Cara Kerja Shopee Affiliate dari Pendaftaran hingga Dapat Cuan

Cara Kerja Shopee Affiliate dari Pendaftaran hingga Dapat Cuan

Admin
affiliate marketing Dec 12, 2022
SHARE ON
1686713355_cara-kerja-shopee-affiliate-dari-pendaftaran-hingga-dapat-cuan-1.jpg

Shopee Affiliate tengah menjadi cara alternatif untuk mendapatkan penghasilan tambahan bagi para pelajar ataupun ibu-ibu rumah tangga. Hal ini didukung karena program affiliate dapat diikuti oleh siapapun, dengan syarat sudah mempunyai akun shopee dan media sosial pribadi.

Melalui program shopee ini, Anda bisa mempromosikan berbagai produk shopee di setiap akun media sosial yang Anda miliki. Untuk mengetahui lebih jelas tentang apa itu shopee affiliate marketing, mari simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Bagaimana Cara Kerja Shopee Affiliate?

Program Afiliasi Shopee adalah program pemasaran di mana individu atau influencer (afiliasi) dapat mempromosikan produk yang dijual di platform Shopee dan mendapatkan komisi dari setiap penjualan yang berhasil direferensikan. Berikut adalah cara kerja Shopee Affiliate:

1. Pendaftaran Shopee Affiliate Program

Untuk menjadi afiliator Shopee ada 2 platform yang dapat Anda gunakan, yang semuanya memerlukan Anda untuk memberikan informasi pribadi, seperti nama, alamat email, dan detail pembayaran. Berikut adalah cara pendaftaran dari kedua platfrom:

Program Afiliasi Shopee secara langsung

Anda mendaftar langsung melalui situs web atau aplikasi Shopee untuk menjadi afiliasi mereka.

Program Shopee Affiliate di jaringan afiliasi

Anda mendaftar melalui jaringan afiliasi yang menawarkan program Shopee Affiliate, seperti di Accesstrace, Commission Junction, Rakuten, atau Impact Radius. Jika Anda tertarik menggunakan platform affiliate network, Anda dapat mempelajari cara daftar affiliate marketing secara lengkap dan mengetahui berbagai progam lainnya.

2. Dapatkan Link Shopee Affiliate

Setelah Anda berhasil mendaftar, Anda akan mendapatkan tautan afiliasi atau kode unik yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan produk di Shopee. Tautan ini akan mengandung ID afiliasi Anda sehingga Shopee dapat melacak penjualan yang berasal dari promosi Anda.

Cara Ambil Link Shopee Affiliate

Bagi Anda yang sudah mendaftar di shopee affiliate marketing dan mengetahui apa itu shopee affiliate marketing, tentu bingung terkait bagaimana cara membagikan  link produk agar kegiatan promosi berlangsung secara maksimal. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Buka Aplikasi Shopee

Langkah pertama, silahkan Anda membuka aplikasi shopee dan carilah produk atau postingan dari toko shopee mall ataupun star seller. Silahkan Anda mengklik menu segi tanda bulat tiga di bagian pojok kanan bawa produk atau postingan. Berikut adalah gambarnya:

Salin Tautan Produk

Setelah Anda berhasil menemukan produk shopee yang ingin dipromosikan dan menekan tombol bagi  maka akan muncul tampilan lain seperti katalog, salin info, sms, dan lain sebagainya. Tugas Anda adalah mengklik tombol salin tautan. Berikut adalah gambarnya.

 

Buka Google Chrome

Selanjutnya, silahkan Anda membuka google chrome dengan tujuan untuk menyalin lagi link produk shopee tadi. Tempelkan link yang sudah Anda salin, seperti gambar berikut.

Buka Shopee Affiliate

Silahkan Anda membuka aplikasi shopee kembali dan ketikkan kalimat shopee affiliates di menu search. Kemudian, silahkan Anda login dengan menggunakan akun shopee affiliate yang sudah terdaftar sebelumnya.

Salin Link

Selanjutnya silahkan klik dan pilih tautan khusus dan tempel link yang sudah Anda copy dari google chrome. Jangan lupa untuk mengetikkan nama produk dan ketikan nama akun media sosial Anda. Jika sudah, klik dapatkan tautan seperti pada gambar di bawah ini.

