Trustworthiness Website: Panduan Membangun Website yang Terpercaya di Affiliate Marketing

Admin
1702542902_web-template-layout-draft-sketch.jpg

Dalam affiliate marketing (pemasaran afiliasi), pentingnya sebuah trust dalam website memiliki peran penting dalam kesuksesan sebuah bisnis online. Hanya memiliki website saja tidak cukup, penting bagi kamu untuk memastikan bahwa website tersebut memiliki kesan yang terpercaya agar pengunjung tidak beralih dengan cepat.

Artikel ini akan membahas tujuh langkah kunci yang dapat kamu pertimbangkan ketika membangun trustworthiness (kepercayaan) website affiliate marketing. Selain itu, berguna juga untuk menciptakan pengalaman pengguna yang menyakinkan, serta meminimalkan tingkat bounce (metrik yang mengukur seberapa cepat pengunjung meninggalkan sebuah website setelah website tersebut terbuka).

Daftar Isi

Langkah-langkah Membangun Trustworthiness pada Website Affiliasi

1. Optimalkan Website Design yang Profesional

Dalam upaya membangun trustworthiness pada website affiliasi, desain website memegang peran penting. Desain website yang profesional dan dirancang dengan baik dapat memberikan kesan kredibilitas dan keandalan. 

Sedangkan, desain website yang kurang baik dapat memunculkan pertanyaan tentang keabsahan website affiliate marketing kamu. Berikut adalah beberapa cara agar website kamu dapat memengaruhi tingkat kepercayaan pengunjung, antara lain:

  • Professionalism (Profesionalisme): Desain website yang profesional dapat membuat bisnis affiliate marketing kamu terlihat lebih kredibel dan dapat dipercaya. Hal ini mencakup elemen, seperti navigasi yang jelas, gambar dan grafis berkualitas tinggi, serta tata letak yang rapi dan terorganisir dengan baik.
  • Consistency (Konsistensi): Elemen desain yang konsisten, seperti warna, font (jenis huruf), dan citra, dapat membantu membangun kepercayaan dan menciptakan citra merek yang utuh. Hal ini dapat membuat pengunjung website merasa yakin bahwa mereka berinteraksi dengan bisnis affiliate marketing yang sah.
  • Mobile Responsiveness (Responsif di Perangkat Seluler): Di era digital saat ini, banyak orang mengakses website dari perangkat seluler mereka. Sebuah website yang responsif di perangkat seluler dan memberikan pengalaman pengguna yang positif pada semua perangkat dapat membantu membangun kepercayaan dengan pengunjung dan meningkatkan konversi.

2. Memiliki Keamanan yang Baik

Keamanan website yang baik adalah faktor penting dalam membangun kepercayaan dengan pengunjung dan meningkatkan konversi. Pengunjung ingin tahu bahwa informasi pribadi dan sensitif mereka dilindungi ketika data tersebut diberikan pada sebuah website.

Sertifikat SSL (Secure Socket Layer) adalah sertifikat digital yang mengenkripsi data yang dikirimkan melalui internet. Memiliki sertifikat SSL dapat membantu membangun kepercayaan dengan pengunjung dan menunjukkan bahwa bisnis affiliate marketing kamu serius dalam menjaga keamanan.

Sertifikat SSL pada dasarnya dapat membuat informasi yang diberikan pengunjung pada website kamu menjadi pribadi dengan mengenkripsi data tersebut. Artinya, data apa pun yang pengunjung berikan (seperti informasi kontak saat mengisi formulir pada website) tidak dapat dilihat oleh siapa pun.

Sebuah website tanpa SSL akan mengalami kesulitan dalam peringkat di hasil pencarian Google. Kamu dapat mengetahui apakah sebuah website memiliki sertifikat SSL dengan melihat adanya ‘s’ dalam URL 'http'. Misalnya, https://perawatankulit.com/. Umumnya, kamu dapat membeli sertifikat SSL bersamaan dengan nama domain website setiap tahunnya.

3. Terapkan Metode First-Hand Experience

Dalam dunia affiliate marketing, membangun kepercayaan pengunjung terhadap sebuah website merupakan langkah penting untuk meningkatkan konversi. Salah satu metode efektif yang dapat diterapkan adalah menggunakan metode first-hand experience (pengalaman langsung). 

Pentingnya metode ini tak dapat diabaikan, terutama karena para pengunjung cenderung mencari konten-konten yang bersumber dari pengalaman langsung, sebelum mereka memutuskan untuk membeli suatu produk. Tambahnya experience (pengalaman) pada Google E-E-A-T mengindikasikan bahwa pengalaman langsung memberikan nilai tambah pada konten affiliate marketing.

Sebagai contoh nyata, jika seorang penulis sedang menulis ulasan Samsung, kredibilitas kontennya akan meningkat jika penulis tersebut benar-benar telah menggunakan produk tersebut. Begitu juga ketika menulis tentang restoran terbaik di Bali, pengunjung akan lebih cenderung mempercayai informasi tersebut, jika penulisnya benar-benar pernah mengunjungi tempat-tempat tersebut.

Dengan menerapkan metode first-hand experience, sebuah website affiliasi dapat menciptakan konten yang lebih autentik dan bernilai. Hal ini tidak hanya meningkatkan kepercayaan pengunjung, tetapi juga dapat memberikan dampak positif pada peringkat sebuah website di hasil pencarian Google.

