ACCESSTRADE Indonesia

Apa Itu Shopee Affiliate Marketing, Ini Penjelasan Singkatnya, Bisa Langsung Paham !

Admin
affiliate marketing Dec 12, 2022

Baca Juga: Cuma 60 Detik Daftar Affiliate Marketing Shopee Bisa Bikin Cuan Sambil Rebahan

Shopee Affiliate tengah menjadi cara alternatif untuk mendapatkan penghasilan tambahan bagi para pelajar ataupun ibu-ibu rumah tangga. Hal ini didukung karena program affiliate dapat diikuti oleh siapapun, dengan syarat sudah mempunyai akun shopee dan media sosial pribadi.

Melalui program shopee ini, Anda bisa mempromosikan berbagai produk shopee di setiap akun media sosial yang Anda miliki. Untuk mengetahui lebih jelas tentang apa itu shopee affiliate marketing, mari simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Daftar Isi

Gimana Sih Cara Kerja Shopee Affiliate?

TSetelah Anda mengetahui apa itu shopee affiliate marketing Tentu pertanyaan ini sering Anda pikirkan, apalagi jika Anda seorang pemula. Sebenarnya, cara kerja shopee affiliate marketing ini sangat mudah untuk dipahami siapapun, asalkan Anda sudah memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan sebelum melakukan pendaftaran. Sistem kerja di shopee affiliate terbagi menjadi beberapa bagian, diantaranya adalah sebagai berikut:

Memilih Produk yang Ingin dipromosikan

Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua produk yang ada di shopee dapat Anda promosikan. Bahkan, terdapat beberapa ketentuan terkait hal ini. Salah satunya adalah produk yang harus dijual merupakan produk di shopee mall, shopee supermarket, star+, dan star seller.

Akan tetapi, terdapat beberapa produk yang dilarang untuk dipromosikan seperti rokok, vape, ganja, obat-obatan terlarang, produk dewasa, produk yang mengandung unsur pornografi, hingga produk yang sifatnya tidak original atau palsu.

Membagikan Link Affiliates

Setelah Anda berhasil mendapatkan produk yang akan dipromosikan, maka langkah selanjutnya adalah membagikan link affiliates dari produk ke semua akun media sosial pribadi. Anda dapat mencantumkan link tersebut melalui bio di akun TikTok ataupun swipe up link pada akun Instagram.

Tak hanya itu saja, Anda juga dapat membagikan link affiliate melalui description box pada konten youtube Anda, link di dalam thread Twitter, caption pada TikTok, hingga postingan yang diunggah pada lama facebook.

Mendapatkan Komisi

Sistem kerja dari shopee affiliate yang terakhir adalah Anda akan mendapatkan komisi. Komisi ini berasal dari setiap pembelian yang dilakukan oleh pengguna lain melalui link affiliate yang Anda bagikan. Komisi dari shopee affiliate marketing akan dibayarkan melalui shopeePay atau bisa transfer bank yang dilakukan setiap minggu pada hari kamis.

Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa jumlah komisi yang diberikan oleh pihak shopee affiliate ini berbeda-beda sesuai dengan jenis affiliate yang Anda pilih.

 

Cara Mencairkan Komisi Shopee Affiliate

Selain mengetahui apa itu shopee affiliate marketing, perlu Anda ketahui bahwa program ini sudah menggunakan sistem otomatis untuk proses pembayaran komisinya. Pihaknya akan membayar komisi affiliate setiap dua minggun sekali, yaitu pada minggu pertama dan ketiga di setiap bulannya.

Untuk pencairan komisi ini Anda bisa membuka aplikasi terlebih dahulu dan pastikan bahwa koneksi jaringan atau internet Anda lancar. Setelahnya, silahkan Anda membuka akun shopee yang sudah terdaftar di shopee affiliate. Terakhir, klik icon komisi yang ada dibagian bawah, maka jumlah komisi akan dapat dilihat. Anda bisa mencairkan komisi affiliate melalui shopeepay atau transfer rekening jika sudah lebih dari satu juta.

Minimal Pencairan Shopee Affiliate

Tidak ada tanggal pasti kapan pencairan komisi shopee affiliate dapat Anda lakukan. Akan tetapi, pihak shopee memastikan bahwa komisi pembayaran tetap dilakukan dan akan dicairkan jika komisi Anda sudah terkumpul minimal sebesar Rp 10.000 Rupiah.

