ACCESSTRADE Indonesia

Ini Dia Cara Ikut Shopee Affiliate Sampai Diterima, Dijamin Gabakal Ditolak

Admin
affiliate marketing Dec 10, 2022

Baca Juga: 10 Contoh Bisnis Afiliasi Paling Mudah Dengan Komisi Terbaik

Menjadi seorang affiliator atau influencer, tentu sangat mempengaruhi calon konsumen ketika ingin membeli sebuah produk di shopee. Bahkan profesi ini mempunyai peluang bisnis yang jauh lebih luas dan menjanjikan. Sebagai platform jual beli online populer di Indonesia, tentu Shopee menyediakan lowongan kerja tersebut dengan cara ikut shopee affiliate. Apabila Anda bergabung dengan program shopee satu ini, maka Anda akan mendapatkan berbagai keuntungan dan komisi. penasaran  bagaimana cara daftar di shopee affiliate tanpa ditolak? mari simak penjelasan pada artikel kali ini. 

Daftar Isi

Berapa Gaji Shopee Affiliate?

Shopee affiliate menyediakan layanan yang sangat memungkinkan bagi para penggunanya untuk mendapatkan penghasilan yang dapat dikatakan cukup tinggi. Bahkan, gaji di shopee affiliate memungkinkan mencapai 5 hingga 25 juta perbulan. Untuk mendapatkan nominal gaji tersebut, tentu Anda harus memenuhi semua persyaratan untuk bergabung dan selalu rutin memposting konten di media sosial dengan mencantumkan link produk pilihan.

Akan tetapi, Anda harus paham bahwa gaji yang diterima oleh setiap affiliator sangatlah berbeda-beda. Hal tersebut bergantung dan disesuaikan dengan harga produk, tipe pembeli, beserta jumlah orang yang membeli produk melalui link yang Anda bagikan.

Agar tidak salah, Anda harus memahami 2 tipe pembeli, yaitu pembeli yang merupakan orang baru pertama kali membeli produk sehingga komisi yang Anda dapatkan sebesar 10 persen. Tipe yang selanjutnya adalah pembeli yang sudah sering beli produk di shopee sehingga komisi yang Anda dapatkan sebesar 3 persen.

Untuk perhitungan prosentase komisi di shopee affiliate ini juga mempunyai batas maksimal, yaitu sebesar 10 ribu rupiah di setiap penjualan yang berhasil dilakukan. Adapun rumus perhitungan komis di shopee affiliate, yaitu % komis x harga produk.

Oleh karena itu, komisi dari shopee affiliate akan dibayarkan setiap minggu pertama dan ketiga per-bulannya. Sangat disarankan, sebaiknya sebelum mendaftar Anda mengaktifkan ShopeePay terlebih dahulu karena program satu ini sangat bermanfaat ketika melakukan transaksi pembayaran komisi.

 Ketahui Persyaratan Umum Shopee Affiliate

Sebelum Anda bergabung di program shopee affiliate, Anda juga harus faham tentang persyaratan-persyaratan umum yang diberlakukan oleh pihak Shopee. Hal ini bertujuan agar pendaftaran yang Anda lakukan tidak ditolak oleh pihak shopee. Berikut penjelasan tentang persayaratan umumnya:

Mempunyai Akun Media Sosial Pibadi 

Bagi para pengguna shopee yang bergabung dalam program affiliate ini, maka sangat wajib untuk mempunyai akun media sosial yang masih aktif dan bukan dalam mode private. Akun-akun media sosial tersebut meliputi, Youtube, Instagram, Twitter, Facebook, TikTok, dan lain sebagainya.

Maka dari itu, alangkah baiknya jika Anda mempunyai akun-akun media sosial tersebut guna mempermudah kegiatan promosi produk yang sedang dilakukan.

Mempunyai Akun Shopee Pribadi

Agar Anda mendapatkan komisi dan berhasil menerima keuntungan banyak dari program ini, maka diwajibkan untuk mempunyai akun Shopee yang masih Aktif. Anda tidak boleh menggunakan akun online shop atau akun penjual.

Dengan memperhatikan hal ini, maka akan sangat membantu untuk meningkatkan engagement antara audience sehingga potensi banyak dilirik orang lain semakin besar.

Minimal Mempunyai 2000 Subcriber/followowrs Untuk Influencer

Terdapat tiga jenis layanan shopee affiliate, salah satunya adalah affiliate influencer. Apabila Anda masuk ke dalam jenis affiliate ini, maka Anda wajib mempunyai followers dengan jumlah minimal 2000 di media sosial. Sementara jika Anda seorang affiliate saja, tidak diwajibkan untuk mempunyai minimum jumlah followers di media sosial.

