Panduan Komprehensif Menyusun Meta Description yang Efektif

Panduan Komprehensif Menyusun Meta Description yang Efektif

Admin
search engine optimization Dec 22, 2023
SHARE ON
1704168615_meta-deskripsi.jpg

Dalam dunia search engine optimization (SEO), meta description sering kali dianggap sebagai elemen sekunder yang tidak mempengaruhi peringkat suatu halaman. Namun, seperti yang akan kita bahas dalam artikel ini, walaupun bukan faktor peringkat, meta description memainkan peran yang krusial dalam mengundang pengguna untuk mengklik dan menjelajahi konten situs web. Mari kita telisik lebih dalam mengapa meta description penting untuk SEO dan bagaimana penulisan yang tepat dapat meningkatkan daya tarik dan performa halaman web Kamu.

1. Mengapa Meta Description Penting untuk SEO

Meta description sering kali menjadi aspek yang diabaikan oleh banyak blogger dan penulis konten ketika berbicara tentang faktor SEO. Terlepas dari kepercayaan bahwa meta description tidak mempengaruhi peringkat suatu halaman, penting untuk diingat bahwa hal ini sebenarnya bukanlah faktor penentu dalam algoritma search engine. Faktanya, internal link ini dapat memberikan perspektif lebih mengenai peran meta description dalam SEO 

Baca Juga: Apakah Meta Description Merupakan Salah Satu Ranking Faktor di Search Engine?

Meskipun bukanlah faktor peringkat, meta description tetap memiliki peran yang signifikan dalam meningkatkan kinerja halaman web Kamu. Penulisan meta description yang unik dapat menjadi kunci untuk menghasilkan klik, traffic, dan potensial conversion. Meta description adalah potongan ringkas tetapi kuat yang muncul di hasil pencarian, memberikan gambaran singkat kepada pengguna mengenai isi halaman. 

Panduan terbaik dari Google dalam penulisan meta description menyarankan penggunaan tag meta description tidak hanya untuk merangkum konten halaman web, tetapi juga untuk meyakinkan pengguna bahwa kontennya sesuai dengan apa yang mereka cari.

Dalam SEO, tujuannya adalah mendudukkan situs di puncak hasil pencarian. Keberhasilan meta description dalam SEO terletak pada kemampuannya mengubah peringkat teratas menjadi keberhasilan dengan meyakinkan pengguna untuk mengklik halaman web.

2. Bagaimanakah Menulis Meta Description yang Ideal menurut Google

Meta description bisa memiliki panjang yang beragam, tetapi penting untuk diingat bahwa Google hanya akan menampilkan antara 155 hingga 160 karakter secara total. Jika melebihi batas ini, Google akan memotongnya. Tentu saja, kamu ingin meta description kamu dapat menggambarkan kontenmu dengan baik, memberikan nilai tambah, dan mendapatkan klik. Untuk itu, kamu perlu kreatif dalam pemilihan kata-kata.

Di hasil pencarian Google, ini bisa ditampilkan:

Meskipun Google tidak menentukan batasan tertentu, mereka mendorong meta description yang singkat, tidak melebihi satu paragraf. Para SEO expert menyarankan untuk mematuhi batas tertentu berdasarkan tampilan Google. 

Standar HTML W3C menyatakan tidak ada batasan tertentu, memungkinkan "string bebas." yang berarti tidak ada aturan tentang seberapa banyak teks yang digunakan. 

Jika mengikuti apa yang disarankan oleh Google, maka panjang ideal meta description dapat dikatakan sesuai sepanjang yang diperlukan untuk merangkum halaman web secara akurat tetapi tidak lebih dari satu paragraf singkat.

Best Practice Tips untuk Membentuk Meta Description

3.1 Lakukan Riset Kompetitor

Tidak peduli industri kamu, melakukan riset SERP (search engine result page) memungkinkan kamu untuk mengamati strategi kompetitor, sehingga dapat memberikan inspirasi untuk meningkatkan meta description kamu. Dengan ini, kamu akan memahami penulisan meta description kompetitor sebelum menerapkannya pada kontenmu, sehingga mendapatkan banyak insight demi pendekatan yang optimal.

