Panduan Lengkap Cara Kerja Shopee Affiliate Program Terupdate

Panduan Lengkap Cara Kerja Shopee Affiliate Program Terupdate

Admin
affiliate marketing Mar 05, 2023
SHARE ON
1688973019_panduan-lengkap-cara-kerja-shopee-affiliate-program-terupdate-1.jpg

Dalam era digital saat ini, berbagai peluang bisnis online telah bermunculan dan menjadi sumber pendapatan bagi banyak orang. Salah satu peluang tersebut adalah program afiliasi. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam tentang Shopee Affiliate Program, salah satu program afiliasi terpopuler di Asia Tenggara.

Apa Itu Shopee Affiliate Program?

Shopee Affiliate Program adalah sebuah program yang memungkinkan individu atau organisasi untuk mempromosikan produk yang dijual di platform Shopee dan mendapatkan komisi dari setiap penjualan yang dihasilkan melalui link afiliasi mereka. Program ini memberikan peluang bagi siapa saja dengan audiens di media sosial untuk menghasilkan pendapatan tambahan.

Bagaimana Cara Kerja Shopee Affiliate Program?

Berikut adalah cara kerja Shopee Affiliate Program:

1. Mendaftar

Anda mendaftar untuk menjadi bagian dari program dan memberikan detail yang diperlukan.

2. Mendapatkan Link Afiliasi

Setelah diterima, Anda mendapatkan link afiliasi unik yang dapat digunakan untuk mempromosikan produk Shopee. Kunjungi halaman berikut jika Anda membutuhkan tutorial cara membuat custom link untuk campaign shopee dengan penjelasan step by step yang membahas topik link afiliasi shopee.

3. Mempromosikan Produk

Anda perlu mempromosikan produk Shopee melalui link afiliasi di berbagai platform media sosial. Untuk mendapatkan hasil penjualan produk yang maksimal, tidak ada salahnya menerapkan tips cara agar shopee affiliate banyak pembeli. Dengan meningkatkan trafik dan visibilitas pada konten, diharapkan akan berpengaruh juga pada angka konversi pada campaign shopee affiliate yang sedang dijalankan.

4. Melacak Penjualan

Setiap kali seseorang mengklik link Anda dan melakukan pembelian, penjualan tersebut dilacak dan dikreditkan ke akun Anda.

5. Menerima Komisi

Anda mendapatkan komisi dari setiap penjualan yang berhasil, yang dibayarkan secara mingguan. Lalu bagimana dengan persenan komisi yang bisa didapatkan, Anda dapat mempelajari sistem perhitungan atribusi komisi program shopee affiliate terbaru.

Bagaimana Cara Daftar Shopee Affiliate Program?

Untuk cara daftar affiliate shopee program, Anda perlu mengunjungi situs web Shopee Affiliate dan mengisi formulir pendaftaran. Anda akan diminta untuk memberikan informasi pribadi dan detail akun media sosial Anda. Setelah mendaftar, Anda akan menerima email konfirmasi dan dapat mulai menggunakan link afiliasi Anda untuk mempromosikan produk Shopee.

Tipe Kemitraan Shopee Affiliate

Tipe kemitraan Shopee Affiliate adalah tipe kerjasama yang di tawarkan kepada partner, dan bisa menjelaskan bukti diri dan juga background partnernya. Ketika pendaftaran Shopee Affiliate, kamu perlu memilih salah satu tipe kemitraan, di sesuaikan dengan peraturan berlaku. Shopee Affiliate Program memiliki berbagai tipe kemitraan, antara lain:

1. Tipe Mitra Situs Cashback/Kupon

Mitra ini memberikan cashback atau kupon kepada pengguna mereka untuk pembelian yang mereka lakukan melalui link afiliasi Shopee.

2. Tipe Mitra Perbandingan Harga

Mitra ini mengoperasikan situs atau aplikasi yang membandingkan harga produk Shopee dengan produk serupa di platform lain.

3. Tipe Mitra Network

Mitra ini memiliki jaringan situs web atau aplikasi yang mereka gunakan untuk mempromosikan produk Shopee.

