Tips Menentukan Minat dan Interest untuk Memulai Karir Sebagai Influencer

Admin
1707707457_feature-image-utama-4.jpg

Tahukah kamu bahwa kita perlu menentukan minat sebelum menjadi Influencer di social media? Kalau belum, maka kamu perlu tahu hal ini karena minat dan interest termasuk hal yang penting jika kamu ingin menjadi  influencer. Kenapa?

Jawabnya karena minat dan interest menjadi salah satu cara untuk menentukan niche social media. Niche adalah topik yang akan difokuskan untuk dibahas di social media. Contohnya seperti fashion, kecantikan, keuangan, kuliner, olahraga, travelling dan lain-lain.

Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui minat dan interest kamu. Lalu, bagaimana cara mengenali  minat? Kamu bisa mengenali minat dan interest-mu dengan cara di bawah ini.

Daftar Isi

Cara Menemukan Minat dan Interest sebelum Menjadi Influencer

1. Mulai bereksplorasi dari hal-hal yang diminati

Apakah kamu bingung dalam menentukan hal-hal yang disukai? Jika iya, kondisi ini wajar terjadi karena ini bukan hal yang mudah. Salah satu penyebabnya adalah kamu mungkin menyukai beberapa hal di waktu bersamaan. 

Alhasil, kamu akan kebingungan dan bertanya-tanya, “apa yang benar-benar aku sukai?” Nah, kalau kamu bingung, kamu berarti perlu melakukan self reflection untuk mengeksplor hal-hal yang disukai. 

Berdasarkan hasil eksplorasi tersebut, buatlah  list hal-hal yang disukai. Dari list tersebut, kamu bisa menentukan hal-hal yang paling menyenangkan untuk kamu lakukan setiap saat.

Misalnya, kamu menyukai banyak hal, seperti memasak, mendesain, make-up, dan menulis. Namun, make up adalah kegiatan yang paling kamu senangi. Bahkan kamu bisa melakukannya hampir setiap hari. Nah, ini berarti make up yang paling mungkin menjadi minat dan interest kamu

2. Kenali hal yang membuatmu termotivasi

Poin ini berkaitan dengan poin sebelumnya. MInat dan motivasi adalah hal yang saling berkaitan. Minat adalah suatu keinginan, kecenderungan, dan ketertarikan untuk melakukan suatu hal. Di sisi lain, motivasi adalah suatu dorongan yang menyebabkan seseorang untuk melakukan sesuatu.

hal-hal yang disukai atau diminati adalah salah satu faktor munculnya motivasi. Ketika kamu sangat menyukai sesuatu, kamu akan termotivasi untuk melakukan sesuatu tersebut dengan enjoy dan senang. Bahkan kamu bisa berinisiatif  tanpa beban untuk melakukannya. 

Oleh karena itu, kamu tidak cukup hanya mencari tahu hal-hal yang disukai saja. Kamu juga perlu tentukan hal yang membuatmu termotivasi untuk take action.

Contohnya, Kamu adalah seseorang yang menyukai dunia make up. Nah, ketertarikan ini bisa mendorong kamu untuk belajar make up. Jadi, ini tandanya bahwa make-up menjadi motivasi dan minat kamu.

3. diskusikan dan bertanya dengan orang terdekat

Apakah kamu masih sulit menemukan hal-hal yang kamu sukai? Bahkan, kamu juga sulit untuk menilai dan mengenal diri sendiri. Nah, kalau kalau kamu di kondisi tersebut, maka cara ini mungkin bisa menjadi solusi, yaitu orang terdekat

Orang terdekat adalah orang-orang yang mungkin sangat mengenali mu. Mereka mungkin saja menyadari suatu hal tentang dirimu yang tidak kamu sadari

Selain itu, Mereka mungkin memiliki  pandangan yang berbeda-beda tentang dirimu. Pandangan tersebut mungkin lebih objektif dan tidak bias dibanding pandanganmu sendiri. 

Oleh karena itu, diskusi dan bertanyalah kepada mereka. Tujuannya agar kamu terbantu dalam refleksi diri untuk menemukan minat dan interest-mu

4. Kenali kepribadian melalui online test

Tes kepribadian dan tes minat adalah salah satu alat yang bisa membantu untuk mengenali dirimu sendiri. Tes ini umumnya terdiri dari rangkaian pertanyaan yang harus dijawab. 

Pertanyaan tersebut sudah disusun sedemikian rupa untuk menganalisis kepribadian atau minat seseorang. 

Selain itu,  setiap pertanyaan dengan jawaban tertentu sudah dikategorikan ke dalam kepribadian atau karakter atau minat tertentu. Oleh karena itu, tes-tes jenis ini bisa membantu kamu dalam mengenali diri sendiri.

5. Analisis skills yang dimiliki

Skills atau bakat adalah kemampuan seseorang yang diperoleh sejak lahir atau dilatih. Apabila seseorang memiliki skill tertentu dari lahir, tetapi ia tidak melatihnya, maka skills tersebut bisa saja tidak berkembang.

