Tips Jualan Online Produk-Produk Mahal, Wajib Dicoba

Admin
others Sep 25, 2022
1688712342_tips-jualan-online-produk-produk-mahal-wajib-dicoba-1.jpg

Saat akan belanja, harga tentu menjadi hal yang akan diperhatikan oleh para pembeli. Sehingga para penjual online maupun offline pun harus memiliki strategi yang tepat dalam menentukan harga produknya. Terlebih bagi Anda yang memang menjual produk dengan harga yang mahal. Sekalipun banyak pembeli yang suka belanja dengan harga terjangkau, bukan berarti produk Anda yang terkesan mahal akan sepi akan pembeli. Sebaliknya, Anda harus menerapkan strategi penjualan yang tepat agar produk mahal Anda bisa tetap menarik perhatian. Untuk memudahkan Anda, yuk simak tips jualan online produk mahal berikut ini.

Daftar Isi

1. Lakukan Branding

Branding menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan oleh para pemilik usaha. Bangun citra produk Anda sebaik mungkin dan buat para calon konsumen percaya dengan manfaat yang ditawarkan oleh produk Anda. Bagaimana calon konsumen melihat produk Anda tentu menjadi hal yang sangat penting agar penjualan Anda kian pesat. Sekalipun Anda menjual produk dengan harga yang lebih mahal dari kompetitor, jika branding Anda lebih bagus, tentu konsumen akan lebih memilih membeli produk anda. Melakukan branding juga perlu dilakukan terus-menerus sekalipun Anda sudah mendapatkan jumlah konsumen yang kian banyak.

2. Tentukan Target Market

Hal yang tidak kalah penting untuk Anda pertimbangkan yakni menentukan target market. Buatlah identifikasi secara mendetail mengenai siapa saja yang berpotensi akan membeli produk yang Anda jual. Jika sudah, lakukan pendekatan kepada calon pembeli sesuai dengan kebiasaan mereka. Dengan menentukan target market yang tepat, Anda bisa lebih mudah menyasar calon konsumen yang memang potensial. Namun, tidak menutup kemungkinan jika lambat laun target market yang telah Anda tentukan kian meluas seiring berjalannya waktu. Karena itulah Anda harus rajin untuk menentukan target pasar yang akan Anda gunakan, kami menyarankan untuk mengulas kembali target pasar setidaknya sekali dalam sebulan.

3. Berikan Edukasi Produk

Produk Anda yang memiliki harga mahal tentu akan memiliki segudang manfaat dibandingkan dengan produk sejenis yang dijual dengan harga murah, kan? Untuk lebih menarik perhatian para pembeli, jangan pernah lelah untuk menyampaikan apa saja manfaat yang dimiliki oleh produk Anda. Tawarkan juga solusi terbaik yang bisa diberikan oleh produk Anda yang mampu mengatasi permasalah mereka. Dengan begitu, sekalipun calon konsumen Anda bukan sosok yang konsumtif, mereka akan rela membeli produk mahal yang memang dibutuhkan.

Edukasi mengenai kelebihan dari produk Anda tentu perlu dilakukan secara berulang. Buat calon konsumen merasa takjub dengan kelebihan yang dimiliki oleh produk Anda. Jika perlu, sisipkan selalu kelebihan produk dalam seluruh media sosial yang dimiliki. Buat konten yang bervariasi untuk membuat konsumen tidak bosan mengetahui apa saja kelebihan produk Anda. 

Selain menyampaikannya dalam bentuk gambar dan text, tidak ada salahnya jika Anda pun menjelaskan mengenai spesifikas dan kelebihan produk melalui sebuah video. Mengingat video akan lebih mudah diterima dibandingkan dengan konten lainnya. Tapi ingat, pastikan video yang Anda unggah memberikan penjelasan yang detail dan mudah diterima konsumen.

4. Lakukan Endorsement

Berjualan online rasanya tidak akan lengkap, jika Anda tak melibatkan para selebgram atau influencer di media sosial. Percaya tidak percaya, endorsement ini menjadi strategi yang bisa dibilang sangat ampuh untuk mengenalkan produk Anda, lho. Dalam menentukan sosok influencer yang akan diendorse, pastikan Anda tidak memilih secara asal-asalan dan hanya memperhatikan jumlah followers.

Bagaimana karakteristik dan kebiasaan dari influencer juga patut menjadi pertimbangan utama Anda. Sebagai contoh, produk suplemen kesehatan akan lebih cocok jika dipromosikan oleh influencer yang memang kerap membagikan informasi mengenai kesehatan. Visi misi yang sama ini akan membuat produk Anda lebih dikenal dan bertemu dengan calon konsumen yang tepat. Jika memungkinkan, akan lebih baik jika Anda melakukan endorsement pada beberapa influencer. 

Semakin banyak orang yang mempromosikan produk Anda, tentu banyak orang yang tertarik untuk membelinya, kan? Jangan lupa untuk minta para influencer tersebut menyebutkan apa saja kelebihan dan solusi yang diberikan oleh produk Anda.

5. Gunakan Teknik Labeling

Teknik labeling juga bisa Anda terapkan untuk membuat produk lebih menarik perhatian calon konsumen. Beri pelabelan yang paling sesuai dan pas dengan produk yang Anda jual. Beberapa labeling yang paling umum untuk dilakukan yakni "Best Seller" atau "Super Premium". Dengan mencantumkan labeling tersebut, secara tidak langsung akan membuat konsumen merasa bahwa produk Anda memang spesial dan layak dijual dengan harga yang mahal. Kemudian, mereka pun tidak akan lagi ragu untuk melakukan pembelian.

Nah, itulah tadi kelima tips jualan online produk mahal yang bisa Anda terapkan pada bisnis Anda. Bersiaplah mendapatkan jumlah konsumen yang kian banyak jika memang Anda telah mempraktekkan kelima tips di atas dengan benar. Dengan menerapkan beberapa tips yang sudah kami sebutkan di atas, kami jamin produk yang Anda pasarkan akan cepat terjual dan terkenal di kalangan pembeli. Agar produk Anda tetap memiliki kualitas yang baik, jangan lupa juga untuk selalu mendengarkan kritik maupun saran dari konsumen. Tertarik untuk menjadi blogger yang bisa menghasilkan banyak uang? Segera daftarkan diri Anda di Affiliate Marketing terbaik untuk Bloggers.

Rizki Setyo

Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.

Artikel Terkait
Spesifikasi video tiktok yaitu memiliki dimensi dan resolusi 1080 x 1920, ukuran max file 287-an mb (ios) dan 72 mb (android), format video .mp4 dan .mov
Kesalahan yang perlu dihindari saat menjadi influencer affiliate yaitu fokus pada jumlah followers, tidak ada content plan dan simak ulasan lengkapnya disini!
Panduan mengenai berapa ukuran rasio dan resolusi untuk feed, reels, IGTV, dan stories pada instagram serta tipsnya. Simak ulasan lengkapnya disini!
search engine optimization
Berikut ulasan mengenai pentingnya memperhatikan tone saat menulis artikel affiliate beserta tips dan jenis tone penulisan. Simak ulasan lengkapnya disini!
search engine optimization
Cara meningkatkan konversi pada artikel atau blog yaitu dengan pahami funnel conversion, tingkatkan loading speed, contoh konten dengan konversi tinggi
search engine optimization
Kalau kamu ingin menjadi influencer dan masih belum mengetahui niche apa yang kamu ingin bangun, kamu bisa memulainya dengan mengeksplore minat dan interest. Simak lebih lengkapnya di artikel ini.