Mengenal Teknikal SEO dan Hal-hal yang Perlu Diperhatikan saat Membangun Sebuah Website

Admin
1704734174_technical-seo-large.jpeg

Apa itu technical SEO? Segala hal tentang meningkatkan aspek teknis situs web untuk meningkatkan peringkat halamannya di search engine adalah bagian dari technical SEO. Misalnya, jika Anda ingin membuat situs web lebih cepat, lebih mudah di crawling oleh googlebot, dan lebih cepat terindex di search engine itu adalah fungsi dari technical SEO.

Search Engine Optimization (SEO) adalah salah satu bagian dari marketing digital yang secara organik atau tidak berbayar bertujuan untuk  meningkatkan visibilitas website di search engine atau search engine. Tentunya Anda pasti mengenal terkait on-page SEO dan off-page SEO. Nah, artikel ini akan membahas pentingnya dan faktor yang mempengaruhi technical SEO.

Daftar Isi

Pentingnya Memperhatikan Technical SEO dalam sebuah Blog

Selain perlu memperhatikan konten dari website Anda, agar konten bisa terdistribusi luas maka perlu lingkungan website yang sesuai dengan permintaan search engine, misalnya google. Anda perlu mengkondisikan website sesuai dengan permintaan dari google sehingga googlebot dengan mudah mengenali website Anda. 

Banyak manfaat yang akan website Anda peroleh khususnya jika website Anda menjadi salah satu platform untuk marketing bisnis. Hal ini disebabkan oleh konten yang berkualitas dan menarik, perlu didukung oleh performa website yang baik, berikut 3 hal manfaat dari technical SEO.

1. Website Mudah Ditemukan oleh Users

Konten berkualitas yang Anda buat perlu didistribusikan ke banyak users yang memiliki intensi sesuai dengan website Anda. Dengan banyaknya website yang berada di google, pastinya Anda harus lebih unggul dibanding website lainnya, dengan cara muncul di page pertama dari google.

Posisi ini tentu berpengaruh terhadap traffic. dimana 75% users cenderung hanya melihat page pertama dari google tanpa klik atau scroll ke page kedua. Dengan muncul di page pertama, besar kemungkinan website atau bisnis Anda dikenal oleh banyak orang, khususnya users yang tepat.

2. Meningkatkan Konversi

Selanjutnya, jika posisi website sudah berada di page pertama, maka Anda akan lebih mudah dalam meningkatkan konversi, seperti leads ataupun purchase sehingga akan membantu pendapatan atau revenue dari bisnis Anda.

Namun jika Anda seorang blogger, ini juga membuka kesempatan untuk meningkatkan traffics website Anda untuk digunakan sebagai platform affiliate dari suatu brand tertentu, setidaknya Anda bisa mendapatkan google adsense bukan.

3.  Investasi Jangka Panjang

Keuntungan lainnya adalah dengan memperbaiki technical SEO dari website menjadi bagian dari investasi jangka panjang. Website Anda bisa menjadi funnel marketing yang low cost karena tidak memerlukan budget ads atau iklan, malahan Anda bisa menjadi media periklanan digital, menarik bukan?

Namun, meskipun SEO berada di channel organic atau tidak berbayar, perlu Anda pahami bahwa website atau SEO yang bagus selalu memiliki harga yang perlu dibayar, baik itu waktu, tenaga, maupun uang. Dalam hal technical SEO, jika Anda mengalami kesulitan dalam memperbaikinya, tentunya Anda perlu berkonsultasi dengan website developer.

Faktor yang Perlu Diperhatikan di Technical SEO

Selain kedua jenis SEO tersebut, ada beberapa faktor teknis yang perlu diperhatikan saat membangun sebuah website, yaitu:

1. Keamanan Website

Keamanan website merupakan salah satu faktor yang penting untuk diperhatikan. Website yang aman akan memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengguna, termasuk search engine.

Untuk memastikan keamanan website, Anda dapat menggunakan protokol keamanan yang tepat, seperti HTTPS. Selain itu, Anda juga perlu memperbarui sistem keamanan website secara berkala untuk menghindari serangan malware atau hacker.

2. Indexing

Indexing merupakan proses di mana search engine mengumpulkan informasi dari website dan menyimpannya dalam indeks. Informasi yang disimpan dalam indeks tersebut kemudian akan digunakan oleh search engine untuk menampilkan hasil pencarian yang relevan.

Untuk memastikan website Anda diindex oleh search engine, Anda perlu membuat file robots.txt dan sitemap.xml. File robots.txt digunakan untuk memberikan instruksi kepada search engine tentang halaman mana saja yang boleh diindex. Sitemap.xml digunakan untuk memberikan informasi tentang semua halaman di website Anda.

