Cara Menambahkan Link Whatsapp di Bio Instagram

Admin
insights May 18, 2023
1686536312_cara-menambahkan-link-whatsapp-di-bio-instagram-1.jpg

Pada era digital yang semakin maju ini, memanfaatkan berbagai platform media sosial menjadi kunci penting untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan interaksi dengan pengikut. Salah satu cara efektif untuk mencapai hal tersebut adalah dengan menambahkan link WhatsApp di bio Instagram. Kali ini, kita akan membahas tujuh cara yang dapat Anda gunakan untuk menambahkan link whatsapp di bio ig Anda.

Menambahkan link WhatsApp di bio Instagram sangatlah penting terlebih bila Instagram Anda merupakan sebuah akun bisnis. Hal ini tentunya dapat memudahkan pelanggan untuk menghubungi Anda secara langsung melalui pesan WhatsApp, yang merupakan salah satu cara paling mudah dan cepat untuk berkomunikasi. Dengan menambahkan link WhatsApp di bio Instagram, pelanggan dapat dengan mudah mendapatkan informasi produk atau jasa Anda secara langsung.

Daftar Isi

Apa Keuntungan Menambahkan Link WhatsApp di Instagram?

Menambahkan link WhatsApp di bio Instagram memiliki banyak keuntungan bagi bisnis online Anda. Selain memudahkan pelanggan dalam menghubungi Anda, masih ada beberapa keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan yang pastinya akan sayang untuk dilewatkan. Berikut ini adalah beberapa keuntungannya:

1. Mempercepat Proses Penjualan

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, dengan menambahkan link WhatsApp di bio Instagram maka pelanggan akan dapat dengan mudah menghubungi Anda dan mendapatkan informasi tentang produk atau jasa yang Anda tawarkan. Hal ini tentunya dapat mempercepat proses penjualan karena pelanggan dapat langsung bertanya dan melakukan pembelian melalui WhatsApp Anda.

2. Memberikan Rasa Kepercayaan ke Pelanggan

Selain memudahkan komunikasi, Anda juga dapat memberikan rasa kepercayaan kepada para pelanggan dengan menambahkan link WhatsApp di bio Instagram. Hal ini karena pelanggan pasti akan merasa lebih nyaman untuk membeli produk atau jasa dari bisnis yang dapat dihubungi dengan mudah. Coba bayangkan Anda berada di posisi pelanggan yang ingin membeli sebuah produk tetapi tidak menemukan kontak yang bisa dihubungi. Anda pasti akan merasa enggan untuk melanjutkan pembelian bukan?

3. Meningkatkan Pelayanan Pelanggan

Dengan menambahkan link WhatsApp di bio Instagram, Anda juga dapat meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Pelanggan dapat dengan mudah menghubungi Anda jika mereka memiliki pertanyaan atau keluhan tentang produk atau jasa Anda. Selanjutnya, Anda akan dapat memberikan respon yang cepat dan membantu pelanggan dengan masalah mereka, sehingga meningkatkan kepuasan pelanggan dan memperkuat hubungan bisnis Anda dengan mereka.

Bagaimana Cara Menambahkan Nomor WhatsApp di Bio Instagram?

Bagi pemilik bisnis online, menambahkan nomor WhatsApp di bio Instagram adalah salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan kepuasan dan menjaga komunikasi dengan pelanggan. Dengan menambahkan nomor WhatsApp, Anda bisa mendapatkan berbagai keuntungan seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya.

Namun, bagaimana cara menambahkan nomor WhatsApp di bio Instagram? Ada beberapa metode yang dapat Anda gunakan, seperti menggunakan API, menggunakan aplikasi pihak ketiga, atau menulis langsung dengan format yang sudah WhatsApp sediakan. Berikut kami jelaskan beberapa cara yang bisa Anda gunakan:

1. Cara membuat link WhatsApp di Instagram dengan API

Salah satu cara untuk menambahkan link WhatsApp di Instagram adalah dengan menggunakan API (Application Programming Interface). Dalam proses ini, Anda perlu membuat link API yang terhubung langsung dengan nomor WhatsApp Anda dan menambahkannya di profil Instagram bisnis Anda. Berikut adalah langkah-langkah untuk menambahkan link WhatsApp di bio Instagram menggunakan API.

