Tips Cara Sukses Jalankan Affiliate Marketing Tokopedia

Admin
how to Sep 30, 2022
1686714489_tips-cara-sukses-jalankan-affiliate-marketing-tokopedia-1.jpg

Setelah Anda bergabung sebagai Affiliate marketer di Tokopedia, Anda harus mempunyai strategi dalam mempromosikan produk yang Anda jual pada platform media sosial pribadimu. Hal ini menjadikan keuntungan untuk Anda jika hal ini berhasil, Anda akan mendapatkan pelanggan tetap dan komisi yang Anda hasilkan bisa meningkat di setiap bulannya.

Daftar Isi

Tips Sukses Jalankan Tokopedia Affiliate

Berikut adalah Tips menjalankan promosi iklan affiliate Tokopedia

1. Buatlah blog review

Akan ada banyak sekali keuntungan yang didapatkan jika Anda bisa membuat blog online yang mana bisa berada di urutan pertama mesin pencarian.

Dengan memasukan produk iklan affiliate Tokopedia yang Anda review dengan tulisan sangat memudahkan mendapatkan pengunjung, hal ini tentu dapat meningkatkan blog yang telah dibuat.
Untuk blog yang satu ini, selain menulis jika Anda mengalami masalah atau kendala Anda bisa menyewa jasa SEO atau search engine optimization yang bisa membantu untuk meningkatkan traffic blog Anda.

Saat ini ada cukup banyak yang menyediakan jasa tersebut. Yang dibutuhkan hanya mencari yang sudah berpengalaman, Anda juga dapat pelajari dengan gratis di youtube atau masuk ke forum online yang ada di facebook.

2. Menggunakan Facebook Marketing untuk memasarkan iklan

Meski bermunculan banyak media sosial lain, Facebook masih menjadi salah satu media sosial yang banyak dipakai para pelanggan berbagai kalangan dan usia. Oleh karena itu, Facebook tetap menjadi pasar yang potensial dalam bisnis online.

Mengetahui fakta tersebut, jangan remehkan keberadaan Facebook dan aktiflah untuk memasarkan produk yang ingin dijual di media sosial satu ini agar penjualan pun bisa semakin bertambah. Hal tersebut dapat Anda manfaatkan dengan cara memasarkan iklan affiliate Tokopedia.

3. Mencari dan pilih produk yang menarik

Pilihlah berbagai kategori produk yang tersedia di Tokopedia. Dalam hal ini, Kamu bisa mencari produk sesuai dengan karakteristik audiens. Oleh karena itu, penting sekali untuk mengenal dan memahami target audiens di sosial media pribadimu tentang apa yang menjadi kesukaan dan kebutuhannya.
Bisa memilih produk yang inspiratif dari toko PM, PM PRO, serta official store. Pilihlah berbagai toko yang terpercaya, agar pembeli yakin akan kualitas dari suatu produk tersebut

4. Membuat iklan Gratis

Di saat beberapa bisnis merasa bahwa kegiatan marketing atau melakukan promosi banyak menghabiskan biaya, Internet bisa memberi solusinya. Internet adalah ruang luas tanpa batas, di mana Anda bisa menemukan banyak hal di dalamnya termasuk beriklan secara gratis.

Dalam situs iklan gratis, biasanya para anggota bisa memilih komunitas maupun produk yang akan ditawarkan, mendaftar, dan menulis penawaran barang atau jasa tanpa harus mengeluarkan uang sedikitpun.

5. Menggunakan sosial media

Dengan berkembangnya teknologi komunikasi secara global, media sosial merupakan salah satu alat komunikasi dan strategi promosi produk yang perlu dimiliki para pengusaha.
Hal ini diperlukan untuk menjembatani antara pelaku bisnis dan pembeli agar terjalin komunikasi dengan mudah, cepat, dan efisien. Dengan media sosial yang Anda memiliki mempunyai kebebasan untuk mengisi dengan iklan affiliate Tokopedia yang Anda miliki.

6. Membuat vlog atau live pada sosial media

Visual speaks louder atau gambar berbicara lebih keras adalah sebuah moto kekinian yang tumbuh seiring dengan maraknya kebiasaan orang-orang saat ini mengunggah kegiatan mereka baik melalui gambar maupun video di beberapa media sosial.
Hal ini menginspirasi strategi promosi sebuah produk menggunakan teknik gambar maupun video berupa vlog ataupun live. Membuat iklan affiliate Tokopedia yang menawarkan produk dalam tampilan visual menjadi model baru dalam strategi promosi bisnis. Serta live, mempromosikan langsung dengan cara live membuat pembeli tertarik bila Anda mempunyai ciri khas yang unik dan kreatif.

