ACCESSTRADE Indonesia

Bisnis Online Affiliate, Pengertian Lengkap serta Tips Jitu Sampai Cuan

Admin
affiliate marketing Nov 25, 2022

Baca Juga: Autocuan, Ini Cara Daftar Afiliasi Niagahoster & Dapatkan Komisi Hingga 70%!

Pernahkah kamu bermimpi, saat tertidur dan bermimpi indah tapi uang selalu mengalir kepadamu? Jika kamu mengikuti bisnis afiliasi online, maka mimpi itu akan menjadi nyata!

Lewat bisnis Affiliate Marketing, uang bisa masuk ke dompetmu saat rebahan hanya bermodalkan internet. Selain itu, bisnis afiliasi online juga sedang digandrungi para kawula muda. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Affiliate Marketing, simak penjelasannya di bawah yuk!

Daftar Isi

affiliate marketer

Apa itu bisnis Affiliate Marketing?

Affiliate marketing adalah salah satu strategi  pemasaran secara online dengan tujuan mempromosikan produk milik atau yang ada pada Merchant. Menurut KBBI, kata Afiliasi adalah pertalian, perhubungan, atau suatu bentuk kerja sama antarpihak.

Pada umumnya, ada tiga pihak yang terlibat dalam bisnis online Affiliate Marketing, yaitu Merchant, Affiliate Marketer, dan Pelanggan.

Merchant

Biasanya, pihak ini dikenal sebagai kreator atau brand. Merchant memiliki hak dan kendali atas kepemilikan produk yang akan dipromosikan oleh Affiliate Marketer.

Selain itu, Merchant biasanya yang menentukan berapa komisi yang akan diberikan bagi para Affiliate Marketernya. Komisi bisa digolongkan berdasarkan kategori produk atau jenis produk tersendiri,

Affiliate Marketer

Pihak ini mempunyai peran untuk mempromosikan produk milik Merchant. Selain itu, Affiliate Marketer juga biasanya merupakan seorang blogger, influencer, seseorang yang memiliki banyak pengikut di media sosial, atau perusahaan yang berfokus di bidang Affiliate Marketing.

Mereka nantinya harus mempromosikan produk dari link khusus Affiliate Marketer dengan semenarik mungkin agar para audiensnya tergiur untuk membeli.

Pelanggan

Yang terakhir, pihak Pelanggan merupakan orang atau target audiens yang akan membeli produk Merchant melalui link Affiliate Marketer. Biasanya, Pelanggan juga merupakan pengikut media sosial Affiliate Marketer.shopee

Contoh Perusahaan yang menyediakan afiliasi marketing

Untuk mendalami lebih jauh mengenai bisnis online Affiliate Marketing, ada baiknya jika kamu mengetahui bahwa di Indonesia ada banyak perusahaan atau Merchant yang membuka peluang bagi para Affiliate Marketer untuk menjadi anggotanya.

Mulai dari Aplikasi toko online (E-commerce), perusahaan Affiliate seperti Accestrade, hingga Hosting memiliki program campaign Affiliate Marketing.

Toko Online (E-commerce)

Siapa yang tak suka belanja online? Selain belanja mengeluarkan uang, kamu juga bisa mendapatkan uang dari aplikasi toko online dengan bergabung menjadi anggota Affiliate Marketing nya.

Contoh Affiliate Marketing yang kamu bisa ikuti adalah Shopee, Tokopedia, Blibli, Zalora, dan masih banyak lagi. Komisi yang ditawarkann tiap toko online berbeda-beda. Mulai dari 2% hingga 10% tergantung kepada penjualan produk.

Platform Affiliate Marketing Accestrade

Accestrade merupakan sarana bagi kamu yang ingin memulai bisnis menjadi Affiliate Marketer. Perusahaan yang sudah berdiri sejak 1999 ini sudah melebarkan sayapnya sejak 2012 di Kawasan Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, Singapura, Vietnam, dan Thailand.

 Tujuan dari perusahaan Accestrade ini adalah aagar jumlah advertiser mudah ditemui oleh publisher dan membantunya menemukan campaign yang menarik.

Hingga saat ini, ada 30.000 publisher yang dimiliki Accestrade, mereka adalah orang-orang yang siap untuk mempromosikan produk milik Merchant.