a. Pastikan Menggunakan Akun Instagram Bisnis

Sebelum menambahkan nomor WhatsApp, pastikan bahwa akun Instagram Anda sudah berstatus bisnis. Anda dapat memeriksanya dengan masuk ke pengaturan akun dan mengecek apakah ada opsi untuk mengubah ke akun bisnis. Akun bisnis memungkinkan Anda untuk menambahkan informasi kontak, termasuk nomor WhatsApp, sehingga pelanggan dapat menghubungi Anda dengan mudah.

b. Buka Halaman Profil Instagram Bisnis

Setelah masuk ke akun Instagram bisnis, buka halaman profil Anda dengan mengklik ikon profil di sudut kanan bawah layar.

c. Klik ‘Edit Profile’ pada Profil

Setelah membuka halaman profil, klik opsi "Edit Profile" yang terletak di sebelah kanan atas halaman.

d. Pilih ‘Contact Options’

Setelah masuk ke halaman edit profil, geser ke bawah hingga menemukan opsi "Contact Options". Klik opsi ini dan pilih "WhatsApp".

e. Tambahkan Nomor Kontak WhatsApp Anda

Setelah memilih opsi "WhatsApp", masukkan nomor kontak WhatsApp Anda pada kolom yang tersedia. Pastikan nomor yang dimasukkan sudah benar, lalu klik "Done" untuk menyimpan perubahan.

Setelah menyelesaikan langkah-langkah ini, nomor WhatsApp Anda akan muncul di bio Instagram Anda dan pelanggan dapat menghubungi Anda secara langsung melalui WhatsApp dengan menekan tombol "Contact" yang tersedia di profil Instagram Anda.

2. Cara Membuat Link WA di IG dengan Format Nomor Tambahan

Metode kedua adalah dengan menambahkan format tambahan pada nomor WhatsApp di bio Instagram. Selain Api, Whatsapp juga telah menyediakan sebuah format khusus yang bisa Anda gunakan untuk menyebarkan link WA Anda yang berupa "wa.me/nomor". Contohnya adalah "wa.me/628123456789". Pelanggan yang mengklik link ini akan langsung diarahkan ke halaman chat WhatsApp Anda.

3. Menggunakan WhatsApp Ads & Click to Chat

Hal yang menarik dari fitur click to chat adalah Anda bisa mengatur pesan awal yang akan dikirimkan ketika pelanggan menklik linknya. Anda bahkan dapat menambahkan sebuah link di format text yang telah disediakan. Contohnya Anda ingin menyematkan link tentang affiliate marketing tracking tools, maka anda hanya perlu mengedit bagian text menjadi  "https://wa.me/whatsappphonenumber/?text=https://accesstrade.co.id/publisher/inpages"

4. Cara membuat bitly WhatsApp di Instagram

Metode keempat adalah dengan membuat link singkat menggunakan aplikasi pihak ketiga bernama Bitly. Bitly sendiri adalah sebuah layanan yang memungkinkan Anda untuk membuat link singkat dan mudah untuk dibagikan. Setelah membuat link singkat menggunakan Bitly, Anda dapat menambahkannya ke bio Instagram Anda.

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat link bit.ly WhatsApp di Instagram:

  • Buka situs bit.ly dan buat akun secara gratis.
  • Setelah berhasil login ke akun bit.ly Anda, klik tombol "Create" pada halaman utama untuk membuat link pendek baru.
  • Tempelkan link WhatsApp Anda di kotak yang tersedia pada halaman tersebut.
  • Klik tombol "Create" untuk memperpendek link WhatsApp Anda menggunakan bit.ly.
  • Setelah link pendek berhasil dibuat, salin tautan tersebut dan tempelkan di bio Instagram Anda.
  • Pastikan untuk menambahkan deskripsi yang menarik agar pengikut Instagram Anda tertarik menghubungi Anda melalui WhatsApp.