Akun ShopeePay Harus Aktif

ShopeePay merupakan alat yang sangat efektif ketika untuk mencairkan nominal komisi atau keuntungan dari program affiliate. Maka dari itu, sangat wajib Anda mempunyai akun shopeePay dan mengaktifkannya. Jika tidak, maka dijamin Anda akan merasa kesulitan saat mendapatkan imbalan berupa komisi penghasilan dari produk penjualan.

Konten di Media Sosial Bersifat Orisinil Bukan Milik Orang Lain

Tautan link yang akan disematkan pada konten media sosial Anda bersifat konten original atau asli dari program affiliate. Hal ini bertujuan mencegah kegiatan plagiasi yang dapat menyebabkan pemutusan kontark antara shopee dan affiliate. Jadi, pastikan bahwa konten yang Anda buat berasal dari kreatifitas diri sendiri.

Kesalahan Kenapa Anda di Tolak Shopee Affiliate

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa shopee affiliate ini merupakan sebuah program untuk mendapatkan penghasilan tambahan bagi para content creator yang berasal dari kegiatan promosi produk shopee. Namun sayangnya, tidak semua pendaftaran shopee yang dilakukan dapat berjalan dengan lurus. Dengan kata lain, ada banyak juga yang ditolak pendaftaran atau mengalami kendala.

Apabila Anda mengalami hal seperti ini, tidak perlu menyalahkan pihak shopee karena memang ditolaknya pendaftaran yang Anda lakukan bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Berikut ini adalah penyebab-penyebabnya:

Informasi Pribadi yang Tidak Benar

Penyebab pertama pendaftaran yang Anda lakukan adalah Anda telah melakukan kesalahan atau kurang teliti ketika memasukkan informasi data pribadi ketika melakukan pendaftaran. Kesalahan ini bisa berupa salah memasukkan nomor, memasukkan alamat email, dan lain sebagainya.

Meskipun masalah tersebut bagi Anda adalah sepeleh, namun tidak untuk pihak shopee sebab mereka benar-benar meneliti setiap data pribadi yang dimasukkan oleh calon penggunanya.

Akun Media Sosial Salah

Penyebab yang kedua adalah Anda salah memasukkan akun media sosial, artinya Anda menggunakan akun media sosial yang bukan milik Anda sendiri melainkan milik toko ataupun penjual, contohnya aku all shop. Selain itu, bisa jadi Anda memasukkan akun media sosial yang sudah tidak aktif atau bersifat private.

Konten Mengandung unsur Plagiasi

Penyebab pendaftaran shopee affiliate Anda ditolak bisa juga dikarenakan isi dari akun media sosial Anda merupakan hasil plagiasi. Plagiasi yang dimaksud adalah mencontoh konten dari orang lain, tidak kreatif, serta terdapat konten yang merupakan hasil repost berbagai affiliator lain.

Konten Menyalahi Aturan Shopee Affiliate

Sebelum Anda mengikuti cara ikut shopee affiliate, pastinya Anda sudah membaca beberapa persyaratan-persyaratan khusus yang sudah ditetapkan. Akan tetapi jika Anda lalai, maka yang pasti pendaftaran akan ditolak. Salah satu penyebabnya adalah konten yang Anda buat mengandung unsur SARA (suku, agama, dan ras).

Selain itu, jika ditemukan unusr pornografi dan bertentangan dengan peraturan perundangan yang berlaku di Indonesia, maka dijamin pendaftaran yang Anda lakukan akan ditolak.

Menjual Produk Terlarang

Penyebab yang terakhir adalah produk yang Anda perjual-belikan adalah produk yang terlarang, seperti obat-obatan terlarang, rokok elektrik, produk dewasa, hingga produk palsu. Produk-produk tersebut memang dilarang oleh pihak shopee affiliate karena dapat menyebabkan kerugian pada pembeli serta melanggar peraturan perundangan Indonesia.

Tips Daftar Shopee Affiliate Tanpa di Tolak

Pada penjelasan di atas, sudah dijelaskan mengenai beberapa penyebab mengapa pendaftaran shopee affiliate ditolak atau mengalami kendala. Meskipun terdapat kemungkinan pendaftaran gagal, Anda jangan khawatir sebab terdapat beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk mencegah dan mengatasinya. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa tips yang dapat Anda gunakan agar pendaftaran shopee affiliate Anda tidak ditolak:

Pastikan Data Diri Sudah Benar

Tips cara ikut shopee affiliate agar ditolak adalah memastikan bahwa semua data atau informasi data diri yang Anda masukkan sudah benar dan sesuai dengan kenyataannya. Anda bisa mulai mengeceknya dari nama, nomor telepon, alamat rumah, alamat email, dan lain sebagainya. Apabila Anda sudah berusia di atas 17 tahun dan mempunyai KTP, maka sangat disarankan mengisi data diri sesuai dengan kartu identitas tersebut.

