Modus Penipuan yang Mengatas Namakan Lazada Affiliate dan Cara Mengantisipasinya

Admin
affiliate marketing Jan 30, 2023
1686583726_cara-hindari-kesalahan-di-program-affiliate-lazada-yang-bikin-boncos-1.jpg

Menjalankan program afiliasi Lazada bisa menjadi sumber pendapatan yang menjanjikan jika dilakukan dengan benar. Namun, ada beberapa skenario penipuan yang mungkin dihadapi baik oleh pembeli, influencer, maupun penjual. Memahami bagaimana modus penipuan ini beroperasi adalah langkah penting untuk mengantisipasi dan menghindari kerugian.

Daftar Isi

Jenis-Jenis Modus Penipuan yang Mengatas Namakan Lazada Affiliate Berdasarkan Targetnya

Terdapat beberapa modus penipuan yang berbeda berdasarkan targetnya. Modus penipuan ini berbeda-beda antara pelanggan, affiliate marketer (influencers atau bloggers), serta seller atau advertiser. Berikut ini adalah ulasan secara mendalam yang akan membantu kita dalam memahami bagaimana modus penipuan yang sering terjadi serta pencegahannya

1. Modus Penipuan Afiliasi Lazada yang Perlu Diwaspadai oleh Customer

Salah satu modus penipuan yang sering terjadi adalah pelanggan dicoba untuk dipaksa membeli produk dengan janji akan mendapatkan komisi atau bonus setelah membeli produk tertentu. Modus ini biasanya dilakukan oleh individu atau grup yang mengaku sebagai bagian dari Lazada Affiliate Program, namun sebenarnya bukan.

Cara Antisipasi yang Dapat Dilakukan oleh Customer

Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan oleh customer atau buyer untuk menghindari penipuan yang mengatas namakan Lazada Affiliate

A. Konfirmasi Informasi

Selalu konfirmasikan informasi tentang bonus atau komisi yang dijanjikan dengan tim resmi Lazada. Ini akan membantu memvalidasi klaim dan mencegah penipuan.

B. Edukasi Diri

Pahami bagaimana cara kerja Lazada Affiliate. Dalam sistem afiliasi, komisi diberikan kepada pemasar afiliasi yang merekomendasikan produk, bukan kepada pembeli.

C. Hindari Perintah dari Orang Tidak Dikenal

Jangan pernah melakukan transaksi di bawah tekanan dari siapapun. Ini adalah tanda umum dari taktik penipuan.

2. Modus Penipuan Afiliasi Lazada yang Perlu Diwaspadai oleh Seller atau Advertiser

Penjual atau pengiklan harus waspada terhadap upaya penipuan dimana pemasar afiliasi mencoba memanipulasi atau mengakali sistem untuk mendapatkan komisi afiliasi tanpa harus melakukan penjualan yang sebenarnya.

Cara Antisipasi yang Dapat Dilakukan oleh Seller atau Advertiser

Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan oleh seller atau advertiser untuk menghindari penipuan yang mengatas namakan Lazada Affiliate

A. Validasi Proses Afiliasi

Memvalidasi proses afiliasi yang terjadi adalah langkah penting untuk mencegah penipuan. Ini melibatkan pengecekan tautan afiliasi dan penjualan yang terkait.

B. Gunakan Fitur Fraud Shield

Accesstrade menawarkan fitur shield penipuan yang membantu melindungi proses afiliasi dari indikasi penipuan. Memanfaatkan fitur ini akan menambah lapisan proteksi tambahan terhadap penipuan.

C. Lakukan Audit Berkala

Melakukan audit berkala pada aktivitas afiliasi dapat membantu mendeteksi dan mencegah penipuan sejak dini.

3. Modus Penipuan Lazada Affiliate yang Perlu Diwaspadai oleh Affiliate Marketer (Influencers atau Bloggers)

Para Influencer atau Blogger sering kali merasa tertipu karena cara mencairkan komisi Lazada Affiliate yang kurang informatif dan transparan atau tiba-tiba terhenti tanpa alasan yang jelas. Selain itu, ada kasus dimana komisi dibatalkan atau ditahan oleh Lazada dengan alasan pembatalan atau pengembalian pesanan yang dilakukan oleh customer.

