Daftar 15 Program Afiliasi Hosting dengan Komisi Jutaan Untuk Dicoba

Daftar 15 Program Afiliasi Hosting dengan Komisi Jutaan Untuk Dicoba

Admin
affiliate marketing Mar 05, 2023
SHARE ON
1688707658_daftar-15-program-afiliasi-hosting-dengan-komisi-jutaan-untuk-dicoba-1.jpg

Program afiliasi hosting kian dicari banyak orang sebagai sumber penghasilan tambahan maupun utama, khususnya oleh konten kreator dan masyarakat digital. Dengan keuntungannya yang melimpah, jelas bisnis ini berhasil memikat banyak orang.

Afiliasi Apa yang Bagus?

Ada banyak jenis program afiliasi yang berasal dari berbagai macam kategori dengan perusahaan / brand-nya masing-masing. Di samping program kebanyakan (seperti marketplace, tiket, dan financial), ada satu program afiliasi yang cukup memberikan untung besar. Program tersebut adalah afiliasi hosting di Indonesia.

Web hosting sendiri merupakan salah satu program afiliasi paling kompetitif di dunia digital. Perannya yang jadi tumpuan website perusahaan, blog, hingga website kompleks lainnya membuat produk layanan hosting dibutuhkan banyak orang. Karena persaingan ketat ini pula layanan afiliasi hosting memiliki nilai komisi tinggi. Tidak tanggung-tanggung, beberapa program afiiasi hosting memungkinkan komisi hingga lebih dari 50% per transaksi.

Program Afiliasi Hosting Lokal dan Luar Negeri

Ada banyak program afiliasi hosting yang tersebar untuk pelayanan lokal (dalam negeri) di Indonesia maupun luar negeri. Setiap program dari brand berbeda memiliki kemungkinan ketentuan yang berbeda pula. Akan tetapi, konsep dan proses penerapan bisnis afiliasi pemasarannya masih sama sehingga tidak begitu sulit. Berikut ini adalah 15 program afiliasi hosting yang bisa Anda jadika campaign utama.

1. Program Afiliasi Hostinger

Program afiliasi pertama yang bisa Anda gunakan adalah Hostinger yang telah beroperasi di lebih dari 40 negara. Hostinger memberikan program afiliasi hosting dengan komisi tinggi hingga menyentuh nilai 60% dari nilai jual transaksi produk. Ada fitur tracking yang dapat menghitung performa afiliasi secara otomatis sehingga Anda bisa lebih fokus menjalani promosi. Selain itu, bahan untuk kebutuhan afiliasi juga telah tersedia dan siap digunakan.

2. Program Afiliasi Niagahoster

Selanjutnya ada Niagahoster yang merupakah salah satu program afiliasi hosting dengan komisi terbesar. Sudah ada lebih dari 20 milyar rupiah telah dicairkan oleh para affiliate marketer Niagahoster. Platform layanan hosting yang memiliki 3000 affiliate marketer ini memiliki nilai komisi hingga 70%, lebih banyak daripada Hostinger. Selain itu, Niagahoster juga terbilang sedikit lebih popular daripada Hostinger mengingat interface-nya yang ramah untuk pemula.

3. Afiliasi Dewaweb

Dewaweb memiliki cara pendaftaran affiliate marketer yang sangat mudah, bahkan cocok bagi pemula yang baru terjun ke dunia afiliasi. Anda sebagai affiliate marketer yang tergabung memiliki beberapa kesempatan meraih profit senilai komisi tetap Rp.20.000 per transaksi. Selain itu, ada juga komisi langsung untuk untuk transaksi pertama senilai 100 ribu rupiah. Promo dan kupon juga sudah termasuk di dalamnya. Promo dan kupon ini dapat Anda gunakan sebagai pemotong harga atau sejenisnya.

4. Afilasi Rumahweb

Selanjutnya adalah program afiliasi hosting bernama Rumahweb. Penyedia layanan hosting ini sudah hadir sejak tahun 2009 dengan pusat di Yogyakarta. Fitur afiliasi yang dimiliki Rumahweb cukup membantu para affiliate marketer professional maupun pemula. Sudah tersedia dashboard khusus lengkap dengan tracking link. Batas minimum yang rendah dan fitur pencarian fleksibel juga jadi kelebihan tersendiri dari program Rumahweb.

