ACCESSTRADE Indonesia

Shopee affiliate Anda di tolak? Ini dia alasannya dan langkah sharelink produk bagi pemula

Admin
affiliate marketing Dec 11, 2022

Baca Juga: Yuk Kenali Syarat Shopee Affiliate dan Syarat Tokopedia Affiliate, Mana yang Paling Mudah di Ikuti

Daftar Isi

Mengapa Shopee affiliate ditolak, padahal sudah merasa benar?

ketentuan shopee afiiliate

Meskipun jarang ada permasalahan, ternyata masih ada beberapa kasus di mana Shopee affiliate kita ditolak oleh pihak Shopee. Ada banyak sekali faktor yang menyebabkan Shopee affiliate kita ditolak oleh sistem Shopee, seperti melanggar ketentuan atau bahkan belum memenuhi persyaratan yang sudah diberikan oleh Shopee. Lalu, apa saja alasan mengapa Shopee affiliate Anda bisa ditolak? Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh mereka yang gagal di Shopee affiliate:

Mengisi informasi dengan tidak benar

Kesalahan pertama yang sering terjadi adalah Anda salah memasukkan data pribadi saat pendaftaran. Kesalahan ini bisa berupa salah memasukkan nomor telepon, email, atau bahkan data palsu. Meskipun masalah ini terbilang kecil bagi Anda, tetapi cukup besar bagi pemilik toko karena mereka benar-benar menyaring semua data pribadi yang dimasukkan oleh calon affiliate mereka.

Konten Anda melanggar ketentuan Shopee

Sebelum Anda bergabung ke dalam Shopee affiliate, Anda pasti sudah membaca beberapa persyaratan khusus. Tentu affiliate Anda akan ditolak bila melanggar syarat dan ketentuan tersebut. Salah satu kesalahan yang sering terjadi adalah konten yang Anda buat mengandung unsur SARA (suku, ras, dan agama) atau melanggar undang-undang. Karena itulah sangat penting untuk membuat konten yang tidak berisikan hal-hal yang dilarang oleh ketentuan Shopee agar affiliate kita tidak ditolak.

Menjual Produk yang Dilarang

Selain data pribadi dan isi konten, Anda juga harus memperhatikan produk yang akna Anda promosikan. Hindari memasarkan produk seperti obat-obatan terlarang, rokok elektrik, produk dewasa dan juga produk palsu. Produk-produk tersebut memang beredar luas di shopee, tetapi dilarang oleh Shopee affiliate karena dapat melanggar hukum dan peraturan Indonesia.

Akun media sosial yang tidak sesuai

Kesalahan berikutnya adalah Anda salah memasukkan data akun media sosial yang akan Anda gunakan untuk kegiatan affiliate. Anda tidak boleh menggunakan akun media sosial yang bukan milik Anda, terlebih bila akun tersebut dimiliki oleh bisnis atau vendor. Selain itu, Anda diharuskan untuk menggunakan akun media sosial yang terbuka dan tidak boleh di private.

Cara sharelink Shopee affiliate bagi pemula

shopee affiliate

Untuk mendapatkan komisi, Anda diharuskan untuk menyebarkan link affiliate dengan cara menyisipkannya ke konten media sosial. Lalu, bagaimana cara share link Shopee affiliate bagi pemula? Berikut ini adalah caranya:

dashboard shopee affiliate

  • Masuk ke dashboard Shopee affiliate yang Anda miliki, lalu tekan penawaran produk.

dashboard produk shopee affiliate

  • Cari produk menarik yang ingin Anda promosikan demi mendapatkan komisi.
  • Anda bisa melakukan filter untuk mendapatkan produk dengan komisi tertinggi.
  • Setelah menetapkan produk yang diinginkan, buat link affiliate yang tersedia.

konten shopee

  • Buatlah konten semenarik mungkin di media sosial yang Anda daftarkan di Shopee affiliate.
  • Jangan lupa taruh link affiliate yang telah Anda salin ke konten yang Anda bagikan.
  • Nikmati komisi setiap kali ada yang melakukan transaksi melalui link affiliate yang Anda bagikan.

