ACCESSTRADE Indonesia

Tips Jualan Online Produk-Produk Mahal, Wajib Dicoba

Admin
others Sep 25, 2020

Baca Juga: Rangkuman Lengkap Jenis Bisnis Online Untuk Pemula Terlengkap, Affiliate marketing paling diminati

Saat akan belanja, harga tentu menjadi hal yang akan diperhatikan oleh para pembeli. Sehingga para penjual online maupun offline pun harus memiliki strategi yang tepat dalam menentukan harga produknya. Terlebih bagi Anda yang memang menjual produk dengan harga yang mahal. Sekalipun banyak pembeli yang suka belanja dengan harga terjangkau, bukan berarti produk Anda yang terkesan mahal akan sepi akan pembeli. Sebaliknya, Anda harus menerapkan strategi penjualan yang tepat agar produk mahal Anda bisa tetap menarik perhatian. Untuk memudahkan Anda, yuk simak tips jualan online produk mahal berikut ini.

Daftar Isi

Lakukan Branding

Branding menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan oleh para pemilik usaha. Bangun citra produk Anda sebaik mungkin dan buat para calon konsumen percaya dengan manfaat yang ditawarkan oleh produk Anda. Bagaimana calon konsumen melihat produk Anda tentu menjadi hal yang sangat penting agar penjualan Anda kian pesat. Sekalipun Anda menjual produk dengan harga yang lebih mahal dari kompetitor, jika branding Anda lebih bagus, tentu konsumen akan lebih memilih membeli produk anda. Melakukan branding juga perlu dilakukan terus-menerus sekalipun Anda sudah mendapatkan jumlah konsumen yang kian banyak.

Tentukan Target Market

Hal yang tidak kalah penting untuk Anda pertimbangkan yakni menentukan target market. Buatlah identifikasi secara mendetail mengenai siapa saja yang berpotensi akan membeli produk yang Anda jual. Jika sudah, lakukan pendekatan kepada calon pembeli sesuai dengan kebiasaan mereka. Dengan menentukan target market yang tepat, Anda bisa lebih mudah menyasar calon konsumen yang memang potensial. Namun, tidak menutup kemungkinan jika lambat laun target market yang telah Anda tentukan kian meluas seiring berjalannya waktu.

Berikan Edukasi Produk

Produk Anda yang memiliki harga mahal tentu akan memiliki segudang manfaat dibandingkan dengan produk sejenis yang dijual dengan harga murah, kan? Untuk lebih menarik perhatian para pembeli, jangan pernah lelah untuk menyampaikan apa saja manfaat yang dimiliki oleh produk Anda. Tawarkan juga solusi terbaik yang bisa diberikan oleh produk Anda yang mampu mengatasi permasalah mereka. Dengan begitu, sekalipun calon konsumen Anda bukan sosok yang konsumtif, mereka akan rela membeli produk mahal yang memang dibutuhkan.

Edukasi mengenai kelebihan dari produk Anda tentu perlu dilakukan secara berulang. Buat calon konsumen merasa takjub dengan kelebihan yang dimiliki oleh produk Anda. Jika perlu, sisipkan selalu kelebihan produk dalam seluruh media sosial yang dimiliki. Buat konten yang bervariasi untuk membuat konsumen tidak bosan mengetahui apa saja kelebihan produk Anda. 

Selain menyampaikannya dalam bentuk gambar dan text, tidak ada salahnya jika Anda pun menjelaskan mengenai spesifikas dan kelebihan produk melalui sebuah video. Mengingat video akan lebih mudah diterima dibandingkan dengan konten lainnya. Tapi ingat, pastikan video yang Anda unggah memberikan penjelasan yang detail dan mudah diterima konsumen.

Lakukan Endorsement

Berjualan online rasanya tidak akan lengkap, jika Anda tak melibatkan para selebgram atau influencer di media sosial. Percaya tidak percaya, endorsement ini menjadi strategi yang bisa dibilang sangat ampuh untuk mengenalkan produk Anda, lho. Dalam menentukan sosok influencer yang akan diendorse, pastikan Anda tidak memilih secara asal-asalan dan hanya memperhatikan jumlah followers.

Bagaimana karakteristik dan kebiasaan dari influencer juga patut menjadi pertimbangan utama Anda. Sebagai contoh, produk suplemen kesehatan akan lebih cocok jika dipromosikan oleh influencer yang memang kerap membagikan informasi mengenai kesehatan. Visi misi yang sama ini akan membuat produk Anda lebih dikenal dan bertemu dengan calon konsumen yang tepat. Jika memungkinkan, akan lebih baik jika Anda melakukan endorsement pada beberapa influencer. 

Semakin banyak orang yang mempromosikan produk Anda, tentu banyak orang yang tertarik untuk membelinya, kan? Jangan lupa untuk minta para influencer tersebut menyebutkan apa saja kelebihan dan solusi yang diberikan oleh produk Anda.

Gunakan Teknik Labeling

Teknik labeling juga bisa Anda terapkan untuk membuat produk lebih menarik perhatian calon konsumen. Beri pelabelan yang paling sesuai dan pas dengan produk yang Anda jual. Beberapa labeling yang paling umum untuk dilakukan yakni "Best Seller" atau "Super Premium". Dengan mencantumkan labeling tersebut, secara tidak langsung akan membuat konsumen merasa bahwa produk Anda memang spesial dan layak dijual dengan harga yang mahal. Kemudian, mereka pun tidak akan lagi ragu untuk melakukan pembelian.

Itu tadi kelima tips jualan online produk mahal yang bisa Anda terapkan pada bisnis Anda. Bersiaplah mendapatkan jumlah konsumen yang kian banyak jika memang Anda telah mempraktekkan kelima tips di atas dengan benar. Agar produk Anda tetap memiliki kualitas yang baik, jangan lupa juga untuk selalu mendengarkan kritik maupun saran dari konsumen, ya!

Baca Juga: Pekerjaan Afiliator Jadi Solusi Dapatkan Passive Income Menggiurkan

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program di mana Anda mempromosikan produk atau layanan perusahaan atau merek dan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian. Jumlah komisi yang Anda terima bervariasi berdasarkan persentase produk dan harga jual.
Jan 07, 2023
how to
Setelah Anda bergabung sebagai Affiliate Marketer di Tokopedia, Anda harus mempunyai strategi dalam mempromosikan produk yang Anda jual pada platform media sosial pribadimu. Hal ini menjadikan keuntungan untuk Anda jika hal ini berhasil,
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Saat ini, TikTok telah berkembang menjadi platform ecommerce. Bahkan TikTok telah membuka kemungkinan kepada pengguna untuk mendapat penghasilan tambahan lewat TikTok Affiliate. Berikut cara membuat affiliate marketing TikTok meraup untung jutaan rupiah.
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program atau perusahaan yang membayar komisi untuk menawarkan dan menjual produk, layanan, atau situs web. Contoh umum dari bisnis Affiliate adalah menggunakan tautan rujukan. Affiliate marketer menempatkan tautan di blog.
Jan 06, 2023