5. Afiliasi Exabytes

Exabytes menjadi penyedia layanan web hosting yang telah lama berdiri untuk kancah internasional. Banyak pemilik website menggunakan layanan dari Exabytes untuk keperluan situsnya. Bagi affiliate marketer, perusahaan sewa hosting yang satu ini memberikan komisi dengan skema nilai tetap yang berkisar antara  100 ribu hingga 1,2 juta rupiah per tranksaksi. Perbedaaan komisi ini tergantung dari jenis produk yang audience beli melalui link afiliasi Anda.

6. Afiliasi Domainesia

Nama Domainesia sudah tidak terdengar asing lagi bagi pengguna aktif sosial media. Namanya yang unik menjadikan brand-nya mudah dikenal oleh orang umum. Sebagai penyedia layanan domain dan web host, Domainesia memberikan kesempatan bagi siapa pun untuk bergabung sebagai affiliate marketernya. Komisi yang bisa Anda dapatkan berada di kisaran 30% per transaksi yang terjadi.

7. Afiliasi SiteGround

Kembali ke layanan penyedia program afiliasi hosting internasional, sekarang ada Siteground. Proses pembayaran komisi dari Siteground sedikit berbeda dengan kebanyakan program afiliasi di Indonesia. Rata-rata program afiliasi menerapkan konsep komisi per sale, tapi Siteground menetapkan komisi berdasar jumlah transaksi yang terjadi dalam satu bulan. Nilainya adalah sekitar $20 hingga $100 per bulan. Anda bisa mendapatkan komisi lebih besar dengan syarat mencapai lebih dari 21 kali transaksi melalui link terafiliasi.

8. Afiliasi IDWebHost

IDWebHost menjadi layanan penyedia afiliasi hosting di Indonesia yang menggunakan skema komisi persentase. Mendaftarkan diri sebagai affiliate marketer di IDWebHost kini sudah bisa Anda akses secara gratis tanpa biaya pendaftaran. Sedangkan komisinya sama seperti brand Niagahoster, yaitu sekitar 70% dari nilai produk / transaksi yang terjual. Komisi untuk saat ini hanya berlaku untuk pembelian paket hosting saja.

9. Afiliasi Qwords

Selanjutnya ada program afiliasi hosting Qwords. Qwords affiliate menawarkan program berkomisi senilai 10% hingga 15% dari nilai jual tergantung dari kategori dan produk apa pengunjung melakukan transaksi. Komisi ini berlaku untuk satu kali pemesanan dan jumlah komisi juga dapat terus berubah dari waktu ke waktu. Anda membutuhkan total saldo sekitar 500 ribu rupiah untuk melakukan penarikan komisi.

10. Afiliasi Bluehost

Program afiliasi hosting internasional lainnya adalah Bluehost yang sudah cukup popular di pengembang website berbasis wordpress. Kelebihan yang bisa Anda dapatkan sebagai affiliate marketer di Bluehost yaitu tidak ada biaya penarikan sama sekali. Nilai komisi juga terhitung besar, yakni sekitar $65 per transaksi. Nilai ini sifatnya tetap, bukan persentase yang bergantung pada nilai produk atau transaksi.

11. Afiliasi WP Engine

Selain Bluehost, WP Engine juga cocok bagi para pengembang website yang mengandalkan theme dan plugin wordpress. Diketahui bahwa WP Engine affiliate program menjadi salah satu afiliasi hosting yang mampu membayar dengan harga tinggi. Tidak tanggung-tanggung, nilai komisi yang diberikan bisa mencapai $200 atau senilai 3 juta rupiah per transaksi. Ketika Anda bergabung pertama kali sebagai affiliate marketer, ada bonus yang bisa didapatkan yaitu senilai 100% komisi.

12. Afiliasi Hostagor

Hostagor telah beroperasi melayani penyewaan web hosting kepada jutaan pengguna dari seluruh dunia. Statistik ini menjadikan Hosgator sebagai penyedia program afiliasi hosting yang patut direkomendasikan. Saat ini para affiliate marketer dari seluruh dunia juga tertarik dengan program komisinya yang mencapai $50 per transaksi.

13. Afiliasi A2 Hosting

A2 Hosting memiliki skema komisi yang mirip dengan Siteground, yaitu komisi berdasarkan performace. Hanya saja, nilai komisinya sedikit lebih besar, yaitu mulai dari $55 hingga $125 per transaksi. Anda hanya perlu mendaftarkan akun secara gratis kemudian mempromosikan produk hosting melalui link terafiliasi. A2 Hosting bisa menjadi pilihan program terbaik, khususnya jika memiliki trafik banyak dari luar negeri.

