Pengaruh Influencer Terhadap Keputusan Pembelian dan Citra Brand

Pengaruh Influencer Terhadap Keputusan Pembelian dan Citra Brand

Admin
digital marketing Aug 10, 2023
SHARE ON
1691738373_pengaruh1.jpg

Pada era digital yang semakin maju, peran influencer telah menjadi sangat penting dalam dunia pemasaran. Mengapa bisa begitu? Hal itu dikarenakan Influencer memiliki kemampuan untuk mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dan membentuk citra sebuah brand. Dengan jangkauan yang luas dan pengaruh yang kuat, mereka cukup mampu mencapai audiens yang spesifik dan membangun koneksi emosional dengan pengikut mereka. Dalam artikel ini, kita akan membahas pengaruh yang dimiliki oleh influencer terhadap keputusan pembelian konsumen serta bagaimana mereka dapat membantu memperkuat citra sebuah brand.

Faktor Pengaruh Influencer Terhadap Keputusan Pembelian

Berikut adalah berbagai faktor yang membuat audiens menjadi tertarik untuk membeli sebuah produk setelah direview oleh influencer:

1. Kredibilitas, Kejujuran dan Kepercayaan

Rekomendasi influencer seringkali dilihat sebagai lebih jujur karena tidak terlalu hard selling seperti pada iklan tradisional. Saat influencer memberikan ulasan positif atau berbagi pengalaman dengan produk tertentu, hal ini meningkatkan keyakinan pada konsumen yang akan berpotensi kepada keputusan pembelian.

2. Peer Pressure & FOMO (Fear of Missing Out)

Melihat influencer menggunakan atau merekomendasikan produk tertentu dapat menciptakan rasa ingin memiliki dan rasa takut ketinggalan tren terbaru. Ini menstimulasi keinginan untuk membeli dan menjadi bagian dari komunitas yang lebih besar.

3. Kedekatan dan Kecocokan Informasi

Banyak konsumen merasa lebih mudah berhubungan dengan influencer dibandingkan dengan selebriti atau iklan tradisional. Mereka melihat influencer sebagai representasi diri mereka atau sebagai teman yang memberikan saran. Keterkaitan ini memperkuat pesan dan mendorong konsumen untuk mengikuti rekomendasi yang diberikan.

4. Relevansi Produk atau Layanan

Tidak semua produk cocok untuk setiap influencer. Keputusan pembelian akan lebih dipengaruhi jika produk atau layanan yang dipromosikan relevan dengan tema umum konten influencer dan kehidupan pribadi mereka.

5. Narasi Cerita

Cara influencer bercerita tentang produk atau layanan juga mempengaruhi keputusan pembelian. Narasi yang menarik dan emosional seringkali lebih berdampak daripada sekadar ulasan produk.

6. Ulasan dan Testimoni

Ulasan dan testimoni dari pengalaman pribadi influencer dengan produk atau layanan memberikan wawasan nyata kepada pengikut. Ini memperkuat kepercayaan dan mempengaruhi keputusan pembelian.

Apa manfaat influencer dalam meningkatkan pemasaran?

pengaruh influencer

Influencer memiliki peran yang penting dalam strategi pemasaran sebuah perusahaan. Salah satu manfaat utama dari penggunaan influencer adalah kemampuan mereka untuk mempengaruhi dan menarik calon pelanggan yang spesifik. Dengan memiliki pengikut yang cukup banyak, seorang influencer dapat membantu memperluas jangkauan pemasaran suatu produk atau brand awareness. Mereka juga memiliki keahlian dalam menciptakan konten yang menarik dan relevan, sehingga cukup mudah bagi mereka untuk membuat para pengikutnya tertarik untuk membeli sebuah produk.

Apa dampak positif dari penggunaan influencers yang banyak diminati oleh target market suatu produk?

Penggunaan influencer yang banyak diminati oleh target market suatu produk memiliki dampak positif yang signifikan. Ketika seorang influencer yang memiliki reputasi baik merekomendasikan suatu produk atau brand, maka mereka akan dengan mudah meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas produk tersebut di kalangan konsumen.

Para pengikut influencer sendiri cenderung menganggap rekomendasi mereka sebagai saran yang terbaik, karena itulah cukup banyak menggunakan saran dari influencer tersebut sebagai patokan keputusan akhir mereka. Selain itu, kolaborasi dengan influencer juga dapat meningkatkan brand awareness dan memperluas jangkauan audiens sehingga berpotensi untuk meningkatkan penjualan sebuah produk.

Baca juga: Pengertian SOW Influencer beserta Elemen dan Cara Membuatnya

Apakah pemanfaatan influencer dalam promosi perusahaan itu efektif?

Pemanfaatan influencer dalam promosi perusahaan telah terbukti efektif dalam banyak kasus. Melalui kolaborasi dengan influencer, sebuah perusahaan dapat dengan mudah mencapai audiens yang mungkin sulit dijangkau melalui metode pemasaran tradisional. Tidak bisa dipungkiri bahwa influencer memiliki pengaruh yang cukup kuat terhadap pengikut mereka, dan rekomendasi dari mereka dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.