Salin Tautan Pendek

Langkah terakhir adalah menyalin tautan pendek yang dapat Anda bagikan ke semua akun sosial media Anda. Link tersebut dapat Anda bagikan melalui story WhatsAppp, Instragram Feeds, Facbook, dan berbagai akun sosial media lainnya. Berikut adalah gambarnya.

3. Promosikan Produk

Anda kemudian dapat mempromosikan produk di Shopee menggunakan tautan atau kode afiliasi Anda. Anda bisa membagikannya melalui blog, situs web, media sosial, atau saluran lain yang relevan dengan audiens Anda. Usahakan untuk menargetkan produk yang sesuai dengan minat dan demografi audiens Anda.

4. Pelacakan dan Konversi

Ketika seseorang mengklik tautan afiliasi Anda dan melakukan pembelian di Shopee, transaksi tersebut akan dilacak oleh sistem Shopee. Anda akan menerima kredit untuk penjualan yang berhasil direferensikan, dan informasi ini akan tersedia di dalam dashboard afiliasi Anda.

5. Dapatkan Komisi

Shopee akan membayar Anda komisi berdasarkan penjualan yang berhasil Anda referensikan. Cara menghitung berapa persen komisi shopee affiliate biasanya berdasarkan dari harga jual produk, kategori produk dan toko dengan kategori komisi ekstra. Pembayaran komisi akan dikirimkan ke metode pembayaran yang Anda tentukan selama pendaftaran, seperti rekening bank atau dompet elektronik. Pihak Shopee akan membayar komisi affiliate setiap dua minggun sekali, yaitu pada minggu pertama dan ketiga di setiap bulannya.

Untuk pencairan komisi ini Anda bisa membuka aplikasi terlebih dahulu dan pastikan bahwa koneksi jaringan atau internet Anda lancar. Setelahnya, silahkan Anda membuka akun shopee yang sudah terdaftar di shopee affiliate. Terakhir, klik icon komisi yang ada dibagian bawah, maka jumlah komisi akan dapat dilihat. Anda bisa mencairkan komisi affiliate melalui shopeepay atau transfer rekening jika sudah lebih dari satu juta.

Berapa minimal Shopee Affiliate cair?

Tidak ada tanggal pasti kapan pencairan komisi shopee affiliate dapat Anda lakukan. Akan tetapi, pihak shopee memastikan bahwa komisi pembayaran tetap dilakukan dan akan dicairkan jika komisi Anda sudah terkumpul minimal sebesar Rp 10.000 Rupiah.

Agar komisi Anda dapat dicairkan setiap dua minggu sekali, maka pastikan bahwa komisi yang diperoleh di atas angka 10 ribu. Perlu diingat kembali bahwa komisi akan dicairkan melalui shopeePay. Jadi sangat disarankan untuk mengecek apakah akun shoPeepay Anda sudah aktif atau belum.

6. Monitoring dan Optimalisasi

Terus pantau kinerja promosi Anda melalui dashboard afiliasi. Anda dapat mengoptimalkan strategi pemasaran Anda dengan mencoba promosi produk yang berbeda, menggabungkan teknik pemasaran, dan menyesuaikan pendekatan Anda berdasarkan analisis data.

Ingatlah untuk selalu mematuhi pedoman dan aturan yang ditetapkan oleh Shopee untuk program afiliasinya, serta menjaga kepercayaan dan kredibilitas Anda sebagai afiliasi.

Apa Shopee Affiliate Marketing Bayar Pajak?

Tidak hanya melulu mengetahui apa itu shopee affiliate marketing, Anda juga harus tahu tentang pajak di affiliate satu ini. Tentu terdapat pajak yang harus ditanggung. Oleh karena itu ketika mendaftar, pengguna shopee affiliate diharapkan memasukkan NPWP yang dimiki.