Pilih produk affiliate yang akan kamu share

Memilih produk yang tepat untuk dipromosikan sebagai affiliate sangatlah penting karena dapat mempengaruhi pendapatan dari program Shopee affiliate Anda. Dengan memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan dan pasar yang Anda targetkan, Anda dapat lebih mudah mempromosikan produk dan meningkatkan kemungkinan transaksi yang terjadi melalui link affiliate Anda. Selain itu, memilih produk yang memiliki reputasi baik juga akan sangat membantu meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap produk yang Anda promosikan. Dengan beigtu, Anda akan dapat meningkatkan jumlah transaksi dan besar komisi yang nantinya Anda dapatkan. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih produk Shopee affiliate:

  • Pilihlah produk yang sesuai dengan niche atau topik yang Anda minati dan pahami dengan baik. Hal ini akan memudahkan Anda dalam menyampaikan informasi tentang produk dan menjawab pertanyaan audiens Anda.
  • Pilih produk yang sesuai dengan target pasar yang Anda targetkan. Misalnya, jika Anda menargetkan konsumen muda, pilih produk yang sedang tren dan populer di kalangan anak muda.
  • Pilih produk yang memiliki harga yang sesuai dengan budget pelanggan yang Anda targetkan. Jangan terlalu mahal karena pelanggan mungkin akan berpikir dua kali untuk membelinya, dan jangan terlalu murah agar kualitasnya terjaga.
  • Pilih produk yang mudah dijual dan memiliki permintaan yang tinggi di pasaran. Dengan menerapkan hla ini, Anda akan lebih mudah mempromosikan produk dan meningkatkan kemungkinan terjadinya transaksi melalui link affiliate Anda.
  • Pilih produk dari perusahaan yang memiliki reputasi baik dan dapat dipercaya. Memilih produk dari perusahaan ternama akan membantu meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap produk yang Anda promosikan. Dengan begitu, Anda akan dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya transaksi melalui link affiliate Anda.

Dengan mempertimbangkan beberapa hal di atas, Anda dapat memilih produk Shopee affiliate yang sesuai dengan kebutuhan dan pasar yang Anda targetkan. Dengan begitu, kemungkinan terjadinya transaksi untuk produk yang Anda promosikan akan semakin tinggi yang tentunya akan membuat pendapatan Anda juga meningkat.

Produk yang dapat Anda jugal dari Shopee affiliate sendiri sebenarnya terbagi menjadi beberapa kategori. Setiap kategori tentu memiliki karakteristiknya tersendiri sehingga Anda harus jeli dalam memutuskan produk jenis apa yang akan Anda promosikan. Berikut ini adalah beberapa kategori produk terbaik dan menguntungkan yang bisa Anda promosikan di Shopee affiliate:

Produk terlaris

Produk terlaris adalah produk yang paling banyak dicari dan dibeli oleh pelanggan di platform Shopee. Setiap marketplace seperti Shopee pasti memiliki tempat khusus untuk memajang produk terlaris di halaman utama mereka. Hal itu dilakukan agar para pelanggan dapat dengan mudah membeli produk terlaris tersebut tanpa perlu menjelajah lebih dalam. Penempatannya yang berada di halaman utama juga merupakan sebuah strategi untuk menarik para pelanggan untuk setidaknya melihat produk-produk terlaris tersebut.

Produk terlaris di Shopee biasanya terdiri dari berbagai jenis produk, mulai dari produk fashion, elektronik, hingga produk kebutuhan sehari-hari. Produk terlaris biasanya memiliki permintaan yang tinggi di pasaran dan memiliki kualitas yang baik serta harga yang kompetitif. Agar meningkatkan kemungkinan terjadinya transaksi demi komisi yang besar, Anda dapat memilih produk terlaris sebagai produk yang akan Anda promosikan. Produk terlaris yang ada di Shopee selalu berubah-ubah, karena itulah Anda harus rajin untuk mempromosikan produk baru yang muncul di bagian produk terlaris.

