ACCESSTRADE Indonesia

Jenis-jenis SEO Tools yang Wajib Diketahui Perbedaan dan Fungsinya

Admin
digital marketing Jan 30, 2021

Baca Juga: Panduan Lengkap Affiliate Marketing 2023 Dengan Social Media, Belajar Sampai Mahir Hanya Di Sini!

Ketika Anda sudah memutuskan untuk membuat satu jenis usaha atau bekerja dengan jabatan sebagai manajer pemasaran, tentunya harus ada banyak actions yang dilakukan agar produk atau layanan yang ditawarkan dapat sampai ke publik dan kemudian menunggu feedback dari mereka.

Salah satu action yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan strategi SEO yang mana dapat membantu Anda menghasilkan lebih banyak traffic, lebih prospek, dan penjualan via web menjadi tinggi. Hanya saja, untuk bermain SEO, ada banyak tools atau software yang wajib digunakan untuk memuluskan strateginya.

Lantas, pertanyaannya adalah apakah Anda sudah mengetahui apa yang disebut dengan nama software SEO tersebut? Dan apa saja jenis serta fungsi dari masing-masingnya? Untuk mengetahui jawabannya, berikut sedikit kupasan mengenai software SEO itu.

Daftar Isi

Apa Itu Software SEO?

Definisi dari software SEO adalah sebuah platform online yang dapat membantu Anda memantau, mengatur, dan menganalisis data yang berkaitan dengan kinerja situs yang Anda miliki di mesin pencari. Data ini dapat mencakup semuanya mulai dari peringkat kata kunci dan tren hingga tautan balik dan bahkan kecepatan situs tersebut.

Jenis-jenis Software SEO

Setelah mengetahui definisi sederhana dari apa yang dimaksud dengan software SEO, maka berikut adalah beberapa jenis perangkat lunak tersebut beserta fungsi-fungsinya.

Keyword software

Pada dasarnya, SEO dibangun di atas kata kunci dan hal tersebut tetap berlaku hingga hari ini. Tools SEO yang paling dasar mencakup pemilihan kata kunci dan frase kunci yang tepat. Software SEO kemudian akan memantau volume dan peluang kata kunci yang akan digunakan. Contoh keyword software antara lain Google Ads Keyword Planner, Keywords Everywhere, Google Trends, Wordtracker.

Website audit software 

Jika kata kunci yang Anda gunakan tercakup dalam salah satu tools di atas, hal berikutnya yang mungkin Anda perlukan adalah menggunakan perangkat lunak yang berfungsi untuk audit website. Jenis perangkat lunak ini akan melihat semua aspek teknis di situs Anda, mulai dari kecepatan situs, kesesuaian untuk seluler, file robot.txt, dll. Selain itu, software audit ini juga dapat memberikan ringkasan data yang dapat membantu Anda untuk menentukan apa yang tepat dan tak tepat digunakan dalam menjalankan strategi SEO. Contohnya seperti Screaming Frog, Google Webmaster Tools.

Local SEO software

Apabila software SEO yang umum digunakan berfokus pada hasil pencarian organik saja, Local SEO software lebih fokus pada hasil pencarian lokalnya, termasuk local pack atau juga map. Local SEO software dapat digunakan untuk memantau dan menganalisis data yang berkaitan dengan faktor peringkat untuk local pack atau juga map, termasuk NAP (name-address-phone number). Contohnya adalah Moz Lokal.

Content SEO software 

Sebuah content SEO software berfungsi sebagai layaknya informan yang dapat memberitahukan Anda apa saja yang sedang banyak orang bicarakan atau bagikan di sosial media, termasuk juga peluang konten yang Anda buat dapat menembus peringkat awal di Google atau juga mengetahui konten apa saja dari website Anda yang telah diambil sotus lain. Software-software yang masuk kategori content SEO antaralain BuzzSumo, Copyscape.

Full-suite SEO software 

Apabila Anda tidak ingin menginstal satu persatu software-software di atas, maka Anda dapat menggunakan perangkat lunak full-suite SEO yang mana contohnya seperti Ahrefs, SEMRush, Search Console yang dimiliki Google atau juga Anda dapat membuat sendiri software seperti ini dengan memesannya secara khusus di developer.

Artikel lain tentang digital marketing yang mungkin Anda akan tertarik untuk membacanya:

 

Baca Juga: Cari Income Tambahan? Ini Daftar Affiliate Program Yang Bisa Kamu Coba!

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
affiliate marketing
Marketplace dan e-commerce meramaikan ekosistem afiliasi di Indonesia dengan berbagai penawaran komisi dan program yang masing-masing menguntungkan.
Feb 08, 2023
affiliate marketing
Program afiliasi lazada adalah program afiliasi yang menguntungkan dengan komisi yang bervariasi mulai dari 1% sampai 7% untuk setiap pembeliannya.
Feb 08, 2023
affiliate marketing
Ikuti 3 tips ngonten ini biar shopee afiliasi program-mu makin cuan, gampang ditiru dan dipraktekan, buktikan sendiri!
Feb 08, 2023
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Program affliasi adalah metode marketing yang di dasarkan pada performance, atau dibayar pada setiap action atau penjualan yang terjadi
Jan 18, 2023