Agar komisi Anda dapat dicairkan setiap dua minggu sekali, maka pastikan bahwa komisi yang diperoleh di atas angka 10 ribu. Perlu diingat kembali bahwa komisi akan dicairkan melalui shopeePay. Jadi sangat disarankan untuk mengecek apakah akun shoPeepay Anda sudah aktif atau belum.

Apa Itu Shopee Affiliate Marketing Bayar Pajak?

Tidak hanya melulu mengetahui apa itu shopee affiliate marketing, Anda juga harus tahu tentang pajak di affiliate satu ini. Tentu terdapat pajak yang harus ditanggung. Oleh karena itu ketika mendaftar, pengguna shopee affiliate diharapkan memasukkan NPWP yang dimiki.

Dilansir dari halam resmi shopee, per tanggal 15 Oktober 2021 pajak yang diberlakukan oleh shopee affiliate adalah pajak progresif. Hal ini sesuai dengan tarif PPh 21 yang didasarkan pada pasa 15 ayat 1, UU Nomor 26 Tahun 2008 tentang pajak penghasilan.  Pemberlakuan pajak komisi ini berlaku bagi para pengguna yang sudah memberikan informasi NPWP. Akan tetapi jika belum, maka tarif pajak yang dikenakan lebh tinggi yaitu sebesar 20 persen dari pajak normal.

Apabila Anda belum mengaktifkan dan melengkapi informasi bank beserta NPWP (opsional). Jangan kahwatir sebab Anda akan dapat menghasilkan komisi. Akan tetapi, pembayarannya ditunda hingga informasi tersebut sudah lengkap (jika nominal kimisi melebihi 1 juta).

 

Cara Ambil Link Shopee Affiliate

Bagi Anda yang sudah mendaftar di shopee affiliate marketing dan mengetahui apa itu shopee affiliate marketing , tentu bingung terkait bagaimana cara membagikan  link produk agar kegiatan promosi berlangsung secara maksimal. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Buka Aplikasi Shopee

Langkah pertama, silahkan Anda membuka aplikasi shopee dan carilah produk atau postingan dari toko shopee mall ataupun star seller. Silahkan Anda mengklik menu segi tanda bulat tiga di bagian pojok kanan bawa produk atau postingan. Berikut adalah gambarnya:

Salin Tautan Produk

Setelah Anda berhasil menemukan produk shopee yang ingin dipromosikan dan menekan tombol bagi  maka akan muncul tampilan lain seperti katalog, salin info, sms, dan lain sebagainya. Tugas Anda adalah mengklik tombol salin tautan. Berikut adalah gambarnya.

 

Buka Google Chrome

Selanjutnya, silahkan Anda membuka google chrome dengan tujuan untuk menyalin lagi link produk shopee tadi. Tempelkan link yang sudah Anda salin, seperti gambar berikut.

Buka Shopee Affiliate

Silahkan Anda membuka aplikasi shopee kembali dan ketikkan kalimat shopee affiliates di menu search. Kemudian, silahkan Anda login dengan menggunakan akun shopee affiliate yang sudah terdaftar sebelumnya.

Salin Link

Selanjutnya silahkan klik dan pilih tautan khusus dan tempel link yang sudah Anda copy dari google chrome. Jangan lupa untuk mengetikkan nama produk dan ketikan nama akun media sosial Anda. Jika sudah, klik dapatkan tautan seperti pada gambar di bawah ini.

Salin Tautan Pendek

Langkah terakhir adalah menyalin tautan pendek yang dapat Anda bagikan ke semua akun sosial media Anda. Link tersebut dapat Anda bagikan melalui story WhatsAppp, Instragram Feeds, Facbook, dan berbagai akun sosial media lainnya. Berikut adalah gambarnya.

 

Bagaimana Jika Uang di Shopee Affiliate Hilang?

Ketika Anda menggunakan layanan program di sebuah aplikasi, tentu akan menjumpai beberapa permasalahan, begitupun dengan shopee affiliate. Anda jangan kaget ketika mendadak uang komisi di akun shopee affiliate Anda hilang, sebab hal ini dapat terjadi karena beberapa alasan. Diantaranya adalah terdapat pesanan yang tidak valid, adanya periode reset komisi otomatis, dan lain sebagainya.