Video dapat menampilkan produk yang sedang ditawarkan kepada konsumen ataupun berupa tutorial yang secara tidak langsung tetap terkait dengan penawaran produk. Dengan video, produk dapat ditampilkan secara lebih detail dari berbagai sisi. Selain itu, fitur suara dapat menambah informasi yang lebih lengkap mengenai spesifikasi dari produk tersebut.

7. Memahami tren dan platform yang digunakan

Menjadi seorang pebisnis artinya Anda harus selalu up to date dan mengikuti tren yang ada. Anda harus bisa fleksibel dalam menggunakan beragam media sosial yang saat ini sedang banyak digunakan oleh masyarakat.
Anda harus memiliki pola pikir yang tidak kaku dan terus mengikuti tren yang ada. apalagi mengingat penggunaan media sosial sangatlah penting dalam bisnis. Jadi, pahami tren yang ada dan ambil keuntungan untuk membuat strategi pemasaran bisnis online Anda semakin baik.

8. Personal Selling

Strategi personal selling ini dilakukan dengan cara menyampaikan informasi secara langsung kepada calon pelanggan agar merangsang niat langsung untuk membeli produk. Cara ini adalah cara yang paling sederhana.
Di era digital, cara ini dilakukan lewat platform komunikasi seperti whatsapp dan lainnya. Dan metode ini bisa kamu lakukan saat mempromosikan iklan affiliate Tokopedia.

9. Sales Promotion

Strategi Promosi penjualan adalah cara untuk meningkatkan penjualan dalam jangka waktu yang pendek.Jenisnya pun unik. Ada yang bentuk diskon, bonus hadiah, perlombaan dan lainnya.Strategi ini bisa dilakukan dalam jangka waktu pendek. Tetapi cukup untuk membujuk pelanggan untuk membeli produk.
Hal ini membuat para pengunjung berantusias dalam membeli produk tersebut. Apabila hal tersebut bisa Anda lakukan dengan baik dan benar, Anda akan bisa mendapatkan jumlah komisi yang cukup besar di setiap bulannya.

10. Memaksimalkan jaringan dan relasi

Dalam bisnis, memiliki jaringan yang luas adalah suatu hal yang sangat penting. Dengan membangun jaringan yang baik, Anda bisa menggencarkan strategi pemasaran bisnis online dengan menawarkan barang atau jasa yang ada dalam jangkauan yang luas. Kesempatan untuk mendapatkan konsumen atau klien yang tertarik dengan barang atau jasa tersebut pun semakin banyak.

Untuk membangun jaringan yang baik, cobalah untuk memulai dari yang paling sempit dan kemudian ke yang paling luas. Tidak hanya itu, pengusaha online harus sudah bisa membangun koneksi tersebut mulai dari awal pemasaran secara online.
Dalam hal ini, Anda harus sanggup menjalin koneksi dengan lingkup yang kecil terlebih dahulu karena lingkup yang kecil pun bisa berdampak besar pada produk yang dijual. Contohnya, Anda bisa menjadi sponsor untuk kegiatan sosial atau sebuah pertunjukan seni di sekitar Anda. Dengan hal ini adalah satu memasarkan iklan affiliate Tokopedia secara langsung.

11. Pasarkan Produk Unggulan

Tidak semua orang tertarik dengan barang-barang yang tidak mereka butuhkan, namun kebanyakan orang akan tertarik untuk memiliki produk yang sedang ramai dibeli atau dimiliki oleh orang-orang. Karena itulah cobalah untuk memasarkan produk-produk unggulan yang sering dibeli di marketplace Tokopedia sehingga kesempatan untuk mendapatkan komisi semakin meningkat.

12. Konsisten Membuat Konten

Selain memilih produk yang sering dibeli oleh orang banyak, Kamu juga harus bisa konsisten membuat berbagai konten di media sosial khususnya yang berhubungan dengan kegiatan affiliate Tokopedia. Akun yang sering membuat konten tentu akan lebih dilihat oleh para netizen sehingga akan meningkatkan kesempatan mendapatkan komisi melalui tautan affilaite yang Kamu bagikan.