Produk Shopee mall

Produk dalam kategori ini merupakan produk dengan merk internasional dan lokal terbaik. Semua produk yang dijual di Shopee Mall adalah produk terpilih dari merk dan distributor resmi yang menjual produk mereka di platform Shopee. Ciri dari produk di Shopee mall adalah adanya label “Shopee Mall” atau “Mall” berwarna merah pada halaman profil toko dan semua produknya. Dengan kata lain, seluruh produk yang ada di dalam toko berlabel Shopee Mall baik kualitas dan keasliannya sudah pasti terjamin dengan baik. Untuk itu, Anda tidak perlu khawatir lagi dalam memastikan keaslian produk yang dibeli dari toko Shopee Mall.

Produk Shopee mall merupakan pilihan produk yang bagus untuk Anda promosikan. Pasalnya, produk kategori ini memiliki beberapa keuntungan bila dibandingkan dengan produk terlaris yang pastinya akan menarik minat para pelanggan. Beberapa di antaranya adalah jaminan 100% bahwa produk yang dijual adalah asli, adanya gratis biaya pengembalian, dan gratis ongkir. Dengan beberapa keuntungan tersebut, tentu para pelanggan akan lebih memilih membeli produk dari Shopee mall daripada produk terlaris.

Produk star seller

Kategori produk yang terakhir adalah produk star seller yang merupakan salah satu kategori produk terfavorit untuk Shopee affiliate. Star seller merupakan sebuah program dari Shopee untuk mengapresiasi para penjual yang sudah lama berjualan di Shopee. Produk dari toko star seller akan lebih dilirik oleh para pelanggan daripada toko biasa karena produk ini lebih terjamin kualitasnya daripada produk non star seller.

Ketentuan komisi produk Shopee affiliate

komisi affiliate

Pendapatan dari Shopee affiliate dihitung dari seberapa banyak produk yang terjual melalui link yang Anda bagikan. Semakin banyak yang membeli melalui link Anda, maka semakin tinggi juga pendapatan yang akan Anda dapatkan nantinya. Selain itu, tingkat reward Shopee affiliate bervariasi tergantung kategori pembeli yang melakukan transaksi melalui link Anda.

Anda bisa mendapatkan komisi sebesar 2,5 persen jika berhasil mendapatkan pengguna lama dan 10 persen jika berhasil mendapatkan pengguna baru. Misalnya, seorang peserta program Shopee Affiliate berhasil mengajak 15 pengguna baru untuk membeli produk dengan harga Rp 80.000. Dalam hal ini, peserta akan menerima komisi dari Shopee sebesar Rp120.000.

Selain kategori pembeli, Shopee affiliate juga menerapkan sistem perhitungannya komisi berdasarkan jenis toko. Anda bisa mendapatkan komisi sebesar 5% untuk toko yang sedang dipromosikan, dan komisi sebesar 1% untuk toko yang tidak dipromosikan. Selain itu, ada juga ketentuan tentang batas maksimum komisi yang bisa Anda dapatkan di setiap transaksi melalui link affiliate Anda. Pada Shopee affiliate, Anda hanya bisa mendapatkan komisi maksimum sebesar Rp.10.000 untuk setiap transaksi.

Baca Juga: Apa Itu Shopee Affiliate Marketing, Ini Penjelasan Singkatnya, Bisa Langsung Paham !

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program di mana Anda mempromosikan produk atau layanan perusahaan atau merek dan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian. Jumlah komisi yang Anda terima bervariasi berdasarkan persentase produk dan harga jual.
Jan 07, 2023
how to
Setelah Anda bergabung sebagai Affiliate Marketer di Tokopedia, Anda harus mempunyai strategi dalam mempromosikan produk yang Anda jual pada platform media sosial pribadimu. Hal ini menjadikan keuntungan untuk Anda jika hal ini berhasil,
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Saat ini, TikTok telah berkembang menjadi platform ecommerce. Bahkan TikTok telah membuka kemungkinan kepada pengguna untuk mendapat penghasilan tambahan lewat TikTok Affiliate. Berikut cara membuat affiliate marketing TikTok meraup untung jutaan rupiah.
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program atau perusahaan yang membayar komisi untuk menawarkan dan menjual produk, layanan, atau situs web. Contoh umum dari bisnis Affiliate adalah menggunakan tautan rujukan. Affiliate marketer menempatkan tautan di blog.
Jan 06, 2023