ACCESSTRADE Indonesia

Tak Bisa Dipungkiri, Shopee Affiliate Marketing Bisnis yang Paling Diminati

Admin
affiliate marketing Sep 30, 2022

Baca Juga: Bongkar Rahasia Cara Menjadi Affiliate Marketer yang Sukses untuk Ibu Rumah Tangga

Siapa sih yang gak mau cuan tambahan, apalagi dari bisnis online? Nah, jika Kamu mau mendapat pundi-pundi rupiah, saatnya menggunakan kesempatan dari bisnis online Shopee affiliate marketing. Dewasa ini, bisnis online afiliasi menjadi paling diminati. Karena minim modal, mudah, dan komisi yang menarik.

Menjadi e-commerce yang memiliki jutaan pengguna dengan transaksi milyaran rupiah pertahun hingga perbulan. Menjadikan e-commerce ini terpercaya. Tak hanya menjual produk luar negeri, Shopee juga turut mengangkat produk dalam negeri.

Nah, meskipun sudah menjadi e-commerce terpercaya di masyarakat, Shopee tetap ingin melebarkan sayapnya. Yaitu dengan membuka program Shopee affiliate marketing.

Bagi kamu yang penasaran dan memang membutuhkan penghasilan tambahan, saatnya bergabung dengan Shopee Affiliate Program yang akan mengantarkanmu menjadi Shopee Affiliator. Terlebih, setiap orang bisa menjadi affiliator. Mulai dari anak sekolah, mahasiswa, karyawan, ataupun ibu rumah tangga.

Daftar Isi

Shopee Affiliate Program

Shopee Affiliate Program adalah program untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjadi content creator yang mempromosikan berbagai macam produk di media sosial.

Untuk bisa mengikuti Shopee Affiliate Program tidak dibutukan minimal jumlah followers media sosial. Melainkan, kekreatifan kamu dalam berkreasi saat membuat konten jualan sesuai dengan yang diinginkan.

Namun, harus sesuai ketentuan Shopee Affiliate Program seperti bukan konten dari akun penjual atau toko produk tersebut.

Sebagai imbalannya, peserta Shopee Affiliate Program adalah diberikan komisi 2,5 persen hingga 10 persen oleh Shopee jika berhasil mempromosikan produk ke penonton sosial media pribadimu.

Komisi Shopee Affiliate Program ini sebagai bayaran karena telah membantu pelanggan Shopee untuk menemukan produk dengan menyantumkan tautan atau link ke toko Shopee.

Langkah Mengikuti Shopee Affiliate Program

Bila ingin bergabung, tentunya perlu mendaftarkan diri kamu ke Shopee Affiliate Program, berikut inilah langkah-langkahnya. 

  1. Buka Shopee web atau Klik https://affiliate.shopee.co.id/
  2. Login ke akun Shopee pribadi kamu. Pastikan akun tersebut bukan akun jualan/ bisnis, tapi asli akun pribadi. 
  3. Tunggu konfirmasi apakah akun terdaftar sebagai affiliate program.
  4. Jika sudah dinyatakan terdaftar, pilih produk-produk yang tersedia atau yang ingin untuk dipromosikan di akun media sosial. Setelahnya, bisa pilih sesuai dengan ketertarikanmu.
  5. Pada halaman produk yang akan dipromosikan, klik ‘salin tautan’ untuk mendapatkan custom link yang kemudian bisa disebarkan link tersebut di akun media sosialmu. Selanjutnya selipkan di kolom deskripsi YouTube, kolom bio atau swipe up Instagram Story, postingan Facebook, hingga caption di Tiktok.
  6. Jika sudah berhasil daftar Shopee Affiliate Program, kamu hanya perlu menunggu hingga ada yang membeli produk melalui custom link yang sudah dibagikan. Nantinya komisi akan dibayarkan via ShopeePay.

Namun, untuk membuat banyak yang membeli atau mengklik iklanmu, tentu  diiperlukan konten jualan yang menarik.

Baca juga : 6 Program Affiliate Marketing Indonesia dengan Komisi Menggiurkan

Tips Membuat Konten Jualan Di Shopee Affiliate Menarik

 shopee affiliate

Nah, jika kamu sudah yakin menjadi affiliator, berikut ini tips membuat jualan kamu menarik dan mendapatkan pembeli baru.

1. Tentukan Media Promosi Terbaik

Setelah berhasil bergabung dengan Shopee Affiliate program, sekarang saatnya memilih media mana yang akan digunakan untuk promosi.

Umumnya, media promosi terbaik adalah dengan jumlah followers atau engagement yang banyak. Kamu bisa gunakan channel YouTube sebagai vlogger, website sebagai blogger, atau media sosial lainnya.

2. Buat Konten yang Berkualitas

Tips menjalankan affiliate marketing selanjutnya adalah buat konten yang berkualitas. Sebagai seorang affiliate marketer, Kamu butuh konten yang menarik dan berkualitas untuk menarik perhatian calon customer.

Kemudian, promosikan konten yang dibuat ke semua media  yang dimiliki atau orang terdekat sekalipun. Dengan konten yang menarik, audiens pun ikut tertarik melihat atau menonton produk atau jasa yang dipromosikan.