13. Branding social media

Untuk menjadi penggiat afiliasi yang sukses, tentunya kalian harus menyiapkan branding pada sosial media yang kalian miliki. Hal ini sangat direkomendasikan, karena calon penjual pasti akan mengecek profil dari sosial media kalian saat produk afiliasi dibagikan melalui akun kalian.

Dari situ akan terlihat, apakah produk-produk yang dibagikan ini memang benar adanya dan memiliki fungsi serta kelebihan yang sesuai. Apabila kalian menyukai otomotif tidak ada salahnya untuk terus menyiapkan konten-konten otomotif, dalam beberapa konten tersebut kalian bisa menyisipkan produk afiliasi kalian beserta review yang diberikan secara jelas.

14. Membuat konten rekomendasi

Membuat konten rekomendasi merupakan salah satu cara meningkatkan penjualan afiliasi yang paling efektif. Mengapa begitu, karena calon pembeli dapat mengetahui secara lengkap mengenai produk yang sedang ulas.

Konten rekomendasi tidak harus berisi satu produk di setiap postingan yang kalian buat, kalian bisa merekomendasikan beberapa produk sesuai dengan kategori yang ada. Tak hanya itu, jika kalian bisa melakukan research terlebih dahulu, kalian bisa merekomendasikan produk sesuai dengan gaya ataupun hal yang sedang trend di kalangan masyarakat.

15. Tiru afiliator lain di social media

Tidak ada salahnya kalian meniru cara afiliator lain dalam membuat konten di media sosialnya, apabila afiliator tersebut memiliki cara pemasaran yang lebih efektif kalian bisa segera tiru cara-cara yang afiliator tersebut pakai.

Yang harus diperhatikan jangan lupa untuk melakukan ATM, yaitu Amati, Tiru, dan Modifikasi. Tiga komponen ini sangat penting untuk diterapkan saat meniru cara pemasaran afiliator lain, karena tidak seluruh aspek yang ada dalam cara afiliator tersebut bisa kalian tiru secara mentah di sosial media kalian.

16. Menentukan audience kamu

Dengan menentukan audiens pada akun sosial, kalian juga bisa menentukan produk apa yang cocok untuk dibagikan pada sosial media tersebut. Relevansi maupun faktor kedekatan akan sangat berguna untuk menarik perhatian calon pembeli melalui konten sosial media yang kalian buat.

17. Tentukan social media yang cocok

Hal terakhir yang jangan sampai dilupakan oleh kalian, yaitu menentukan sosial media yang cocok dengan produk dan keahlian kalian. Jangan sampai membuat konten untuk sosial media yang salah, seperti membuat konten narasi tertulis dan di share pada sosial media khusus video.

Kalian bisa menentukan sosial media yang cocok dengan melihat keahlian dan kecakapan kalian dalam membuat konten, selain itu pastikan kalian melakukan penelusuran singkat mengenai sosial media apa saja yang sedang happening di kalangan masyarakat.

Selain afiliasi Tokopedia, afiliasi Accesstrade juga patut untuk diikuti. Cepat tunggu apa lagi daftar sekarang

Baca Juga: Nggak Cuma Joget, Ikutan Cara Menjadi Affiliate Tiktok Juga Bisa Jadi Cuan!

Rizki Setyo

Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.

Artikel Terkait
Spesifikasi video tiktok yaitu memiliki dimensi dan resolusi 1080 x 1920, ukuran max file 287-an mb (ios) dan 72 mb (android), format video .mp4 dan .mov
Kesalahan yang perlu dihindari saat menjadi influencer affiliate yaitu fokus pada jumlah followers, tidak ada content plan dan simak ulasan lengkapnya disini!
Panduan mengenai berapa ukuran rasio dan resolusi untuk feed, reels, IGTV, dan stories pada instagram serta tipsnya. Simak ulasan lengkapnya disini!
search engine optimization
Berikut ulasan mengenai pentingnya memperhatikan tone saat menulis artikel affiliate beserta tips dan jenis tone penulisan. Simak ulasan lengkapnya disini!
search engine optimization
Cara meningkatkan konversi pada artikel atau blog yaitu dengan pahami funnel conversion, tingkatkan loading speed, contoh konten dengan konversi tinggi
search engine optimization
Kalau kamu ingin menjadi influencer dan masih belum mengetahui niche apa yang kamu ingin bangun, kamu bisa memulainya dengan mengeksplore minat dan interest. Simak lebih lengkapnya di artikel ini.