ACCESSTRADE Indonesia

Follow Ya! Cara Menjadi Affiliate Marketing Tokopedia yang Bikin Kamu Auto kaya

Admin
how to Sep 30, 2022

Baca Juga: Affiliate Shopee Vs Affiliate Tiktok, Mana yang Kasih Komisi Paling Bagus

Ingin menjadi seorang affiliate marketing Tokopedia yang sukses dan berhasil? Kamu bisa ikuti berbagai cara menjadi affiliate sukses yang akan Kami bagikan ini.

Tokopedia adalah salah satu marketplace berbasis online, yang memungkinkan untuk setiap orang memulai bisnis mereka. Dengan mudahnya mereka bisa membuka dan mengurus toko secara praktis, tanpa perlu adanya biaya. 

Selain itu, di Tokopedia pun juga memberikan pengalaman belanja online yang aman serta nyaman. Ditambah dengan berbagai promo serta diskon dari berbagai ribuan kategori produk yang dibutuhkan oleh konsumen.

Tersedia banyak sekali pilihan produk, mulai dari kategori produk elektronik, peralatan kantor dan rumah tangga, kosmetik, fashion, dan lainnya. Tokopedia pun juga menyediakan berbagai produk digital yang akan semakin mempermudah konsumen, baik itu pulsa, tiket kereta, BPJS, donasi, voucher game, dll.

Di samping mempermudah pelaku bisnis dalam menjual produknya. Tokopedia juga memberikan kemudahan bagi setiap orang yang ingin menambah penghasilan melalui program affiliate marketing Tokopedia.

Apa itu afiliasi? Bagi yang belum mengerti, kali ini kita akan mempelajari mengenai program afiliasi, agar memudahkan Kamu dalam melakukan afiliasi dengan tepat. Affiliate marketing adalah usaha bisnis dengan cara memasarkan sebuah produk atau layanan sebuah perusahaan. 

Afiliator akan dibayar setelah berhasil membuat seseorang membeli melalui link yang telah bagikan. Strategi ini pun dikenal efektif, karena bisa meningkatkan penjualan produk. Karenanya, sekarang banyak sekali perusahaan yang menyelenggarakan program afiliasi dengan tawaran komisi yang bervariasi.

Siapa pun bisa bergabung dalam program afiliasi, tidak harus menjadi seorang influencer ataupun seleb di berbagai media sosial. Biasanya, banyak perusahaan juga yang tidak mewajibkan jumlah followers dan tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pendaftarannya. 

Daftar Isi

Keuntungan dari Program Affiliate Marketing Tokopedia

affiliate marketing indonesia

Affiliate marketing Tokopedia adalah salah satu program afiliasi yang bisa Kamu lakukan. Program affiliate marketing Tokopedia merupakan sebuah bisnis yang dilakukan dengan cara mempromosikan produk Tokopedia melalui link afiliasi.

Terdapat banyak keunggulan yang bisa kalian dapatkan saat bergabung menjadi mitra afiliasi Tokopedia. Adapun berbagai keunggulan menjadi mitra afiliasi Tokopedia sebagai berikut.

  • Mudahnya Tarik Komisi

Pengguna akan diberikan kemudahan dalam melakukan penarikan komisi. Tidak seperti perusahaan lain yang memberikan minimum penarikan dalam jumlah besar. Di Tokopedia, bisa menarik hanya dengan minimal Rp 10.000 saja. Selain itu, Kamu juga bisa melakukan penarikan kapan pun dari aplikasi.

  • Promosi Berbagai Jutaan Produk

Di Tokopedia, Kamu bisa memilih berbagai kategori produk dari Official Store dan Power Merchant.

  • Memiliki Syarat mudah

Tidak ada ketentuan minimal followers untuk bergabung ke dalam program afiliasi Tokopedia. Cukup menjadi pengguna Tokopedia yang aktif di sosial media.

  • Komisi yang menarik

Kamu bisa hasilkan komisi sampai 10% dengan maksimal Rp 50.000 setiap penjualan transaksi. Bahkan, apabila dari link yang telah dibagikan ada kunjungan terverifikasi, akan mendapatkan Rp 50.000. Komisi kunjungan ini, akan dikirim ke saldo affiliate selama 1 hari setelah kunjungan telah terhitung.

Bagi kalian yang belum tahu, Kunjungan terverifikasi adalah kunjungan yang bentuknya sah. Ini berdasarkan syarat dan ketentuan dari pihak Tokopedia Affiliate (bukan sekedar bot, kunjungan yang tidak wajar, ataupun spam).

  • Laporan transaksi afiliasi yang real time

Laporan yang digunakan dalam program afiliasi ini diberikan secara akurat dan transparan. Cukup mengakses laporan ini hanya melalui smartphone. Dengan laporan ini, berguna untuk melakukan strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan transaksi afiliasi.

  • Tersedia akademi kreator Tokopedia

Ini adalah salah satu keunggulan yang bisa didapatkan ketika bergabung menjadi afiliasi Tokopedia. Di akademi ini, para pengguna bisa mengasah berbagai skill secara gratis serta memperluas koneksi.