5. Cara membuat link di Instagram dengan LinkTree Untuk Banyak Tautan

Metode kelima adalah dengan menggunakan aplikasi LinkTree. LinkTree adalah layanan yang memungkinkan Anda membuat halaman khusus yang berisi beberapa tautan, termasuk tautan ke halaman chat WhatsApp. Anda dapat menambahkan link LinkTree ke bio Instagram Anda, sehingga pelanggan dapat memilih tautan mana yang ingin mereka buka.

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat link di Instagram dengan LinkTree:

  • Buka situs LinkTree dan klik tombol "Sign Up" untuk membuat akun secara gratis.
  • Setelah berhasil login ke akun LinkTree Anda, klik tombol "Add New Link" untuk menambahkan tautan baru.
  • Masukkan judul untuk tautan Anda dan tempelkan tautan tersebut pada kotak yang tersedia.
  • Anda dapat menyesuaikan tautan tersebut dengan mengubah warna dan ikon yang tersedia.
  • Ulangi langkah 3-4 untuk menambahkan semua tautan penting Anda.
  • Setelah selesai menambahkan semua tautan, salin tautan LinkTree dan tempelkan di bio Instagram Anda.
  • Pastikan untuk menambahkan deskripsi menarik yang menjelaskan tautan apa saja yang tersedia di LinkTree Anda.

6. Cara membuat link WA di Bio Instagram Personal

Metode keenam adalah untuk pemilik akun Instagram personal. Pada akun personal, Anda tidak dapat menambahkan nomor WhatsApp ke opsi kontak pada profil. Namun, Anda masih dapat menambahkan nomor WhatsApp di bio Instagram dengan menggunakan metode pertama atau kedua yang sudah dijelaskan di atas.

7. Dengan Pemendek URL

Metode ketujuh adalah dengan menggunakan layanan pemendek URL seperti TinyURL atau Bitly. Anda dapat membuat link singkat yang mengarah ke nomor WhatsApp Anda, dan menambahkannya ke bio Instagram Anda. Berikut adalah cara apabila Anda menggunakan tinyURL:

  • Buka situs TinyURL di browser Anda.
  • Salin tautan WhatsApp Anda dengan cara membuka aplikasi WhatsApp, klik pada ikon titik tiga di kanan atas layar, pilih opsi ‘WhatsApp Web’, lalu pindai kode QR yang muncul di situs web WhatsApp.
  • Tempelkan tautan WhatsApp Anda di kolom yang tersedia pada halaman TinyURL.
  • Klik tombol ‘Make TinyURL!’ untuk membuat tautan pendek.
  • Salin tautan TinyURL yang baru dibuat dan tempelkan di bio Instagram Anda.

Cara Menambah Link WhatsApp ke Highlight Story Instagram

Instagram Highlight Stories adalah fitur yang memungkinkan pengguna Instagram untuk menampilkan story yang disimpan di profil mereka untuk waktu yang lama. Sebagai seorang pemilik bisnis, Anda bisa memanfaatkan fitur ini untuk menampilkan produk atau layanan Anda yang nantinya akan sangat berguna untuk memberikan informasi kepada pelanggan. Salah satu cara untuk menambahkan nilai tambah pada Highlight Story Instagram adalah dengan menambahkan link WhatsApp ke dalamnya. Dengan menambahkan link WhatsApp ke Highlight Story, para pelanggan akan bisa langsung menghubungi Anda dan bertanya tentang produk atau layanan yang ditawarkan.

Untuk menambahkan link WhatsApp ke Highlight Story Instagram, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Pertama, pastikan akun Instagram Anda telah diperbarui ke versi terbaru.
  • Buka aplikasi Instagram dan klik ikon kamera di kiri atas layar untuk membuat cerita baru.
  • Unggah gambar atau video yang ingin Anda tambahkan link WhatsApp-nya.
  • Klik ikon tautan di atas layar dan pilih opsi "URL" dari menu yang muncul.
  • Ketik alamat WhatsApp Anda di kolom URL.
  • Klik "Selesai" dan simpan cerita.
  • Kembali ke beranda profil Instagram Anda dan klik "Simpan Highlight" pada cerita yang baru saja Anda buat.
  • Beri nama highlight story sesuai dengan topik atau isi cerita yang ingin Anda tampilkan.
  • Setelah highlight story terbuat, ketuk "Edit Highlight" dan klik "Edit Cover".
  • Ubah gambar cover highlight story dengan gambar yang Anda inginkan atau gunakan gambar yang ada pada cerita.
  • Setelah selesai, klik "Selesai" untuk menyimpan perubahan.