14. Afiliasi Cloudways

Program afiliasi hosting terakhir yang memiliki komisi besar terakhir adalah Cloudways yang memiliki dua skema komisi, yaitu slab dan hybrid. Keduanya sama-sama menguntungkan dengan nilai komisi hingga $125 per transaksi. Semakin banyak transaksi yang tercipta maka semakin besar pula penghasilannya.

Baca juga: 20 Program Bisnis Affiliate Marketing dengan Komisi Terbaik

Keuntungan dan Kekurangan Program Afiliasi Web Hosting

Program afiliasi web hosting memang memiliki daya tarik yang luar biasa. Tidak seperti kebanyakan afiliasi yang mungkin ada di bawah 50 ribu per transaksi, afiliasi hosting bisa menghasilkan ratusan hingga jutaan rupiah untuk satu kali transaksi saja.

Keuntungan Afiliasi Hosting

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, keuntungan dari afiliasi hosting memang cukup besar. Rasio komisi terendah senilai 20% (program afiliasi lain 10% hingga 15%). Salah satu pemicu mengapa komisi hosting cukup besar adalah karena statusnya yang bersifat tahunan sehingga biayanya cukup besar. Selain komisi, Anda juga dapat berbagai macam promo dan kupon menarik melalui link afiliasi.

Kekurangan Afiliasi Hosting

Afiliasi pemasaran di bidang hosting memiliki kekurangan di segi pesaing. Berhubung program afiliasi hosting menjadi salah satu yang memiliki dengan komisi terbesar akhirnya banyak orang yang mulai ikut terjun ke program serupa. Selain itu, sifatnya yang berjangka panjang membuat produk web hosting sedikit lebih sulit untuk mencari pelanggan baru.

Tips Mendapatkan Cuan Dari Afiliasi Hosting

Agar penghasilan bisa maksimal, gunakanlah strategi terbaik agar mampu menarik banyak pengunjung untuk bertransaksi. Berikut adalah beberapa tips untuk mendapatkan cuan dari program afiliasi hosting.

1. Kenali dan Coba Hosting

Tips pertama adalah dengan mengenali produk hosting yang akan dipromosikan. Dengan cara ini, Anda bisa megnetahui apa saja kelebihan serta kekurangan dari paket hosting. Poin ini bisa Anda sampaikan di konten sebagai petunjuk bagi audience.

Biasanya penyedia layanan web hosting memiliki paket free trial untuk dicoba sehingga tidak perlu mengeluarkan uang sedikit pun.  Akan tetapi, biasanya versi percobaan ini memiliki spesifikasi yang kurang. Meskipun begitu, masih tetap cocok untuk preview awal. Kecuali jika Anda ingin menjelaskan fitur lain yang lebih advanced.

2. Membuat Konten Review

Konten review atau mengulas menjadi konten menarik bagi seseorang yang ingin mencari web host terpercaya. Di sinilah waktunya Anda bersinar dan mengulas kelebihdan dan kekurangan dari masing-masing web host. Sisanya, tinggal audience yang memutuskan ingin memilih yang mana dengan cara melakukan klik di link terafiliasi. Konten review juga dapat memengaruhi audience agar tertarik dengan produk sehingga meningkatkan potensi penghasilan.

3. Bandingkan Beberapa Kelebihan Produk

Selanjutnya adalah membandingkan kelebihan dari setiap produk program afiliasi hosting. Membandingkan dua atau lebih produk berbeda akan memberikan audience pilihan sebelum melakukan transaksi. Anda bisa menggunakan teknik soft selling dengan menjelaskan fungsi, memperkenalkan bagian panel, dan masih banyak lagi. Sebagai saran, bandingkanlah kelebihan yang sekiranya memilik kemiripan agar relate.

4. Share Promo Hosting

Tips terakhir adalah dengan memberitahu promo hosting yang tengah berlaku. Promosi secara terang-terangan termasuk ke dalam hard selling, tapi memiliki pengaruh yang cukup besar. Siapa yang tidak tertarik dengan promo dan penawaran khusus? Ini bisa jadi pemancing utama dalam mengundang pelanggan.

Kesimpulan

Ada banyak sekali program afiliasi hosting di Indonesia maupun luar negeri dengan bayaran rupiah / dollar. Dari segi penghasilan, semuanya tidak jauh  berebda dan masih berada di rentang cukup tinggi. Apabila sekiranya sudah siap, segerakan diri mendaftar sebagai affiliate marketer dan mula menghasilkan uang. Tertarik untuk menjadi blogger yang bisa menghasilkan banyak uang? Segera daftarkan diri Anda di Affiliate Marketing terbaik untuk Bloggers.

Rizki Setyo
Content Author
Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.
Artikel Terkait