Jika kamu ingin mengikuti program bisnis online Affiliate Marketing, maka Accestrade merupakan platform yang tepat karena di sini kamu bisa menemukan banyak sekali Merchant dan mengelolanya dalam satu website.

Amazon Associates

Tak hanya Shopee Affiliates Program, Amazon juga mempunyai program Affiliate Marketing yang disebut Amazon Associates.

Para afiliator akan memasang iklan di situs online mereka. Jika ada orang yang tertarik dan bertransaksi melalui iklan tersebut, maka afiliator akan mendapatkan komisi hingga 10%.

Sama dengan platform lainnya, program Amazon Associates dibuka lebar untuk siapapun yang memenuhi kualifikasi dari Amazon.

Saat mendaftar program ini, Amazon akan melakukan pengecekan untuk menyeleksi dan menerima Anda sebagai anggota Amazon Associates.

clickbank

ClickBank

ClickBank merupakan marketplace yang menyediakan program Affiliate Marketing. Perusahaan ini memiliki ribuan produk pilihan yang bisa dipromosikan dengan komisi yang berbeda tiap penjualannya.

Affiliate Marketer bisa memilih produk mana saja yang akan dipromosikan. Yang membuat ClickBank banyak diminati oleh Affiliate Marketer adalah komisinya yang bikin ngiler, yaitu yang terbesar adalah 75%. Pendaftaran di ClickBank juga mudah untuk dilakukan.

Berapa komisi dari bisnis online Affiliate Marketing?

Menjadi Affiliate Marketer, temtu kamu akan dibayar. Pada umumnya, pencairan dana atau komisi dilakukan setiap tanggal 25 – 31 per bulannya. Sekilas, bisnis afiliasi online ini seperti sedang berjualan online.

Namun, sistem Affiliate Marketing berbeda dengan reseller atau orang yang berjualan online (online shop). Salah satu yang membedakannya adalah komisi yang didapatkan sebagai Affiliate Marketer beragam, tergantung kepada jenisnya.

CPC (Cost per Click)

Jenis komisi pertama adalah CPC atau lebih lengkapnya Cost per Click. Komisi ini mengharuskan orang untuk mengklik link unik kamu.

Biasanya, link tersebut akan mengarahkan ke sebuah landing page milik Merchant. Jenis ini melihat kualitas atau jumlah klik, sehingga komisi yang akan didapat adalah berdasarkan berapa banyak orang yang meng-klik.

CPS (Cost per Sale)

Jenis komisi yang kedua adalah CPS atau Cost per Sale. Kamu akan mendapat komisi ketika mempromosikan produk dan orang membeli produk tersebut melalui link unikmu.

Tantangan sebagai Affiliate Marketer ketika mendapatkan campaign dengan sistem komisi CPS adalah harus membuat orang tergiur akan produk yang dipromosikan.

Jumlah komisi yang akan kamu dapat beragam, bergantung kepada kategori produk atau kebijakan Merchant.

CPA (Cost per Acquisition)

Ketiga, CPA atau Cost per Acquisition adalah jenis komisi yang mengharuskan Affiliate Marketer lebih rajin dan bisa jadi menggunakan sistem hard selling.

Hal ini dikarenakan Affiliate Marketer harus menuntun orang untuk berbuat lebih dari sekadar klik. Misalnya, kamu akan mendapatkan komisi jika ada orang yang mendownload dan mendaftar di sebuah aplikasi melalui link unik milikmu.

CPL (Cost per Lead)

Selanjutnya, ada jenis komisi CPL atau Cost per Lead. Kamu akan mendapatkan komisi jika orang melakukan sesuatu untuk program Merchant yang sedang berjalan. Sebagai contoh, orang harus mengisi sebuah form hingga mendownload file tertentu.

Cost per Unique Click

Jenis komisi ini tidak terlalu jauh dengan CPC (Cost per Click) karena mengharuskan orang untuk mengklik di bagian tertentu. Misalnya, mengklik link tautan, like dan share,  atau bagian halaman profil.share

Perbedaan bisnis affiliasi marketing dan jualan online

Secara dasar, Affiliate marketing hampir mirip dengan berjualan online karena harus mempromosikan produk agar laku terjual.

Meskipun begitu dan sama-sama menggunakan platform online, terdapat perbedaan antara bisnis Affiliate marketing dan berjualan online.

