Panduan Lengkap Brand Breakdown untuk Blogger Affiliate Marketer, Lihat Strateginya Disini

Admin
insights Nov 17, 2023
1700228797_untitled-design-1.jpg

Peran seorang blogger affiliate marketer tidak hanya fokus pada pembuatan konten yang menarik, tetapi juga membangun brand identity yang kuat. Bagaimana cara kamu membedakan diri dari blogger lain dan menciptakan dampak yang signifikan pada audience? Simak artikel berikut untuk mendapatkan panduan lengkap mengenai brand breakdown untuk website kamu.

Daftar Isi

Apa itu Brand Breakdown?

Brand breakdown adalah analisis mendalam terhadap elemen-elemen kunci yang membentuk identitas suatu brand. Ini melibatkan nilai inti, pesan brand, warna, gaya visual, dan elemen lain yang mendefinisikan brand. Dengan memahami elemen-elemen ini, sebuah brand dapat dikembangkan dan dikelola dengan lebih efektif. 

Setelah mengetahui pengertian brand breakdown, mari kita simak panduan lengkap untuk melakukan brand breakdown agar kamu dapat membangun dan memperkuat identitas website sebagai seorang blogger affiliate marketer dengan gambaran yang lebih jelas.

Panduan untuk Brand Breakdown

1. Pemilihan Topik yang Tepat

Pemilihan topik yang tepat merupakan langkah awal kamu dalam membangun brand website. Dengan menentukan topik yang sesuai, kamu dapat meraih berbagai manfaat yang mendalam. Pertama, pemilihan topik yang tepat memungkinkan kamu menargetkan audience yang lebih spesifik, menciptakan relevansi yang lebih tinggi, dan meningkatkan potensi konversi.

Selanjutnya, topik yang dipilih dengan baik dapat menjadi kunci dalam optimasi SEO, sehingga memberikan kesempatan konten website kamu untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik di mesin pencarian seperti Google, dan pada akhirnya meningkatkan konversi melalui visibilitas yang lebih tinggi.

Terakhir, dengan memfokuskan website pada topik tertentu, kamu dapat membangun otoritas di niche (segmen pasar) website kamu. Hal ini tidak hanya meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas brand website kamu, tetapi juga membuka kesempatan untuk membangun hubungan yang lebih kuat dengan audience.

Dengan demikian, pemilihan topik yang tepat bukan hanya tentang menentukan arah konten website kamu, tetapi juga merupakan pondasi untuk membentuk identitas brand website yang kuat dan mendukung perkembangannya dalam jangka panjang.

2. Breakdown Topik yang Telah Kamu Buat

Proses breakdown topik yang telah kamu buat menjadi langkah penting, setelah menentukan topik utama untuk brand website kamu. Misalnya, kamu telah menentukan nama website “perawatankulit.com” dengan fokus utama pada perawatan kulit. Dalam menentukan breakdown topik ini, kamu dapat membuat mind-mapping (pemetaan informasi) sub-topik yang relevan.

  • Main Topik: Perawatan Kulit
  • Sub-Topik: Rutinitas Perawatan Kulit, Produk Perawatan Kulit, Tips Perawatan Kulit, Masalah Kulit dan Solusinya, Trend Perawatan Kulit

Dengan sub-topik seperti contoh di atas, kamu dapat mengembangkan konten yang lebih terarah dan mendalam, serta memberikan nilai tambah kepada audience yang memiliki minat khusus pada topik-topik tertentu dari topik utama tersebut. Proses breakdown topik menjadi panduan yang kuat untuk memastikan kerangka konten telah terorganisir dan bervariasi di dalam website kamu.

 

 

 

3. Bentuk Brand Identity untuk Website

Brand identity merupakan elemen kunci yang mendefinisikan karakter dan citra suatu website. Ini tidak hanya tentang menciptakan logo dan tagline, melainkan juga tentang menentukan bagaimana sebuah brand ingin dilihat oleh audience-nya.

Dalam membentuk brand identity untuk website kamu, beberapa elemen, seperti logo, nama website, tagline, dan pilihan warna memainkan peran penting. Sebuah logo yang menarik dan mudah diingat menjadi identitas visual utama brand website kamu. Logo dapat menciptakan kesan pertama dan membantu membedakan website kamu dari website lain, sehingga menciptakan pengalaman yang konsisten dan mudah diingat oleh audience.

