ACCESSTRADE Indonesia

Cara Mendaftar Shopee Affiliate Paling Mudah Untuk Dapat Cuan

Admin
affiliate marketing Dec 15, 2022

Baca Juga: 43 Cara Paling Ampuh Mendapatkan Uang dari Internet Minimal 100rb

Saat ini, ada banyak sekali cara untuk menghasilkan uang, mulai dari berwirausaha hingga terobosan terbaru adalah bergabung pada program affiliate yang ditawarkan oleh perusahaan tertentu. Salah satu perusahaan atau platform yang menawarkan program affiliate adalah Shopee.

Tentu semua program yang dihadirkan oleh shopee sangat terpercaya, mengingat shopee merupakan platform yang terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan. Oleh karena itu, banyak yang berbondong-bondong untuk bergabung di program affiliate shopee. Akan tetapi jika Anda bingung terkait bagaimana cara mendaftar shopee affiliate, maka simak penjelasan pada artikel berikut!

Daftar Isi

Bagaimana Cara Mendaftar Shopee Affiliate?

Cara mendaftar shopee affiliate sangatlah mudah untuk dilakukan, karena Anda cukup mempunyai akun media sosial yang aktif, terbuka untuk umum, dan membuat konten buatan sendiri. Selain itu, Anda juga hanya perlu menggunakan akun shopee milik pribadi bukan milik toko ataupun penjual. Berikut adalah langkannya

  • pertama Anda harus mengunjungi laman shopee affiliate terlebih dahulu dengan menggunakan akun shopee yang sudah dimiliki dengan klik di sini https://shopee.co.id/m/affiliates
  • Apabila sudah masuk dengan akun shopee, maka silahkan Anda memilih program affiliate pada tampilan shope dan klik ‘daftar’.
  • Pengisian data diri ini terbagi menjadi dua tahap. Pada tahap pertama, Anda harus mengisi data diri yang meliputi: tipe akun, nama depan, nama belakang, sapaan, tempat tinggal, kode pos, nomor telepon yang aktif, dan alamat email.
  • Sedangkan pada tahap kedua, Anda harus mengisi data diri yang meliputi: link media sosial Anda, spesifikasi tipe kemitraan (tekan semua), tipe kemitraan, bagaimana Anda bisa mengetahui shopee affiliate, hingga persetujuan terhadap kebijakan layanan privasi.
  • Apabila semua kolom data diri sudah terisi semua, maka Anda tinggal mengirimnya. Untuk berapa lama Anda harus menunggu konfirmasi pendaftaran shopee affiliate diterima atau tidak, adalah 3 hari. Jika pendaftaran Anda diterima, maka silahkan memilih berbagai produk yang akan dipromosikan (produk ini berasal dari shopee mall, shopee supermarket, star+, dan star steller).

Selain itu, Anda harus memahami produk apa saja yang dilarang untuk dipromosikan, seperti produk yang berbau pornografi, rokok, vape, obat-obatan terlarang, hingga produk bukan asli atau palsu. Apabila Anda terbukti melakukan pelanggaran pada saat mendaftar di shopee affiliate atau saat sudah bergabung di program ini, maka dijamin pendaftaran yang Anda lakukan akan ditolah mentah-mentah oleh pihak shopee. bagaimana, apakah cara mendaftar shopee affiliate sangat mudah untuk dilakukan? jika iya, yuk langsung saja coba mendaftar!

Berapa Minimal Followers Shopee Affiliate

Selain Anda paham tentang cara mendaftar shopee affiliate, Anda juga harus paham akan berapa minimal followers yang harus dimiliki agar bisa bergabung ke program ini. Sebenarnya, ada 3 pilihan program affiliate yang disediakan oleh pihak shopee, yaitu shopee affiliate, influencer, dan partners. Terkait jumlah minimal followers ini, sesuai dengan ketentuan masing-masing program yang Anda pilih.

Pertama, untuk program shopee affiliate mempunyai ketentuan bahwa Anda harus mempunyai jumlah followers, subcribrer, di akun instagram dan youtube minimal 1 orang. Program ini sangatlah cocok bagi Anda yang jarang aktif atau dikenal di media sosial. Tapi jangan khawatir, kalau nantinya konten Anda tidak ada yang nonton. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa menyebarkannya atau minta tolong sebarkan link ke kerabat atau orang terdekat. Selain itu, Anda bisa mengaktifkan mode terbuka untuk umum buka pribadi agar semakin banyak pengguna lain yang melihat konten Anda.