Dalam era dimana konsumen semakin skeptis terhadap iklan yang berlebihan, pemasaran melalui influencer akan memberikan keuntungan yang unik. Influencer yang memiliki banyak pengikut yang loyal, dan memiliki hubungan yang kuat dengan para pengikutnya merupakan salah satu aset yang berharga. Hal ini karena ketika influencer tersebut merekomendasikan atau menggunakan produk dari sebuah perusahaan, maka para pengikutnya akan cenderung merespons dengan positif karena mereka merasa ada keaslian dan kepercayaan di balik rekomendasi tersebut. Selain itu, pemasaran melalui influencer juga memungkinkan perusahaan untuk menghadirkan konten yang lebih personal dan autentik, yang dapat membuat konsumen merasa terhubung secara emosional dengan brand tersebut.

Bagaimana cara menentukan influencer yang tepat untuk brand atau produk Anda?

pengaruh influencer

Menentukan influencer yang tepat untuk brand atau produk Anda memerlukan analisis dan pemahaman yang mendalam tentang audiens target Anda. Berikut adalah beberapa Langkah yang bisa Anda lakukan demi menentukan influencer yang tepat untuk brand atau produk Anda:

1. Identifikasi Nilai-Nilai dan Positioning Brand Anda

Apa yang ingin Anda sampaikan kepada konsumen dan bagaimana Anda ingin merek Anda terlihat di mata mereka? Dengan memahami karakteristik inti merek Anda, Anda dapat mencari influencer yang memiliki kesesuaian dengan nilai-nilai tersebut.

2. Perhatikan Segmentasi dari Followers Influencer

Siapa yang merupakan audiens utama dari influencer tersebut? Apakah mereka memiliki keterhubungan dengan pasar atau segmen yang Anda tuju? Penting juga untuk melihat interaksi yang terjadi antara influencer dan pengikutnya. Apakah ada keterlibatan yang aktif dan respon positif dari pengikut terhadap konten yang dibagikan oleh influencer?

3. Evaluasi Kualitas Konten yang Dihasilkan Oleh Influencer

Apakah konten mereka relevan, informatif, dan menarik bagi audiens? Jangan hanya fokus pada jumlah pengikut, tetapi juga perhatikan tingkat keterlibatan dan keaslian influencer tersebut. Sebuah keterlibatan yang tinggi dengan pengikut dan konten yang otentik dapat lebih efektif dalam membangun hubungan yang kuat antara influencer, merek Anda, dan konsumen.

4. Pastikan Kemitraaan dan Tujuan Pemasaran

Terakhir, ketika menjalin kerjasama dengan influencer, pastikan ada kemitraan yang saling menguntungkan serta adanya tujuan pemasaran yang jelas. Diskusikan tujuan Anda dengan influencer, apa yang Anda harapkan dari kerjasama tersebut, dan bagaimana Anda dapat saling mendukung dalam mencapai hasil yang diinginkan.

5. Pertimbangkan metrik kinerja dan hasil kampanye sebelumnya

Melihat metrik kinerja influencer dapat memberikan gambaran tentang sejauh mana mereka efektif dalam mempengaruhi audiens mereka. Periksa jumlah pengikut, tingkat keterlibatan, jumlah like, komentar, dan bagikan yang mereka terima. Selain itu, lihat juga hasil kampanye sebelumnya yang mereka lakukan untuk merek atau produk lain. Apakah mereka mampu memberikan hasil yang diharapkan?

Dengan melakukan pendekatan yang cermat dan terarah dalam memilih influencer yang tepat, Anda akan dapat memanfaatkan pengaruh mereka untuk meningkatkan keputusan pembelian dan memperkuat citra brand perusahaan di mata konsumen.

Baca juga: Daftar Tracking Tools Untuk Audit dan Mengetahui Engagement Influencer

Kesimpulan

Penggunaan influencer dalam pemasaran dapat memberikan manfaat yang signifikan dalam meningkatkan pemasaran, membangun citra brand yang baik, dan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Manfaat tersebut meliputi kemampuan mencapai audiens yang spesifik, membangun kepercayaan dan kredibilitas, meningkatkan brand awareness, dan menciptakan konten yang relevan dan menarik. Namun, untuk mencapai kesuksesan, penting untuk melakukan pemilihan influencer yang tepat berdasarkan nilai-nilai merek, segmentasi pengikut, keterlibatan, dan kualitas konten. Dengan strategi yang tepat, kolaborasi dengan influencer dapat menjadi aset berharga dalam upaya pemasaran perusahaan. Tertarik untuk mencari influencer yang tepat untuk kampanye pemasaran Anda? Klik link berikut untuk memulai menjalankan program affiliate untuk advertiser: Best Affiliate Marketing for Advertisers.

Rizki Setyo
Content Author
Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.
Artikel Terkait