4. Tipe Mitra Blogger/Media Sosial

Mitra ini adalah blogger atau influencer media sosial yang mempromosikan produk Shopee kepada pengikut mereka.

5. Tipe Mitra Brand/Seller

Mitra ini adalah penjual atau merek yang mempromosikan produk mereka sendiri di Shopee.

6. Tipe Mitra Lainnya

Ini mencakup semua jenis mitra lain yang tidak termasuk dalam kategori di atas. 

Baca juga6 Program Affiliate Marketing Indonesia dengan Komisi Menggiurkan

Syarat dan Ketentuan Shopee Affiliate Program

Berikut adalah syarat dan ketentuan saat akan daftar menjadi Shopee Affiliate:

  • Anda harus memiliki minimal 1 subscriber, follower, atau teman di YouTube, Instagram, TikTok, Twitter, atau Facebook.
  • Akun media sosial Anda harus aktif dan memiliki konten orisinal.
  • Akun Anda harus terbuka untuk umum.
  • Anda tidak boleh mempromosikan produk yang dilarang seperti rokok, obat-obatan terlarang, produk dewasa, dan produk palsu.

Apa saja kriteria konversi yang terhitung sah dalam campaign?

Action anda di campaign Shopee Affiliate Program akan terhitung sah apabila :

  1. Pengunjung/ visitor berhasil melakukan pemesanan/ order.
  2. Pengunjung/ visitor melakukan transfer sesuai dengan biaya pemesanan.
  3. Pengunjung/ visitor akan tercatat di dasboard h+2 dan ketika sudah menyeselaikan pembayaran.
  4. User tidak boleh memakai robot / pembelian otomatis karena akan terhitung tidak valid
  5. 1 (Satu) User hanya bisa tercatat sebanyak 10 kali pembelian dalam 1 bulan
  6. User tidak boleh menggunakan fake account yang melakukan peniruan informasi kontak dari satu form ke form lain kepada kontak yang sama tanpa harus mengisi informasinya lagi
  7. Campaign bersifat One Click One Action dengan Cookies 7 hari. Begitu 1 Action tercatat, Action berikutnya tidak akan terhitung valid jika tidak melakukan Click pada Link
  8. Campaign ini menggunakan Purchase System
  9. Publisher disarankan memberikan review dan menampilkan banner atau text link yang disiapkan di Ads Type
  10. Metode pop under tidak diperbolehkan dan akan langsung terhitung non valid jika traffic didapat melalui metode itu
  11. Pengunjung (visitor) harus mengklik banner di web publisher dan melakukan pembelian sebagai syarat mendapatkan reward. Condition : CPA (Purchase)

Larangan Keras dalam Shopee Affiliate Program

Berikut adalah hal-hal yang tidak diperbolehkan dalam campaign Shopee Affiliate Program:

  1. SEM
  2. Menggunakan add-on, iframes, pop-up, pop-under, situs-under, iklan yang secara otomatis mengarahkan pengguna ke platform tanda keterlibatan atau tindakan pengguna yang hanya untuk menyimpan cookie
    Validasi 60 Hari
  3. Menampilkan ads di konten terlarang, Seperti:
  • Mempromosikan atau terkait dengan kegiatan ilegal (narkoba, phishing, terorisme, kegiatan kriminal, kontes, skema piramida, atau surat berantai).
  • Mempromosikan atau terkait dengan tembakau, perjudian, atau senjata.
  • Apakah terkait dengan materi pornografi atau cabul.
  • Berhubungan dengan kekerasan yang terlalu gamblang atau eksplisit.
  • Apakah memfitnah, tidak pantas, atau tidak senonoh.
  • Apakah diskriminatif atau merupakan "ucapan kebencian", baik diarahkan pada individu atau kelompok, dan apakah didasarkan pada ras, jenis kelamin, keyakinan, asal kebangsaan, afiliasi agama, orientasi seksual, atau bahasa individu atau kelompok tersebut.
  • Mempromosikan atau mengandung virus, worm, file yang rusak, malware, retakan, atau materi lain yang dimaksudkan untuk atau dapat merusak atau membuat perangkat lunak, perangkat keras, atau tindakan keamanan yang tidak dapat dioperasikan.
  • Situs streaming dan pembajakan.

