youtube Affiliate Calculator

Kalkulator Estimasi Penghasilan dari Program Affiliate di YouTube

Views
(per monthly)

0

Estimated Click

0

Estimated Conversion

0

Average Commision

IDR 0

Estimated Commission
(per monthly)

IDR 0

Affiliate marketing adalah salah satu cara bagi youtuber dalam memaksimalkan konten untuk mendapatkan uang di Youtube. Untuk mengetahui jumlah komisi yang dapat dihasilkan, penting untuk memahami alur atau funnel affiliate marketing (dimulai dari user melihat link affiliate yang disebarkan, hingga terjadinya konversi yang pada akhirnya menghasilkan komisi). Mengetahui funnel affiliate marketing akan mempermudah kamu dalam memahami perhitungan proyeksi penghasilan komisi dan membantu kamu untuk memaksimalkan cara dapat uang dari youtube dengan affiliate marketing.

Apa itu YouTube Affiliate Revenue Calculator?

Calculator Affiliate Revenue Projection for YouTubers adalah sebuah tools yang membantu kamu memperkirakan pendapatan yang bisa kamu hasilkan melalui affiliate marketing dari youtube. Kalkulator ini dapat memberikan kamu gambaran tentang berapa banyak klik, konversi, hingga uang yang bisa kamu hasilkan, sehingga kamu bisa merencanakan strategi konten yang lebih efektif untuk meningkatkan penghasilan dari affiliate marketing di youtube.

Bagaimana cara youtube channel revenue calculator menghitung proyeksi pendapatan?

Untuk menghitung proyeksi pendapatan, ada dua poin penting yang harus kamu ketahui yaitu metrik yang digunakan untuk menghitung proyeksi pendapatan serta cara menghitung metrik-metrik tersebut.

A. Metrik untuk menghitung proyeksi komisi dari affiliate di youtube

Ada tiga metrik utama yang digunakan untuk menghitung potensi komisi di youtubr dengan affiliate marketing:

1. View

View adalah jumlah kali video ditonton oleh audiens di YouTube. View menunjukkan potensi jangkauan audiens. Semakin banyak view pada video yang mempromosikan produk affiliate, semakin besar kemungkinan produk tersebut dikenal dan menarik perhatian audiens.

Jika sebuah video mendapatkan 10.000 views, maka video tersebut telah ditonton sebanyak 10.000 kali, yang menjadi dasar awal untuk menghitung interaksi lebih lanjut seperti klik atau konversi.

2. Click Through Rate (CTR)

CTR persentase audiens yang mengklik link affiliate (biasanya di deskripsi video atau pinned comment) dari jumlah total view. CTR mengukur seberapa efektif video tersebut dalam mendorong audiens untuk mengambil tindakan (klik). Semakin tinggi CTR, semakin efektif video dalam menarik minat audiens ke link affiliate.

Jika sebuah video mendapatkan 10.000 views dan 500 orang mengklik link affiliate, maka CTR-nya adalah 5%.

3. Conversion Rate (CVR)

Conversion rate adalah persentase user yang mengklik link affiliate dan akhirnya melakukan aksi (misalnya pembelian).

Sebagai contoh, jika kamu mendapatkan 500 user yang klik affiliate yang kamu sebarkan di youtube dan 30 user melakukan transaksi, maka Conversion rate kamu adalah 6%.

Angka rata-rata conversion rate (CVR) dari content creator yang menyebarkan link affiliate di youtube adalah 6%.

4. Rata-rata komisi per-konversi

Di Accesstrade, rata-rata komisi per konversi untuk campaign e-commerce adalah Rp 2.500. Namun, ada juga campaign yang menawarkan komisi lebih tinggi, hingga Rp 200.000 per konversi.

B. Cara menghitung proyeksi komisi dari youtube dengan Affiliate marketing

Setelah mengetahui metrik-metrik di atas, berikut langkah-langkah menghitung proyeksi pendapatan di youtube dengan affiliate marketing:

1. Rumus estimasi klik link affiliate

Traffic x CTR

Rumus ini digunakan untuk mendapatkan angka estimasi berapa banyak klik link affiliate yang dapat dihasilkan dari youtube dalam sebulan. Misal, kamu memiliki 10.000 traffic dengan performance CTR sebesar 1%, maka kemungkinan kamu dapat menghasilkan 100 klik dalam satu bulan.

