Formula Nulis Caption untuk Meningkatkan Performa Afiliasi Social Media

Formula Nulis Caption untuk Meningkatkan Performa Afiliasi Social Media

Admin
Apr 04, 2024
SHARE ON
1712221834_formula-nulis-caption.jpg

Sebagai influencer afiliasi di Instagram, menulis caption yang menarik adalah nyawanya konten. Selain menampilkan visual yang eye catching, caption juga tidak kalah penting untuk diperhatikan agar link affliasi kamu berhasil mendatangkan banyak konversi. Nah agar caption kamu itu click able, formulanya sebetulnya ada pada skill Copywriting. Bagaimana meramu tulisan promosi yang tidak membosankan dan pada akhirnya bisa membuat audiens penasaran. Artikel ini akan membahas formula dalam menulis caption Instagram yang menarik dan bantu meningkatkan konversi.

Apa Itu Copywriting dan Bagaimana Contohnya?

Copywriting adalah metode penulisan konten yang dirancang untuk meyakinkan audiens agar tertarik membeli atau menggunakan produk atau jasa yang sedang dipromosikan.

Bagaimana Menulis Caption yang Unik dan Berbeda dari yang Lain

Tidak hanya fokus pada visual yang eye catching, membuat caption Instagram yang menarik juga tidak kalah penting. Semua bisa dimulai dengan menulis headline yang membuat orang akan berhenti ngescroll dan memutuskan membaca caption sampai selesai, sebelum itu, pastikan bahwa caption yang kamu buat relevant secara visual dan relate dengan masalah atau kehidupan audiens kamu. Kamu bisa gunakan strategi hook instagram, hook dalam dunia konten adalah judul yang mengandung pancingan agar audiens tertarik untuk tetap membaca dan stay lama di konten kamu. Berikut adalah contoh caption instagram hook yang bisa kamu jadikan referensi

  • Negasi Hook: Gunakan penyangkalan atau peniadaan untuk membuat kontras, misalnya, "Jangan Lakukan Ini Jika Ingin Sukses!"
  • FOMO Hook: Manfaatkan rasa takut ketinggalan, seperti "Segera Dapatkan Ini Sebelum Kehabisan!"
  • Expectation Hook: Set harapan atau janji, contoh: "Ingin Tahu Rahasia Diet Efektif? Baca Ini!"
  • Problem Hook: Angkat masalah yang relatable, seperti "Lelah dengan Kulit Kusam? Ini Solusinya!"
  • Happy Hook: Sampaikan kabar bahagia atau positif, misalnya, "Temukan Kebahagiaan dalam Hal Kecil dengan Tips Ini!"
  • Challenge Hook: Tawarkan tantangan, contoh: "Ikuti Tantangan 30 Hari Ini untuk Perubahan yang Lebih Baik!"

1. Gunakan Teknik PAS

Teknik Problem-Agitate-Solve (PAS) dalam menulis caption melibatkan tiga langkah utama. Pertama, tunjukkan masalah yang relevan dengan audiens. Kedua, tingkatkan ketertarikan dengan menggali lebih dalam tentang dampak masalah tersebut. Akhirnya, tawarkan solusi yang biasanya berupa produk atau layanan yang kamu promosikan. Misalnya, jika audiens sering merasa lelah, mulailah dengan mengakui masalah kelelahan itu, agitasi dengan menjelaskan dampak buruk kelelahan pada kehidupan sehari-hari, lalu tawarkan solusi praktis atau produk yang dapat meningkatkan energi mereka. Teknik ini membantu menjadikan caption lebih menarik dan mendorong tindakan dari audiens.

2. Berikan Jarak pada Captions

Caption yang panjang dan padat teks akan terasa menjenuhkan. Memberikan jarak atau pemisahan antar paragraf membuat teks lebih mudah dicerna dan menyenangkan untuk dibaca. Pemisahan ini juga membantu pembaca menyerap poin-poin penting yang ingin kamu sampaikan. Tips tambahan, tambahkan icon atau emoji setiap point-point tulisan akan lebih terlihat menarik.

Baca juga: Cara Sukses Dapat Uang dari Instagram Tanpa Modal

3. Berikan Manfaat dan Ciptakan Urgensi

Buatlah caption yang menunjukan bahwa produk atau jasa yang kamu punya ini sangat tepat buat audiens dan sangat membantu masalah yang selama ini mereka alami, awali dengan menonjolkan manfaat utama produk atau layananmu bagi audiens. Misalnya, jika kamu menjual jamu. Fokuskan pada bagaimana produk tersebut bisa meningkatkan imunitas dan kejompoan audiens. Selanjutnya, tambahkan elemen urgensi untuk mendorong pembaca bertindak cepat. Ini bisa berupa tawaran waktu terbatas atau ketersediaan produk yang terbatas. Contoh: "Masuk angin dan pegal-pegal bablas, badan jadi lebih sehat, anti jompo club. Dapatkan dengan Promo spesial beli 1 gratis 1 hanya hari ini – pesan sekarang sebelum kehabisan!" Bandingkan dengan kamu menulis “Jamu untuk mengatasi masuk angin dan pegal-pegal, dapatkan harga khusus”

Kalimat yang terakhir kurang spesifik, harga khusus itu seperti apa? Kan jadinya kurang jelas. Ingat, kita sedang merebut perhatian audiens agar mau dan tertarik dengan tawaran kita, maka dari itu sebelum mempublish posisikan kamu sebagai audiens dan calon customer.

4. Berikan Call to Action

Call to Action (CTA) adalah instruksi yang jelas di akhir caption Instagram untuk memberitahu pengikut apa yang harus mereka lakukan selanjutnya. Ini bisa berupa ajakan untuk mengklik link, langsung membeli produk.

Buatlah tulisan yang menciptakan kesan yang lebih personal dan engage dengan audiens kamu agar selain mereka mau membaca caption sampai selesai, mereka juga dengan reflek sukarela untuk “coment” dan bahkan tag teman-temannya di kolom komentar tersebut.

Baca juga: Cuan Maksimal dari Konten Instagram with Nadya Arifta

Rizki Setyo
Content Author
Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.
Artikel Terkait