Pembayaran dan Komisi

Komisi dari penjualan yang dihasilkan melalui link afiliasi Anda akan dibayarkan setiap minggu. Anda dapat melihat rincian pembayaran di Laporan Komisi. Pembayaran akan dibuat melalui ShopeePay atau transfer bank ke nomor rekening yang Anda daftarkan.

Mengubah Informasi Pribadi

Anda dapat mengubah informasi pribadi Anda di Shopee Affiliate Program dengan mengakses affiliate.shopee.co.id melalui browser di komputer atau dengan mengakses halaman ini > pilih username Anda > pilih Pengaturan Akun > pilih Edit > isi informasi pribadi baru dengan detail dan benar > pilih Simpan.

Shopee Affiliates, Shopee Influencers, dan Shopee Partners

Shopee membagi program afiliasinya menjadi tiga kategori berdasarkan jumlah pengikut dan aktivitas penjualan:

1. Shopee Affiliates

Ini adalah level dasar dari program afiliasi Shopee. Untuk menjadi Shopee Affiliate, Anda harus memiliki kurang dari 2.000 followers. Meskipun ini adalah level dasar, Shopee Affiliates masih memiliki akses ke sejumlah fitur dan dapat memperoleh komisi dari penjualan yang dihasilkan melalui link afiliasi mereka.

2. Shopee Influencers

Level ini ditujukan untuk mereka yang memiliki lebih dari 2.000 followers. Shopee Influencers memiliki akses ke lebih banyak fitur dan mendapatkan komisi yang lebih tinggi dibandingkan Shopee Affiliates. Mereka juga memiliki kesempatan untuk berkolaborasi langsung dengan merek dan mendapatkan akses ke produk eksklusif.

3. Shopee Partners

Ini adalah level tertinggi dalam program afiliasi Shopee. Untuk menjadi Shopee Partner, Anda harus memiliki minimal 2.000 followers dan mencapai 50 pesanan minimal 1 kali dalam 3 bulan terakhir. Shopee Partners mendapatkan akses ke semua fitur dan mendapatkan komisi tertinggi. Mereka juga mendapatkan dukungan penuh dari tim Shopee dan memiliki kesempatan untuk berkolaborasi langsung dengan merek.

Laporan Performa

Laporan Performa adalah fitur yang memungkinkan Anda untuk melacak performa link afiliasi Anda. Anda dapat melihat jumlah klik, jumlah pesanan, konversi, dan estimasi komisi.

Sampel Gratis

Shopee juga menawarkan fitur Sampel Gratis, yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan produk secara gratis untuk kebutuhan konten. Anda harus mengunggah review produk sampel gratis ke akun media sosial Anda dalam waktu 14 hari setelah menerima produk.

Penalti

Shopee memiliki sistem penalti untuk memastikan bahwa semua afiliasi mematuhi aturan dan regulasi program. Jika Anda tidak mematuhi syarat dan ketentuan, seperti tidak mengunggah konten sampel gratis dalam waktu yang ditentukan, Anda bisa mendapatkan penalti. Penalti ini bisa berupa pengurangan komisi, pembekuan fitur sampel gratis, atau dalam kasus pelanggaran serius, penonaktifan akun afiliasi Anda.

Kesimpulan

Anda bisa menggunakan layanan Shopee Affiliate Program sebagai sumber penghasilan terbaik mengingat pendaftarannya yang gratis. Hal yang Anda butuhkan hanyalah perangkat yang terhubung dengan koneksi internet beserta stok konten. Sisanya, selama tidak melanggar ketentuan dari program afiliasi maka promosi campaign dapat berjalan lancar.

Jika masih pemula dalam bisnis affiliate marketing, cobalah untuk mengikuti pelatihan bagi para affiliate marketer yang diadakan langsung oleh tim Shopee. Selain itu, Anda juga bisa bergabung dengan Accesstrade Indonesia untuk mendapatkan berbagai macam campaign dan tools lengkapnya. Tunggu apa lagi? Cek Website Bisnis Online Affiliate Marketing di Indonesia sekarang!

Rizki Setyo
Content Author
Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.
Artikel Terkait