Kedua, untuk program affiliate influncer mempunyai ketentuan bahwa Anda harus mempunyai jumlah followers, subcribrer, di akun instagram dan youtube minimal 2000 orang. Program affiliate kedua ini memang sangat cocok bagi Anda yang suka membuat konten di media sosial dan mempunyai lumayan pengikut. Ada banyak keuntungan jika Anda mengikuti program affiliate satu ini, salah satunya adalah mendapatkan voucher belanja gratis selama 6 bulan pertama.

Terakhir, adalah program affiliate partner. Untuk program affiliate satu ini, sangat berbeda dari dua program affiliate sebelumnya. Mengapa demikian? Sebab Anda harus benar-benar mempunyai jumlah followers, subcribrer, di akun instagram dan youtube lebih 2000 orang. Selain itu, Anda juga harus rajin membuat konten. Meskipun ketentuannya lumayan berat, Anda akan mendapatkan banyak keuntungan. Salah satunya adalah Anda akan diprioritaskan untuk ikut campaign yang diadakan oleh pihak shopee. Bahkan, Anda juga mendapatkan voucher belanja gratis selama 6 bulan pertama.

Dari ketiga program shopee affiliate di atas, apabila Anda ingin mendapatkan komisi yang lebih, maka sangat disaraankan untuk membuat konten yang kreatif, unik, dan menarik. Tujuannya adalah untuk menarik banyak perhatian orang lain. Semakin menarik konten yang Anda buat, maka semakin besar peluang barang yang dipromosikan dibeli oleh pengguna lain. Selamat mencoba, ya!

Berapa Lama Shopee Affiliate Diterima

Pertanyaan ini memang kerap dilontarkan para calon anggota shopee affiliate, mengingat bahwa mereka sudah benar melakukan cara mendaftar shopee affiliate secara baik dan benar. Untuk itu, waktu yang diperlukan untuk menunggu konfirmasi pendaftaran diterima atau tidak oleh pihak shopee adalah selama 3 hari. Jika Anda tidak sabar menunggu selama waktu tersebut, maka ada beberapa tanda jika pendaftaran Anda sudah diterima. Berikut adalah tanda-tandanya:

Dapat Email Shopee Affiliate

Tanda pertama bahwa pendaftaran Anda sudah diterima oleh pihak shopee, yaitu Anda menerima email dari shopee. Email tersebut berisi tentang pemberitahuan bahwa pendaftaran yang Anda lakukan telah disetujui. Oleh karena itu, setelah 3 hari mendaftar, silahkan Anda mengecek email yang Anda daftarkan di shopee affiliate. Jika memang masih belum mendapatkan email dari pihak shopee, maka kemungkinan pendaftaran Anda ditolah atau gagal.

Dapat Notifikasi Di Aplikasi Shopee

Tanda lolos yang kedua adalah Anda mendapatakan notifikasi di aplikasi shopee. Notifikasi tersebut akan muncul jika pendaftaran yang dilakukan sudah disetujui dan isinya tentan pemberitahuan diterima oleh shopee afilliate. Untuk dapat melihat notifikasi ini, silahkan Anda masuk ke akun shopee yang Anda daftarkan pada program shopee satu ini.

Menu Shopee Affiliate Sudah Muncul di Aplikasi

Perlu Anda ketahui, bahwa tidak semua calon affiliator diterima pada program ini. Banyak juga yang sudah lebih 3 hari tidak mendapatkan email ataupun notifikasi di aplikasi. Lalu bagaimana cara mengetahui kalau Anda sudah diterima di affiliate shopee? Caranya adalah melihat apakah fitur affiliate sudah muncul atau tidak.

Langkahnya cukup mudah, yaitu cukup membuka aplikasi shopee dan klik menu pada bagian kanan bawah dan pilihlah fitur shopee affiliate program. Jika sudah muncul fitur-fiturnya, berarti pendaftaran Anda sudah diterima.

Apa Yang Harus Dilakukan Setelah Shopee Affiliate Di Sejutui

Setelah Anda sudah resmi menjadi affiliator di shopee, maka ada beberapa hal yang harus Anda lakukan. Anda harus benar-benar paham akan hal-hal berikut agar produk yang dipromosikan mendapatkan pembelian yang tinggi.

Pilih Kategori Produk

Sebelum Anda memutuskan untuk mempromosikan produk yang ada di shopee affiliate, maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih produk. Terkait hal ini, jangan sampai Anda memilih produk secara asal, tetapi pilihlah kategori produk yang sesuai dengan target market Anda atau sesuai dengan kemampuan.

