Ide, Contoh dan Tips Konten Shopee Affiliate yang Efektif Mendatangkan Cuan

Ide, Contoh dan Tips Konten Shopee Affiliate yang Efektif Mendatangkan Cuan

Admin
affiliate marketing Jan 23, 2023
SHARE ON
1686879253_5-ide-ngonten-agar-affiliate-marketing-shopee-anda-makin-cuan-1.jpg

Di tengah persaingan pasar e-commerce yang semakin sengit, program Shopee affiliate menawarkan peluang emas untuk para kreator konten dalam mendapatkan penghasilan tambahan melalui promosi produk yang tersedia di platform Shopee. Membuat konten yang menarik dan relevan adalah kunci untuk meningkatkan konversi dan memaksimalkan pendapatan Anda sebagai Shopee affiliate. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai ide konten afiliasi Shopee yang dapat membantu Anda mencapai tujuan tersebut.

Ide-Ide Konten Shopee Affiliate

Pada dasarnya, konten Shopee affiliate program haruslah konten yang mampu menarik minat audience dan sekaligus membangun kepercayaan terhadap produk yang Anda promosikan. Konten yang dirancang dengan baik tidak hanya dapat membawa konversi, namun juga dapat membantu Anda membangun kredibilitas di mata audience. Berikut adalah beberapa ide konten yang bisa dipertimbangkan:

1. Konten Tutorial Produk

Buatlah konten yang berisi tutorial penggunaan produk yang Anda promosikan. Misalnya, jika Anda mempromosikan alat make-up, tampilkan bagaimana cara menggunakannya melalui video tutorial. Anda juga bisa memberikan tips dan trik terkait penggunaan produk tersebut.

2. Konten Review dan Unboxing Produk

Anda dapat membuat konten berupa video atau blog yang memuat review jujur dan unboxing produk yang Anda promosikan. Ulasan terperinci yang dilengkapi dengan foto atau video dapat memberikan gambaran yang lebih baik mengenai produk kepada audience Anda.

3. Konten Comparison Produk

Menyediakan konten yang membandingkan produk yang Anda promosikan dengan produk lain di pasaran bisa menjadi ide yang menarik. Anda bisa menyoroti kelebihan dan kekurangan masing-masing produk untuk membantu konsumen membuat keputusan yang tepat. Misalnya, "Adu handphone flip Samsung Vs. Oppo".

4. Konten Daftar Rekomendasi Produk

Buatlah konten yang memuat rekomendasi produk terbaik dalam kategori tertentu. Misalnya, "10 Smartphone Terbaik di Bawah 3 Juta di Shopee." Konten jenis ini dapat membantu audience Anda untuk menemukan produk yang mereka butuhkan dengan lebih mudah.

Untuk membuat konten affiliate yang menghasilkan uang, Anda dapat mencontohnya dari publisher atau blogger yang telah terbukti sukses mendatangkan banyak konversi dari kontennya. Berikut rekomendasi 3 Contoh Blog Untuk Affiliate Berdasarkan Jenis Konten.

5. Konten Produk Viral

Identifikasikan produk-produk yang sedang viral dan buatlah konten yang menyoroti produk-produk tersebut. Konten ini bisa berupa blog atau video yang mengulas fitur dan kelebihan dari produk viral tersebut. Misal sempat viral jaket denim Dilan pada saat filmya sedang hype, Anda dapat membahas produk-produk jaket denim juga untuk mengikuti hype yang ada.

6. Konten Trending

Sediakan update terbaru mengenai produk atau tren yang sedang hot di pasaran. Konten ini bisa berupa artikel atau video yang membahas tentang produk atau tren terbaru yang sedang happening. Misal, kondisi udara di daerah Jakarta dan sekitarnya sempat mendapat peringkat teratas terbuuruk di dunia. Anda dapat membahas produk-produk seperti masker atau air purifier atau multivitamin.