Langkah pertama dalam riset SERP adalah menyelidiki hasil pencarian untuk kata kunci yang dituju. Meskipun memerlukan waktu, ini memberikan gambaran lengkap tentang apa yang dilakukan kompetitor, karena mereka seringkali menerapkan teknik yang efektif. Selanjutnya, riset kompetitor membantu kamu memahami strategi mereka, dimana hal ini memberikan pandangan langsung tentang praktik-praktik yang bisa kamu terapkan untuk kebutuhan brand-mu.

Pentingnya riset ini juga tercermin dalam langkah ketiga, di mana informasi dikumpulkan dalam spreadsheet untuk pemantauan yang mudah. Kamu bisa juga menggunakan ekstensi SEO Quake di Google chrome, dengan ini proses pengumpulan data dari hasil pencarian dapat dilakukan secara cepat dan efisien. Pendekatan ini memungkinkan kamu untuk terus memantau kompetitor dengan biaya yang efisien, memberikan peluang untuk improvement yang berkelanjutan.

3.2 Gunakan Kalimat Aktif dan Sesuaikan dengan Tone Brand

Kalau kamu melihat meta description sebagai undangan untuk mengunjungi halamanmu, kamu harus memikirkan pengguna dan motivasi mereka untuk mengunjungi halamanmu. Pastikan deskripsimu tidak membosankan, sulit, atau terlalu samar. Orang perlu tahu apa yang mereka dapat jika mengunjungi halamanmu.

Contoh dalam gambar di bawah ini adalah deskripsi yang sebaiknya kamu usahakan tulis. Ia aktif dan berbicara secara langsung. Kamu tahu apa yang akan kamu dapatkan jika mengklik tautan itu!


Screenshot menggunakan Extension Chrome, SEO Meta in 1 Click

3.3. Sertakan Keywords yang Dicari oleh Audience

Jika keyword pencarian cocok dengan sebagian teks dalam meta description, Google akan lebih cenderung untuk menggunakannya dan menyorotnya dalam hasil pencarian. Namun, harus diingat agar pendekatan ini tidak berakhir sebagai keyword stuffing (memasukan kata kunci secara berlebihan). Sebaiknya, integrasikan keyword dengan cara yang alami dan relevan dengan konten, tanpa memberikan kesan terlalu fokus pada optimalisasi keyword. Hal ini bertujuan untuk memberikan deskripsi yang informatif, menarik perhatian, serta keaslian pesan yang ingin disampaikan.

3.4. Sesuaikan dengan Search Intent

Sebuah meta description yang baik meyakinkan orang bahwa halaman Kamu menyajikan solusi terbaik untuk pertanyaan mereka. Namun, untuk menjadi hasil terbaik, Kamu harus tahu apa yang orang cari. Apa search intent mereka? Apakah mereka mencari jawaban untuk suatu pertanyaan? Jika ya, pastikan kamu memberikan jawaban yang paling lengkap. Apakah mereka mencari produk? Tuliskan apa yang membuat produk Kamu unggul dan mengapa mereka sebaiknya membelinya di toko Kamu.

Meta description yang terlalu umum dan penuh dengan frasa klise seperti "mesin cuci terbaik" dan bahasa penjualan lainnya mungkin membuat calon pelanggan enggan.

Penting untuk memberikan keyakinan bahwa hasil Kamu adalah sesuatu yang memuaskan intensi mereka untuk pertanyaan tersebut. Kamu ingin membicarakan tentang apa yang sebenarnya dicari pembaca, bukan mencoba meyakinkan mereka untuk masuk ke dalam alur penjualan.