Dengan menambahkan link WhatsApp ke highlight story Instagram, pengunjung profil Anda akan lebih mudah menemukan dan mengakses nomor WhatsApp Anda. Hal ini dapat membantu mempercepat proses penjualan atau memudahkan pelanggan untuk menghubungi Anda.

Mengapa Tombol WhatsApp tidak Muncul di Instagram?

Tombol WhatsApp adalah fitur yang memudahkan pengguna Instagram untuk menghubungi pemilik akun secara langsung melalui WhatsApp. Namun, beberapa pengguna mungkin mengalami masalah di mana tombol WhatsApp tidak muncul di profil mereka. Ada beberapa alasan mengapa hal ini bisa terjadi.

Pertama, pastikan Anda memiliki akun Instagram bisnis. Fitur tombol WhatsApp hanya tersedia untuk akun Instagram bisnis dan tidak tersedia untuk akun personal. Kedua, periksa apakah nomor WhatsApp yang terdaftar di akun Instagram Anda sudah benar dan aktif. Jika nomor WhatsApp tidak benar atau tidak aktif, tombol WhatsApp tidak akan muncul di profil Anda. Ketiga, pastikan akun Instagram Anda telah terhubung ke akun Facebook Anda. Tombol WhatsApp tidak akan muncul jika akun Instagram Anda tidak terhubung ke akun Facebook Anda.

Bagaimana Cara Menjawab Pesan Instagram dan WhatsApp Sekaligus?

Dalam berbisnis, Anda pasti akan menerima pesan dari pelanggan baik melalui Instagram maupun WhatsApp. Terkadang, membalas pesan dari kedua platform ini secara terpisah bisa membuat waktu dan tenaga terbuang percuma. Oleh karena itu, mengetahui cara menjawab pesan Instagram dan WhatsApp sekaligus dapat menjadi solusi efektif untuk memudahkan Anda dalam merespon pesan pelanggan.

Salah satu cara untuk menjawab pesan Instagram dan WhatsApp sekaligus adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti “Facebook Business Suite”. Dalam aplikasi ini, Anda dapat mengelola pesan dari kedua platform dengan mudah dan efisien. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur pengelolaan akun bisnis dan statistik yang dapat membantu Anda dalam mengoptimalkan bisnis Anda di Instagram dan Facebook.

Bagaimana mudah bukan untuk menambahkan link whatasapp di instagram? Jika Anda membutuhkan cara lain, ada rekomendasi aplikasi link di bio yang dapat mempermudah mengelola berbagai link di bio sosial media hanya dengan 1 aplikasi.

Rizki Setyo

Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.

Artikel Terkait
Spesifikasi video tiktok yaitu memiliki dimensi dan resolusi 1080 x 1920, ukuran max file 287-an mb (ios) dan 72 mb (android), format video .mp4 dan .mov
Kesalahan yang perlu dihindari saat menjadi influencer affiliate yaitu fokus pada jumlah followers, tidak ada content plan dan simak ulasan lengkapnya disini!
Panduan mengenai berapa ukuran rasio dan resolusi untuk feed, reels, IGTV, dan stories pada instagram serta tipsnya. Simak ulasan lengkapnya disini!
search engine optimization
Berikut ulasan mengenai pentingnya memperhatikan tone saat menulis artikel affiliate beserta tips dan jenis tone penulisan. Simak ulasan lengkapnya disini!
search engine optimization
Cara meningkatkan konversi pada artikel atau blog yaitu dengan pahami funnel conversion, tingkatkan loading speed, contoh konten dengan konversi tinggi
search engine optimization
Kalau kamu ingin menjadi influencer dan masih belum mengetahui niche apa yang kamu ingin bangun, kamu bisa memulainya dengan mengeksplore minat dan interest. Simak lebih lengkapnya di artikel ini.