Spesifikasi Video TikTok dan Rekomendasi Tools Video Editing

Spesifikasi Video TikTok dan Rekomendasi Tools Video Editing

Admin
Feb 27, 2024
SHARE ON
1708986375_tool-edit-video-tiktok.jpg

Jangan asal meng-upload video TikTok kalau kamu ingin menarik perhatian audiences dan pembeli. Kenapa? Alasannya karena TikTok itu memiliki spesifikasi video yang di-upload di platform mereka.

Kalau kamu meng-upload video yang tidak sesuai dengan spesifikasi, maka kualitas video akan kurang bagus. Di sisi lain, kamu perlu video yang bisa menarik perhatian audiences dan pembeli.

Terus, apa dong spesifikasinya? Spesifikasi video TikTok yang baik adalah ukuran, rasio durasi, format video yang sesuai.Berikut detailnya.

Spesifikasi Video TikTok
Dimensi dan resolusi 1080 x 1920
Ukuran kanvas 1080 x 1920
Ukuran maksimal file 287-an MB (Apple) dan 72 MB (Android)
Ukuran maksimal file iklan 500 MB
Format video .MP4 dan .MOV
Format video iklan .MP4, .MOV, .AVI, dan .GIF
Durasi Maksimal video 10 menit

 

Namun, kamu sebenarnya tidak perlu memikir spesifikasi kalau kamu merekam videonya dari aplikasi TikTok langsung. Rekaman tersebut tentunya sudah otomatis sesuai dengan spesifikasi TikTok.

Di sisi lain, kalau kamu merekamnya dari fitur kamera hp atau kamera lain, maka kamu memerlukan tool editing video. Lalu, edit video TikTok pakai apa? Salah satunya adalah CapCut yang paling terkenal. Namun, ada banyak lagi tool editing video yang bisa digunakan sebagai opsi.

Yuk pelajri spesifikasi video TikTok lebih lanjut dan kenali tool editing video yang cocok untuk TikTok di penjelasan berikut.

Berapa Spesifikasi Ukuran Video di TikTok?

Berikut spesifikasi video TikTok agar kualitas konten video-mu bagus:

1. Ukuran video TiKTok

Maksud ukuran video di sini adalah dimensi dan resolusi video. Ukurannya saat ini yang berlaku adalah 1080 pixel x 1920 pixel. Ukuran ini langsung ter-setting apabila kamu merekam video secara langsung melalui aplikasi TikTok.

Selain itu, ukuran tersebut juga merupakan ukuran umum video potret yang direkam oleh sebagian besar kamera hp saat ini. Artinya, posisi potret kamera hp sudah banyak menggunakan ukuran 1080 pixel x 1920 pixel.

Selain itu, rasio video TikTok adalah 9:16 atau 1:1. Rasio ini umumnya juga sudah sesuai dengan default kamera handphone saat ini.

Selanjutnya, ukuran video TikTok juga meliputi ukuran file dalam megabyte (MB). Ukuran file maksimum untuk produk Apple adalah 287,76 MB. Di sisi lain, Ukuran file maksimum untuk Android adalah 72 MB. Kemudian, Video TikTok Ads maksimal berukuran 500 MB

2. Format video TikTok

Kamu mungkin sudah tidak asing dengan format video .MP4. Yap, orang-orang banyak menggunakan format ini. Hal ini berlaku juga untuk TikTok.

Namun, TikTok tidak hanya menerima format .MP4 saja. Mereka juga menerima format .MOV. Format .MOV adalah format video yang digunakan oleh produk Apple.

Kedua format tersebut memiliki kualitas yang sama bagusnya. Namun, .MP4 adalah format yang paling umum dan terbaik untuk TikTok.

Alasannya karena ukuran file .MOV biasanya cenderung lebih besar sehingga user TikTok perlu mengubah ukuran atau mengkonversi video sebelum mengupload-nya ke TikTok. Tujuannya agar ukuran file (megabyte) video tidak melebih batas maksimum.

3. Durasi Video TikTok

TikTok saat ini sudah memberikan fasilitas durasi video maksimal 10 menit. Namun, hal tersebut bukan mengharuskan kamu untuk memposting video sampai 10 menit.