3. Struktur Website

Struktur website yang baik akan memudahkan search engine untuk melakukan crawling terhadap konten website. Struktur website yang baik juga akan memudahkan pengunjung untuk menemukan informasi yang mereka cari.

Untuk membuat struktur website yang baik, Anda dapat menggunakan menu navigasi yang jelas dan mudah dipahami. Selain itu, Anda juga perlu menggunakan tag heading dan subheading untuk memudahkan search engine untuk memahami struktur konten website Anda.

4. Tampilan Mobile yang Baik

Saat ini, semakin banyak orang yang menggunakan perangkat mobile untuk mengakses internet. Oleh karena itu, penting untuk memastikan website Anda memiliki tampilan yang baik di perangkat mobile.

Untuk membuat tampilan mobile yang baik, Anda dapat menggunakan responsive design. Responsive design merupakan teknik desain website yang memungkinkan website Anda menyesuaikan tampilannya dengan ukuran layar perangkat yang digunakan.

5. Perhatikan Struktur Data

Struktur data merupakan format data yang dapat membantu search engine untuk memahami konten website Anda secara lebih mendalam. Struktur data dapat digunakan untuk memberikan informasi tambahan tentang konten website Anda, seperti judul, deskripsi, jenis konten, penulis, dan sebagainya.

Untuk menambahkan struktur data ke website Anda, Anda dapat menggunakan plugin atau kode HTML.

Dengan memperhatikan faktor-faktor teknis SEO di atas, Anda dapat meningkatkan visibilitas website Anda di search engine dan menarik lebih banyak pengunjung ke website Anda karena berhasil membangun sebuah website yang SEO-friendly sehingga dapat bersaing di search engine. Lantas, bagaimana Anda mengetahui kondisi technical website?

Tools untuk Audit Teknikal SEO

Anda bisa memanfaatkan tools untuk memeriksa technical SEO Anda secara gratis maupun berbayar, seperti.

1. Google Search Console

google search console

 

Google Search Console merupakan tools gratis dari Google yang dapat digunakan untuk memeriksa kondisi website Anda, apakah perlu diperbaiki atau sudah dalam kondisi optimal/Tools ini dapat memberikan informasi tentang indexing, performa mobile dan desktop, dan lain-lain.

2. Screaming Frog SEO Spider

screaming frog

 

Screaming Frog SEO Spider merupakan tools yang dapat digunakan untuk melakukan crawl website Anda. Tools ini dapat memberikan informasi tentang struktur website, indexing, url, canonicals, dan lain-lain. Tools ini dapat Anda gunakan secara gratis, namun terbatas untuk 500 url saja.

3. Menggunakan Ekstensi melalui Chrome Web Store

ekstensi melalui chrome web store

 

Anda bisa mengakses https://chromewebstore.google.com/ dan memilih ekstensi yang sesuai untuk kebutuhan, seperti lighthouse yang berfungsi untuk mengetahui page speed dan metriks pendukung lainnya, contohnya FCP, LCP, CLS, dan lainnya.

Itulah penjelasan terkait technical SEO dan pentingnya untuk menjaga performa website tetap baik sehingga Anda bisa memaksimalkan website untuk kebutuhan personal maupun bisnis Anda. Jika Anda masih memiliki pertanyaan Anda bisa bertanya kepada komunitas para affiliator di Telegram dengan join link di bawah ini.

Gabung Grup Telegram Kami

 

Artikel ini telah direview oleh:

  • Muhammad Harist Abduh Nazili sebagai SEO Specialist di Accesstrade
  • Rizky Setyo sebagai Penanggung Jawab Content di Accesstrade  

Sumber Feature Image: Freepik 

Semua Screenshot Diambil oleh tim content ACCESSTRADE pada January 2023

 

 

 

Rizki Setyo

Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.

Artikel Terkait
Sulit mendapatkan uang dari Adsense Youtube? Ada cara lain untuk mendapatkan uang dari Youtube. Berikut 6cara dapat uang dari youtube selain adsense
search engine optimization
Cara Kerja Search Engine yaitu dengan melewati beberapa tahapan proses seperti Crawling, Indexing dan Ranking. Simak ulasan lengkapnya disini!
Spesifikasi video tiktok yaitu memiliki dimensi dan resolusi 1080 x 1920, ukuran max file 287-an mb (ios) dan 72 mb (android), format video .mp4 dan .mov
Kesalahan yang perlu dihindari saat menjadi influencer affiliate yaitu fokus pada jumlah followers, tidak ada content plan dan simak ulasan lengkapnya disini!
Panduan mengenai berapa ukuran rasio dan resolusi untuk feed, reels, IGTV, dan stories pada instagram serta tipsnya. Simak ulasan lengkapnya disini!
search engine optimization
Berikut ulasan mengenai pentingnya memperhatikan tone saat menulis artikel affiliate beserta tips dan jenis tone penulisan. Simak ulasan lengkapnya disini!