ACCESSTRADE Indonesia

Panduan Daftar Shopee Affiliate Bagi Pemula Yang Ingin Menambah Penghasilan

Admin
affiliate marketing Sep 29, 2022

Baca Juga: 10 Manfaat Afiliasi Pemasaran yang Harus Diketahui Bagi Perusahaan dan Affiliate Marketer

Bagi kalian yang ingin mencari pemasukan tambahan secara online, Shopee Affiliate adalah jawabannya. Tapi, apa sih Shopee affiliate itu dan bagaimana cara daftar Shopee Affiliate? Berikut Accesess Trade akan jelaskan.

Shopee affiliate adalah suatu program yang ditawarkan oleh perusahaan e-commerce Shopee. Program tersebut, dibuat untuk membantu pengguna aplikasi Shopee mendapat penghasilan tambahan. Komisi akan didapat, jika pegguna aplikasi Shopee membantu mempromosikan produk-produk Shopee di media sosial.

Apabila kamu sering untuk membagikan link affiliate dan berpromosi melalui media sosial. Saat itu juga, membuka peluang keuntungan komisi dari affiliate sangat besar.

Hal itu didapat, karena melalui sistem program Shopee Affiliate. Yang tetap memberikan komisi dari penjualan produk di luar link produk affiliate yang  dibagikan. Otomatis potensi besaran komisinya bisa semakin besar.

Pengguna yang sudah mengikuti Shopee Affiliate atau biasa disebut dengan Affiliator. Cukup menyantumkan link Affiliate mereka di media sosial masing-masing.

Tahap selanjutnya, Affiliator akan mendapatkan presentasi komisi yang beragam. Jika terjadi adanya penjualan yang berasal dari link Affiliate mereka.

Daftar Isi

Membuat Link Shopee Affiliate

daftar shopee affiliate

Bergabung dengan Shopee Affiliate, tidak berarti semua link yang dibagikan dapat menghasilkan uang. Untuk hal ini, kamu harus tahu terlebih dahulu untuk membedakannya. Diantara link produk Shopee dan link produk Shopee Affiliate. 

Memang bisa dibilang sepele, tapi ternyata banyak diantara orang yang belum tahu. Dan banyak juga yang terjebak dalam hal perbedaan antara kedua link ini.

Contohnya seperti, orang membagikan link Shopee di semua platform media sosialnya. Mulai terjadi pembelian, tapi orang tersebut tidak mendapatkan komisi sepersenpun. Kenapa hal itu bisa terjadi?

Karena, orang tersebut membagikan link yang salah yaitu link Shopee. Seharusnya dia membagikan link dari Shopee Affiliate, link tersebutlah yang akan menghasilkan komisi.

Maka dari itu, pastikan lagi yang dibagikan adalah link Shopee Affiliate bukan link Shopee. Untuk membuat link Shopee Affiliate, sebenarnya cukup mudah. Kamu hanya perlu untuk merubah linknya saja. Caranya sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Shopee seperti biasa, pilih produk yang menurutmu menarik. Setelah itu, kamu klik untuk mendapatkan linknya. Otomatis link produk sudah tercopy.
  2. Tahap selanjutnya, cukup buka dashboard Shopee Affiliate. Buka pada  bagian akun dan klik ubah akun. Saat di kolom ubah link, kamu paste link produk yang tadi sudah di copy. Selanjutnya klik Link dan otomatis link Shopee Affiliate akan muncul.
  3. Link Shopee Affiliate pun sudah bisa untuk dibagikan.

Cara Daftar Shopee Affiliate

 daftar shopee affiliate

Bagaimana cara daftar Shopee Affiliate? Hal yang paling utama dilakukan untuk menghasilkan penghasilan dari Shopee Affiliate. Yaitu, diharuskan melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Untuk melakukan pendaftaran program Shopee Affiliate, bisa dilakukan cukup dengan menggunakan gadget.

Pada dasarnya, cara daftar Shopee Affiliate cukup mudah dan simpel. Semua orang pun dapat mendaftarkan dirinya ke Shopee Affiliate. Hal terpenting, tentunya para pengguna harus memiliki akun Shopee terlebih dahulu.

Selanjutnya, diharuskan wajib memiliki email yang aktif untuk menerima notifikasi dari Shopee Affiliate. Serta, diwajibkan juga harus mempunyai media sosial. Seperti Facebook, Twitter, Instagram, Tiktok atau Youtube. 

Media sosial yang dimiliki secara pribadi, bertujuan untuk mempromosikan Shopee Affiliate dengan cara mencantumkan link Affiliate. Tidak ada persyaratan jumlah follower atau subscriber. Namun, tetap diharuskan mencantumkan akun media sosial yang dimiliki.

Perlu diingat lagi, pendaftaran Shopee Affiliate tidak langsung diterima begitu saja. Pihak Shopee akan melakukan pengecekan terlebih dahulu apakah calon pengguna Shopee Affiliate layak diterima atau tidak. Pada tahap pengecekan ini, biasanya akan memakan waktu sekitar 3 sampai 5 hari kerja.

Baca juga: Gabut Sendirian, Cobain Lazada Affiliate Program yang Menguntungkan!

Kesalahan Pada Saat Daftar Shopee Affiliate

Tentunya, tidak semua orang yang telah mendaftar Shopee Affiliate akan diterima semua. Ada juga sebagian orang, yang gagal dalam mendaftar program Shopee Affiliate.

Maka dari itu, sangat penting memahami syarat dan ketentuan yang berlaku saat mendaftar Shopee Affiliatee. Biasanya kegagalan terjadi, akibat kurangnya memperhatikan ketentuan dan syarat yang berlaku.