2. Rumus estimasi konversi

Klik x Conversion Rate (CVR)

Jadi misalkan ada 100 klik link affiliate dengan CVR 10%, maka kemungkinan kamu bisa menghasilkan 10 konversi dari satu bulan.

3. Rumus estimasi komisi

Konversi x Komisi

Rata-rata komisi per konversi untuk campaign e-commerce adalah Rp 2.500. Jika dari satu postingan kamu bisa menghasilkan 10 konversi, maka kemungkinan kamu dapat menerima Rp.25.000 komisi dalam satu bulan.

Faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan dari Youtube

Kualitas konten sangat mempengaruhi performa affiliate marketing kamu. Ada dua hal utama yang perlu diperhatikan:

1. Kualitas konten

Relevansi dengan Audiens: Apakah konten yang kamu buat sudah sesuai dengan minat dan kebutuhan viewers?

Konten Menarik untuk Menghasilkan Klik: gambar dan video serta copywriting yang dapat meningkatkan keinginan user untuk klik pada link affiliate kamu.

2. Ketentuan Konversi dan Komisi Campaign

Selain kualitas konten, jenis campaign dan ketentuan komisi juga memainkan peran penting.

Jenis Campaign

Di Accesstrade, jenis campaign yang paling populer adalah CPS (Cost per Sale) dari e-commerce. Campaign dengan komisi tertinggi biasanya berasal dari CPL (Cost per Lead) atau CPR (Cost per Registration) di kategori finance, yang bisa mencapai Rp 345.000 per konversi.

Jumlah Komisi

Jumlah komisi tergantung dari persentase komisi yang disediakan oleh advertiser serta harga dari produk yang kamu rekomendasikan. Berdasarkan study case kami mengenai Pengaruh Komisi dan Harga Produk terhadap Jumlah Konversi, ternyata semakin terjangkau produk akan semakin mudah menghasilkan konversi, namun tentu saja harga yang lebih tinggi dapat memberikan komisi yang lebih besar juga.

Cara dapat uang dari Youtube dengan affiliate marketing

Langkah-langkah menjalankan affiliate marketing di Youtube:

1. Gabung dengan Platform Affiliate Marketing

Cara daftar jadi affiliate marketing sangatlah mudah, kamu hanya perlu mengisi data informasi yang ada pada halaman registrasi publisher dengan benar karena akan berhubungan dengan proses verifikasi akun.

2. Pilih Campaign yang Sesuai

Setelah terdaftar, kamu dapat apply campaign yang terdapat pada menu Campaign Directory di dashboard publisher. Semua campaign yang sedang berjalan di ACCESSTRADE tersedia pada tab menu “Available”. Setelah klik “APPLY” pada campaign yang akan kamu jalankan, tim ACCESSTRADE akan melakukan approval pengajuan yang kamu lakukan.

3. Dapatkan Link Affiliate

Accesstrade menyediakan beberapa tools yang memudahkan kamu dalam membuat link affiliate, seperti fitur "Get Link", "Custom Link", dan "Inpages". Untuk menggunakan “Custom Link” kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka halaman produk yang ingin dipromosikan.
  • Copy URL produk tersebut.
  • Masuk ke dashboard Accesstrade, klik “Custom Link”.
  • Pilih campaign yang telah di-approve.
  • Masukkan nama campaign sesuai keinginan.
  • Paste URL produk, lalu klik button generate untuk dapatkan link affiliate yang siap dibagikan.

4. Promosikan Link Produk di Youtube

Pada platform youtube kita terbatas untuk menyebarkan link yang dapat di klik. Berikut cara-cara efektif yang dapat kamu lakukan untuk menyebarkan link affiliate di Youtube:

Pasang Link Affiliate di deskripsi video

Seperti yang dilakukan oleh Jovi Riadi Rachman di Youtube, Jovi aktif publish konten sebanyak 32 video dengan rata-rata durasi sekitar 12 menit dan 6000-an viewers per video. Dalam sebulan Jovi mendapat 4000 konversi dan menghasilkan komisi sebesar 13 Juta Rupiah.