Disisi lain, orang yang tidak memiliki skill tertentu dari lahir, tetapi ia melatihnya dengan giat, maka ia bisa memiliki skills tersebut.

Nah, skill yang diperoleh dari proses latihan ini tentu membutuhkan minat dan motivasi agar seseorang mau dan bisa belajar untuk melatih skill tersebut

Contohnya, seseorang yang awalnya tidak memiliki skill make up, tetapi ia tertarik dengan dunia make up. Dari ketertarikan tersebut, ia termotivasi untuk belajar make up dengan giat dan rutin. Alhasil, dia menjadi seorang yang pandai dan ahli make up

Oleh karena itu, kamu perlu menganalisis apa saja skills yang dimiliki. Siapa tau, skill yang sudah kamu miliki selama ini adalah minat kamu sebenarnya.

6. Cari tahu melalui hobi

Hobi adalah sesuatu kegiatan menyenangkan di waktu senggang. Nah, hobi ini bisa menjadi petunjuk bagi kamu untuk menemukan minat. 

Walaupun hobi umumnya dilakukan di waktu senggang, tapi ada juga orang yang melakukan hobinya hampir setiap saat. Nah, hobi tersebut mungkin adalah minat kamu sesungguhnya.

Menentukan Goals Influencer sesuai Minat dan Interest 

Kamu sudah menemukan minat dan interest kamu. Lalu, apa yang perlu kamu lakukan setelah itu? Tentunya, kamu ingin menjadi influencer di social media, bukan? Namun, kamu perlu juga menentukan goals sebagai influencer yang sesuai dengan minat dan interest-mu

Bagaimana menentukan goals untuk menjadi influencer social media? Nah, kamu bisa menggunakan metode SMART. SMART adalah cara untuk menentukan tujuan atau goals. SMART ini merupakan kependekan dari Specific, Measureable, Achievable, Relevan dan Time Bond.

Specific : Tujuan harus dibuat dengan spesifik dan jelas. 

Measureable : Tujuan dapat diukur dengan tolak ukur atau metrik tertentu. Hal ini bisa

menggunakan tujuan jangka pendek dalam mencapai tujuan jangka panjang (tujuan utama)

Achievable : Tujuan dapat dicapai sesuai kemampuan

Relevan : Tujuan harus sesuai dengan diri kamu

Time bond : Batasan waktu untuk mencapai tujuan

 

Contoh, kamu memiliki minat dan interest di dunia make up. Kamu ingin menjadi beauty influencer di social media. Lalu, kamu menetapkan goals dengan metode SMART.

 

Specific : Saya ingin menjadi beauty influencer baru yang sukses di Instagram dengan

Followers 10.000 penghasilan 10 juta per bulan

Measurable : Peningkatan jumlah followers sebesar 5.000 dan peningkatan penghasilan

sebesar Rp. 5.000.000 tiap 3 bulan

Achievable : Rutin membuat konten, memanfaatkan  koleksi make-up dan skincare,

menggunakan skill make up yang dimiliki, terus mengasah skill makeup, meluangkan waktu belajar social media, dan bergabung dengan komunitas.

Relevan : Peningkatan follower dan penghasilan relevan untuk menjadi beauty influencer 

baru yang sukses di Instagram

Time Bond : Dalam 6 bulan kedepan sudah berhasil memiliki  10.000 followers dan

penghasilan 10 juta/bulan

Kesimpulan

Menemukan minat dan interest adalah salah satu hal terpenting sebelum menjadi influencer di social media. Alasannya karena minat dan interest ini bisa membantumu untuk menentukan niche. Nah, kamu juga perlu menentukan goals setelah menemukan minat dan interest. Tentukan goals secara SMART agar kamu bisa menjadi influencer yang kamu inginkan.

Sumber Feature Image: Freepik

Rizki Setyo

Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.

Artikel Terkait
Sulit mendapatkan uang dari Adsense Youtube? Ada cara lain untuk mendapatkan uang dari Youtube. Berikut 6cara dapat uang dari youtube selain adsense
search engine optimization
Cara Kerja Search Engine yaitu dengan melewati beberapa tahapan proses seperti Crawling, Indexing dan Ranking. Simak ulasan lengkapnya disini!
Spesifikasi video tiktok yaitu memiliki dimensi dan resolusi 1080 x 1920, ukuran max file 287-an mb (ios) dan 72 mb (android), format video .mp4 dan .mov
Kesalahan yang perlu dihindari saat menjadi influencer affiliate yaitu fokus pada jumlah followers, tidak ada content plan dan simak ulasan lengkapnya disini!
Panduan mengenai berapa ukuran rasio dan resolusi untuk feed, reels, IGTV, dan stories pada instagram serta tipsnya. Simak ulasan lengkapnya disini!
search engine optimization
Berikut ulasan mengenai pentingnya memperhatikan tone saat menulis artikel affiliate beserta tips dan jenis tone penulisan. Simak ulasan lengkapnya disini!