Nama website juga memiliki peran penting dalam sebuah brand identity. Nama website yang kamu pilih seharusnya dapat mencerminkan inti dan nilai dari website kamu. Dengan pemilihan nama yang tepat, website kamu dapat dengan jelas menyampaikan apa yang ingin ditawarkan, sehingga meningkatkan daya tarik brand website kamu.

Selain itu, tagline adalah ungkapan singkat yang dapat memberikan gambaran tentang nilai dan tujuan brand kamu. Tagline yang kuat dapat meninggalkan kesan mendalam pada audience, sehingga membantu menyampaikan pesan brand website kamu dengan singkat dan efektif.

Pemilihan warna juga menjadi elemen penting dalam membentuk brand identity untuk website kamu. Warna tidak hanya memengaruhi estetika visual, tetapi juga dapat menciptakan perasaan dan koneksi tertentu dengan audience.

Dengan membentuk brand identity yang kuat, sebuah website dapat berbeda dari website lain, menarik perhatian target audience, dan membangun hubungan jangka panjang berdasarkan kepercayaan dan kesetiaan audience terhadap website kamu.

4. Tentukan User Persona

User persona adalah representasi fiksi dari pembaca ideal website kamu. Sebagai blogger affiliate marketer, langkah awal dalam menentukan user persona untuk website kamu adalah melakukan riset, memahami target audience, dan mengidentifikasi kebutuhan mereka terhadap produk affiliate yang kamu tawarkan.

User persona dapat membantu kamu memahami lebih baik siapa calon pembaca website kamu. Dengan memahami karakteristik dan kebutuhan pembaca, kamu dapat merancang pengalaman pembaca yang lebih sesuai, serta memenuhi harapan mereka terkait produk affiliate yang kamu promosikan.

Lebih lanjut, dengan menentukan user persona untuk website, kamu dapat lebih fokus dalam memberikan topik dan konten yang sesuai dengan selera dan kebutuhan pembaca. Hal ini akan meningkatkan peluang tercapainya kepuasan pembaca terhadap konten yang kamu berikan di website.

 

 

5. Rangkai Menjadi Strategi Konten yang Efektif

Strategi konten merupakan proses merencanakan, membuat, mempublikasikan, mengelola, dan mengatur konten dengan tujuan menarik dan melibatkan target audience. Dengan strategi konten yang efektif, website kamu tidak hanya memenuhi kebutuhan audience, tetapi juga dapat membantu kamu memasarkan produk affiliate yang kamu promosikan.

Selain itu, strategi konten juga membantu kamu mempersiapkan dan merencanakan sumber traffic situs website kamu. Jika kamu membuat konten, lalu mendapatkan jumlah organic traffic yang stabil, hal ini dapat bermanfaat bagi kamu dalam jangka panjang untuk memperoleh pengunjung website yang stabil setiap bulannya.

Untuk membantu kamu memahami cara merancang strategi konten yang efektif, kamu dapat melihat contoh strategi konten website “perawatankulit.com” di bawah ini.

 

Contoh Sub-Topik

Contoh Strategi Konten

Rutinitas Perawatan Kulit

  • Artikel dengan panduan langkah demi langkah tentang rutinitas perawatan kulit pagi dan malam.
  • Video tutorial mengenai penggunaan produk perawatan kulit secara benar.

Produk Perawatan Kulit

  • Artikel tentang ulasan produk perawatan kulit dengan fokus pada keunggulan dan kelemahan masing-masing produk.
  • Kolaborasi dengan brand perawatan kulit untuk memberikan ulasan eksklusif.

Tips Perawatan Kulit

  • Artikel tentang cara membuat masker wajah alami menggunakan bahan-bahan yang mudah di dapat.
  • Infografis atau video pendek tentang cara membuat scrub dan peeling sendiri di rumah.

Masalah Kulit dan Solusinya

  • Artikel yang membahas masalah kulit, seperti jerawat, kulit kering, serta memberikan solusi yang efektif.
  • Sesi tanya jawab dengan ahli dermatologi melalui postingan konten website.

Trend Perawatan Kulit

  • Artikel tentang rangkuman tren perawatan kulit terbaru, seperti teknologi dan metode perawatan inovatif.
  • Kolaborasi dengan ahli kecantikan untuk memberikan wawasan eksklusif mengenai tren perawatan kulit terkini.

 

Dengan strategi konten yang efektif dan berfokus pada kebutuhan dan minat target audience, kamu dapat menarik pengunjung website secara konsisten, serta juga memberikan dampak positif terhadap citra dan pengenalan brand website kamu.

