjukkan cara kerja produk atau manfaatnya dapat menarik pengguna TikTok dan mendorong mereka untuk membeli melalui link afiliasi. Lalu bagaimana cara membuat konten agar FYP? Yuk temukan jawabannya dengan simak ulasan kami mengenai 18 Cara FYP Tiktok Affiliate yang Terbukti Berhasil.

2. Hashtag Challenge

Kreator dapat membuat atau berpartisipasi dalam Hashtag Challenge, mempromosikan produk secara tidak langsung sambil berinteraksi dengan audiens yang luas.

3. Konten Edukatif

Dengan menyediakan nilai melalui tips, trik, atau konten edukatif yang terkait dengan produk afiliasi, pemasar dapat membangun kepercayaan dan minat, yang mengarah ke konversi.

Baca juga: 2 Cara Daftar Tiktok Affiliate Tanpa Minimal Followers

Affiliate marketing di artikel blog, Instagram, dan TikTok memerlukan kombinasi kreativitas, perencanaan strategis, dan pemahaman mendalam tentang fitur unik dan preferensi audiens masing-masing platform. Dengan menyesuaikan konten untuk sesuai dengan artikel mendalam, postingan Instagram yang memikat secara visual, atau video TikTok yang menarik diharapkan pemasar afiliasi dapat memaksimalkan jangkauan dan konversi mereka. Kesuksesan dalam pemasaran afiliasi berasal dari menawarkan nilai, berinteraksi secara autentik dengan audiens, dan memanfaatkan kekuatan setiap platform untuk mempromosikan produk secara efektif.

Sudah tertarik menjalankan bisnis afiliasi di Indonesia? jangan tunggu waktu lagi. Ayo bergabung pada Affiliate Marketing Platform terbaik di Asia sekarang juga

Rizki Setyo

Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.

Artikel Terkait
Spesifikasi video tiktok yaitu memiliki dimensi dan resolusi 1080 x 1920, ukuran max file 287-an mb (ios) dan 72 mb (android), format video .mp4 dan .mov
Kesalahan yang perlu dihindari saat menjadi influencer affiliate yaitu fokus pada jumlah followers, tidak ada content plan dan simak ulasan lengkapnya disini!
Panduan mengenai berapa ukuran rasio dan resolusi untuk feed, reels, IGTV, dan stories pada instagram serta tipsnya. Simak ulasan lengkapnya disini!
search engine optimization
Berikut ulasan mengenai pentingnya memperhatikan tone saat menulis artikel affiliate beserta tips dan jenis tone penulisan. Simak ulasan lengkapnya disini!
search engine optimization
Cara meningkatkan konversi pada artikel atau blog yaitu dengan pahami funnel conversion, tingkatkan loading speed, contoh konten dengan konversi tinggi
search engine optimization
Kalau kamu ingin menjadi influencer dan masih belum mengetahui niche apa yang kamu ingin bangun, kamu bisa memulainya dengan mengeksplore minat dan interest. Simak lebih lengkapnya di artikel ini.