Lalu berapa durasi terbaik untuk membuat video TikTok? Durasi ini bisa bergantung kualitas konten video kamu. Kamu perlu memastikan bahwa setiap detik dari video tersebut menarik sehingga audiences tetap betah menonton video sampai akhir.

Baca juga: 18 Cara FYP Tiktok Affiliate yang Terbukti Berhasil

Rekomendasi Tool Editing Video untuk TikTok

Selain memperhatikan spesifikasi video, kamu mungkin perlu mengedit video agar tampilan video kamu menarik. Nah, berikut ini rekomendasi tool editing video yang cocok untuk video TikTok dan cocok untuk pemula.

1. CapCut

Apakah kamu pernah melihat logo capcut dan tulisan “CapCut - Try this template” di TikTok? Kalau pernah, kenapa bisa CapCut muncul di TikTok? Bisa dong karena CapCut dan TikTok adalah saudaraan. Keduanya dinaungi oleh perusahan yang bernama ByteDance Ltd.

Oleh karena itu, video yang diedit di CapCut sudah pasti kompatibel untuk TikTok sehingga CapCut menjadi aplikasi yang paling direkomendasikan

Selain itu, CapCut juga menyediakan fitur-fitur untuk mengedit video dasar, seperti memotong klip video, voice over, musik, teks, efek, filter, transisi, animasi, stiker, dan lain-lain.

Namun, CapCut juga menyediakan fitur-fitur canggih lainnya yang memudahkan user pemula. Apa saja itu? Berikut detailnya:

  • Fitur : Template video, overlay, stabilizer, reduce noise, voice changer, auto caption. reverse, rasio, beat, keyframe, dan lain-lain
  • Penggunaan : Handphone dan desktop
  • Biaya : Tersedia fitur gratis dan ada fitur pro yang berbayar

Sumber: CapCut.com

2. VN Video Editor

VN Video Editor merupakan salah satu tool editing video yang populer. Namun, Apakah kamu sudah tau apa arti VN itu? VN adalah singkatan dari Vlog Now.

VN Video Editor ini juga terkenal sebagai aplikasi edit video yang cocok untuk pemula. Bahkan orang-orang yang belum pernah mengedit video pun bisa menggunakannya.

Fitur-fitur umum untuk mengedit video dasar tersedia di sini. Fitur-fitur seperti memotong video, teks, sticker, musik, filter, transisi, voice over, dan sebagainya.

Kalau kamu ingin fitur-fitur lain, masih banyak fitur lainnya, yaitu:

  • Fitur : Auto caption, pengaturan bitrate, keyframe, reverse, speed curve, remove background, dan sebagainya
  • Penggunaan : Handphone dan desktop
  • Biaya : Tersedia fitur gratis dan berbayar untuk pro

Sumber: vlognow.me

3. FilmoraGo

Kamu mungkin hanya familiar dengan CapCut dan Vn Video Editor. Namun, kamu bisa juga mencoba FilmoraGO sebagai aplikasi edit video yang user-friendly untuk pemula.

Fitur-fitur untuk mengedit video dasar yang hampir mirip dengan CapCut dan Vn Video Editor.

Namun, aplikasi ini memiliki keunggulan yang sama dengan CapCut, yaitu menyediakan template. Template ini memudahkan pengguna dalam mengedit video.

Kamu hanya perlu memasukan beberapa potongan video. Lalu, video kamu sudah disesuaikan dengan template.

Terus, apa aja sih fitur-fitur lainnya? Berikut fitur-fiturnya:

  • Fitur : Curve speed, noise reduction, text-to-speech, remove background, AI effect, AI audio, dan banyak lagi
  • Penggunaan : Handphone dan desktop
  • Biaya : Free trial dalam 7 hari

Sumber: filmora.wondershare.net

Baca juga: 6 Cara Simpel Memaksimalkan Bio Tiktok

4. InShot

InShot adalah aplikasi yang tidak hanya ramah untuk pengguna baru. Namun, Inshot juga ramah untuk memori hp kamu.