3.5. Sertakan Call to Action

Menggunakan call to action (CTA) dalam meta description dapat menjadi dorongan yang kuat bagi pengguna untuk mengklik halaman Kamu. CTA memainkan peran penting dalam menjelaskan apa yang Kamu tawarkan dan menetapkan harapan bagi pembaca setelah mengklik. Pada e-commerce, penting untuk menyesuaikan pendekatan berdasarkan motivasi dibalik pencarian pengguna.

Sebagai contoh, jika seseorang mencari istilah yang lebih umum seperti sepatu wanita, kemungkinan besar akan muncul banyak halaman kategori dalam peringkat. Pengguna sering menggunakan halaman kategori untuk menjelajah, berbeda dengan halaman produk di mana mereka melakukan pembelian. Sesuaikan call to action Kamu dengan niat pengguna.

Berikut beberapa contoh CTA yang efektif untuk e-commerce:

  • Lihat penawaran

  • Beli sekarang

  • Check out sekarang

  • Tambahkan ke keranjang

3.6 Buatlah Seunik Mungkin

Jika meta description Kamu sama dengan deskripsi untuk halaman lain, pengalaman pengguna di Google akan terganggu. Meskipun Google tidak akan secara aktif memberikan konsekuensi atas duplikasi meta description, ini masih merugikan untuk SEO. Mengapa? Jika Kamu memiliki banyak deskripsi yang identik, mesin pencari dapat menandai beberapa konten Kamu sebagai rendah kualitas atau redundant, sehingga mempengaruhi peringkat Kamu. Sebagai gantinya, buatlah deskripsi yang bermakna, mudah dipahami, dan deskriptif seolah-olah itu adalah presentasi singkat untuk postingan blog Kamu.

3.7 Pastikan Meta Description Sesuai dengan Topic yang Dibahas

Ini penting. Google dapat mendeteksi upaya untuk menipu pengunjung dengan memanipulasi meta description agar mendorong klik pada blog Kamu. Melibatkan diri dalam praktik seperti itu dapat berpotensi untuk mendapat konsekuensi dari google. Selain itu, deskripsi yang menyesatkan berkontribusi pada peningkatan bounce rates dan mengikis kepercayaan pada perusahaan Kamu. Oleh karena itu, memastikan bahwa meta description sesuai dengan konten pada halaman adalah suatu keharusan.

3. Contoh Penulisan Meta Description

Penasaran bagaimana deskripsi meta yang luar biasa seharusnya terlihat?

Lihatlah beberapa contoh:

Contoh Meta Description 1

Contoh Meta Description 2

Screenshot from Google Search Central, September 2022

Kesuksesan yang bervariasi dengan berbagai jenis meta description mungkin terjadi di berbagai industri. A/B testing, evaluasi hasil, dan penyesuaian berdasarkan hasil tersebut sangat penting dalam konteks ini.

Sebagai seorang affiliate, meta description yang efektif dapat menjadi alat utama untuk menarik perhatian target audiens dan mengarahkan mereka dengan link afiliasi yang relevan. Dengan memahami betul kebutuhan dan keinginan audiens, kamu dapat fokus pada elemen-elemen seperti penekanan benefit produk, tawaran eksklusif, atau keunikan yang dapat menjadi daya tarik khusus bagi audiens.

Dengan memenuhi kriteria yang disebutkan di atas, Kamu akan berada di jalur yang tepat untuk mengoptimalkan halaman dan akan segera melihat manfaat peningkatan traffic dan penjualan yang lebih tinggi.

Tertarik dengan konten-konten seperti ini? Yuk, gabung komunitas kami untuk dapatkan informasi terbaru seputar dunia affiliate marketing, klik tautan dibawah untuk bergabung ke grup telegram sekarang! 

Gabung Grup Telegram Kami Disini!

 

Artikel ini telah direview oleh: 

  • Muhammad Harist Abduh Nazili sebagai SEO Specialist di Accesstrade
  • Rizky Setyo sebagai Penanggung Jawab Content di Accesstrade

Sumber Feature Image: Freepik

Semua Screenshot di ambil oleh tim konten accesstrade pada Desember 2023

Rizki Setyo
Content Author
Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.
Artikel Terkait