ACCESSTRADE Indonesia

Tips Pintar dalam Menciptakan Strategi Segmentasi Pasar

Admin
others Dec 16, 2020

Baca Juga: Cari Income Tambahan? Ini Daftar Affiliate Program Yang Bisa Kamu Coba!

Ketika Anda mulai mengembangkan bisnis secara digital dengan produk milik sendiri ataupun memasarkan produk dari perusahaan lain, maka satu hal yang wajib untuk dilakukan adalah melakukan pemetaan segmentasi pasar. 

Hanya saja, tidak semua orang cukup piawai dalam menciptakan strategi segmentasi pasar seperti in. Oleh karenanya, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat digunakan untuk dapat menciptakan strategi segmentasi pasar dan dapat menunjang bisnis digital Anda.

Analisis Semua Kostumer

Ketika bisnis Anda mulai beranjak naik dengan memiliki beberapa konsumen atau pelanggan tetap, maka mulailah untuk membuat market segmentasi atau segmentasi pasar. Awalilah dengan mengidentifikasi trend populer berbasis kebiasaan konsumen. Anda juga dapat secara langsung melakukan interview singkat dengan mereka untuk mendapatkan data yang lebih akurat.

Setelah itu, Anda dapat memanfaatkan fasilitas layanan yang dimiliki Google, yaitu Google Analytics untuk mencari secara detail segmentasi pasar seperti apa yang tepat untuk digunakan berdasarkan bisnis Anda serta data konsumen yang Anda miliki.

Buat Daftar Persona untuk Semua Pelanggan Paling Loyal

Setelah Anda selesai membuat analisis data berbasis pelanggan, maka Anda akan mengetahui mulai dari produk-produk populer sampai dengan kebiasaan konsumen dalam berbelanja. Langkah berikutnya adalah dengan membuat persona konsumen atau orang-orang yang menurut Anda layak untuk dimasukkan ke dalam daftar khusus.

Identifikasi Peluang Pasar

Usai membuat persona konsumen, maka Anda dapat meneruskannya dengan melakukan identifikasi peluang pasar. Untuk mendapatkan data identifikasi seperti ini, akan ada sedikit effort berlebih yang harus dilakukan karena Anda harus mengetahui beberapa hal, seperti apa keunggulan dari produk Anda dibandingkan produk lain? Kenapa harus bertransaksi dengan Anda? Sampai dengan segmen pasar seperti apa yang tepat untuk Anda terjuni.

Uji Coba dan Ulangi

Ketika semua data telah berada di tangan, maka Anda harus mulai melakukan sedikit uji pasar. Hal ini dirasa wajib dilakukan untuk mendapatkan result test terkait dengan strategi segmentasi yang dilakukan serta mengetahui seperti apa feedback dari pelanggan lama dan baru. Setelah itu, mulailah untuk menggunakan pemasaran secara online yang sistematis dengan memanfaatkan resource yang ada.

Baca Juga: 15 Program Afiliasi Hosting, Komisi Jutaan dan Menarik untuk di Coba

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
affiliate marketing
Marketplace dan e-commerce meramaikan ekosistem afiliasi di Indonesia dengan berbagai penawaran komisi dan program yang masing-masing menguntungkan.
Feb 08, 2023
affiliate marketing
Program afiliasi lazada adalah program afiliasi yang menguntungkan dengan komisi yang bervariasi mulai dari 1% sampai 7% untuk setiap pembeliannya.
Feb 08, 2023
affiliate marketing
Ikuti 3 tips ngonten ini biar shopee afiliasi program-mu makin cuan, gampang ditiru dan dipraktekan, buktikan sendiri!
Feb 08, 2023
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Program affliasi adalah metode marketing yang di dasarkan pada performance, atau dibayar pada setiap action atau penjualan yang terjadi
Jan 18, 2023