Apabila Anda mengalami hal ini, jangan takut atau bingung sebab terdapat beberapa cara untuk mengatasinya. Antara lain adalah sebagai berikut.

Pastikan Koneksi Internet

Cara mengatasi permasalahan ini yang pertama adalah Anda dapat mengganti koneksi internet di perangkat ke yang lebih bagus dan stabil. Hal ini dapat bermanfaat sehingga ketika Anda membuka halaman dashboard shopee affiliate tidak mengalami gangguan. Biasanya keterlambatan sinyal internet mengganggu load aplikasi shopee.

Lakukan Refresh Dashboard

Cara mengatasi yang kedua adalah dengan melakukan refresh atau muat ulang pada halaman dashboard shopee affiliate. Cara ini dapat Anda lakukan pada saat Anda gagal update halaman untuk melihat komisi yang barus saja didapatkan, namun sistem shopee belum menambahkannya ke saldo shopee affiliate Anda.

Cek Riwayat ShopeePay

Cara ketiga yang efektif untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan mengecek riwayat transaksi shopeePay yang terhubung dengan akun shopee affiliate Anda. Dengan mengecek riwayat pada shopeePay, maka Anda bisa mengetahui jumlah komisi yang hilang.

Cek Transaksi di Rekening Bank

Selain mengecek riwayat di shopeePay, Anda juga harus mengecek transaksi rekening bank yang sudah terhubung dengan program affiliate. Cara ini juga bertujuan agar Anda tahu berapa jumlah komisi yang hilang pada shopee affiliate.

Kirimkan Email ke Customer Service Shopee

Cara terakhir untuk mengatasi permasalah uang affiliate hilang adalah dengan mengirimkan email ke pihak shopee. Dengan mengirimkan email tersebut, silahkan Anda tanya ke pihak shopee kenapa saldo Anda bisa hilang sehingga nantinya Anda akan mendapatkan jawaban dari pihak shopee.

Itulah informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi ketika ditemukan saldo shopee affiliate hilang. Bagaimana, apakah ada yang masih bingung kenapa uang di shopee affiliate bisa hilang?

 

Kesimpulan

Dari informasi di atas terkait apa itu shopee affiliate marketing dan beberapa informasi terkait komisi, pajak, hingga cara salin link affiliate dapat diambil kesimpulan. Bahwa, shopee affiliate merupakan pilihan tepat khsuusnya bagi Anda yang ingin mendapatkan pemasukan tambahan. Shopee affiliate ini sangat mudah dijalankan sehingga cocok bagi Anda yang baru mendalami dunia affiliate. Komisi yang didapatkan dari program ini berasal dari kegiatan promosi produk yang diperjual belikan. Jumlah komisinyapun sangat beragam sesuai dengan jenis affiliate yang Anda pilih.

Nah, apabila Anda ingin mendapatkan keuntungan dari shopee affiliate atau program affiliate lainnya, maka Anda bisa mencoba untuk daftar di Accestrade. Melalui accestrade ini, Anda akan mendapatkan berbagai benefit menarik. Apabila Anda tetarik untuk mendaftarnya, silahkan tekan disini

Baca Juga: Solusi Cuan Tambahan Daftar Affiliate Marketing Tokopedia, Komisi jutaan modal sharelink

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
affiliate marketing
Marketplace dan e-commerce meramaikan ekosistem afiliasi di Indonesia dengan berbagai penawaran komisi dan program yang masing-masing menguntungkan.
Feb 08, 2023
affiliate marketing
Program afiliasi lazada adalah program afiliasi yang menguntungkan dengan komisi yang bervariasi mulai dari 1% sampai 7% untuk setiap pembeliannya.
Feb 08, 2023
affiliate marketing
Ikuti 3 tips ngonten ini biar shopee afiliasi program-mu makin cuan, gampang ditiru dan dipraktekan, buktikan sendiri!
Feb 08, 2023
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Program affliasi adalah metode marketing yang di dasarkan pada performance, atau dibayar pada setiap action atau penjualan yang terjadi
Jan 18, 2023