Dilansir dari halam resmi shopee, per tanggal 15 Oktober 2021 pajak yang diberlakukan oleh shopee affiliate adalah pajak progresif. Hal ini sesuai dengan tarif PPh 21 yang didasarkan pada pasa 15 ayat 1, UU Nomor 26 Tahun 2008 tentang pajak penghasilan.  Pemberlakuan pajak komisi ini berlaku bagi para pengguna yang sudah memberikan informasi NPWP. Akan tetapi jika belum, maka tarif pajak yang dikenakan lebh tinggi yaitu sebesar 20 persen dari pajak normal.

Apabila Anda belum mengaktifkan dan melengkapi informasi bank beserta NPWP (opsional). Jangan kahwatir sebab Anda akan dapat menghasilkan komisi. Akan tetapi, pembayarannya ditunda hingga informasi tersebut sudah lengkap (jika nominal kimisi melebihi 1 juta).

Bagaimana Jika Uang di Shopee Affiliate Hilang?

Ketika Anda menggunakan layanan program di sebuah aplikasi, tentu akan menjumpai beberapa permasalahan, begitupun dengan shopee affiliate. Anda jangan kaget ketika mendadak uang komisi di akun shopee affiliate Anda hilang, sebab hal ini dapat terjadi karena beberapa alasan. Diantaranya adalah terdapat pesanan yang tidak valid, adanya periode reset komisi otomatis, dan lain sebagainya.

Apabila Anda mengalami hal ini, jangan takut atau bingung sebab terdapat beberapa cara untuk mengatasinya. Antara lain adalah sebagai berikut.

Pastikan Koneksi Internet

Cara mengatasi permasalahan ini yang pertama adalah Anda dapat mengganti koneksi internet di perangkat ke yang lebih bagus dan stabil. Hal ini dapat bermanfaat sehingga ketika Anda membuka halaman dashboard shopee affiliate tidak mengalami gangguan. Biasanya keterlambatan sinyal internet mengganggu load aplikasi shopee.

Lakukan Refresh Dashboard

Cara mengatasi yang kedua adalah dengan melakukan refresh atau muat ulang pada halaman dashboard shopee affiliate. Cara ini dapat Anda lakukan pada saat Anda gagal update halaman untuk melihat komisi yang barus saja didapatkan, namun sistem shopee belum menambahkannya ke saldo shopee affiliate Anda.

Cek Riwayat ShopeePay

Cara ketiga yang efektif untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan mengecek riwayat transaksi shopeePay yang terhubung dengan akun shopee affiliate Anda. Dengan mengecek riwayat pada shopeePay, maka Anda bisa mengetahui jumlah komisi yang hilang.

Cek Transaksi di Rekening Bank

Selain mengecek riwayat di shopeePay, Anda juga harus mengecek transaksi rekening bank yang sudah terhubung dengan program affiliate. Cara ini juga bertujuan agar Anda tahu berapa jumlah komisi yang hilang pada shopee affiliate.

Kirimkan Email ke Customer Service Shopee

Cara terakhir untuk mengatasi permasalah uang affiliate hilang adalah dengan mengirimkan email ke pihak shopee. Dengan mengirimkan email tersebut, silahkan Anda tanya ke pihak shopee kenapa saldo Anda bisa hilang sehingga nantinya Anda akan mendapatkan jawaban dari pihak shopee.

Itulah informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi ketika ditemukan saldo shopee affiliate hilang. Bagaimana, apakah ada yang masih bingung kenapa uang di shopee affiliate bisa hilang?

 

Kesimpulan

Dari informasi di atas terkait apa itu shopee affiliate marketing dan beberapa informasi terkait komisi, pajak, hingga cara salin link affiliate dapat diambil kesimpulan. Bahwa, shopee affiliate merupakan pilihan tepat khsuusnya bagi Anda yang ingin mendapatkan pemasukan tambahan. Shopee affiliate ini sangat mudah dijalankan sehingga cocok bagi Anda yang baru mendalami dunia affiliate. Komisi yang didapatkan dari program ini berasal dari kegiatan promosi produk yang diperjual belikan. Jumlah komisinyapun sangat beragam sesuai dengan jenis affiliate yang Anda pilih.

Rizki Setyo
Content Author
Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.
Artikel Terkait