Cara Memilih Product Affiliate Marketing

Memilih produk affiliate marketing memerlukan pertimbangan yang matang agar dapat memberikan manfaat bagi audience. Produk yang kamu pilih untuk dipromosikan, sebaiknya memiliki tujuan yang jelas, yaitu dapat menyelesaikan masalah atau memenuhi kebutuhan dari calon pembeli.

Selain itu, penting untuk memperhatikan kualitas produk, mengingat produk yang berkualitas cenderung akan memberikan pengalaman positif kepada konsumen. Melihat ulasan dan rating dari produk juga menjadi aspek penting dalam pemilihan produk, karena dapat memberikan gambaran nyata tentang kepuasaan penggunaan sebelumnya.

Dengan demikian, memilih produk affiliate marketing yang tepat bukan hanya berdasarkan keuntungan finansial, tetapi juga melibatkan pertimbangan etis, serta kualitas produk untuk membangun kepercayaan dan hubungan jangka panjang kamu dengan audience.

Kesimpulan

Proses brand breakdown mengharuskan kamu untuk memahami langkah-langkah strategis yang diperlukan untuk membangun dan memperkuat identitas brand website kamu. Mulai dari pemilihan topik yang tepat hingga pembentukan brand identity untuk website, setiap langkah brand breakdown memiliki peran penting dalam menentukan kesuksesan kamu sebagai seorang blogger affiliate marketer.

Mengetahui apa itu brand breakdown menjadi landasan penting, sementara panduan, seperti pemilihan topik, breakdown sub-topik, dan penentuan user persona dapat memberikan arahan yang jelas dalam menjalankan strategi website kamu.

Lebih lanjut, penyusunan strategi konten yang efektif menjadi kunci kamu untuk mendapatkan jumlah traffic website yang stabil. Dalam konteks memilih produk affiliate marketing, kamu dapat fokus pada tujuan pemecahan masalah audience dan ulasan kualitas produk yang akan kamu promosikan.

Secara keseluruhan, panduan yang telah dijelaskan di atas dapat membekali blogger affiliate marketer dengan informasi dan langkah-langkah untuk membangun brand website yang kuat, membedakan website kamu dengan website lain, serta memberikan manfaat yang berkelanjutan kepada audience website kamu.

Jika kamu ingin mendapatkan lebih banyak tips, panduan, dan informasi seputar  affiliate marketing, digital marketing, e-commerce, SEO yang berguna bagi blogger affiliate marketing, kamu dapat membaca artikel ACCESSTRADE lainnya pada website.

ACCESSTRADE juga memiliki grup Telegram yang akan memberikan kamu informasi berharga mengenai dunia affiliate marketing. Gabung sekarang juga dengan komunitas kami, agar kamu dapat berbagi wawasan bersama para affiliator lainnya. Yuk, langsung klik tautan di bawah ini ya!

 

Gabung Grup Telegram Kami Disini! 

 

Referensi Artikel:

 

Sumber Feature Image: Freepik

Artikel ini telah direview oleh: 

  • Muhammad Harist Abduh Nazili sebagai SEO Specialist di ACCESSTRADE
  • Rizky Setyo sebagai Penanggung Jawab Content di ACCESSTRADE
Rizki Setyo

Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.

Artikel Terkait
Sulit mendapatkan uang dari Adsense Youtube? Ada cara lain untuk mendapatkan uang dari Youtube. Berikut 6cara dapat uang dari youtube selain adsense
search engine optimization
Cara Kerja Search Engine yaitu dengan melewati beberapa tahapan proses seperti Crawling, Indexing dan Ranking. Simak ulasan lengkapnya disini!
Spesifikasi video tiktok yaitu memiliki dimensi dan resolusi 1080 x 1920, ukuran max file 287-an mb (ios) dan 72 mb (android), format video .mp4 dan .mov
Kesalahan yang perlu dihindari saat menjadi influencer affiliate yaitu fokus pada jumlah followers, tidak ada content plan dan simak ulasan lengkapnya disini!
Panduan mengenai berapa ukuran rasio dan resolusi untuk feed, reels, IGTV, dan stories pada instagram serta tipsnya. Simak ulasan lengkapnya disini!
search engine optimization
Berikut ulasan mengenai pentingnya memperhatikan tone saat menulis artikel affiliate beserta tips dan jenis tone penulisan. Simak ulasan lengkapnya disini!