ACCESSTRADE Indonesia

Ini Lho, Perbedaan Digital Marketing dan Traditional Marketing

Admin
others Oct 29, 2020

Baca Juga: Bermodal Smartphone Anda Sudah Bisa Ikut Affiliate Marketing dan Meraup Keuntungan Besar

Marketing menjadi hal yang sangat penting untuk dipikirkan para pemilik bisnis. Pasalnya, laku tidaknya sebuah bisnis akan sangat tergantung dari strategi marketing yang dilakukan. Saat ini strategi marketing terbagi menjadi dua, yakni digital marketing dan traditional marketing. Tidak sedikit dari Anda yang mungkin akan bertanya-tanya apa perbedaan diantara keduanya?

Secara garis besar, keduanya memiliki perbedaan dari segi media yang digunakan. Sesuai dengan namanya, digital marketing akan menggunakan media yang sifatnya digital, seperti media sosial hingga website. Sedangkan untuk traditional marketing, cenderung menggunakan media atau saluran yang bersifat tradisional, seperti media cetak hingga papan iklan. Melalui perbedaan saluran tersebut, kini Anda sudah bisa membedakan antara digital marketing dan traditional marketing secara umum, kan?

Meski perbedaan keduanya cukup signifikan, namun masa banyak orang yang bingung mana strategi yang harus dipilih. Untuk lebih memudahkan Anda, simak pro kontra digital marketing dan traditional marketing berikut.

Daftar Isi

Traditional Marketing

Menjadi hal yang masuk akal jika kehadiran digital marketing membuat traditional marketing terlihat kuno. Namun, bukan berarti Anda bisa meremehkan strategi marketing yang satu ini, ya. Pasalnya, traditional marketing masih efektif jika Anda terapkan pada beberapa kalangan konsumen. Mulai dari mereka yang masih rutin berlangganan koran, hingga mereka yang suka menghabiskan waktu berkumpul di depan TV. Berikut beberapa kelebihan traditional marketing:

Mudah Dimengerti

Mencerna traditional marketing dipastikan lebih mudah dibandingkan dengan digital marketing, sebagai contoh, sebuah baliho yang sangat mencolok di pinggir jalan akan berisi kata-kata yang mudah dimengerti. Sekalipun hanya melihatnya sepintas, Anda seringkali sudah mengetahui apa yang ingin disampaikan baliho tersebut.

Bersifat Permanen

Seperti yang telah disebutkan di atas, materi promosi pada traditional marketing cenderung bersifat cetak atau fisik. Dengan kata lain, materi promosi traditional marketing memiliki sifat yang permanen dan tidak akan mudah hilang. Materi promosi pada koran atau media cetak lainnya hanya akan mudah hilang jika sudah melalui proses daur ulang.

Lebih Berkesan

Kesan yang didapatkan oleh para konsumen akan lebih menempel jika mereka melihat sebuah materi promosi secara langsung di kehidupan nyata. Bahkan, konsumen bisa jadi akan meluangkan waktu yang lebih banyak untuk memperhatikan promosi Anda. Di sisi lain, melihat sesuatu secara langsung tentu juga akan mudah diingat, bukan? Hal ini akan sangat berbeda dengan promo di media sosial yang kerap kali hanya dilihat sepintas dan mudah dilupakan.

Digital Marketing

Sekalipun tradisional hadir dengan beberapa keunggulan yang mampu memberikan kesan lebih baik di mata konsumen, tetap saja saat ini kita hidup di zaman serba modern. Di mana pemanfaatan internet sangat efektif untuk mengenalkan bisnis Anda. Agar pemahaman Anda lebih lengkap, berikut kelebihan digital marketing.

Jangkauan Konsumen Lebih Luas

Dibandingkan dengan tradisional marketing, digital marketing memiliki jangkauan konsumen yang jauh lebih luas. Anda tak hanya bisa menjangkau konsumen pada beberapa kota saja. Melainkan, Anda bisa menjangkau konsumen di seluruh Indonesia dalam waktu yang sama. Terlebih jika memang konten promosi yang telah Anda buat mendapat komentar positif dan dibagikan oleh banyak orang.

Efektivitas Promosi Mudah Diukur

Mengingat digital marketing ini menggunakan kecanggihan teknologi, Anda selaku pemilik bisnis bisa dengan mudah mengukur tingkat efektivitas promosi hanya sudah dilakukan. Dengan kata lain, melakukan evaluasi terhadap strategi marketing terbilang lebih mudah dan cepat.

Sasar Target Market yang Lebih Detail

Tahukah Anda bahwa digital marketing memungkinkan Anda untuk menyasar target sespesifik mungkin? Bahkan, Anda bisa menyasar target market yang disesuaikan dengan jenis kelamin, demografi, pendidikan, dan lain sebagainya. Hal ini secara tidak langsung akan membuat strategi marketing lebih efektif dan tepat sasaran.

Ada Interaksi Langsung

Berbeda dengan tradisional marketing, digital marketing memungkinkan adanya interaksi langsung antara Anda sebagai pemilik bisnis dan para calon konsumen. Interaksi langsung ini bisa berupa komentar di laman media sosial atau bahkan pengiriman pesan pribadi dalam direct message. Interaksi langsung ini akan memudahkan Anda menarik konsumen dengan lebih banyak. Bahkan, konsumen pun tak akan lagi kesulitan jika akan menanyakan suatu hal atau bahkan mengajukan komplain.

Berdasarkan ulasan yang telah disebutkan di atas, baik traditional marketing dan digital marketing, keduanya memiliki kelebihan masing-masing. Meski menggunakan saluran yang bersifat tradisional, bukan berarti traditional marketing dibilang kuno dan tak layak lagi digunakan. Baik digital marketing dan traditional marketing memiliki peran yang sangat penting untuk menghubungkan bisnis Anda dengan para konsumen. Strategi marketing Anda bisa lebih maksimal jika dapat menggabungkan diantara keduanya. Bahkan, beberapa orang menganggap bahwa digital marketing merupakan yin bagi traditional marketing.

Baca Juga: Pemula Perlu Tahu, Ini Pengertian Afiliasi Marketing, Kelebihan dan Kekurangan!

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
affiliate marketing
Marketplace dan e-commerce meramaikan ekosistem afiliasi di Indonesia dengan berbagai penawaran komisi dan program yang masing-masing menguntungkan.
Feb 08, 2023
affiliate marketing
Program afiliasi lazada adalah program afiliasi yang menguntungkan dengan komisi yang bervariasi mulai dari 1% sampai 7% untuk setiap pembeliannya.
Feb 08, 2023
affiliate marketing
Ikuti 3 tips ngonten ini biar shopee afiliasi program-mu makin cuan, gampang ditiru dan dipraktekan, buktikan sendiri!
Feb 08, 2023
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Program affliasi adalah metode marketing yang di dasarkan pada performance, atau dibayar pada setiap action atau penjualan yang terjadi
Jan 18, 2023