4. Tingkatkan User Experience

Pentingnya peningkatan user experience (pengalaman pengguna) dalam membangun kepercayaan pada website affiliate marketing tidak bisa diabaikan. Ketika membangun sebuah website, kamu perlu memperhatikan penyusunan navigasi yang mudah dipahami oleh pengguna. Navigasi yang nyaman akan memberikan user experience yang lebih menyenangkan dan efisien bagi pengunjung.

Selain itu, keberhasilan dalam memberikan informasi yang relevan juga menjadi kunci utama dalam membangun trustworthiness. Konten yang tepat, informatif, dan sesuai dengan kebutuhan pengunjung akan membantu memperkuat citra positif sebuah website affiliate marketing.

Selain aspek navigasi dan konten, mengoptimalkan loading speeds (kecepatan memuat) pada website juga menjadi faktor penting. Loading speeds yang optimal menciptakan user experience yang nyaman dan mengurangi risiko pengunjung meninggalkan website karena loading yang lambat.

5. Gunakan Kualitas Gambar yang Baik

Pentingnya penggunaan kualitas gambar yang baik menjadi elemen penting dalam membangun kepercayaan pada website. Ketika merancang sebuah website, perhatian khusus pada pemilihan dan penempatan gambar memiliki dampak signifikan terhadap kesan keseluruhan yang diterima oleh pengunjung.

Menggunakan gambar berkualitas tinggi tidak hanya meningkatkan estetika visual sebuah website, tetapi juga menciptakan tampilan profesional yang dapat menambah kepercayaan pengunjung. Gambar yang jelas dan relevan dapat memberikan dukungan visual yang kuat pada konten, memperkaya user experience, dan membantu menyampaikan informasi dengan lebih efektif.

6. Utamakan Konten Edukasi

Dalam website affiliate marketing, pengunjung cenderung mencari nilai tambah dari website itu sendiri. Dengan memberikan konten yang informatif, mendidik, dan revelan, sebuah website tidak hanya menjadi sumber referensi yang berharga, tetapi juga meningkatkan kepercayaan dengan pengunjung.

Konten edukasi membantu pengunjung memahami topik yang terkait produk atau layanan dengan lebih baik, sehingga pengunjung dapat membuat keputusan yang informasional, dan mengapresiasi nilai tambah yang diberikan oleh website kamu.

Oleh karena itu, dalam upaya membangun trustworthiness, fokus pada konten edukasi menjadi salah satu kunci untuk menciptakan hubungan yang baik dengan pengunjung, dan meningkatkan kepercayaan terhadap informasi yang disajikan oleh website affiliate marketing tersebut.

7. Lengkapi Informasi Author

Pentingnya melengkapi informasi tentang author (penulis) menjadi aspek penting lain dalam membangun kepercayaan pada website. Dengan memberikan informasi terperinci tentang latar belakang, kredensial, dan pengalaman penulis, sebuah website tidak hanya memberikan transparansi kepada pengunjung, tetapi juga meningkatkan kepercayaan terhadap informasi yang disajikan.

Identitas yang jelas dari penulis mengundang rasa kepercayaan dari pengunjung, membuat mereka lebih nyaman untuk mengambil informasi yang diberikan dari website kamu. Selain itu, informasi author juga memberikan wawasan tambahan kepada pengunjung mengenai keahlian dan pengetahuan yang dimiliki oleh penulis, sehingga menambah nilai kepercayaan pada konten yang diberikan.

Oleh karena itu, melengkapi informasi author bukan hanya sekedar langkah administratif, melainkan strategi penting dalam memperkuat trustworthiness dan membangun hubungan yang lebih baik antara website affiliate marketing dan pengunjungnya.

Jika kamu ingin memperoleh lebih banyak informasi, panduan, atau tips seputar affiliate marketing lainnya, digital marketing, e-commerce, SEO yang bermanfaat bagi kamu, pastikan untuk membaca artikel-artikel ACCESSTRADE lain di website kami.

Selain itu, ACCESSTRADE Indonesia juga memiliki grup Telegram yang menjadi wadah bagi para affiliator untuk mendapatkan informasi terkini seputar dunia affiliate marketing. Yuk, jangan lewatkan kesempatan bergabung dengan komunitas kami, langsung klik tautan di bawah ini ya!


Gabung Grup Telegram Kami Disini!

 

Artikel ini telah direview oleh: 

  • Muhammad Harist Abduh Nazili sebagai SEO Specialist di Accesstrade
  • Rizky Setyo sebagai Penanggung Jawab Content di Accesstrade
Rizki Setyo

Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.

Artikel Terkait
Sulit mendapatkan uang dari Adsense Youtube? Ada cara lain untuk mendapatkan uang dari Youtube. Berikut 6cara dapat uang dari youtube selain adsense
search engine optimization
Cara Kerja Search Engine yaitu dengan melewati beberapa tahapan proses seperti Crawling, Indexing dan Ranking. Simak ulasan lengkapnya disini!
Spesifikasi video tiktok yaitu memiliki dimensi dan resolusi 1080 x 1920, ukuran max file 287-an mb (ios) dan 72 mb (android), format video .mp4 dan .mov
Kesalahan yang perlu dihindari saat menjadi influencer affiliate yaitu fokus pada jumlah followers, tidak ada content plan dan simak ulasan lengkapnya disini!
Panduan mengenai berapa ukuran rasio dan resolusi untuk feed, reels, IGTV, dan stories pada instagram serta tipsnya. Simak ulasan lengkapnya disini!
search engine optimization
Berikut ulasan mengenai pentingnya memperhatikan tone saat menulis artikel affiliate beserta tips dan jenis tone penulisan. Simak ulasan lengkapnya disini!