Cara Kerja

Perbedaan mencolok antara berjualan online dengan bisnis Affiliate Marketing adalah dari sistem kerjanya.

Berjualan online mengharuskan kamu memiliki suatu produk untuk dijual dan mempromosikan dengan tujuan mendapat laba dari penjualan produk tersebut.

Sedangkan Affiliate Marketing tidak perlu memiliki produk untuk dijual karena kamu akan menjual produk yang sudah tersedia dari Merchant melalui link khusus yang dikustomisasi. Kemudian, transaksi dari pembeli akan terdeteksi dan tercatat berapa yang menggunakan linkmu.

Komisi atau keuntungan

Selain cara kerja, perbedaan kedua adalah komisi atau untung yang didapat. Jika berjuakan online, maka keuntungan bersih didiapat dari total pendapatan dikurangi total pengeluaran.

Sedangkan untuk Affiliate Marketing, komisi didapat bergantung kepada Merchant. Beda kategori produk bisa berbeda komisinya. Misalnya, jika ada orang membeli produk susu dari link milikmu, komisinya adalah 5% dari harga penjualan produknya.

Selain itu, biasanya komisi bisnis online Affiliate marketing baru bisa diambil pada tanggal 25 – 31 setiap bulannya.

Lebih fleksibel dan tidak terikat

Menjual barang secara online tentu mempunyai target atau pencapaian penjualan tersendiri. Berbeda dengan Affiliate Marketing, jika ingin mendapatkan pendapatan besar maka harus rajin mempromosikan produk, begitu pun sebaliknya.

Hal tersebutlah mengapa Affiliate Marketing mempunyai jadwal kerja yang fleksibel dan tidak terikat. Sebagai Affiliate Marketer juga kamu tidak perlu repot-repot untuk melayani pelanggan karena tugasmu adalah mempromosikan produk.

Selain itu, kamu bisa menjalankan bisnis Affiliate Marketing kapan saja dan di mana saja. Kamu hanya perlu menjalankan strategi bisnis yang sudah dibuat.

Modal

Siapa orang yang tak mau mendapatkan pundi-pundi rupiah secara cuma-cuma alias tanpa modal? Perbedaan terakhir antara bisnis online Affiliate Marketing dengan berjualan online adalah dari segi modal.

Berjualan online tentu harus mempunyai modal untuk membeli stok barang dan akomodasi lain-lain. Belum lagi jika akan memakai jasa KOL (key opinion leader) untuk mempromosikan barangnya, tentu perlu merogoh kocek yang sangat besar.

Namun jika kamu menjadi Affiliate Marketer, kamu tidak perlu mengeluarkan modal apapun. Cukup dengan smartphone yang kamu punya dan jaringan internet kamu sudah bisa mempromosikan produk. Hal ini tentu bisa kamu jadikan bahan pertimbangan bisnis online apa yang kamu mau jajal.

Setelah mengetahui bisnis online Affiliate Marketing dan tips jitunya, kamu bisa memulai untuk mendaftarkan diri. Namun, agar kamu bisa mencicipi seluruh campaign affiliate milik banyak perusahaan, baiknya kamu coba mendaftar di Accestrade. Klik untuk daftar.

Baca Juga: Cari Uang Sambil Berpetualang, Yuk Ikutan Cara Daftar Affiliate Traveloka!

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program di mana Anda mempromosikan produk atau layanan perusahaan atau merek dan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian. Jumlah komisi yang Anda terima bervariasi berdasarkan persentase produk dan harga jual.
Jan 07, 2023
how to
Setelah Anda bergabung sebagai Affiliate Marketer di Tokopedia, Anda harus mempunyai strategi dalam mempromosikan produk yang Anda jual pada platform media sosial pribadimu. Hal ini menjadikan keuntungan untuk Anda jika hal ini berhasil,
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Saat ini, TikTok telah berkembang menjadi platform ecommerce. Bahkan TikTok telah membuka kemungkinan kepada pengguna untuk mendapat penghasilan tambahan lewat TikTok Affiliate. Berikut cara membuat affiliate marketing TikTok meraup untung jutaan rupiah.
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program atau perusahaan yang membayar komisi untuk menawarkan dan menjual produk, layanan, atau situs web. Contoh umum dari bisnis Affiliate adalah menggunakan tautan rujukan. Affiliate marketer menempatkan tautan di blog.
Jan 06, 2023