Inshot hanya membutuhkan ruang penyimpanan sekitar 50-an MB (Android) dan 200-an MB (Apple). Di sisi lain, 3 aplikasi lainnya membutuhkan ruang penyimpan sekitar 100-an MB(Android) dan 300-an MB (Apple)

Nah, fitur-fitur untuk edit video sederhana di InShot sebenarnya hampir sama dengan 3 aplikasi di atas.

Namun, ada fitur-fitur lainnya, yaitu:

  • Fitur : Doodle, layering, remove background, kanvas, keyframe, dan lain-lain
  • Penggunaan : Handphone
  • Biaya : Tersedia fitur gratis dan berbayar

Sumber: Inshot.com

5. Viva Video

Viva video adalah tool editing video yang juga cocok untuk pemula yang belum pernah mengedit video.

Fitur-fitur yang tersedia cocok untuk mengedit video dasar seperti memotong video, sound effects, voice over, musik, efek, filter, stiker, dan lain-lain. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur-fitur advance.

Nah, berikut informasi tambahan terkait aplikasi ini untuk menjadi pertimbangan

  • Fitur : Overlay, AI style, subtitle translation, remove silence, remove background, dan lainnya
  • Penggunaan : Handphone
  • Biaya : Free trial dan berbayar

Sumber: vivavideo.tv

6. KineMaster

KineMaster salah satu aplikasi edit video yang populer. Aplikasi ini memiliki fitur-fitur yang cocok untuk pemula dalam pembuatan video sederhana. Fitur-fitur seperti memangkas video, menambahkan suara atau musik, efek, filter, dan lain-lain

Namun, ada beberapa fitur lainnya yang advance yangmudah digunakan. Fitur apa saja itu? Berikut detail fitur lainnyai:

  • Fitur : Template, reverse, AI style, background remover, noise reduction, voice changer, dan lainnya.
  • Penggunaan : Handphone
  • Biaya : Gratis

Sumber: kinemaster.com

7. PowerDirectior

Aplikasi edit video yang menyediakan fitur edit video yang sederhana dan advance. Namun, fitur-fitur advance nya tetap mudah digunakan untuk para pemula karena setiap fiturnya memiliki video tutorial.

Nah penasaran dengan aplikasinya? Berikut detail aplikasinya yang perlu diketahui:

  • Fitur :Custom face shape, AI effect, body shapes setting, AI sticker, template, dan banyak lagiPenggunaan :Handphone dan desktop
  • Biaya : Gratis

Sumber: cyberlink.com

Kesimpulan

Jadi, pembuatan video TikTok itu perlu disesuaikan spesifikasinya dari ukuran, format dan durasi. Tujuannya agar video kita memiliki kualitas yang bagus agar audiences kita tertarik dengan konten kita. Selain itu, harapannya agar video TikTok kita terdeteksi oleh algoritma TikTok.

Selain itu, kamu tidak perlu ribet lagi untuk mengedit video. Ada banyak aplikasi edit video yang ramah untuk pemula. Bahkan, aplikasi-aplikasi tersebut sudah menyediakan fitur yang menyesuaikan dengan spesifikasi video TikTok.

Kalau kamu masih bingung terkait cara mengedit video. Yuk belajar bareng dengan komunitas affiliate marketer di official telegram accestrade. Mereka sudah bisa membuat video-video TikTok. Bahkan, mereka berhasil menghasilkan cuan dari affiliate marketing di TikTok.

References:

  • https://www.veed.io/learn/tiktok-video-dimensions
  • https://www.sab.id/aplikasi-edit-video-di-hp-untuk-instagram-dan-tiktok/
  • https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20221026094444-190-865475/13-aplikasi-edit-video-hp-android-gratis-cocok-buat-bikin-vlog
  • https://www.idntimes.com/tech/gadget/patricia-firscha/aplikasi-edit-video-terbaik-android-gratis
  • https://ads.tiktok.com/help/article/video-aspect-ratio-intelligent-optimization-tool?lang=id
  • https://ads.tiktok.com/help/article/video-aspect-ratio-intelligent-optimization-tool?lang=i
Rizki Setyo
Content Author
Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.
Artikel Terkait