Untuk Pemula, Ini Cara Jualan di E-commerce Pertama Kali

Untuk Pemula, Ini Cara Jualan di E-commerce Pertama Kali

Admin
ecommerce Oct 19, 2020
SHARE ON
1686728286_untuk-pemula-ini-cara-jualan-di-e-commerce-pertama-kali-1.jpg

E-commerce saat ini menjadi salah satu media jual-beli yang paling sering digunakan. Tak hanya menguntungkan untuk para pembeli, e-commerce juga sangat memudahkan para penjual. Dengan memanfaatkan platform e-commerce, Anda dapat memperoleh jangkauan konsumen yang lebih besar. Selain itu, Anda juga tidak membutuhkan biaya untuk sewa tempat. Aktivitas penjualan bisa dilakukan langsung dari rumah dengan sistem dropship. 

Membuat toko online memang relatif sangat mudah. Namun, tantangan sebenarnya terletak pada cara mendatangkan pembeli. Kebanyakan orang hanya mengetahui cara mendirikan toko online saja. Namun, ada banyak yang kurang memahami cara jualan di e-commerce yang benar. Sehingga, mereka pun kesulitan dalam menggaet calon pembeli. Jika Anda pemula yang baru saja membuka toko online, ada baiknya untuk membaca terlebih dahulu cara jualan lewat e-commerce berikut ini.

1. Manfaatkan Blog

Salah satu cara jualan di e-commerce yang paling ampuh adalah dengan memanfaatkan blog. Banyak yang belum memahami bahwa blog yang dimaksimalkan penggunaannya dapat membantu mendatangkan pembeli. Untuk mengoptimalkan fungsi blog, buatlah konten-konten yang menunjukkan bahwa Anda ahli di dalam bisnis yang sedang dijalankan. Konten tersebut bisa dalam bentuk tips atau tutorial. Jangan lupa untuk mengikuti topik yang tengah trending. Akan lebih baik lagi jika Anda menggunakan kaidah SEO untuk memaksimalkan traffic yang masuk ke dalam blog. Dengan demikian, website Anda akan menduduki peringkat pertama dari Google. 

2. Pertimbangkan Tampilan Toko Online yang Mobile Friendly

Mayoritas rakyat Indonesia mengakses berbagai macam informasi lewat media smartphone. Aktivitas belanja online juga kebanyakan dilakukan lewat perangkat gawai. Jika Anda berencana untuk memanfaatkan platform e-commerce, pastikan platform tersebut menunjang kenyamanan pengguna smartphone. Anda bisa menggunakan jasa desain web untuk menciptakan laman web jual-beli yang nyaman untuk para pengguna smartphone. Jika belum ada modal, tak ada salahnya untuk menggunakan platform toko online yang populer. 

3. Maksimalkan Penggunaan Media Sosial

Masyarakat modern tidak dapat terlepas dari penggunaan media sosial. Platform medsos seperti Facebook, Twitter, dan Instagram diakses oleh ratusan ribu pengguna di seluruh Indonesia. Anda dapat memanfaatkannya untuk menggaet calon pembeli. Anda dapat invite teman-teman yang ada di dalam daftar pertemanan untuk memberikan like pada laman yang Anda buat. Setelah itu, isilah fanpage tersebut dengan berbagai konten menarik. Dengan demikian, follower Anda akan semakin bertambah. 

Demikianlah cara jualan di e-commerce yang dapat Anda praktekkan. Kesabaran yang Anda lakukan tentunya akan berbuah manis nanti. Selamat mempraktekkan tips di atas. Tertarik untuk menjadi blogger yang bisa menghasilkan banyak uang? Segera daftarkan diri Anda di Affiliate Marketing terbaik untuk Bloggers.

Rizki Setyo
Content Author
Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.
Artikel Terkait