Misalnya target yang Anda bidik adalah anak muda yang berjenis kelamin perempuan, suka berolahraga, suka dengan gaya hidup yang sehat. Maka ketegori produk yang harus dipromosikan sesuai dengan keinginan mereka adalah sepatu wanita, makanan-makanan segar dan sehat, pakaian wanita, alat olahraga baik indoor ataupun outdoor, dan lain sebagainya.

Akan tetapi jika Anda memilih produk sesuai dengan kemampuan atau passion, maka pastikan terlebih dahulu apakah di luar sana banyak orang yang mempunyai passion sama dengan Anda. Misalnya Anda suka produk berbau kegiatan ketik mengetik, maka Anda bisa mempromosikan produk atau jasa yang sesuai dengan kategori tersebut seperti, mouse, keyboard, headset, jasa Turnitin, dan masih ada banyak produk lainnya.

Pilih Produk Yang Akan Dipromosikan

Sesudah Anda memilih kategori produk, maka yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah memilih produk yang akan dipromosikan. Meskipun ada ribuan pilihan produk di shopee, bukan berarti Anda bisa mempromiskan semuanya karena memang sumber daya Anda sendiri sangat terbatas. Maka dari itu, sangat disarankan untuk lebih fokus masimal 10 produk saja.

Adapun beberapa kriteria yang dapat Anda jadikan sebagai acuan ketika memilih, antara lain pilih produk yang terjual lebih dari 300 penuualan perbulannya, pilih produk yang merupakan tangan pertama, pilih produk yang 80 persen mendapatkan komentar positif dari pembelinya, pilih produk yang mempunyai garansi retur produk atau uang kembali, hingga pilih produk dengan harga minimal 75.000. intinya, Anda harus memperhatikan kriteria-kriteria tersebut agar sukses di program shopee satu ini.

Mendapatkan Link Affiliate

Sesudah Anda menemukan kategori dan produk yang akan dipromosikan, maka hal yang harus Anda lakukan adalah mendapatkan link affiliate. Untuk mendapatkan link ini sangatlah mudah untuk dilakukan, yaitu cukup menekan tombol bagikan pada gambar produk. Tekanlah salin tautan dari produk tersebut.

Biasanya, link affiliate sangat panjang. Oleh karena itu, silahkan Anda menyalinnya tersleibh dahulu di chrome dan kemudian menyalinnya lagi di shopee. Dengan menggunakan cara ini, link affiliate yang singkat dan efektif akan Anda dapatkan.

Sebarkan Link Affiliate

Setelah itu silahkan Anda menambahkan universal produk link supaya bisa dibuka di browser ataupun desktop tanpa harus membuka apilkasi shopee. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan convertion rate. Sesudah link universalnya Anda dapatkan, maka Anda bisa menyebarkan link tersebut melalui akun media sosial yang Anda miliki, mulai dari facebook, twitter, youtube, hingga Instagram.

Semakin banyak Anda menyebarkan dan semakin banyak yang menonton konten Anda, maka semakin besar pula orang yang akan membeli produk melalui link affiliate yang Anda bagikan.

Kesimpulan

Itulah informasi singkat mengenai cara mendaftar shopee affiliate yang sangat mudah untuk dipahami. Jika Anda masih bingung, maka sangat disarankan untuk mendaftar di accestrade yang menyediakan berbagai jenis program affiliate terpercaya.

Accestrade juga menyediakan berbagai tips terbaik bagi affiliator pemula seperti Anda, agar sukses di program ini. Namun jika Anda masih bingung terkait apa yang harus dilakukan di affiliate pertama, klik di sini untuk cara menjalankan affiliate pertamamu.

Baca Juga: Mengenal Afiliasi Pemasaran: Cara Kerja dan Keuntungannya

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
affiliate marketing
Marketplace dan e-commerce meramaikan ekosistem afiliasi di Indonesia dengan berbagai penawaran komisi dan program yang masing-masing menguntungkan.
Feb 08, 2023
affiliate marketing
Program afiliasi lazada adalah program afiliasi yang menguntungkan dengan komisi yang bervariasi mulai dari 1% sampai 7% untuk setiap pembeliannya.
Feb 08, 2023
affiliate marketing
Ikuti 3 tips ngonten ini biar shopee afiliasi program-mu makin cuan, gampang ditiru dan dipraktekan, buktikan sendiri!
Feb 08, 2023
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Program affliasi adalah metode marketing yang di dasarkan pada performance, atau dibayar pada setiap action atau penjualan yang terjadi
Jan 18, 2023