3. Mengikuti perkembangan trend

Konten viral yang sering Kamu temukan di media sosial adalah salah satu jalur promosi gratis yang bisa digunakan untuk mempromosikan link afiliasi.

Tentunya, harus pintar dan kreatif untuk menerapkan tren tersebut sesusai dengan produk atau jasa yang ingin dipromosikan untuk menghasilkan konten yang relevan dan menarik.

Jangan lupa ikuti perkembangan konten yang sedang diminati audiens, atau strategi pemasaran yang baru, dan lainnya. 

4. Gunakan audio atau hashtag yang sedang viral

Jika kamu memilih media sosial video pendek seperti TikTok atau Instagram. Untuk menarik penonton atau pembeli sebisa mungkin gunakan sound atau audio yang sedang viral. Tentunya ketika menggunakan audio yang sedang viral, kemungkinan untuk menjangkau penonton cukup mudah dan juga bisa FYP, lho.

Kamu bisa kreasikan audio tersebut ke konten jualanmu. Apabila sound atau audionya kurang cocok dengan ketertarikan audiens. Bisa mengakalinya dengan cara menggunakan hashtag yang juga sedang viral atau trending.

5. Terapkan SEO ke Blog

Jika prefer mempromosikan melalui website atau blog, bisa terapkan SEO dalam konten artikel atau tulisanmu. Tanpa SEO yang oke, berpengaruh terhadap blog yang tidak akan mengalami penambahan traffic organik. Dari hasil pencarian search engine sehingga otomatis promosi kurang berjalan baik.

6. Berikan Call to Action (CTA)

Jangan lupa memberikan Call to Action (CTA) agar audiens calon pembeli tahu apa yang harus mereka lakukan selanjutnya. Contohnya, yang sedang ramai saat ini “pakai kupon”, “salin kode ini” atau “link produk ada di bio” yang biasanya ada di Instagram atau TikTok.

CTA ini tentunya bisa disesuaikan dengan media yang kamu pakai. Kalau di Instagram, bisa gunakan link produk yang bisa langsung di-tap atau di blog menggunakan CTA button seperti “Beli sekarang”,  atau “Download gratis!”.

Bagaimana sistem penghitungan komisi Shopee Affiliates Program?

 shopee affiliate program terbaik

Nah, kalau sudah tau cara kerja dan tips membuat jualan menarik, tentu belom afdol kalau belum tahu berapa komisi atau persenan yang bisa Kamu panen, nih.

Komisi Shopee Affiliate Program akan dihitung dari harga produk yang terjual dari custom link yang dibuat. Semakin banyak pembeli yang membeli dari custom link kamu, maka akan semakin besar pula komisi yang didapatkan.

Selain itu, besaran komisi Shopee Affiliate Program beragam tergantung pada keberhasilan kamu menggaet konsumen lama atau baru, yaitu 2,5 persen bila bisa menggaet pengguna lama dan 10 persen bila bisa mengundang pengguna baru.

Misalnya, sebagai affiliator Shopee telah berhasil mengajak 15 pengguna baru untuk membeli produk seharga Rp 80.000, maka kemungkinan besar akan mendapatkan komisi Shopee Affiliate sebesar Rp 120.000.

Nantinya, Komisi Shopee Affiliate Program akan dibayarkan ke ShopeePay setiap minggu pertama dan ketiga setiap bulannya. Tapi bila total komisi masih di bawah Rp 10.000 maka komisi akan diakumulasikan ke bulan selanjutnya.

Ada dua syarat bila mau bergabung di Shopee Affiliate Program. Pertama yakni memiliki akun media sosial aktif, tidak privasi, dan memiliki konten orisinil. Kedua adalah akun Shopee yang dimiliki bukan merupakan akun toko atau penjual Shopee. 

Buat kamu yang sudah terdaftar dalam bisnis ini, tak perlu khawatir. Manajemen Shopee affiliate akan menyediakan pelatihan bagi para affiliator-affiliator pemula. Apalagi dengan bantuan Accesstrade Indonesia, akan membantu untuk menjadi afiliator sukses. Mau membuktikannya? Daftar sekarang.

Baca Juga: 10 Strategi Bisnis Affiliate Marketing Bagi Pemula Yang Paling Direkomendasikan

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program di mana Anda mempromosikan produk atau layanan perusahaan atau merek dan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian. Jumlah komisi yang Anda terima bervariasi berdasarkan persentase produk dan harga jual.
Jan 07, 2023
how to
Setelah Anda bergabung sebagai Affiliate Marketer di Tokopedia, Anda harus mempunyai strategi dalam mempromosikan produk yang Anda jual pada platform media sosial pribadimu. Hal ini menjadikan keuntungan untuk Anda jika hal ini berhasil,
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Saat ini, TikTok telah berkembang menjadi platform ecommerce. Bahkan TikTok telah membuka kemungkinan kepada pengguna untuk mendapat penghasilan tambahan lewat TikTok Affiliate. Berikut cara membuat affiliate marketing TikTok meraup untung jutaan rupiah.
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program atau perusahaan yang membayar komisi untuk menawarkan dan menjual produk, layanan, atau situs web. Contoh umum dari bisnis Affiliate adalah menggunakan tautan rujukan. Affiliate marketer menempatkan tautan di blog.
Jan 06, 2023