Cara Antisipasi yang Dapat Dilakukan oleh Affiliate Marketer (Influencers atau Bloggers)

Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan oleh influencer atau blogger untuk menghindari penipuan yang mengatas namakan Lazada Affiliate

A. Pemantauan Kinerja

Manfaatkan dashboard publisher di Accesstrade untuk memantau kinerja afiliasi Anda. Ini akan membantu memahami konversi dan pendapatan yang dihasilkan.

B. Komunikasi dengan Lazada

Jaga komunikasi terbuka dengan tim support Lazada untuk mengklarifikasi segala bentuk ketidakjelasan dan mendapatkan pembaruan mengenai peraturan program afiliasi.

C. Dokumentasi

Simpan semua dokumentasi terkait kinerja afiliasi dan komunikasi dengan Lazada sebagai bukti jika terjadi masalah di kemudian hari.

Baca Juga: Panduan Cara Daftar Lazada Affiliate Program Terupdate!

Kelebihan dan Kekurangan Lazada Affiliate Program

Lazada menawarkan cara mudah untuk mendapatkan keuntungan dari situs web serta aplikasi Kamu melalui program afiliasinya. Komisi yang bisa Kamu peroleh bisa sampai 10% sesuai dengan kategori produknya dan akan diperoleh untuk setiap pesanan yang berhasil.

Kelebihan Affiliate Lazada

Ini beberapa alasan mengapa program affiliate Lazada bisa menjadi salah satu pilihan yang menarik untuk dipilih.

  1. Pendaftaran affiliate Lazada yang mudah serta aktivasi dalam waktu yang cepat.
  2. Hasilkan komisi yang besar.
  3. Laporan statistik afiliasi yang real time.
  4. Teknologi marketing afiliasi yang canggih.
  5. Dukungan profesional untuk menunjang keperluan program afiliasi.
  6. Sudah ada 6M USD lebih yang diberikan ke para afiliasi di tahun 2015.

Kekurangan Lazada Affiliate

Nah selain banyak kelebihan, tentunya ada sedikit kekurangan dari Lazada affiliate program, seperti:

1. Membutuhkan kesabaran dan konsistensi

Model bisnis ini membutuhkan kesabaran serta kerja keras, agar produk yang ditawarkan dapat sukses diterima.

2. Kompetisi yang tinggi

Oleh karena semakin populer, maka persaingan juga semakin besar dengan berbagai produk yang menggunakan model bisnis ini.

3. Teliti dalam membaca ketentuan program campaign

Setiap kategori produk memiliki persentase komisi yang berbeda-beda, pastikan cermat dalam memahami ketentuan campaign agar bisa mendapatkan komisi yang maksimal

Kesimpulan

Pelanggan dapat mengabaikan perintah untuk melakukan transaksi yang meragukan dan mencoba mengkonfirmasikannya dengan tim Lazada. Penjual atau pengiklan tidak perlu khawatir tentang berbagai tindakan penipuan karena di Accesstrade ada fitur shield buah dan otoritas penuh untuk melakukan validasi. Influencers atau bloggers tidak perlu khawatir tentang komisi karena mereka dapat melihat kinerja dan proses pembayaran di dashboard Accesstrade.

Sudah terjawab semua keraguan dan mulai tertarik untuk mendapatkan banyak keuntungan dari Lazada Affiliate? Klik link berikut untuk daftar menjadi affiliate marketer dengan banyak komisi di Social Media Affiliate Marketing untuk Influencer

Rizki Setyo

Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.

Artikel Terkait
Sulit mendapatkan uang dari Adsense Youtube? Ada cara lain untuk mendapatkan uang dari Youtube. Berikut 6cara dapat uang dari youtube selain adsense
search engine optimization
Cara Kerja Search Engine yaitu dengan melewati beberapa tahapan proses seperti Crawling, Indexing dan Ranking. Simak ulasan lengkapnya disini!
Spesifikasi video tiktok yaitu memiliki dimensi dan resolusi 1080 x 1920, ukuran max file 287-an mb (ios) dan 72 mb (android), format video .mp4 dan .mov
Kesalahan yang perlu dihindari saat menjadi influencer affiliate yaitu fokus pada jumlah followers, tidak ada content plan dan simak ulasan lengkapnya disini!
Panduan mengenai berapa ukuran rasio dan resolusi untuk feed, reels, IGTV, dan stories pada instagram serta tipsnya. Simak ulasan lengkapnya disini!
search engine optimization
Berikut ulasan mengenai pentingnya memperhatikan tone saat menulis artikel affiliate beserta tips dan jenis tone penulisan. Simak ulasan lengkapnya disini!