  1. Saat daftar Shopee Affiliate, tidak menyertakan informasi data diri dengan benar dan lengkap. Informasi data diri sangat penting dalam formulir pendaftaran program Shopee Affiliate.
  2. Akun Shopee dan sosial media yang digunakan ternyata bukan akun pribadi. Melainkan akun seller atau bisnis, contohnya seperti WhatsApp Business, Instagram Business dan TikTok Shop.
  3. Daftar Shopee Affiliate dengan akun sosial media kamu dikunci.
  4. Konten yang sering diposting bukan asli buatan sendiri atau menjiplak hasil karya orang lain.
  5. Pernah melakukan tindakan, seperti merepost postingan member afiliasi lain.
  6. Membuat postingan konten yang memuat unsur dewasa, sara dan obat-obatan terlarang. Serta konten-konten yang melanggar undang-undang ITE.
  7. Daftar Shopee Affiliate, tetapi belum memiliki akun ShopeePay yang aktif.

Cara Mengecek Sudah Diterima Shopee Affiliate

Bagaimana sih cara untuk mengecek pendaftaran Shopee Affiliate diterima atau tidak? Caranya sangat mudah, pengguna dapat melakukan pengecekan melalui email yang masuk. 

Apabila pendaftaran sudah diterima, kamu akan menemukan notifikasi di email. Notifikasi tersebut, isinya berupa ucapan selamat sudah bergabung dengan Shopee Affiliates Program.

Namun memang tidak dipungkiri, ada beberapa kasus notifikasinya telat masuk di email. Jadi, pastikan lagi untuk melakukan double pengecekan ya. Selain telusuri cek email masuk, ada baiknya cek juga aplikasi Shopee kamu pada bagian akun Saya.

Jika sudah terdapat Shopee Affiliate Program, artinya pendaftaran telah berhasil dilakukan. 

Penyebab Komisi Shopee Affiliate Tidak Bisa di Terima

Terdapat faktor atau penyebab, yang menimbulkan komisi Shopee Affiliate tidak bisa diterima. Perlu diingat, Shopee tidak akan membayar jika transaksi yang dilakukan tidak valid. Pihak Shopee, akan membayar jika transaksi tersebut sudah melalui proses pembeli sudah menerima barangnya. Serta, status pada tahap pembelian telah selesai dilakukan.

Memang saat prakteknya, bisa terjadi banyak hal di tengah proses transaksi pembelian barang. Yang tentunya, mengakibatkan transaksi tidak sampai selesai. Contohnya seperti, beberapa pembelian dengan metode COD batal. Disebabkan oleh, calon pembeli membatalkan transaksi setelah menerima barang.

Contoh kasus berikutnya, barang sudah diterima tetapi barang dikembalikan karena ada kerusakan. Bisa juga pembeli sudah membayar, tetapi penjual tidak mengirimkan barang karena kehabisan stok. Yang mengakibatkan transaksi batal terjadi dan dana refund.

Terus, bagaimana jika transaksi sudah selesai komisi tidak kunjung diterima? Coba lakukan cek lagi dengan seksama, apakah ada melanggar ketentuan yang ada. Karena pihak Shopee, berhak membatalkan komisi jika ada tindakan-tindakan yang curang.

Misalnya seperti, barang yang dibeli dikirimkan menggunakan alamat yang sama dengan alamat affiliator kamu. Transaksi seperti ini, otomatis akan terdeteksi sebagai transaksi yang dilakukan sendiri. Jadi, jangan berharap ada komisi affiliate sepersen pun dari pihak Shopee.

Pada intinya, mengikuti program Shopee Affiliate sangat menguntungkan. Memang besar tidaknya keuntungan yang didapat, itu semua tergantung kepada penggunanya masing-masing. Jika bersungguh-sungguh dan niat dalam menekuni Shopee Affiliate, keuntungan pasti akan banyak didapatkan.

Pengguna afiliasi, juga bisa memilih program afiliasi lain yang memiliki komisi menarik. Contohnya seperti layanan afiliasi Accesstrade, menawarkan aneka program affiliasi dari berbagai brand ecommerce dan marketplace yang pasti memberikan keuntungan komisi. Jadi, jangan tunggu lama-lama segera daftar sekarang

 Baca juga: Cara Hindari Kesalahan di Program Affiliate Lazada yang Bikin Boncos

Baca Juga: 4 Langkah Cara Daftar Afiliasi Lazada, Jurus Jitu Cari Uang!

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program di mana Anda mempromosikan produk atau layanan perusahaan atau merek dan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian. Jumlah komisi yang Anda terima bervariasi berdasarkan persentase produk dan harga jual.
Jan 07, 2023
how to
Setelah Anda bergabung sebagai Affiliate Marketer di Tokopedia, Anda harus mempunyai strategi dalam mempromosikan produk yang Anda jual pada platform media sosial pribadimu. Hal ini menjadikan keuntungan untuk Anda jika hal ini berhasil,
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Saat ini, TikTok telah berkembang menjadi platform ecommerce. Bahkan TikTok telah membuka kemungkinan kepada pengguna untuk mendapat penghasilan tambahan lewat TikTok Affiliate. Berikut cara membuat affiliate marketing TikTok meraup untung jutaan rupiah.
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program atau perusahaan yang membayar komisi untuk menawarkan dan menjual produk, layanan, atau situs web. Contoh umum dari bisnis Affiliate adalah menggunakan tautan rujukan. Affiliate marketer menempatkan tautan di blog.
Jan 06, 2023