Tips Cara Membuat Video Review Di TikTok, Dijamin FYP

Tips Cara Membuat Video Review Di TikTok, Dijamin FYP

Admin
insights Oct 24, 2023
SHARE ON
1698057103_bagaimana-cara-membuat-video-review-untuk-menarik-followers-di-tiktok.jpg

Dalam era digital saat ini, video review menjadi salah satu konten yang paling banyak dicari. Terutama di TikTok, kebanyakan mereka merasa bahwa sosial media tersebut banyak menyajikan kreatifitas, hiburan dan juga produk review yang informatif. 

Kalau kamu ingin sekali merombak TikTok dan menarik lebih banyak followers, memiliki kemampuan membuat video review berkualitas adalah senjata ampuh. Dalam artikel ini, akan membahas tuntas bagaimana cara membuat video review yang efektif, mulai dari pemahaman dasar hingga strategi-strategi ampuh yang memastikan konten kamu akan rajin masuk FYP.

Apa itu Video Review?

Video review adalah sebuah konten yang menyajikan informasi, pendapat, serta ulasan terhadap suatu produk atau layanan tertentu. Biasanya, video review dibuat dengan tujuan memberikan informasi kepada audience mengenai kelebihan, kekurangan, serta pengalaman pribadi pengguna terhadap produk atau layanan tersebut.

Strategi Membuat Video Product Review 

1. Lakukan Research Produk yang Akan di Review

Sebelum memulai proses pembuatan, lakukan riset mendalam tentang produk yang ingin kamu review. Pelajari fitur-fitur utamanya, kelebihan, serta potensi kekurangan yang mungkin ditemui. Memahami produk dengan baik akan memudahkan kamu dalam menyampaikan informasi yang akurat kepada audience.

2. Jelaskan User Experience Mengenai Produk yang Digunakan

Setelah mengenal produk dengan baik, jelaskan kepada audience mengenai pengalaman kamu saat menggunakan produk tersebut. Ceritakan sensasi, kenyamanan, hingga tantangan yang kamu hadapi. Dengan begitu, audience akan mendapatkan gambaran yang jelas tentang produk tersebut dari sudut pandang pengguna.

3. Sampaikan Pros & Cons

Setiap produk pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Jangan ragu untuk menyampaikan kedua aspek ini secara objektif. Hal ini akan meningkatkan kredibilitas kamu sebagai reviewer dan memudahkan audience dalam membuat keputusan.

4. Buat Skrip Tulisan yang Terstruktur

Sebelum mulai merekam, buatlah skrip yang terstruktur dengan baik. Hal ini akan memastikan kamu tidak melupakan poin-poin penting saat mereview dan menjadikan video kamu lebih profesional.

5. Akhiri dengan Kesimpulan yang Objektif

Setelah menyampaikan semua informasi, akhiri video dengan kesimpulan yang objektif. Ringkas semua poin yang sudah kamu sampaikan dan berikan rekomendasi pribadi kamu terhadap produk tersebut.

6. Edit Video Sesuai Kebutuhan

Setelah merekam, lakukan editing untuk memastikan video kamu menarik dan tidak membosankan. Potong bagian-bagian yang tidak perlu, tambahkan ilustrasi berupa grafis atau animasi yang relevan, dan pastikan audio suara kamu jelas.

7. Berikan Links Direct ke Arah Source Pembelian

Tips Tambahan Membuat Video Review yang FYP Friendly:

Jangan Lebih Dari Tiga Menit

  • Jaga durasi agar video review bisa sesingkat mungkin namun padat informasi, kalau perlu selipkan sedikit entertainment, tujuannya biar audiens merasa mendapat informasi, edukasi juga hiburan. 
  • Fokus pada Produk & Bahas Secara Adil
  • Fokus pada produk, bukan pada reviewer. Sampaikan opini pribadi secara seimbang, pastikan bahwa kamu mereview produk secara objektif

Konsentrasikan pada Fitur Utama

  • Highlight fitur khas produk yang membedakannya dari kompetitor.
  • Improvisasi Skrip, Jangan Baca Seperti Naskah
  • Buat skrip poin-poin penting dan jangan lupa lakukan  improvisasi agar terlihat natural, tidak kaku, buatlah agar penonton seolah-olah lagi ngobrol sama kamu
  • Gunakan Editan Cepat dan Bersih
  • Gunakan potongan cepat dan bersih dalam editing untuk menjaga dinamika video.

Membuat video review yang efektif memerlukan persiapan dan strategi yang matang. Dengan mengikuti panduan di atas, kamu tidak hanya akan mampu menyajikan informasi yang bermanfaat, tetapi juga meningkatkan peluang dalam dunia influencer marketing. Untuk memaksimalkan potensi kamu sebagai influencer, daftarkan diri kamu di Social Media Affiliate Marketing Terbaik untuk Influencer.

Rizki Setyo
Content Author
Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.
Artikel Terkait