Baca Juga: Kupas Tuntas Cara Daftar Shopee Affiliate dan Dapatkan Komisi Besar Hingga 10%

Kriteria Komisi Sah dan Tidak Sah

Dalam program afiliasi Tokopedia, ada 2 tipe komisi, yaitu komisi sah dan tidak sah. Adapun kriterianya sebagai berikut.

  • Komisi yang sah

Berbagai komisi dari link dikatakan sah, apabila link disebar di sosial media umum (Instagram, Youtube, Facebook, Twitter, dan TikTok). Lalu, sosial media pribadi seperti komunitas lokal, RT/RW, grup chat, dan lainnya. Blog serta website pun juga diperbolehkan.

  • Komisi yang tidak sah

Dikatakan komisi tidak sah, pertama bila terjadinya saling tukar link dengan rekan hanya untuk komisi. Kedua, komisi dari transaksi yang terjadi dimanipulasi. Ketiga, Transaksi B2B (transaksi dalam jumlah besar, dropship, reseller, dan jenis transaksi antar bisnis lainnya). Terakhir, transaksi dengan pola dan nominal tidak wajar.

Raih Komisi di Affiliate Marketing Tokopedia

 affiliate marketing tokopedia indonesia

Setelah bergabung ke dalam partner afiliasi Tokopedia, ada berbagai tips yang bisa Kamu lakukan untuk meningkatkan transaksi Kamu. Ini dia berbagai langkahnya.

  • Mencari dan pilih produk yang menarik

Pilihlah berbagai kategori produk yang tersedia di Tokopedia. Dalam hal ini, Kamu bisa mencari produk sesuai dengan karakteristik audiens. Oleh karena itu, penting sekali untuk mengenal dan memahami target audiens di sosial media pribadimu tentang apa yang menjadi kesukaan dan kebutuhannya.

Bisa memilih produk yang inspiratif dari toko PM, PM PRO, serta official store. Pilihlah berbagai toko yang terpercaya, agar pembeli yakin akan kualitas dari suatu produk tersebut.

  • Membagikan produk afiliasi ke berbagai sosial media milik Kamu

Untuk mulai menghasilkan komisi, bagikan dan sebarkan link afiliasi di berbagai akun sosial media yang dimiliki. Pemilihan produk Tokopedia yang di afiliasikan bisa ditentukan dan dilihat dari estimasi komisi yang akan dapatkan.

  • Membuat konten yang menarik

Tidak hanya sekedar membagikan link afiliasi ke berbagai media sosial saja. Tapi, Kamu juga harus membuat strategi promosi yang efektif, agar audiens ingin mengklik dan membeli produk tersebut.

Buatlah konten di media sosial, seperti dalam bentuk gambar, video, ataupun tulisan seperti artikel di website atau blog. Usahakan produk yang dipilih adalah produk yang sudah dipahami.

Dengan begitu, Kamu akan lebih mudah membuat konten secara detail dan informatif, sehingga akan meningkatkan kepercayaan dari para audiens.

  • Dapatkan komisi afiliasi

Setelah melakukan berbagai langkah tersebut, Kamu hanya perlu memperoleh komisi dari setiap transaksi yang berhasil. Komisi akan masuk saat pesanan telah berhasil dan diterima oleh pembeli, tanpa adanya pengembalian produk ataupun belum diterimanya produk oleh pembeli.

Perlu diingat, jangan sampai melakukan hal kecurangan apapun, seperti pada komisi yang dianggap tidak sah. Sebab, tidak akan mendapatkan komisi apapun bila melakukan hal-hal yang aneh. Bahkan bisa dilakukan penahanan saldo sampai penghapusan dari affiliate marketing Tokopedia.

Itulah penjelasan mengenai bagaimana affiliate marketing Tokopedia, serta berbagai langkah sukses untuk memperoleh komisi di program afiliasi Tokopedia. Bagi yang baru ingin memulai ataupun sudah, semoga bisa meraih komisi sebesar-besarnya.

Selain afiliasi Tokopedia, afiliasi Accesstrade juga patut untuk diikuti. Cepat tunggu apa lagi daftar sekarang

Baca Juga: Nggak Cuma Joget, Ikutan Cara Menjadi Affiliate Tiktok Juga Bisa Jadi Cuan!

Baca Juga: Pekerjaan Afiliator Jadi Solusi Dapatkan Passive Income Menggiurkan

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program di mana Anda mempromosikan produk atau layanan perusahaan atau merek dan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian. Jumlah komisi yang Anda terima bervariasi berdasarkan persentase produk dan harga jual.
Jan 07, 2023
how to
Setelah Anda bergabung sebagai Affiliate Marketer di Tokopedia, Anda harus mempunyai strategi dalam mempromosikan produk yang Anda jual pada platform media sosial pribadimu. Hal ini menjadikan keuntungan untuk Anda jika hal ini berhasil,
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Saat ini, TikTok telah berkembang menjadi platform ecommerce. Bahkan TikTok telah membuka kemungkinan kepada pengguna untuk mendapat penghasilan tambahan lewat TikTok Affiliate. Berikut cara membuat affiliate marketing TikTok meraup untung jutaan rupiah.
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program atau perusahaan yang membayar komisi untuk menawarkan dan menjual produk, layanan, atau situs web. Contoh umum dari bisnis Affiliate adalah menggunakan tautan rujukan. Affiliate marketer menempatkan tautan di blog.
Jan 06, 2023