Gunakan Media Sosial Pribadi

Tips selanjutnya yang dapat Anda gunakan untuk mencegah kegagalan pendaftaran shopee affiliate adalah dengan memasukkan atau menggunakan akun sosial media milik pribadi yang masih aktif. Jangan menggunakan akun media sosial yang merupakan milik toko atau penjual.

Hindari Konten Plagiasi

Selain memperhatikan kedua hal di atas, Anda juga harus memperhatikan bahwa setiap konten yang ada di akun media sosial bukanlah hasil plagiasi. Mengapa demikian? Sebab pihak shopee affiliate sangat memperhatikan hal ini dan jika Anda lalai, maka dipastikan pendaftaran akan ditolak secara mentah-mentah meskipun akun media sosial Anda mempunyai potensi tinggi untuk kegiatan promosi.

Hindari SARA

Tips yang satu ini juga perlu Anda perhatikan, karena sangat berpengaruh pada pendaftaran yang dilakukan. Apabila konten Anda mengandung unsur-unsur yang melawan hukum yang berlaku di negara Indonesia, maka sudah dapat dipastikan bahwa pendaftaran Anda akan ditolak pihak shopee affiliate.

Perhatikan Jumlah Followers

Sebelum Anda memutuskan untuk mendaftar akun shopee affiliate, alangkah baiknya jika Anda memperhatikan jumlah pengikut di akun sosial media. Untuk jumlah pengikut yang harus Anda miliki adalah minimal 1 orang. Mengapa jumlah pengikut mempengaruhi pendaftaran? Karena melalui pengikutlah tautan dari shopee affiliate digunakan saat transaksi pembelian.

Akun Tidak Besrifat Private

Tips selanjutnya adalah pastikan bahwa akun media sosial yang Anda masukkan tidak bersifat private yang artinya berlaku untuk umum. Hal ini sangat bermanfaat terhadap link affiliate yang Anda sebarkan. Semakin banyak yang melihat dan menekan link affiliate, maka dijamin komisi yang Anda dapatkan semakin banyak pula.

Perhatikan Barang yang dipromosikan

Tips selanjutnya, yaitu sillahkan Anda memperhatikan setiap produk shopee yang Anda promosikan. Pastikan produk-produk tersebut bukanlah produk yang dilarang untuk diperjual belikan antara lain adalah rokok elektrik, produk dewasa, produk palsu, dan obat-obatan terlarang.

 

Kesimpulan

Demikian pembahasan mengenai cara ikut shopee affiliate yang benar. Perlu diingat, bahwa program shopee affiliate merupakan pilihan yang sangat bagus bagi Anda yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan tanpa mengeluarkan modal yang banyak.

Apabila Anda menggunakan layanan ini, maka dijamin akan mendapatkan jumlah komisi yang lumayan banyak. Akan tetapi jika Anda gagal dalam shopee affiliate maka bisa mencoba program affiliate lainnya di Accestrade. Hal ini dikarenakan Accestrade menyediakan berbagai program affiliate terbaik yang bisa menambah penghasilan Anda tentunya. Untuk informasi lebih lanjut terkait Accestrade, silahkan Klik disini

 

Baca Juga: 10 Strategi Bisnis Affiliate Marketing Bagi Pemula Yang Paling Direkomendasikan

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program di mana Anda mempromosikan produk atau layanan perusahaan atau merek dan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian. Jumlah komisi yang Anda terima bervariasi berdasarkan persentase produk dan harga jual.
Jan 07, 2023
how to
Setelah Anda bergabung sebagai Affiliate Marketer di Tokopedia, Anda harus mempunyai strategi dalam mempromosikan produk yang Anda jual pada platform media sosial pribadimu. Hal ini menjadikan keuntungan untuk Anda jika hal ini berhasil,
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Saat ini, TikTok telah berkembang menjadi platform ecommerce. Bahkan TikTok telah membuka kemungkinan kepada pengguna untuk mendapat penghasilan tambahan lewat TikTok Affiliate. Berikut cara membuat affiliate marketing TikTok meraup untung jutaan rupiah.
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program atau perusahaan yang membayar komisi untuk menawarkan dan menjual produk, layanan, atau situs web. Contoh umum dari bisnis Affiliate adalah menggunakan tautan rujukan. Affiliate marketer menempatkan tautan di blog.
Jan 06, 2023