7. Konten Tips dan Trik

Anda dapat menyediakan konten yang memuat tips dan trik terkait dengan penggunaan produk tertentu. Misalnya, tips memilih smartphone, atau trik menggunakan alat dapur tertentu. Jika Anda memiliki konten dengan topik pembahasan fashion, Anda juga dapat memberikan tips dan trik OOTD.

8. Konten Shopee Haul

Buatlah konten “Shopee Haul” di mana Anda memperlihatkan sejumlah produk yang Anda beli dari Shopee dalam satu kesempatan. Konten ini tidak hanya menarik namun juga memberikan wawasan tentang kualitas dan kegunaan produk tersebut.

9. Konten Repost

Pada umumnya konten repost dapat diaplikasikan untuk produk-produk yang unik, seperti kategori produk home and living. Anda dapat mengambil video produk yang menarik dari shopee dan jadikan konten di sosial media Anda.

Baca juga: Tips dan Trik Agar Shopee Affiliate Laris Banyak Pembeli

Tips Konten Berkualitas dan Menarik Untuk Affiliate

Berikut adalah beberapa tips untuk menciptakan konten yang berkualitas dan menarik:

1. Identifikasi Audiens

Untuk membuat konten yang menarik, Anda harus memahami audiens Anda. Apa yang mereka butuhkan? Apa yang mereka sukai? Apa yang mereka cari dalam produk atau layanan? Dengan memahami audiens Anda, Anda dapat menciptakan konten yang relevan dan menarik bagi mereka.

2. Menggunakan Format Konten yang Tepat

Format konten yang Anda gunakan harus sesuai dengan platform yang Anda gunakan dan preferensi audiens Anda. Misalnya, jika Anda menggunakan Instagram, Anda mungkin ingin fokus pada konten visual seperti foto dan video. Jika Anda menggunakan blog, Anda mungkin ingin fokus pada konten teks yang informatif dan mendalam.

3. Menyertakan Informasi yang Berguna

Konten Anda harus menyediakan nilai bagi audiens Anda. Ini bisa berupa tips, tutorial, ulasan produk, atau informasi lainnya yang berguna bagi audiens Anda. Konten yang berguna tidak hanya akan menarik perhatian audiens, tetapi juga akan membuat mereka lebih mungkin untuk berbagi konten Anda dengan orang lain.

4. Membuat Konten yang Menarik dan Menghibur

Selain informatif, konten Anda juga harus menarik dan menghibur. Ini akan membuat audiens Anda lebih mungkin untuk tetap terlibat dengan konten Anda dan kembali untuk lebih banyak.

5. Menggunakan CTA (Call to Action) yang Jelas

Setiap konten yang Anda buat harus memiliki CTA yang jelas. Ini bisa berupa ajakan untuk mengklik link afiliasi Anda, mendaftar untuk newsletter Anda, atau melakukan tindakan lain yang Anda inginkan.

6. Mengukur dan Menganalisis Performa Konten

Setelah konten dipublikasikan, penting untuk mengukur dan menganalisis performanya. Ini akan membantu Anda mengetahui apa yang berhasil dan apa yang perlu ditingkatkan.

Dengan semua penjelasan mengenai ide ngonten yang dijelaskan di atas, Anda dapat melihat betapa pentingnya konten yang bagus dan berkualitas. Pentingnya mengetahui cara membuat konten yang menarik tidak hanya akan meningkatkan visibilitas, tetapi juga akan membangun hubungan positif antara Anda dan calon pembeli.

Anda jua perlu tahu dengan Accesstrade, Anda dapat dengan mudah bergabung dengan program affiliate marketing Shopee dan mendapatkan lebih banyak keuntungan, sehingga tidak perlu membuat banyak akun untuk satu program affiliate lainnya. Tentunya hal ini sangat membantu karena Anda dapat mengatur dan mengontrol semua aktivitas affiliate Anda dalam satu platform. Anda dapat cek Daftar affiliate marketing shopee di Accesstrade sekarang!

Rizki Setyo
Content Author
Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.
Artikel Terkait